Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

Advertisements

Berapa Biaya Menerbitkan Buku? dan Apakah Menerbitkan Buku harus Bayar?

Bingung mau jualan online?

Bingung ngga punya website toko online untuk jualan?

Bingung nyari harga murah tempat pembuatan website toko online?

Ini ada info pembuatan toko online jadi dan siap pakai murah (Cek infonya dan pelajari dulu)

 

Apakah kamu sedang bertanya – tanya begini

Berapa biaya menerbitkan buku?

Apakah menerbitkan buku itu harus bayar?

Berapa biaya cetak buku sendiri?

Saya akan memberitahumu tentang perihal berapa biaya menerbitkan sebuah buku.

Perlu kamu tau dulu. Kamu sebenarnya mau menerbitkan buku di penerbit mana?

a. Penerbit Mayor 

b. Penerbit Indie

Bila kamu menerbitkan buku di penerbit mayor itu gratis, tapi dengan banyak pertimbangan.

Berikut faktor pertimbangan dari penerbit mayor atau penerbit komersial

1. Apakah naskah yang garap bernilai jual dan diprediksi bisa laris manis di pasaran toko buku?

2. Apakah penulisnya orang terkenal / populer? Biasanya kalau orang ternama bisa diterima karena akan memicu penjualan buku

3. Penyajian harus baru, unik dan bernilai jual (Punya daya tawar tinggi)

4. Punya ciri khas yang membedakan dari naskah sejenis / mirip

Terus gimana mas agar diterbitkan oleh penerbit secara gratis?

Kalau mau baca lebih lanjut taut sini

Bila tidak mau akan saya bocorkan sedikit saja:

1. Kenali penerbitnya

2. Kenali Pasar Marketnya

3. Manfaatkan momentum yang tepat

Jika mau menerbitkan di penerbit indie tentu kamu harus mengeluarkan dananya sendiri untuk membiayai semua proses cetak buku hingga betul – betul menjadi sebuah buku.

Untuk menerbitkan buku di penerbit indie pun juga berbeda – beda atau bervariasi. Perlu diingat ini juga berpengaruh terhadap harga dolar juga sehingga sewaktu  – waktu biaya penerbitan cetak buku bisa naik.

Untuk biaya penerbitan buku (Contoh saja sebagai bahan pertimbangan aja)

Untuk edit per halaman biayanyua Rp. 3.000 untuk 100 halaman pertama.

Biaya lay out Rp. 2.000 per halaman

Kepoin Aja:  20 Daftar Penerbit Indie (Independen) Di Indonesia | Tips Memilih Penerbit Buku Indie agar Tidak Menyesal Kemudian

Biaya cover buku Rp. 300.000

Biaya ISBN Rp. 50.000

Lalu untuk biaya cetaknya bervariasi. Ambil contoh 150 halaman maka biaya cetaknya Rp. 8000 dengan model kertas glossy

Adapun untuk macam – macam kertas kamu bisa baca disini

Sebelum memutuskann memutuskan menerbitkan sebuah buku dengan biaya sendiri juga harus berhati – hati.

Emangnya kenapa mas Mukhofas?

Karena ada penerbit indie yang kualitasnya abal – abal dan merugikan kamu yang sudah mulai menerbitkan tapi malahan dia kabur bawa uangnya. Sudah barang tentu kita rui uang yang karena sudah mengeluarkan banyak untuk biaya cetaknya.

Saya ada tips – tips dalam memilih penerbit indie yang baik. Penjelasannya disini

Tapi yang tidak mau akan saya uraikan poin – poin singkatnya ya:

1. Nama dan Logo

2. Desain dan Cover

3. Situs Website Penerbit

4. Program

5. Pelayanannya

6. Perhatikan Penerbit indie yang sudah punya nama baik dan yang belum

7. Jelas Pembukuaanya dan Pengarsipannya

8. Pelajari hasil kerja / Kinerja Penerbit tersebut

9. Bukti Perjanjian yang jelas dan Transparan

10. Kerjasama yang menguntungkan

Mau bertanya atau komentar? tinggallkan pesan dibawah ini ya

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mukhofas Al-Fikri

Artist Blogger


Hire an industry professional today.