Pengertian Artikel: Mengenal Apa itu Arti, Ciri – Ciri dan Macam Jenis Artikel

Definisi Pengertian Artikel

Arti dari artikel adalah suatu bentuk karangan yang berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial dengan maksud menjelaskan siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana, dan mengapa fenomena alam atau sosial itu terjadi.

Suatu artikel terkadang menawarkan suatu alternatif pemecahan suatu masalah.

Sebenarnya artikel bisa juga diartikan sebuah esai yang sebenarnya lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat dan dipublikasikan baik di koran, majalah, buletin, situs website blog dll dan bertujuan untuk menyajikan ide – ide / gagasan – gagasan dan fakta – fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, menghibur.

Artikel termasuk jenis karya tulis atau karangan nonfiksi.

Pembahasan tentang Macam – Macam Jenis Nonfiksi

Arti artikel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: Karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam  majalah -surat kabar dan sebagainya.

Pengertian artikel menurut para pengamat ahli

1. Ensiklopedi Pers Indonesia: Artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok secara lugas.

2. the America Heritage Desk Dictionary: Artikel adalah bagian dari tulisan nonfiksi yang berbentuk bebas, bagian dari penerbitan seperti laporan esai.

3. Longman Pitman Office Dictionary: Artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran dan sebagainya. 

Ciri – Ciri Artikel

1.   Isi materi tulisan didasari oleh fakta bukan sekedar mitos yang belum terjamin kebenaranya.

2. Bersifat faktual dan informatif, mengungkapkan informasi yang berdasarkan hasil – hasil penelitian yang telah dilakukan, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya / keabsahannya / kevalidannya.

3. Bisa juga berisi opini atau analisa pemikiran – pemikiran  (Pandangan) penulis, tapi harus dikuatkan dengan data penelitian sebelumnya yang dilakukan penulis artikel.

4. Menggunakan metode penulisan yang sistematis. Dengan tujuan agar semua informasi dalam arikel dapat diterima oleh masyarakat luas.

5. Menggunakan ragam bahasa yang resmi dan baku. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan bahasa resmi yang bercirikan lugas, logis, denotatif, dan efektif, akan membuat bahasa artikel ilmiah terasa padat, dan berisi.

6. Ide gagasan yang diangkat harus menjawab kebutuhan pembaca / khalayak umum.

Macam – Macam dan Jenis  Jenis Artikel

1. Artikel Online

Artikel online adalah artikel yang lebih sering ditemui di media internet seperti di sosial media, situs website blog. Untuk gaya tulisannya juga tidak kalah jauh dengan yang ada di majalah, koran, surat kabar lainnya.

Sebagaimana definisi artikel yang telah dipaparkan diatas, cuma media penulisan artikel online ini berwujud digital bukan media kertas.

2. Artikel Akademik

Artikel akademik adalah sebuah karangan yang menyajikan informasi yang bersifat faktual berdasarkan pada teori – teori ilmiah.

Contoh: Jurnal

Tujuan menulis artikel akademik

Tujuannya adalah untuk menyampaikan kepada para pembaca tentang sebuah hasil penelitian, tanggapan penulis terhadap suatu masalah.

Cara atau langkah pembuatan artikel akademik bisa dibaca disini

3. Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi adalah salah satu bentuk penulisan artikel berbentuk pendapat yang menerangkan sebuah penjelasan, alasan, pembktian, pro, dan kontra yang disertai alasan – alasan objektif, fakta aktual, nyata, valid dan kuat yang bertujuan menyakinkan si pembaca agar bersimpati atau berpendapat yang sama dengan pengemuka artikel argumentatif serta terpengaruhi. 

4. Artikel Berita

5. Artikel Eksplanatif

6. Artikel Ilmiah

7. Artikel Ilmiah Konseptual

8. Artikel Ilmiah Populer

9. Artikel Jurnal

10. Artikel Lepas

11. Artikel Opini

12. Artikel Makalah

13. Artikel Penelitian

14. Artikel Prediktif

15. Artikel Ringan

16. Artikel Populer

17. Artikel Seo

18. Artikel Bisnis

19. Artikel dalam Koran

20. Artikel Deskripsi

21. Artikel Fakta

22. Artikel Narasi

23. Artikel Pilar

24. Artikel Persuasi

25.

26..

27.

28.

29.

30.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *