Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

3++ Penyebab Impian Cita – Cita Menjadi Seorang Penulis Novel Best Seller Gagal / Kandas di Tengah Jalan dan 10 Tips agar Tidak Merasa Penulis Gagal

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

Dalam benak pikiran penulis pemula menjadi seorang penulis yang mahakarya buku / novelnya laris manis dan diterima masyarakat adalah suatu hal yang sangat sulit, sebab mereka berpikiran bahwa penulis seperti itu memiliki kemampuan talenta istimewa atau potensi cemerlang.

Padahal tidak begitu, dalam studi di lapangan bahwa siapa saja bisa menjadi penulis buku atau novel. Seorang pedagang kaki lima, kuli pabrik, pekerja kantoran, petani yang tidak tamat SD sekalipun bisa untuk menjadi seorang penulis.

Hal yang mempengaruhi adalah mindset / pola cara saudara berpikir. Bila berpikir negatif duluan dan tidak ada kemauan yang kuat dan keras mewujukan impian tuk jadi seorang penulis sesuai dengan mimpi saudara.

Sekali lagi, siapa saja bisa jadi penulis. Entah saudara berbakat atau tidak tetaplah bisa menjadi seorang penulis.

Terkadang saya menemukan orang – orang yang memiliki cita – cita menjadi penulis baik penulis buku, novel, penulis blog dan bisa mendapatkan uang darinya tapi dirinya merasa pesimis dan gagal serta pada akhirnya berhenti menulis sampai batas waktu yang tidak ditentukan (mungkin dikala motivasi hasrat menulis mulai menunjukkan sikap bersemangat lagi)

Beberapa penyebab yang menyebabkan berhenti menulis atau vakum lama untuk menghasilkan mahakarya, berikut pemaparannya:

1. Visi dan Misi yang tidak jelas sebagai penulis

Visi adalah sejenis tujuan hidup sebagai penulis.

Jadi apa yang akan dicapai oleh saudara bila ingin menjadi penulis? Ini seperti halnya menentukan tujuan hidup saudara kedepan (menatap masa depan)

Bila saudara memiliki tujuan untuk menjadi seorang penulis novel seperti Dewi Lestari, Afifah Afra, Asma Nadia, Rhefi Dinar dan lain sebagainya mulai memiliki tujuan.

bila ingin karyanya dibaca oleh banyak orang dan bisa menginspirasi menulislah dan bangun komunitas pembaca / penggemar buku novel saudara.

bila Cuma menulis dan tidak melibatkan / mengumpulkan pembaca saudara sulit untuk bisa melangkah maju dan semakin berkembang.

Bedanya penulis pemula dan penulis profesional sukses mereka punya jaringan pembaca pembacanya dengan membuat komunitas penggemar. Bial penulis pemula mengabaikan hal – hal seperti ini.

Jika saudara ingin menjadi penulis blog / blogger tentukan tujuan menulis apa yang akan saudara isi di blog? Bila saudara punya impian dan visi seorang penulis fiksi islami remaja. Gunakanlah blog untuk menulis cerita –cerita fiksi islami remaja saudara dan promosikan cerita fiksi saudara ke para remaja – remaja yang doyan fiksi islami remaja.

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah membangun komunitas yang kuat sehingga nama saudara selaku penulis semakin dikenal dan berisnar di masa depan.

Tujuan (visi) misi kurang jelas dan masih sangat bingung akan menghambat kemajuan saudara.

2. Motivasinya lemah / tidak kuat

Jika menulis sekedar berekpresi atau menyalurkan hasrat. Sah – sah saja dan itu hak privasi saudara.

Tapi itu belum kuat sebagai motivasi saudara untuk menjadi seorang penulis penulis.

Motivasi yang kuat ada pada dalam diri sendiri, jika dari luar / eksternal (masih lemah)

Salah satu motivasi saya untuk menjadi seorang penulis blog dan penulis buku adalah tujuan mulia untuk menginspirasi banyak orang, memberikan pencerahan berharga, dan bisa merubah setiap insan pembaca tulisan – tulisan.

Saudara wajib baca bacaan ini tentang passion. Baca tentang merasa terdorong oleh tujuan mulia

Jika saudara motivasinya adalah untuk menjadi terkenal dan karyanya best seller itu mustahil tanpa apa yang bisa saudara untuk orang lain. Saudara harus memberikan nilai – nilai lebih dari mahakarya saudara dengan tujuan mulia yang akan dikenang banyak orang. Salah satunya Steve Job ia tidak akan terkenal kalau tujuannya untuk mencari uang.

Saudara harus memiliki tujuan dan motivasi yang akan terus bertahan sepanjang hidup. Motivasi yang tidak lekas lentur oleh waktu dan kondisi. Dan terus pupuk motivasi itu.

3. Komitmen yang Rendah berimbas pada kedisplinan

Tidak disiplin dalam menulis tanda kurang serius atau tidak punya keingnan yang menggebu – gebu.

Sehingga tidak heran jika pada akhirnya menjadi penulis gagal / blogger gagal.

Cobalah untuk menulis disiplin. Latihlah kemampuan / skill menulis saudara, pertingkatkan jam terbang menulis melebihi 10000 jam.

Bila saudara sibuk bekerja, entah profesi dokter, guru, pengusaha, teller dan apapun yang menyebabkan tidak ada waktu khusus menulis. Luangkan waktu khusus untuk menulis seperti kurangi jam tidur atau hal – hal yang kurang berfaedah dan membuang – buang waktu.

Berusahalah untuk menghasilkan mahakarya yang bermutu tinggi nan berkualitas.

4. Kurang bergaul dan melakukan riset mendalam

Apabila saudara suka menulis, bergabunglah dan berpartisipasilah dalam pergaulan itu dengan ikut komunitas menulis, komunitas membaca baik secara online maupun secara offline.

Cobalah cari rival / pesaing penulis lain yang ingin saudara kalahkan. Sehingga kebutuhan untuk terus berprestasi tersu terpupuk.

Kurang bergaul akan membuat isi cerita atau tulisan yang saudara tulis akan bagus, karena tulisan yang bagus dan berbeda dari tulisan – tulisan para penulis lain adalah dibutuhkan pengembangan riset mendalam dan tentu membutuhkan waktu begitu lama untuk satu karya terbaik.

Terbukalah terhadap kritik dan masukan yang akan membully tulisan karya saudara. setiap penulis memiliki 3 hal apabila mendapatkan kritikan

1. terbuka

2. menerima sambil lalu (dengarkan lalu melupakan)

3. marah, tidak terima (emosi)

5. Cengeng / Rapuh

Penulis yang punya sikap cengeng atau rapuh ini akan berakibat menjadi penulis gagal dan tidak berkembang yang menyebabkan patah arang (putus asa)

Baru menulis untuk media cetak ternama, tahu tidak dipublikasikan langsung tidak mau menulis lagi.

Jangan cengeng dan mudah rapuh, teruslah bangkit dan berusaha lebih keras lagi.

Penulis Besar dan Seorang Ilmuwan Pakar Ahli Pun Pernah merayakan Kegagalan

Seorang penulis yang buku – bukunya begitu laris penjualannya atau best seller dulunya sebelum sukses seperti yang saudara tahu saat ini adalah penulis gagal. Dimana mahakaryanya: Tidak ada yang meliriknya, tidak ada yang tertarik sama sekali, ditolak berkali – kali oleh penerbit berbeda. Tapi para penulis gagal itu tidak lekas menyerah begitu saja.

Tentu saja ketika kita gagal merasa putus asa, sedih, frustasi, stress dan implikasi lain, tapi seharusnya dari kegagalan itu teruslah berbenah diri dan bangkit, bangkit, bangkit terus bangkit dari keterpurukan.

Tidak ada orang besar dan terkenal tanpa proses liku – liku terjal nan panjang yang menyerap banyak energi hidup yang sarat dengan kesedihan, tangisan air mata.

Sebagai contoh

1. Soichiro Honda

seorang tokoh legendaris sepeda motor dunia, Soichiro Honda pendiri pabrik motor dan mobil terkemuka dunia pun tak lepas dari kegagalan demi kegagalan berulang kali. Coba saja saudara melakukan pencarian sebanyak – banyaknya dengan googling “Sepak Terjang Soichiro Honda”

Dikala kegagalan datang beliau tidak lekas menyerah dan bahkan perusahaan / usaha bisnis milik Soichiro Honda mengalami kehancuran (sebelum 1948, sebab perusahaan Honda dirintis sejak tahun 1948) tidak melemah malah terus bangkit. Sungguh luar biasa perjuangannya.

