Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

Apa itu Guest Post (Postingan Tamu)? | 9+ Manfaat menjadi Penulis Tamu dan 10 Tips Sukses Guest Post

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

Contents

Apa itu dan Pengertian Guest Post?

Guest: Tamu

Post: Postingan

Berarti bila digabungkan memiliki arti Pos (Postingan) Tamu.

Guest Post disini maknanya adalah saudara selaku tamu hendak menulis, mengirim postingan yang telah saudara bikin / buat untuk dipublikasikan ataupun diterbitkan di situs website blog milik orang lain bukan website blog milik sendiri.

Untuk bisa menjadi penulis tamu di situs website pihak lain tentu saudara harus mengikuti persyaratan, peraturan perundang – undangan yang dibuat pihak situs website tersebut.

Syarat setiap blog tentu berbeda dengan setiap blog yang lain dan tidak bisa disamaratakan. Bila persyaratan untuk menjadi penulis tamu postingan tamu di blog ini bisa dibaca di syarat Menjadi Penulis Tamu Di Baublogging.com

Mengapa Orang Mau Menulis Guest Post dan Enggan?

Tujuan terbesar orang mau menulis untuk guest post adalah karena ingin mendapatkan lalu lintas pengunjung dan bisa mendapatkan perujuk / pengacu / backlink yang memgarah ke situs website saudara.

Sehingga dampak dari perujuk (backlink) ini nantinya akan memberi sinyal kepada mesin telusur terutama google untuk merangking halaman – halaman situs website blog saudara.

Untuk kerjasama ini harus saling untung menguntung diantara kedua belah pihak dan bisa main negosiasi yang sukses.

Bagi penulis tamu (guest post), nama penulis dan blog akan dikenal oleh pembaca, karena bisa jadi pembaca belum kenal dan tahu penulis tamu sebelumnya.

Bila pembaca tertarik dengan salah satu postingan tamu tersebut, kemungkinan besar ia akan berkunjung ke situs website blog penulis tamu (Biasanya namanya disebutkan diawal postingan maupun akhir)

Ada juga yang enggan tidak mau melakukan guest post dengan faktor – faktor alasan berikut:

1. Terlalu khawatir bila tulisan postingan yang sudah ditulis dengan susah payah ditolak alias tidak diterima.

2. Tidak mengerti tata cara dan bagaimana memulainya.

3. Belum tahu manfaat apa yang bakal didapatkannya.

Manfaat Guest Post Bagi Penulis Blog Tamu (Pemilik Situs Website Blog yang Mengirim)

1. Dapat memasarkan produk, nama penulis blog tamu dan brand sendiri maupun perusahaan

Dengan guest post sejatinya kita telah melakukan pemasaran online yang berimpak pada mengenalkan produk, nama penulis dan brand blog ke pembaca blog yang dikirimi guest post itu semakin dikenal luas dan tersohor.

Dengan membaca tulisan postingan guest post yang saudara kirim itu (bila ada backlink yang mengarah ke salah satu postingan blog saudara) maka pembaca blog dari hasil guest post akan mengunjungi blog saudara. katakanlah tersemprot pengunjung dari blog guest post ke blog saudara miliki.

2. Membangun hubungan dengan banyak blogger (penulis blog) dan pemilik situs website lain

Membangun hubungan dengan banyak blogger lain sejatinya saudara juga membangun pertemanan, persahabatan dan menjalin silaturahim dengan banyak blogger lain.

Sehingga bisa menumbuhkkan semangat, rasa percaya diri, senang, motivasi selama membangun hubungan yang luar biasa bersama dengan blogger lain dengan cara yang menguntungkan.

3. Meningkatkan popularitas situs website blog (jika blog yang dituju ramai)

Ini sudah jelas, salah satu tujuan dari guest post di blog ternama tentu impak paling berharga mendapatkan popularitas dengan meningkatkanya pengunjung, naiknya rangking kata kunci yang dibidik.

Peluang di mesin telusur juga cukup signifikan bagus.

4. Mendapatkan tautan balik / pengacu / perujuk / backlink bermutu bagus (berkualitas)

Backlink dibagi menjadi dua.

Backlink dofollow dan nofollow. Bagi yang melakukan guest post berharap mendapatkan backlink dofollow dari yang memberikan lowongan guest post ini.

Hal ini suatu dampak bagus bagi SEO situs website blog saudara.

5. Meningkatkan pengunjung situs website blog (bayangkan dari blog yang ramai >> ke blog yang sepi)

Sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Ini sudah pasti akan meningkatkan hasil kunjungan ke blog saudara.

Tapi tidak pada hari pertama mendapatkan pengunjung yang langsung melejit ke situs website blog saudara. Membutuhkan waktu tersendiri untuk mendapatkan impak yang maksimal di kemudian hari.

6. Memperluas sektor pasar

Manfaat memperluas pasar karena pembaca setiap blog yang dikirimi guest post berbeda – beda.

Sehingga dengan memperluas sektor pasar baru maka segmen pembacanya juga berbeda dan baru. Misal bila selama ini sebelum melakukan guest post pembacanya rata – rata anak muda yang doyan ngeblog maka dengan melakukan guest post di blog lain yang tentu segmen pembacanya juga tidak sama bisa jadi anak muda perempuan yang tidak tahu seputar ngeblog setelah berkunjung ke blog kita alias pengirim guest post.

Dan hingga pengunjung blog kita yang selama ini didominasi kaum lelaki mendapatkan angin segar untuk mendapatkan pembaca segmen perempuan. Yang belum kenal dengan blog kita malah jadi kenal lewat bantuan guest post yang kita lakukan.

7. Dapat Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority

Domain Authority dan Page Authority merupakan salah satu pemeringkatan suatu situs website yang dipelopori oleh MOZ.

Meningkatnya DA dan PA karena webiste blog saudara mendapatkan backlink / perujuk berkualitas dari berbagai situs website blog milik pihak lain (penggelola situs website blog)

8. Meningkatkan Brand Awereness (Kesadaran Brand)

Semakin banyak tulisan posting saudara tersebar di banyak blog dari blogger (penulis blog) lain Yang dibaca pembaca blog.

Mereka para pembaca akan mengenal sebagian dan mengingat – ingat seperti: Logo, nama blog, nama penulis, produk buatan saudara, buku / ebook buatan saudara, slogan, atau kumpulan kata – kata yang terselip dalam postingan blog saudara. bisa jadi mereka akan melakukan pencarian ulang dengan googling dari apa yang ia ingat.

Bila hal ini semakin dikenal betul oleh banyak pembaca maka akan memunculkan kesadaran tentang kita, tentang blog kita yang berimpak pada kepopuleran di masa mendatang.

Satu lagi bila hal ini dipadukan dengan mereka (yang kita kirimi guest post) memiliki follower sosial media yang cukup bagus yang engagementnya juga bagus akan untuk bersedia share guest post disana yang baru dipublikasikan juga akan meningkatkan kunjungan dan bisa membantu kesadaran brand blog kita.

9. Meningkatkan Rangking Kata Kunci (Keyword)

Perlu kita tahu bahwa menanam link dari blog yang ramai ke yang yang masih sedikit pengunjung dan memberikan anchor text (teks jangkar) dengan backlink akan menaikkan kekuatan rangking kata kunci agar bisa bersaing di halaman teratas mesin telusur terutama Google.

Saudara harus tahu juga seberapa populer dan terkenal blog mereka sehingga saudara harus mencari data – datanya seperti DA – PA, Trafiknya, Alexa Ranknya dan sdebagianya sebagai parameternya serta memberi efek bagi kata kunci agar rangking kata kunci semakin kuat. Bila kriteria rendah kemungkinan dampak yang bakal diraih menurun dan bisa tergeser ke halaman lain di mesin telusur.

Manfaat Guest Post bagi yang Dikirimi (Membuka Halaman Guest Post)

1. Mendapatkan Postingan secara sukarela dari pihak penulis blog tamu

Sudah pasti orang yang tertarik ingin guest post pasti akan mengirim file post dalam bentuk file docx/html ke email / no whatsapp / telegram saudara yang menerima guest post.

Perlu diperhatikan bila penerima guest post ingin mendapatkan keuntungan yang bagus harus memilih dan memilah guest post yang isinya berkualitas dan terbaik yang pengirim guest post bikin.

Bila yang ditulis Cuma sedikit dan asal – asalan saja guna mendapatkan backlink dan trafik (pemirsa) dari blog terkenal nan populer ke blog saudara maka yang diuntungkan ya pengirim guset postnya si pemilik blog yang dikirimi merasa dirugikan

2. Situs Website Blog selalu update dengan postingan – postingan terbaru yang lebih segar

Tentu yang dikirimi guest post mendapatkan suntikan postingan baru dari penulis blog (blogger) lain.

Tentu hal ini sangat menggembirakan pemilik blog yang dikirimi guest post, tapi kalau tulisan – tulisan dalam postingan itu tidak menarik dan tidak sesuai harapan pemilik mungkin akan menolaknya.

Maka sangat disarankan untuk membuat dengan gaya berbeda dari yang sudah umum. Harus ada warna baru apa yang dibawa.

3. Dapat meningkatkan pengunjung (sebab kita juga membantu promosi juga)

Penulis blog tamu akan membantu promosi diluar jangkauan pemilik blog yang dikirimi guest post kepada anggota komunitas blognya hingga ke komunitas lain yang releven dengan guest post yang telah ditulis dan dipublikasikan itu.

Sehingga mendapatkan pemirsa baru yang mungkin belum pernah berkunjung ke blog populer dan terkenal itu serta menancapkan brand blog yang dikirimi (sebab pemirsa baru) ada yang mengingat – ingat.

4. Dapat terus menjalin kerjasama dengan penulis tamu

Apabila tulisan guest post itu sangat disenangi pemilik blog populer nan terkenal itu tentu akan mempersilahkan menulis dan mengirim lagi pada kesempatan lain guna kerjasama guest post ini.

5. Persahabatan (membangun hubungan positif nan baik dengan pemilik situs lain)

Akan ada suatu rasa simbiosis mutualisme diantara kedua belah pihak yang saling untung menguntungkan.

Hal ini akan berimbas pemilik blog terkenal pada suatu saat nanti dikala situs website blog yang dulu pernah guest post sudah mulai menggungguli dari blog terkenal sebelumnya ia akan mengadakan kerjasama baik dalam penukaran backlink atau mereka mengirim guest post balik.

Dan tentu hal ini sangat dipengaruhi oleh faktor hubungan positif dan baik secara berkesinambungan.

Penyebab Guest Post tidak Diterima

1. File guest post yang saudara kirim tidak bagus / istimewa / jelek atau biasa bagi pemilik

2. Terlalu banyak backlink yang diminta untuk dipublikasikan

3. Postingannya berisi postingan promosi produk bukan seputar manfaat yang harus didapatkan pembaca blog penayang guest post.

Tips dan Panduan Sukses Guest Post

1. Kirim di Situs Website Blog Terkenal dan Populer

Memilih situs website blog yang terkenal dan populer itu syarat yang harus diperhitungkan serta mutlak wajib, sebab blog mereka sudah memiliki banyak postingan, pemirsa / pengunjung yang datang yang tinggi setiap harinya dari berbagai lalu lintas online seperti: Pencarian organik, Sosial Media, Email, Backlink, pengunjung direct, rss feed, newsletter dan lain sebagainya.

Popularitas sebuah situs website blog merupakan suatu potensi yang akan bisa mengalirkan pengunjung dari blog ramai ke blog sedikit pengunjung. Ibaratkan sungai besar yang debit air begitu luar biasa akan memberikan debit airnya ke sungai – sungai kecil.

Saudara harus selektif dalam mencari, menentukan blog populer mana yang ingin saudara kirimi posting guest post untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sebelum mengirimkan posting saudara harus melakukan riset terkait data – data analytics blog, alexa rank, DA dan PA, jumlah backlink, jumlah komentar setiap postingan pemilik blog.

Caranya cek alexa.com/siteinfo/baublogging.com atau similarweb.com dan situs web pelacak analytics yang tersedia di internet.

Bisa juga berkomunikasi dengan pemilik blog terkait ini. Dan dengan data – data itu saudara bisa mengukur seberapa populernya situs website blog yang ingin saudara kirimi posting guest post.

2. Kirimkan Postingan / Tulisan Terhebat (Terbaik)

Menulis posting untuk blog tamu bukan tujuan untuk sekedar dapat pengunjung dan backlink saja, tapi punya nilai (value) bagi pemilik situs website blog yang ingin dikirimi guest post.

Jadi untuk memberi nilai tambah itu saudara harus memberi suatu hal yang sangat mengagumkan bagi pemilik blog tamu / guest post, salah satunya dengan menulis suatu posting yang unik, kreatif, inovatif yang belum ada pembahasan mirip dari situs website blog lain. Katakanlah postingan berkualitas tinggi nan berdaging.

Tidak perlu merasa rugi karena telah memberikan tulisan postingan terbaik saudara ke mereka. Mereka (pemilik blog) akan menghargai penulis aslinya bahwa itu tulisan original dari saudara.

Jangan sekali – kali mengirimkan postingan yang tidak berkualitas, tentu mereka akan menolaknya.

3. Selalu bersikap sopan, ramah, dan menjaga komunikasi yang saling untung menguntungkan (win – win)

Menjaga sopan santun dalam berkomunikasi dengan pemilik blog guest post.

Jangan sampai kata – kata yang keluar dari tulisan yang saudara ketik bisa menyakiti atau menyinggung perasaan.

Bila saudara langsung mengirimkan file guest post ke email mereka tanpa persiapan dan asal bicara tanpa mikir sebab akibatnya maka potensinya tidak akan dibalas atau diabaikan.

Utamakan akhlak yang mulia dan menghargai Insyaallah berhasil.

3. Jangan terlalu egois

Memikirkan keuntungan untuk mengeruk keuntungan pribadi saudara, tapi tidak memikirkan keuntungan yang didapatkan pihak pemilik blog.

Kita telah merasakan egois, hal ini tidak akan membuahkan hasil guest post saudara diterima dan dipublikasikan alias didiamkan.

4. Ikuti petunjuk dan Aturan Guest Post

Bila saudara langsung mengirim guest post tanpa membaca petunjuk, pedoman serta aturan yang berlaku setiap pemilik blog yang menyediakan guest post mungkin bakal ditolak.

Dengan memahami petunjuk dan aturan kita harus mau tahu apa yang diinginkan dari pemilik blog itu.

Jika tidak ada penjelasan di halaman blog tentang ini bisa ditanyakan lewat email atau kontak yang bisa dihubungi. Sebab ada yang tidak menerima giest post dan kadang juga memberlakukan bayaran

5. Bangun hubungan baik secara berkelanjutan dan berkesinambungan

Membangun hubunhan yang positif dan baik sepanjang waktu sebisa mungkin akan membantu saudara ketika hendak mengirim guest post lagi.

Cara yang dianjurkan untuk membangun hubungan yang baik bisa dengan menjalin teman via sosial media seperti Facebook, Google+, Linkedin, whatsapp, telegram dan bisa juga bergabung di komunitas online mereka dan ikut berpartisipasi didalamnya.

6. Jadwalkan Guest Post saudara

Bila saudara ingin mempromosikan situs website blog atau bisnis secara gratis.

Buatlah jadwal mengirimkan guest post. Misalnya satu bulan dua kali di blog terkenal yang berbeda –beda.

Dan ini sangat baik untuk perkembangan situs website blog suadara.

7. Kirimkan Guest Post ke Blog yang berbeda – beda

Jangan Cuma mengirim guest blog pada blog yang sama dalam satu waktu.

Pilihlah blog sesuai dengan topik blog saudara. Misalkan blog saudara mengupas tips SEO maka cari blog yang mengupas blog seputar tema mirip.

Mengirim guest post di blog yang berbeda guna untuk menjangkau dan memperluas promosi saudara disebab setiap blog memiliki pemirsa / pengunjung yang berbeda – beda. Dan dengan ini akan mendapatkan pembaca baru.

8. Guest Post di Blog yang Releven

Makna releven sudah tahu?

Situs blog saudara membahas seputar teknologi telekomunikasi seluler maka saudara harus melakukan guest post yang bertema sama.

Bila saudara melakukan guest post seputar kesehatan bayi maka saudara menarget pasar pembaca yang bukan tema dari blog saudara.

Bila yang dilakukan yang bukan target blog saudara maka saudara Cuma mendapatkan hasil sia – sia alias 0

9. Jujur

Hampir setiap yang terbuka membuka lowongan guest post adalah postingan guest post harus original (asli) bukan sarek (salin rekat) copas.

Mereka juga tidak mau postingan dalam bentuk plagiat 100 persen dari hak cipta karya pihak lain.

Saudara jangan pernah mengirim guest post yang sudah dikirim ke penerima guest post lain sehingga akan menjadi ganda postingan yang dtulis sehingga menimbulkan polemik dan konfrontasi.

10. Akrab dan Bernegosiasilah dengan pemilik blog

Sebelum mengirim guest post, saudara juga perlu negosiasi agar kesepakatan antara kedua belah pihak membuahkan hasil.

Kadang maunya kita backlink tiga dan maunya pihak yang membuka layanan guest post maksimal satu backlink. Atau kadang maunya harus membayar sekitar minimal Rp.100.000 untuk setiap guest post.

Jadi cobalah untuk meminta banyak reward yang bisa menguntung kedua belah pihak dengan bernegosiasi ini.

Langkah Sukses Guest Post

1. Mulailah dari langkah sederhana / paling kecil.. Mulailah dengan mencari blog yang dirasa mudah dan mau mempublikasikan guest post saudara

Caranya googling:

Advertisements

Guest post + Topik >> Misal: Guest Post Keuangan

Posting tamu + Topik >> Misal: Posting tamu Parenting

Topik + Posting Tamu >> Buku Novel Posting tamu

Topik + Guest Post >> Misal: Wisata Guest Post

Artikel Tamu +Topik >> Misal: Artikel Tamu Perumahan

Blog tamu + Topik >> Misal: Blog tamu Kesehatan

Dan lain lain tinggal kreatif dan kombinasikan sendiri.

2. Berkunjung ke blog yang mau di guest post lakukan:

1. Membaca postingan dengan khusyuk lalu berkomentar yang bisa membuat penyedia lowongan guest post terkesima dengan komentar saudara dan menyadari keberadaan saudara. Dari sini mulailah bangun hubungan baik.

2. Kirimi Email ke mereka kalau saudara hendak mau melakukan guest post ke blognya. Dan tunjukkan salah satu tulisan posting saudara kalau perlu. Kalau mereka menyukai dan dan menanggapi mulai saatnya untuk melakukan guest post.

Lalu bagaimana kalau komentar dan email tidak ditanggapi?

Gunakan prosedur yang biasa, kirim guest post lewat email dan tunggu responnya.

3. Menganalisa bahan guest post

Ada beberapa cara untuk menganalisa tulisan apa yang ada di blog penyedia guest post tersebut.

1. Analisa setiap label, kategori yang ada pada blog yang mau dikirimi guest post sehingga kita menjadi tahu apa saja yang biasa mereka tulis.

2. Analisa post yang paling laris sepanjang masa / populer

4. Setelah melakukan analisa post di blog mereka, mulailah menulis mempersiapkan guest post untuk mereka

Mulailah menulis postingan yang terbaik dan berkualitas tinggi untuk dikirimkan. Jangan sekali – kali mengirimkan postingan yang jelek kualitasnya.

Menulis postingan berkualitas dan terbaik membutuhkan waktu dan riset untuk bahan tulisan. Disarankan untuk menggali topik.

5. Kirimkan Guest Postnya

Bila sudah melakukan analisa hingga pembuatan postingan berkualitas sudah jadi dan sudah siap untuk diikirimkan maka kirimlah postingan yang telah saudara tulis.

Saat menunggu apakah postingan saudara diterima atau ditolak?

Bagaimana kalau ditolak? Cari yang lain yang mau menerima guest post atau publikasikan ke blog sendiri.

Bila ditolak itu, coba tanyakan apa alasannya bisa ditolak? Mesti mereka punya alasan. Alasan itu bisa menjadi masukan yang harus saudara terima untuk menjadi penulis blog (blogger) lebih baik dari sebelumnya.

Jika diterima. Bergembiralah dan ikut berinteraksilah dengan pembacanya dengan membalas komentar – komentar yang ditujukan pada guest post saudara.

6. Promosikan

Ketika postingan saudara diterima tugas selanjutnya adalah mempromosikan. Hal ini sudah dipaparkan pada poin – poin diatas sebelumnya. Postingan ini membahas cara – cara promosi postingan konten yang patut dibaca juga.

Dan jangan lupa berterima kasihlah sebanyak – banyaknya yang telah bersedia menerbitkan / mempublikasikan guest post saudara di blog mereka.

 

Kepoin Aja:  10 Manfaat Bergabung atau Ikut Komunitas Blogger dan Menulis
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *