• [Update] 13 Manfaat Berkomentar di Blog dengan Baik dan Positif dari Blogger Pemula – Berusahalah untuk Berkomentar Releven

    BAU BAU

    Comment créer un blog sur WordPress.com

    Banyak sekali pengguna internet yang seringkali menjelajahi web web di dunia maya lewat pencarian google.

    Tak jarang sebagian menemukan itu pada web berbentuk blog. Entah itu blogger.com atau wordpress.com bahkan blog berbayar berlabel TLD (Top Level Domain)

    Terkait Manfaat atau Keuntungan Menggunakan Domain Berbayar

    Para warganet yang mencari informasi lewat blog blog kadang tidak meninggalkan jejak komentar berkualitas tinggi.

    Mereka hanya meninggalkan komentar tak bernilai, tidak berbudi luhur, tidak manfaat buat penulis blog sama sekali.

    Penulis blog sejatinya juga membutuhkan komentar komentar yang bagus, cerdas, memberi masukan sesuai postingan yang ditulisnya.

    Jadi buat saudara yang kadang mampir kalau sistem komentarnya memudahkan sempatkan tinggalkan masukan yang baik untuk memotivasi penulis blog itu sendiri dikolom komentarnya.

     

    Tapi netizen tidak bisa memberi komentar kalau sistem berkomentar saudara terbelit belit. Yang ada Cuma baca lalu pergi itu saja.

    Berikut pendapat para blogger tentang manfaat komentar bagi blog mereka.


    1. Eka Saripudin [mindasay.wordpress.com]
    Hairi Hasbi

    .

    Kita merasa bahwa tulisan kita mendapatkan respon dan cukup menggelitik untuk dikomentari. Terlepas komentar itu negatif atau positif.

    Kita yang menentukan dan memilih apakah komentar itu akan menjadikan kita negatif, dengan berhenti menulis karena kesal atau malah menjadi bahan bakar penyemangat bahwa menulis adalah kebaikan selama yang kita bagikan itu adalah informasi yang dapat mendewasakan dan memiliki nilai tambah tidak peduli sekecil apapun itu.

    Jika komentar positif. Komentar itu akan menjadi seperti api unggun yang sedang menyala besar, kemudian disiram dengan bahan bakar pertamax plus plus maka yang terjadi adalah api itu akan menyala nyala tidak akan mudah untuk dipadamkan, begitulah jika penulis mendapat komentar positif.

    Terkadang memang ada orang yang tidak menempatkan diri dalam berkomentar. Mengomentari blog orang lain bukan dengan tanggapan yang sesuai dari isi tulisan yang di blog tersebut, misalnya jualan atau link blognya tanpa memberi tanggapan.

    Bukan tidak boleh berkomentar dengan melampirkan blog kita, secara pribadi itu sah sah saja orang melampirkan link blognya baik itu blog jualan atau blog tulisan yang serupa selama dia memberikan terlebih dahulu komentar yang terkait dengan tulisan yang ada di blog yang sedang dikunjungi.

    Bagi para blogger jangan cuman berharap banyak pengunjung di blog, kalau kalian malas berkunjung di blog orang lain, kalau komunitas bloggerclass (sudah expired) 1 bilang blogwalking.

    Dan perlu diingat blogwalker yang baik selalu meninggalkan jejak yang baik.

    Selamat berkomentar!!!

    Menjadi baik

    Kembali ↑


    2. Syifastina [syifastina.tumblr.com]


    Terkait komentar pada blog menurut saya.

    untuk terus menulis dan melanjutkan karyanya.

    Baik itu berupa pujian, saran maupun kritik, komentar mampu membangun penulisn untuk berkarya lebih baik lagi.

    Tentunya, komentar yang diberikan harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tidak bersifat menjatuhkan.

    Karena jika bersifat menjatuhkan dapat membuat penulis merasa down.

    Komentar orang lain dalam media apapun, termasuk blog, juga berperan dalam meningkatkan kualitas menulis si penulis blog itu sendiri.

    Dalam hal ini, penulis akan merasa karyanya dibaca oleh orang lain dan mendapatkan respon.

    Penulis tidak merasa sendirian. Penulis akan mempertimbangkan komentar yang ditujukan untuk tulisannyadan akan lebih memperhatikan tulisan tulisan berikutnya dengan harapan dapat memberi kesan yang lebih baik kepada pembacanya. Komentar ini juga berlaku sebagai tolok ukur kemampuan.

    Ini berlaku bagi diri saya sendiri. Di blog saya yang paling lama, saya sesekali pernah menunggu komentar untuk tulisan saya.

    Saya pernah berpikir, kira kira apa ya respon pembaca.Terkadang pembaca seringkali tidak meninggalkan jejak komentar. Hanya melihat, membaca dan langsung menutupnya.

    Sama halnya dengan saya, saya pun begitu. Saya seringkali berskap seperti itu. Maka dengan adanya pertanyaan terkait manfaat dari komentar, saya menjawab bahwa komentar pada media sosial termasuk blog sangat bermanfaat.

    https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

    Kembali ↑


    3. Meliyufita [meliyufita.wordpress.com]


    Menurut saya,

    .

    Menulis adalah tentang mengekpresikan berbagai hal yang ada dalam pikiran kita. Ketika tulisan dikomentari, ada dua implikasi. Pertama implikasi positif kedua sebaliknya.

    Komentar yang baik tentu yang dapat menyemangati kita untuk berjuang menjadi laskar pena, meski kadang melenakan. Hati hati dengan pujian, apalagi pujian berlebihan bahkan lambat laundapat membuat kita tinggi hati.

    Meski tidak digeneralisir. Disisi lain, komentar negatif juga acapkali menurunkan semangat kita untuk istiqomah menulis, meski tak jarang juga membuat kita makin bersemangat memperbaiki kualitas tulisan.

    Intinya apapun komentar orang, tetaplah menulis atas keikhlasan, pemahaman, dan kesadaran diri. Karena Allah. Demi menebarkan nilai nilai dan syiar yang baik untuk seluruh umat. Jika niat kita untuk menulis sudah tulus, insya Allah berkah.

    Kembali ↑


    4. Andi Muhammad Sunan Iftitah [andithink12.blogspot.co.id]


    Bagi saya

    Apabila komentar itu diberikan dalam bentuk ejekan, cemoohan, dan lain lain seharusnya kita bisa hapus komentarnya itu atau mengabaikannya.

    Tetapi apabila komentar itu diberikan dalam bentuk pujian, kritik dan sara kita seharusnya bisa memanfaatkan itu sebagai perbaikan untuk blog kita sendiri.

    Dan kita juga bisa menggunakannya sebagai semangat, karena kita tahu ada orang orang diluar sana yang memperhatikan blog kita.

    Kembali ↑


    5. Zainab Adzkia Zuhda [kikyazure.blogspot.co.id]


    Hairi Hasbi

    Menurut saya, komentar dalam sebuah blog pasti dimiliki oleh setiap blog. Walau hanya satu komentar saja yang tertera didalam blog tersebut.

    Namun, tidak berarti dalam blog tersebut tidak memilki sebuah kesalahan dalam penulisan walau hanya sedikit. Karena, mungkin saja mereka yang tidak mengomentari blog itu enggan atau belum berani untuk mengomentari orang lain.

    Padahal komentar dari seseorang untuk kita sebagai blogger, yang tertera didalam blog maupun secara langsung adalah hal yang penting. Mengapa bisa dibilang hal yang penting?

    Ya..

    Karena, dengan adanya komentar kita bisa mengasah kembali kemampuan yang kita miliki, sehingga kita tak hanya berhenti di tempat dimana kita nyaman dengan keadaan itu.

    Seorang blogger pastinya ingin dan perlu keluar dari zona nyaman. Berlari dan terus mencari sebuah ilmu yang baru, sampai blogger itu menemukan titik lelah selelah-lelahnya.

    Dengan seseorang mengomentari blog pula kita bisa mengintropeksi diri dan memperbaiki kesalahan yang telah kita buat. Apabila tak ada komentar yang tercantum dalam blog.

    Maka, harus dipertanyakan keberadaan blog itu. Apakah hanya sebuah media untuk menulis semata?

    Atau tulisan kita itu tidak bisa dipahami sama sekali oleh pembaca?

    Sebenarnya blog adalah media dimana kita bisa mencari dan mengasah sebuah ilmu yang telah kita dapat. Dan diperbaiki dengan kehadihan komentar itu sendiri.

    Komentar sudah menjadi bagian yang penting atau inti dalam blog itu sendiri.

    Kembali ↑


    6. Abdullah Farhan [goblog-world.blogspot.com]
    Hairi Hasbi

    Jika ditanya seberapa penting komentar pada blog saya, jawaban saya pastilah sangat teramat penting untuk kemajuan blog dan juga termasuk apresiasi terhadap saya pribadi.

    Pasalnya dengan

    dan selalu membuat tulisan – tulisan yang baru serta segar.

    Namun yang saya rasakan disini kurangnya minat terhadap puisi sangat amatlah rendah, serta minat baca terhadap ulasan sejarah yang salah pun sangat amatlah rendah.

    Sangat disayangkan sekali ketika karya sastra telah berkembang pada medium yang memudahkan para pembaca namun tak diimbangi dengan pembacanya.

    Dan juga tingkat kepekaan tergadap bangsa ini mungkin juga menjadi pemicu kurangnya karya sastra yang dahulu ditunggu – tunggu dan telah menjadi bagian dari warisan para leluhur bangsa, nusantara dapat seperti ini juga karena puisi – puisi yang membangkitkan semangat kemerdekaan bangsa nusantara.

    Join Grup WA BauBlogging (Dapatkan Ilmu via Grup WA) https://chat.whatsapp.com/Am2i4TdfBli5WpGh3umpKD

    Mungkin benar anak muda jaman sekarang memiliki teknologi yang semakin hari kian meningkat akan tetapi karena telah dipupuk dengan rendahnya pengetahuan dan fungsi dari teknologi itu seakan – akan mencoba untuk menyingkirkan seni menulis satu ini.

    Harapan saya ketika medium sekarang dapat memudahkan pra pembaca untuk mencari tahu ulasan tentang puisi ataupub contoh – contoh puisi dapat mengembalikan minat baca terhadap puisi di Nusantara.

    Dan tak hanya meningkatkan pembaca namun dapat mencetak sastrawan – sastrawan baru yang memiliki ide – ide segar serta memiliki kepekaan terhadap masyarakat sekitar.

    Mungkin itu yang saya rasakan karena rendahnya komentar yang ada pada puisi atau ulasan sejarah yang saya posting.

    Dan terakhir semoga dengan banyaknya blog – blog yang ada dapat meningkatkan pengetahuan bangsa nusantara terhadap seni menulis yang telah banyak digeluti oleh masyarakat di nusantara.

    Kembali ↑


    7. Ahmad Guntur Sitania [Jejaktintaguntur.blogspot.com]


    KOMENTAR DAN PENULIS HEBAT

    Setiap orang punya cita atau tujuan, tujuan dunia yang membahagiakan didunia maupun menjadi jembatan tuk meraih dunia ke syurga Allah azza wa jalla, cita pun sebagai aktualisasi diri setiap manusia, berjalan sesuai arah menggunakan alat/media mempercepat langkah menujuh tujuannya.

    Jika yang ingin menjadi pilot memerlukan pesawat agar dia bisa mengendarainya, jika tak dapat pesawat, mungkin dia akan main game yang itu dia berperan sebagai seorang pilot, begitu juga orang yang pengen menjadi dokter mesti belajar segala hal tentang ilmunya, dan belajar, mencoba bukan hanya sekali, namun berkali-kali agar menjadi lebih ahli.

    Hal itu pun sama dengan orang yang bercita-cita menjadi penulis, semua media harus digunakan untuk jadi penulis, waktu disisipkan untuk menulis, dan tentu guru yang dia jadikan sebagai penasehat atau pembanding.

    Banyak media yang bisa digunakan untuk menulis, salah satunya adalah blog, dimana orang dari seluruh penjuru dunia akan membaca tulisan kita.

    Semua orang dari seluruh penjuru dunia akan membaca tulisan kita dan akan menjadi juri untuk tulisan kita, disinilah kehebatan skill menulis kan di uji, hasil terbaik kan diamati, banyak yang mau jadi penulis, tetapi sedikit yang mau dikritisi tulisannya. dia ingin jadi penulis dan instan. Adakah penulis hebat lahir secara instan?

    s, yaa karena dari semua itu kita akan belajar memperbaiki tulisan kita, membuatnya lebih berkualitas dari sebelumnya. Maka jangan bermimpi menjadi penulis hebat tanpa komentar, saran, masukan, kritikan atas tulisanmu di blog.

    Maka lewat komentar, saran, masukan, dan kritikan membuat tulisanmu menjadi berkualitas dan lahir sebagai penulis hebat.

    Kembali ↑


    8. Kanisa Putri [kanisaputri.wordpress.com]


    di kunjungi.

    Tentu, lewat pertimbangan yang panjang. Saat kita memutuskan untuk mengisi dengan apa blog kita. Dan dari sanalah kemungkinan akan ada banyak pengunjung yang bersedia mampir untuk membaca.

    Sebuah survei bisnis menyatakan bahwa jika ada 1% yang akan memberi feedback pada sebuah tulisan maka bisa di katakan itu sebuah keberhasilan.

    Metode meraih like and coment di blog tentu berbeda. Dibanding dengan Facebook yang di nilai relatif mudah. Bayangkan seberapa banyak orang yang akan memberi respon pada blog kita?

    Pertanyaan ini, jika kita analisa tentu saja akan mengubah

    Cara pandang kita.

    Mengapa demikian? Para blogger butuh pengunjung. Tapi pengunjung yang aktif. Keterlibatan pengunjung akan memberi kebahagiaan bagi seorang blogger.

    Mengapa demikian? Berkat pengunjung yang banyak itulah yang menentukan kualitas sebuah blog. Para pembuat blog tentu saja akan senang jika pengunjung memberi komentar yang membangun dan positif.

    Nah, seberapa besar manfaat komentar bagi blog kita? Menurut saya tentu sangat besar. Saya sering baca komik online. Tak lupa setiap episode saya baca kolom komentar. Komentar terbaik akan di tampilkan bersama cerita komik itu.

    Kolom komentar berisi tentang pertanyaan kepada penulis. Mungkin ada yang mereka tidak fahami atau rasa penasaran terhadap jalan cerita.

    Ada juga komentar bersifat statment positif atau negatif sebagai penggembira blog. Dan terakhir, ada komentar negatif atau yang sifatnya kritis pedas seperti keripik. Hehe…

    Semakin banyak komentar, kadang membuat penulis bersemangat, dapat ide segar, tidak writer block, bisa move on dan merasa terhibur. Sebagian mungkin ada juga yang memberi masukan, koreksi yang membuat si penulis belajar.

    Setiap karya butuh apresiasi. Bentuknya beraneka ragam. Minimal dengan mendapat komentar atau review atas tulisan mereka. Karya terbaik butuh banyak komentar.

    Dan saya sangat berterimakasih karena Anda sudah membaca tulisan ini. Saya menulisnya fast writing. Semoga bisa memberi manfaat bagi yang membacanya.

    Terakhir, saya ucapkan kepada mas mukhofas yang telah memberi saya kesempatan berharga ini. Kita bisa belajar lebih banyak pada beliau.

    Kembali ↑


    9. Tiana Rahmawati [elephantte.wordpress.com]


    Bagi saya selalu sensasi yang menyenangkan untuk mempengaruhi orang lain lewat tulisan.

    seperti saat mendapat pemberitahuan baru diblog kalo ada yang komentar postingan kita.

    membaca komentar orang lain yang entah siapa, makannya apa, lagi ngapain sekarang dan kenyataan bahwa saya bisa mempengaruhi mereka lewat kata-kata amat menyenangkan bagi saya.

    Bagi aku

    Dari komentar bukan hanya pengakuan kan yang kita cari tapi prespektif. Asal jangan spam aja kali yaa 😂

    Contohnya aja puisi. Puisi bagi aku adalah karya yang ditulis relatif dan diterjemahkan relatif juga. Lewat komentar kita bisa tahu betapa orang lain bisa aja mengartikannya jauh dari pada kita atau justru betul-betul mengerti makna puisi yang kita tulis bahkan saat kita sendiri nggak yakin apa artinya 😂 hehe.. Ya begitu deh kalau aku.

    Komentar selalu jadi sesuatu yang bersifat membangun bagi saya (yang bagus sih begitu ya…). Yang pasti bagaimanapun bentuknya komen sepertinya harus kita hormati sebagai bahkan dari tulisan kita. Dan bahkan dari cerita yang lebih besar lagi, blog kita.

    Kembali ↑


    10. Runa Aviena [runaaviena.wordpress.com]


    . Karena memang salah satu alasan kita menuliskan untuk dibaca.

    Komentar adalah salah satu cara berkomunikasi dengan pembaca. Menurut saya, komentar yang berharga tentu saja bukan sekedar komentar singkat yang terkesan seperti, Permisi, tadi saya lewat sini lho..

    Salah satu alasan saya menulis adalah untuk berbagi pemikiran, dan tentu saja setiap orang memiliki pandangan yang berbeda.

    Bisa jadi apa yang saya ungkapkan benar dan itu bermanfaat, atau terdapat kekurangan di beberapa bagian.

    Ketika apa yang saya tuliskan dirasa bermanfaat bagi pembaca, dan kemudian pembaca memberikan komentar, hal tersebut akan membangun motivasi untuk membuat tulisan lainnya.

    Namun, jika tulisan saya dirasa ada yang kurang di beberapa bagian, komentar berupa kritik yang membangun juga sama berharganya.

    Mendapatkan komentar, entah berupa dukungan, kritik, atau saran membuat saya merasa apa yang saya tulis bukan hal yang sia-sia. Selain menjadi pemicu semangat menulis, komentar juga menjadi sarana memperbaiki cara menulis atau sarana bertukar ilmu.

    Karena itulah, sesederhana apapun tulisan, ketika saya merasa apa yang saya baca dari blog lain bermanfaat, saya berusaha untuk meninggalkan komentar.

    Seringkali saya berpikir untuk memberikan komentar, karena ruang blog adalah ruang maya dimana penulis dan pembaca tidak saling bertatap.

    Dan komentar adalah satu jembatan yang memungkinkan komunikasi antara kedua belah pihak.

    Kembali ↑


    11. Tatas Aldian [pencaksilatzone.blogspot.com]


    menurut pendapat saya komentar itu sangat sangatlah penting dan bermanfaat sekali.

    karena kita manusia sebagai makhluk sosial(makhluk yang tidak bisa hidup tanpa orang lain) yang pastinya sangat membutuhkan kritikan, saran, ataupun komentar dari orang lain yang mana komentar tersebut akan berdampak positif bagi orang yang kita beri.

    seuntaian komentar untuk membangun serta memperbaiki kesalahan atas hasil karyanya nge-blog dan harapannya adalah agar postingan yang kita kritik/komentari menjadi lebih baik dari postingan yang lalu

    tetapi,  masih ada juga beberapa komentar yang sangat kita sayangkan.

    Contohnya adalah komentar yang diutarakan oleh haters, para haters yang dikenal karena gagasannya yang dapat menimbulkan suatu rasa yang sangatlah membuat kita hati marah dan bahkan down.

    Pasti  saudara semua yang baca ini taulah tentang si haters, haters dialah orang yang membenci kita baik dalam dunia maya maupun dunia nyata.

    Dia sering mencaci dan memaki hasil karya yang kita buat tanpa mengetahui perjuangan kita dalam membuat suatu hasil karya tersebut,

    “saya ingin berpesan kepada Anda yang memiliki bakat haters, saya mohon berhentilah dan jangan selalu menganggap rendah karya orang lain, karena kasihan orang-orang yang kau caci dan maki. Dan belum tentu saudara dapat membuat karya yang dihasilkan oleh orang yang saudara caci”.

    Oke.. intinya dalam kehidupan sosial jadikanlah semua orang yang saudara  kenal adalah orang yang berguna bagi kita dan sadarlah bahwa kita itu saling membutuhkan antara orang yang satu dengan orang yang lain.

    Dan kesimpulannya adalah

    , dan satu lagi pesan dari saya.

    Jadikanlah dunia maya dan dunia nyata itu suatu dunia yang menyenangkan dalam artian positif serta jalan damai itu jauh keren.

    Kesimpulannya adalah komentar itu penting sekali untuk suatu hal yang mendukung dan membangun tetapi suatu komentar tidak penting jika komentar itu bermaksud mencaci tanpa adanya pemecahan masalah.

    Kembali ↑


    12. Munawaroh Epriliani Aminah [dhenokmea.blogspot.com]


    Gunanya komentar kan untuk mengomentari postingan ataupun konten yang terdapat di blog yaa. Bagi saya, komentar untuk blog saya sangatlah bermanfaat.

    Dengan syarat :

    – komentar tidak mengandung unsur SARA

    – Komentar harus bermutu, bersifat membangun ke arah positif, walaupun sekedar emot-emot penyemangat gak apa apa Lah yaa…

    setidaknya ada apresiasi terhadap blog saya, hihihi😁… Kenapa komentar sangat bermanfaat?

    Karena dengan adanya komentar, saya dapat mengetahui seberapa besar sih, kebermanfaatan dari postingan atau pun isi dari blog saya.

    Begitupun sebaliknya,

    saya.

    Tentunya dengan adanya komentar ini, saya dapat memperbaiki postingan saya selanjutnya.

    Selain itu, melalui komentar dari para pengunjung saya juga dapat mengetahui apa saja keinginan ataupun harapan dari para pengunjung blog saya terhadap kemajuan blog saya.

    Intinya untuk perbaikan dan pembenahan lah yaa… 😊 agar konten blog saya lebih bermutu dan bermanfaat bagi semua pengunjung, bahkan semua umat… hihihi 😁 Aamiin yaa robbal ‘alamin 😉

    Kembali ↑


    13. Hanafi al Rayyan [www.fikratuna.com]


    .

    Memang, tidak bisa dipungkiri kadang komentar itu bisa bernada kritik yang menjatuhkan, kritik yang membangun, dan terkadang juga komentar yang bersifat apresiasi.

    Komentar juga merupakan widget yang harus ada di blog.

    Kembali ↑


    14.  Abdul Mansur Jihad [mansurjihad.com]


    Komentar Bagi Saya Si Sama Saja Dengan Kritikan tanpa Komenter Maka kemampuan Kita Tak Ada Nilainya karena Tak Ada Yang Mencari Kelemahan Kita walau tak semua komentar selalu memberikan Hal Yang Negatif Baik Itu Negatif yang Baik atau Buruk.

    maksudnya Negatif Baik adalah Ia memberitahu kesalahan kita ada dimana sehingga kita tahu dimana letak kesalahan kita,

    Kalau buruk itu ya pastinya menjelek jelekan kita dengan bahasa yang agak kasar

    Semua orang sii

    yang lebih baik kedepanya

    Manfaat Dari komentar tentu sangat baik

    Karena beberapa hal

    Pertama, agar kesalahn Si penulis blog tahu dimana tata letak salahnya inulah point yang paling penting

    Setelah ia tahu letak kesalahnya tentu ia akan segera nemperbaikinya inilah.manfaat yang

    Kedua, bertambahnya kemampuan Blogernya,tenti jika kemampuan blognya bertambah maka blognya akan sering-sering di kunjungi oleh pembaca maka akan menambah jumlah viewernya inilah manfaat yang

    Ketiga serta beberapa manfaat lagi yang akan di dapat jika para blogger mendapat sebuah komentar.

    Kembali ↑


    15. Nurjannah Yuliani Adimurni [ jannahyuliani.blogspot.co.id ]


    Manfaat komentar dalam blog

    1. Belajar memberi

    Ada pepatah

    . Hal ini berlaku dalam komentar di blog agar kita bisa belajar memberi dan memberi.

    1. Menjalin pertemanan

    Pernah saya disarankan untuk saling berkomentar di blog teman saat mengikuti kelas menulis. Dari situ saya dapat teman karena saling berkunjung menjadi blogwalking.

    1. Menambah motivasi

    Saya merasakan ketika teman blog balik berkunjung di blog saya, lalu ia memberi komentar positif. Hal itu membawa dampak yang baik bagi saya. Dari situ saya menjadi lebih semangat untuk menulis lagi, meningkatkan tulisan saya agar lebih enak untuk dibaca.

    1. Mengasah otak

    Ketika saya membaca artikel di blog, saya dituntut untuk mengkritisi artikel tersebut. Berarti kita sudah mengasah otak agar tidak tumpul.. hhehee. Kemudian kita mencoba berkomentar yang dengan bahasa yang baik yang menimbulkan dampak positif bagi si empunya blog.

    1. Menemukan ide baru

    Lalu setelah kita saling berkunjung dalam blog, otomatis kosa kata dan pengetahuan kita akan bertambah. Maka ide-ide baru akan muncul dengan mudah.

    Dari awalnya kita memberi, dampak positifnya akan balik kepada kita sendiri.

    Banyak membaca menyebabkan ketergantungan yang positif sekaligus melatih keterampilan untuk menulis.

    Awalnya saya tidak menyadari apa manfaat dari blogwalking (berkeliling ke blog orang lain) hingga saya menyadari betapa banyak manfaat yang diperoleh. Yaa poin-poin di atas adalah the power dari memberi hehehe.

    Kembali ↑


    16. Nauval Sudarmanto [Kangsudar.net ]


    Istilah komentar itu sesama blog itu sudah biasa ya, manfaat berkomentar sebenar nya banyak contoh nya seperti berikut

    1. Berbagi Ilmu

    Kenapa di bilang berbagi ilmu kita pasti kan tutorial yang di artikel yang belum faham kita dapat tanya di komentar sama admin blog atau web tersebut selain kita bertannya kita dapat tukeran ilmu dan nambah ilmu

    2. Nambah teman

    Kita komentar ke sesama blog kita disini bisa dapat kenalan baru, teman baru sesama blogging di seluruh indonesia

    3. Nambah informasi

    Tak jauh beda komentar juga bisa menambah wawasan kita di dunia blog, emang tidak jauh beda sama menambah ilmu sebenarnya.

    Itu tadi manfaat komentar yang ku rasakan di dunia bloging selama ini

    Kembali ↑


    17. Arjuna Rafi [ Arjunarafi.com ]


    Komentar itu ibarat penilaian menurut gue. Jadi seberapa manfaat yang orang itu dapatkan dari konten yang ada di blog kita.

    Kalau untuk masalah komentar, itu memang sangat berpengaruh bagi blogger.

    Terkadang ada, beberapa blogger yang memberikan komentar SPAM.

    Ya contoh nya seperti : mantap gan, nice post, lanjutkan gan, sangat bermanfaat sekali, nice info, dll.

    Justru komentar seperti itu bukan komentar yang dapat membangun si blogger untuk terus menulis.

    Justru komentar tersebut, membuat si blogger ini, hilang kepercayaan diri nya.

    Bayangkan aja, si blogger ini sudah menulis dengan amat panjang lebar, lengkap dan akurat, tapi yang komentar ini, hanya sekedar komentar SPAM seakan akan tulisan tersebut gak ada artinya.

    Justru itu malah melemahkan bukan memberi manfaat untuk penulisnya, bukan memberi motivasi untuk penulisnya.

    Lagi pula, komentar tersebut kan juga penting, dan apabila banyak komentar SPAM pada blog, itu juga sangat berbahaya bagi blog itu sendiri.

    Setidaknya

    … tapi cobalah untuk membuat komentar yang berbobot ( sesuai konten yang ditulis ).

    Apa salahnya jika memberi komentar seperti itu? bukankah itu baik?.

    Dulu gue sering mendapatkan komentar semacam itu, dan dulu gue berpikir kalo komentar semacam itu adalah hal yang “biasa”.

    Tapi gue mencoba untuk mendalami lagi makna dari komentar itu sendiri.

    Setelah tahu dampak yang ditimbulkan, gue memutuskan untuk membuat sistem “approve” atau moderasi pada komentar di blog.

    Dan itu merupakan cara yang cukup terbilang ampuh untuk mendapatkan komentar yang berbobot.

    Sebenernya, mereka punya tujuan tersendiri untuk memberi komentar seperti itu, toh blog kan bebas siapa saja yang membacakan?

    Tapi kenapa harus seperti itu? kenapa harus semacam itu? itu perlu dipikirkan lagi menurut gue.

    Manfaat komentar itu berpengaruh banget kepada blogger.

    Karena lewat komentar lah muncul motivasi, ide, semangat dan berbagai hal yang bisa menjadi inspirasi buat si penulis. Jika komentar hanya sekedar mantap gan , nice post , dsb itu apa yang bisa diambil ? Apa yang bisa di dapatkan ?

    Justru jika kita sebagai blogger , melakukan blogwalking berikan komentar yang positif pada konten tersebut.

    Sebagai blogger kita juga ingin dihargaikan hasil tulisan kita ? Nah sebelum mau dihargai ada baiknya , jika kita menghargai orang lain terlebih dahulu .

    Itu sih pendapat yang bisa gue bagikan . Terimakasih

    Kembali ↑


    18. Fatah Mario Andaru [simaryon.blogspot.co.id ]


    Menurut saya, komentar diblog yg meliputi kritik dan saran membuat penulis tahu apa saja kekurangan dari penulisannya.

    Penulis juga menjadi tahu apa selera pembaca mengenai tata penulisan.

    Selain itu,

    , sehingga memiliki kesan ‘ramai’ yg memiliki daya tarik tersendiri bagi pembaca.

    Jika kalian para blogger pemula atau blogger senior tapi blognya masih aja sepi, cobalah untuk saling komentar blog, tapi yang relevan.

    Emang sih, kita harus bales untuk komentar di blognya mereka, tapi hal itu justru akan sangat menyenangkan jika itu sudah menjadi ‘link’, lagian dimana mana jika kita ingin memperoleh sesuatu.

    Maka berusahalah sekuat yang kamu bisa..

    Percaya deh! Coba aja sendiri dan rasakan sensasinya!

    Kembali ↑


    19. Bima Widjanata Suwaji [alamatbima.blogspot.co.id]


    Manfaat dari sebuah komentar dalam sebuah blog

    Jika kita ingin membuka pikiran diri sendiri pasti akan mengetahui seberapa pentingnya sebuah komentar.

    Komentar dari seorang pembaca dalam tulisan maupun artikel yang telah di publish adalah salah satu jendela bagi para blogger.

    .

    Mengapa saya mengatakan begitu, karena sebenarnya kita menulis bukan hanya untuk diri kita sendiri, melainkan juga untuk banyak masyarakat.

    Pemikiran yang salah apabila kita sebagai blogger hanya mengedepankan passion tapi tidak memperhatikan bagaimana keadaan para pembaca.

    Pembaca pastinya memiliki opini tersendiri tentang apa yang telah kita tulis, mungkin karena kurangnya informasi yang kita sampaikan karena pembaca sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan labih dari kita.

    Komentar pada blog pastinya tidak hanya respon positif atas karya tulisan kita, bisa juga respon negatif karena memiliki rasa tidak sepaham.

    Hal ini merupakan hal yang lumrah, itu karena dunia ini memiliki dua sisi tersebut, sisi positif dan negatif.

    Komentar positif pastinya akan membuat kita sebagai penulis akan bersyukur karena tulisan kita bisa bermanfaat bagi pembaca.

    Tapi perlu diingat, kita juga terlalu larut dalam sebuah komentar positif (misalkan pujian). Namun jangan berkecil hati apabila menerima komentar yang negatif.

    Meski kadang ada sebuah rasa kurang terima dan bahkan kita sebagai blogger kadang turus semangat, tetap kita sebagai blogger harus memiliki kerendahan untuk itu.

    Karena dibalik komentar negatif itu ada suatu hal yang dapat membangun sebuah sisi positif. Semua hal itu akan menjadi sebuah pembelajaran baru bagi seorang blogger. Dan pembelajaran itu akan dijadikan pedoman untuk menulis ke depannya.

    Kembali ↑


    20. Mas Nuko [masnuko.com]


    Komentar dalam sebuah blog bagi saya merupakan wujud apresiasi sederhana yang dilakukan pengunjung atau pembaca blog.

    Akan tetapi memiliki efek yang menakjubkan bagi si pemilik blog,

    .

    Kemudian dengan pandangan yang diyakininya itu ia tambahkan juga suggestion untuk artikel yang telah saya tulis dan telah ia baca, dari situlah saya merasa mendapatkan tetesan ilmu baru, yang ternyata memang bisa lebih apik jika diaplikasikan kedalam artikel-artikel yang saya tulis.

    Oleh karenanya, komentar yang datang kedalam blog yang saya kelola akan senantiasa saya respon dengan sebaik yang bisa saya lakukan.

    Kritik dan Saran adalah hal yang lebih saya sukai ketimbang hanya komentar simpel sebatas pujian atau berkomentar yang “asbun” tanpa memahami konteks artikel yang saya tulis.

    Meski begitu bukan berarti saya membenci komentar yang demikian, saya masih tetap menaruh rasa terima kasih untuk setiap komentar yang ada. Karena mereka yang berkomentar tetap lebih baik dari mereka yang hanya datang kemudian pergi tanpa jejak.

    Kembali ↑


    21. Kayla Mubara [kaylamubara.blogspot.com]


    Dulu sih, waktu awal ngeblog, mirip kucing disekap lima abad dalam gudang, pas keluar dikasih nasi dan ikan asin.

    Gitu kondisi saya pas dapat komentar teman blogger. Apalagi kalau yang komen mastah-mastah, uuuuh, bisa termehek-mehek betulan.

    Bukan sama orangnya. Sama kepeduliannya. Tar merembet ke orangnya? Enggak dong. Cukup netral untuk yang itu.

    Sekarang, masih seneng juga. Saya malah agak khawatir jika dikomen banyak orang, takut gak bw balik. Resiko yang belum siap saya hadapi. Cieee. Sok ngartis. Hahaha. PiSS.

    Sudah gitu saja.

    Saran saya : kala bw dan meninggalkan komen, yang nyambung dong dengan tulisan. Kalau sebatas komen, ah, itu sih hanya menyinggahkan nama sebagai orang yang pedulinya nanggung. Enggak sampai ke hati (ngingetin diri sendiri)

    Kembali ↑


    22. Bayu Angora [angora.me]


    Blogwalking itu penting untuk menambah referensi dari berbagai aspek. Baik itu dari aspek konten, design, traffic, dll. Tapi kalau sekadar blogwalking, referensi yg didapatkan belum tentu aplikatif, terutama ketika berhubungan dengan coding.

    Maka dari itu, biasakan untuk saling komen secara aktif, bukan hanya hit and run dengan komen one liner. Selain untuk menambah referensi, juga bisa untuk menambah relasi. Karena tidak jarang pula munculnya rezeki berawal dari hal tersebut.

    Kembali ↑


    23. Dedy Susanto [dedytarbiyah.xyz]


    Sebenarnya manfaat komentar dalam Blog ada banyak sekali namun disini saya hanya menyinggung beberapa saja. Dapat menaikkan Jumlah Traffik Blog kita.

    .

    Yang mana Blog kita juga akan mendapatkan pengunjung yang sama banyaknya dengan pengunjung dari Blog yang pernah kita kunjungi.

    Hal itu dikarenakan setiap Blogger saat membaca sebuah postingan seseorang, pasti mereka juga akan melihat komentar-komentar yang ada disana.

    dan secara sadar ataupun tidak sadar mereka pasti akan mengunjungi profil atau blog orang yang telah meninggalkan komentar tersebut.

    Apabila kita sudah Istiqamah dalam melakukan Komentar di Blog orang lain, maka bukan tidak mungkin itu akan berdampak pada Blog / Website yang kita miliki.

    Dengan catatan kita harus sesering mungkin melakukan hal tersebut (Komentar di Blog), jika ingin mendapatkan perhatian dari para Blogger lain.

    Dapat Menambah Relasi

    Manfaat kedua dari BlogWalking (Mengunjungi Blog Orang lain) dan meninggalkan komentar adalah Dapat menambah Relasi. Yang dimaksud Relasi disini adalah Hubungan.

    Maksud Hubungan disini adalah Apabila kita sudah terbiasa melakukan komentar di Blog Orang lain, Otomatis orang tersebut akan membalas mengkomentar di Blog kita juga.

    Dan, apabila hal itu dilakukan maka secara langsung kita akan membangun Relasi antar Blog. Jika kita Istiqamah dalam melakukan BW maka harapan akan terbangunnya Relasi yang tinggi akan semakin kuat.

    Dapat Bertukar Informasi terkait dunia Blogging

    Dunia Maya itu sangat luas lebih luas dari luasnya dunia, karena melalui dunia maya kita bisa menjangkau belahan bumi manapun hanya dengan sekali klik.

    Dan, Blog adalah salah satu bagian dari dunia Maya. Terkait Manfaat ketiga yaitu Dapat Bertukar Informasi terkait dunia Blogging.

    Disini manfaat kita melakukan Komentar di Blog orang lain adalah kita bisa melakukan diskusi dengan orang lain terkait dunia Blog jika sudah akrab maka diskusi tersebut akan selalu beerganti topik. Diskusi melalui Komentar di Blog itu Sangat Efektif dan Efisien. Karena kita bisa melakukan diskusi kapanpun dan dimanapun yang kita mau.

    Syarat melakukan Diskusi dalam Blog cukup sederhana para Blogger cukup memberikan Komentar di Blog yang kita kunjungi apabila sang owner blog tersebut terkesan akan komentar kita maka bukan tidak mungkin akan berlanjut pada sebuah diskusi.

    Kembali ↑

     

8 Responsesso far.

  1. Ngena banget gan,tapi sayangnya kebanyakan bloger sekarang ya gitu minat bacanya kurang,jadi jangan harap komennya berkualitas.heeeee…heee

    • halo mas mahbub ikhsan

      minat baca setiap pemilik blog berbeda beda tergantung apa tujuan mereka buat blog.

      bila tujuan mereka menulis menulis menulis dan menjadi seorang penulis maka media blog untuk menulis dan minat baca mereka bagus, tapi sayangnya untuk sekedar komentar berkualitas mereka kurang cerdas karena tidak tahu etikanya.

      terima kasih mas udah membaca

  2. Uzze says:

    Saya sangat sependapat dengan saudari meliyufita bahwa pada intinya komentar bisa membuat revolusi yang lebih berarti bagi seorang penulis agar ia mampu menciptakan tulisan yang dapat menginspirasi banyak orang, selain itu kita bisa berdiri lebih kuat dengan adanya kritik atau komentar yang negatif.

    kalai menurut saya, bukan masalah tanggapan negatif atau positif tetapi ini masalah relevansi dan ada kaitannya dengan visibility blog di mesin telusur. Jika ada komentar yang tidak relevan dengan topik tulisan maka kemungkinan konten kita akan kekurangan reputasi bahkan bisa menurunkan peringkat di mesin telusur.

    Saya lebih suka komentar pengunjung yang apa adanya terserah mereka mau memandang reaktif atau sebaliknya yang jelas selagi komentar mereka relevan dan tidak melanggar TOS Google maka saya publish komentarnya.

  3. Angga Gilang says:

    Komentar penting untuk menunjukkan kualitas artikel. Jika komentar yang disampaikan relevan dengan artikel menunjukkan artikel yang dibuat bagus. Itu menurut saya.

  4. M. Syahri says:

    Sungguh komen itu berguna banget , Dan sebagai pemuas hati sekaligus, layaknya jika artikel yang Kita buat mendapat banyak komentar alhasil Kita merasa berhasil dalam membujuk para pembaca untuk menorehkan pendapatnya. Dan pendapat-pendapat yang tertulis pada artikel Anda diatas sangat bermanfaat untuk memotivasi para blogger dalam berusaha memaksimalkan menulis artikelnya.

  5. M.Farhan says:

    Bener banget mas karena komentar itu anggap lah sebuah konten. Jika ada yang berkomentar tidak relavan konten itu akan bisa rusak

  6. Basten says:

    halo mukhofas

    makasih gan infonya dan semoga bermanfaat.

    ane sangat suka dengan postingan yang ini.

    bila punya postingan list model kayak gini tolong kasih tau mas.

    terima kasih

  7. Masirwin says:

    Saya boleh dimasukan ke 24 nya? Hihi

    #Ngarep

Leave a Reply