2. Nabi Muhammad

Tak hanya Soichiro Honda, banyak tokoh – tokoh lain seperti Nabi Muhammad Rasulullah SAW dalam membawa risalah perubahan dari zaman buta gelap ke zaman terang (Tentu perjuangan beliau ada suka dan duka yang patut kita ambil pelajaran didalamnya).

3. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln presiden Amerika ini juga mengalami serangkaian kegagalan – kegagalan sebelum dirinya berhasil menjadi presiden.

4. Hellen Keller

Hellen Keller orang buta dan tulis (buta tak bisa melihat, tuli tak bisa mendengar) tapi namanya begitu harum dan dikenal luas oleh masyarakat dunia. T

5. Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison yang berulang kali gagal dalam eksperimennya beribu – ribu kali dan kemudian berhasil.

Segelintir orang yang meraih kemenangan sejati karena karena tidak takut untuk berkali – kali ketika mereka jatuh.

Begitu juga dalam dunia kepenulisan, sastra, literasi mereka juga sama seperti diatas, bangkit dari kegagalan

Untuk poin 6 berikutnya khusus para penulis

6. Joanne Kathelen Rowling

Saudara mungkin hanya melihat sisi sukses larisnya penjualan Novel misteri seri Harry Potter dibandingkan dengan kegagalannya (ditolak naskahnya 12 kali sebelum akhirnya menuai sukses) dan tentu ada proses perjuangan yang tidak saudara lihat dan alami.

Setelah karya – karyanya berulang kali ditolak, kini diterjemahkan ke 61 bahasa di 200 negara dunia dengan ratusan juta eksemplar.

7. Dan Brown

Sebagian besar pembaca buku karangan Dan Brown sebagai salah satu penulis novel misteri. Salah satunya The da Vinci Code. Karya Keempat The da Vinci Code ini diragukan oleh pihak penerbit Simon & Shuster sebelum akhirnya pindah penerbit Doubleday

Akhirnya karyanya ini diterjemahkan ke 44 bahasa di dunia sebanyak 60,5 eksemplar di seluruh dunia menurut New York Times

8. Afifah Afra

Sudahkah saudara mengenal penulis Indonesia asal kota solo ini? Seorang penulis buku remaja, novel – novel best seller. Salah satu novel terlaris yang digarapnya “De Winst”

Ketika pertama kali mengirimkan naskahnya ke penerbit beliau ditolak penerbit 2 atau 3 kali yang kemudian akhirnya menjadi langganan penerbit.

Tentu perjuangannya melewati fase – fase gagal, tapi tidak lekas menyerah dengan keadaan. Afifah Afra adala salah satu perintis Penerbit Buku Mayor Indiva Media Kreasi

 

Kepoin Aja:  Menulis Dapat Uang: 13++ Daftar Situs Website Blog Online Indonesia yang Menerima Tulisan (Cerpen, Puisi, Artikel, Resensi, Travel, Feature dan Topik Khusus) serta Dibayar Mahal dan Tinggi

Hampir semua penulis – penulis besar yang mencengangkan dunia dan membuat prestasi luar biasa pernah mengalami kegagalan demi kegagalan sebelum kemudian mereka dikenal sebagai penulis besar seperti sekarang.

Dari kegagalan orang –orang besar diatas , banyak hikmah yang bisa kita ambil.

1. kegagalan dan kekalahan adalah hal biasa dan bukan akhir dari segalanya

2. kegagalan sebagaimana yang biasa sering kita katakan dalam nasihat klasik sebagai kesuksesan yang tertunda. Dari kegagalan kita belajar dari kekurangan dan kelemahan kita sehingga belum layak menyandang gelar juara. Dari sanalah kita bertolak untuk berbuat lebih baik sampai bisa meraih kemenangan.

10 Cara dan Tips agar Tidak Merasa menjadi Penulis Berpikiran G

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *