Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

Apa itu Marketing – Pemasaran dan Macam – Macam Model Pemasaran

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

Arti Pengertian Definisi Marketing – Pemasaran

Marketing – Pemasaran adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan suatu konsumen, dengan cara membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.

Ada pun definisi dari marketing yaitu perpaduan antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan suatu produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai marketing pilih yang mana saja karena semua intinya sama.Marketing memang sangat erat kaitannya dengan aktivitas kehidupan kita sehari-hari sebab objeknya ialah Konsumen.

Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak kita beli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu maupun kualitas saat melakukan pembelian. Jadi kita sebagai konsumen dapat dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para Marketer dalam melakukan kegiatan marketing.

Dengan adanya marketing para konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya secara sendiri-sendiri. Karena dengan melakukan pertukaran dengan para pelaku marketing, konsumen dapat memenuhi kebutuhan maupun kepuasannya dengan mendapatkan produk ataupun jasa.Bagi perusahaan, marketing memang merupakan kegiatan yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan maju-mundurnya perusahaan, karena marketing memiliki fungsi untuk menghasilkan pemasukan.

Semakin besar pemasukan maka perusahaan akan semakin maju dan berkembang, sedangkan jika pemasukan kurang atau kecil maka perusahaan akan mengalami kemunduran.

Pengertian Marketing – Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut beberapa ahli yang mengemukakan apa itu marketing:

 

1. Jay Abraham

Beliau mengutarakan bahwa marketing dapat dianggap suskes apabila kamu sudah tampak baik bagi pelanggan kamu.

2. Philip Kotler

Dia menjelaskan marketing ialah kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dikerjakan oleh individu atau sekelompok agar mendapatkan apa yang diinginkan dengan membuat sebuah produk lalu menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain.

3. Tung Desem Waringin

Dijelaskan olehnya marketing ialah mengkomunikasikan suatu nilai tambah/perceive value yang lebih tinggi.

4. Laksita Utama Suhud

Marketing ialah berbagai usaha yang harus dilakukan agar membuat suatu bisnis atau usaha selalu tampak lebih baik di kalangan pasar dibanding para pesaing bisnis.

5. John Westwood

Menurutnya marketing merupakan sebuah usaha terpadu agar terpenuhnya semua kebutuhan konsumen secara menguntungkan.

6. Firmanzah

Dikatakan oleh beliau bahwasannya ilmu marketing yang dikembangkan dikalangan bisnis & diarahkan untuk mengejar sebuah laba.

7. Yuswohady

Dikatakannya bahwa marketing merupakan ilmu agar memenangkan sebuah persaingan.

8. Bagozzi

Bagozzi menjelaskan bahwa marketing ialah kegiatan yang memungkinkan terjadinya pertukaran antara 2 belah pihak bahkan lebih.

9. Al Ries & Jack Trout

Mereka menjelaskan bahwa marketing merupakan sebuah pertempuran dalam benak konsumen sehingga positioning ialah yang terutama, konsumen diasumsikan selaku makhluk yang rasional.

10. Hermawan Kertajaya

Dinyatakannya bahwa marketing merupakan strategic business concept yang merekat dalam mindset.

11. Swasta (1996)

Pengertian marketing bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual

12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Marketing adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan (1). Marketing menyebar luaskan ketengah-tengah masyarakat (2).

13. Willian J.Staton

Pengertian pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga , mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial

14. Sutisna

Pengertian pemasaran adalah usaha yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasaran

15. Muntaha

Pengertian pemasaran adalah proses pengolahan, produksi dan penyampaian informasi atau pesan-pesan melalui satu atau lebih saluran kepada khalayak sasaran secara berkesinambungan serta bersifat dua arah dengan tujuan menunjang dan efisiensi pemasaran suatu produk

16. Djaslim Saladin

Pengertian pemasaran adalah sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan

17. Kotler (1997)

Marketing adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain

18. Wikipedia

Pengertian pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum

19. American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow (2005)

Pengertian marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing

Macam – Macam Jenis Marketing

1. Marketing Pasar

Marketing pasar adalah jenis marketing yang menjualkan barang dagangannya di suatu tempat tertentu contohnya seperti pasar traditional, Super market dan mini market, system pemasaranya menjual barang yang ingin di jual tetap di suatu tempat jadi konsumennya yang datang ketempat tersebut untuk mencari keperluan konsumen sendiri.


Barang yang dijual atau di pasarkan berbentuk bahan pokok atau kebutuhan sehari-hari yang di perlukan oleh konsumen itu sendiri. Untuk marketin pasar tradisional tidak mengunakan yang namanya manajemen marketing tapi untuk pasar modern seperti super dan mini market biasanya menggunakan yang namanya “BROSUR” atau Membuat Baleho yang berisi tentang dimana letak dan apa saja yang dijualkan oleh pasar tersebut.

2. Marketing Sales Promotion Girl atau sering di sebut SPG

Yang kedua adalah SPG, kenapa perusahaan menggunakan jasa SPG untuk mempromosikan prodaknya.SPG banyak di temui di  pusat – pusat perbelanjaan, di restoran, café atau di event – event pameran dan sebagainya.

Maka dengan itu siUntel mencari tau sumber mata air nya  maka di dapatlah kesimpulan bahwa SPG di gunakan perusahaan untuk memasarkan produknya,spg ditugaskan untuk melakukan penetrasi pasar.

SPG berperan sebagai brand presenter yang mempresentasikan brand perusahaan tersebut kemasarakat untuk menjadi seorang SPG tidak hanya cantik dan berpakaian sexy namun mereka dituntut untuk berkepiawaian dan kecerdasan mereka dalam mempromosikan barang yang mereka tawarkan.

3. Marketing Door to door atau dalam bahasa indonesianya marketing pintu ke pintu

Jenis marketing ini juga pernah ditemui siUnthel jenis marketing ini menurut siUnthel suatu jenis marketing jemput bola, marketing yang menjual produknya dengan cara mendatangi langsung kerumah konsumen dan langsung berhadapan muka dengan konsumen menawarkan produk yang ditawarkannya.

Jenis produknya ada yang berbentuk buku, makanan dan obat untuk menjadi marketing ini mereka dituntut harus mampu berbicara lugas agar konsumennya langsung dapat percaya terhadapa apa yang telah di pasarkannya.


4.Marketing Multi level


Jenis marketing ini yang sering di temui.

Jenis marketing ini hanya sebagian perusahaan aja yang mengunakan system marketing. Multi level sendiri mengartikan tentang menjual produk Oflimlame dan mengajak konsumen untuk menjadi anggota oriflamme.

Dari pengertian tersebutlah dapat diketahui jenis marketing yang mengajak seseorang untuk bergabung dalam perusahaan yang ditawarkannya, dengan persyaratan membeli produk dulu sebelum bergabung ke komunitas dari bisnis multi level ini, yah intinya juga sama menjual produk juga.


Kepoin Aja:  Eztools: Alat – Tool Optimasi SEO untuk Meningkatkan Pemirsa Pengunjung Situs Website Blog dan Toko Online [Cocok untuk Bisnis Online]
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *