Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Puisi Online – Situs Website Blog

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

Pembinaan Khusus bagi yang ingin Menghasilkan uang dari menulis Puisi dan Cerpen di Blog (Gratis)

 

Apakah saudara ingin menghasilkan uang online dengan menulis puisi? Bila ya. Pelajari secara mendalam postingan ini.

Saya merasa kurang yakin jika saudara bisa memahami dengan baik. Ini betul – betul membutuhkan waktu dan ilmu yang tidak sedikit.

1. Paham Tentang Seluk Beluk Dunia Blog – Blog

Apakah saudara paham apa itu blog? Sudahkah tahu gimana sebuah blog bisa menghasilkan uang? Bila saudara belum alur logika atau proses kerjanya itu membuat saudara ngga ngerti. 

Apabila saudara tidak paham dan menguasai cara mengatur dan mengelola dan mengembangkan blog maka saudara selamanya tidak akan paham bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis puisi di blog.

Maka disini saya menyarankan untuk mau mempelajari blog dan punya rasa ingin tahu secara lebih serius untuk belajar secara mendalam dan mendetil tentang dunia blog itu sendiri.

Dunia blog itu banyak sekali tahap – tahapnya

1. Mengenal 4 Macam Tahap Perkembangan Blog (Gambaran / Urutan – urutan blog hingga bisa menghasilkan uang)

2. Mengenal Tujuan – Tujuan Mengapa Saudara Membuat Blog

3. Mengenal Pemilihan Topik dan Nama Blog yang Baik

4. 6 Proses Langkah – Langkah dalam Menggapai Cita – Cita untuk Mendapatkan Uang dari Situs Website Blog

2. Mulai Menulis Konten Puisi – Puisi Original dan Berkualitas (Bernilai) di Blog

Seperti yang sudah saya singgung tadi diatas, bila saudara ingin menghasilkan uang dari catatan puisi online tentu saja saudara wajib menguasai seluk dunia blog juga.

Saudara juga harus belajar mau menguasai cara pembuatan Puisi – Puisi berkualitas dan bernilai bagi pembaca seperti karangan Asma Nadia, Pipiet Senja atau Asrul Sani, Taufik Ismail.

3. Memasarkan dan Mempromosikan Konten Puisi Blog

Memasarkan ini bisa diartikan mempromosikan puisi saudara kepada orang lain diluar diri saudara. Bila nanti dapat respon puisi saudara jelek atau kurang menarik (Jangan sedih atau down) Justru harus bertanya balik minta saran masukan dari yang bilang itu untuk menjadi lebih bermutu.

Apakah saudara pernah melakukan googling kata Kunci “Menjual Puisi di Google?”

Saudara menulis puisi di situs website blog yang sudah dibuat sebelumnya (Bayangkan Saudara sudah buat blog ya).

Walaupun saudara belum buat blog sama sekali. Lambat laun konten puisi yang sudah dipublikasikan di blog bisa ditemukan orang di google. Soalnya ada Setelan atau pengaturan didalam blog itu (Apakah nanti untuk privasi atau dicari orang banyak)

Baik, tentu setelah saudara membuat banyak puisi bernilai, berkualitas bagus dan bermutu di blog sudah banyak, tugas saudara selanjutnya adalah memasarkan kepada orang (baca: mencari orang yang mau baca dan tertarik)

Ada banyak jalan menuju ibukota Roma, maka dari itu ada banyak jalan memasarkan dan mempromosikan Puisi saudara agar dikenal banyak orang (Jadi jangan didiemin aja).

Cara paling gampang dalam memasarkan atau mempromosikan puisi yang ada di blog adalah dengan masuk ke tempat yang ramai.

Bayangkan saudara ke pasar tradisional? Pasti di pasar itu ramaikan?

Nah di pasar itu ramai, saudara bisa menjajakan dagangan biar laku.

Lalu gimana dengan puisi? Sama, Kalau dunia online masuk ke grup facebook atau WhatsApp yang suka puisi dan aktif + ramai disana saudara dagang puisi – puisi hasil karya saudara.

Gimana responnya? Kalau direspon ya syukurlah alhamdulillah.

Kalau tidak direspon? Saudara harus banyak silaturahim dengan anggota grup itu setidaknya nama saudara dan blog saudara dikenal luas (Soalnya, kalau kita ngga dikenal maka mau promosi puisi pun ngga bakal digubris sama anggota grup).

Kalau misalkan ingin memasarkan Puisi tentang jodoh / pernikahan tentu harus ke tempat yang ramai yang sedang membahas puisi pernikahan itu. Masuk aja grup Whatsapp Puisi Jodoh. Pasti dapat respon.

Tapi, jika saudara pengen mendapatkan pembaca puisi  atau pengunjung yang datang yang mencari sesuatu tentang puisi dengan tema yang ada dipikiran pembaca lewat mesin pencari google, disini saudara harus belajar lebih dalam ilmu SEO.

Iya, SEO. Rasanya asing dan aneh kalau saudara belum mengerti apa itu SEO.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimazion yang dalam bahasa indonesia Optimasi Mesin Pencari. Dengan mempelajari minimal SEO dasar sudah cukup untuk mendompleng pencarian di google.

Apa itu SEO dan Macam – Macam SEO guna Mendapatkan Pembaca + Trafik pengunjung blog

Cara Mendapatkan Pengunjung di Google dengan Cara Ini

4. Membangun Engagement dan Membangun Komunitas Pembaca

Kalau blog yang baca – baca puisi saudara sudah ada, cobalah untuk bikin perkumpulan / komunitas yang isinya orang – orang dulu atau sering mampir – mampir ke blog saudara.

Pengunjung itulah yang nanti akan menjadikan income atau pemasukan untuk menghasilkan uang. Ya, Saudara harus menjadikan mereka sahabat atau teman baik.

Jika sudah menjadi sahabat atau teman mereka akan percaya dengan saudara. Dari sini nanti kalau saudara nawari dagangan yang saudara jual mereka mau dan tertarik beli lewat perantara saudara.

Di sisi lain juga saudara juga harus meningkatkan engagement yang tinggi dan komunitas pembaca yang makin bertumbuh banyak serta apalagi lonjakan lalu lintas pengunjung situs website blog saudara begitu tinggi merupakan daya tarik besar yang akan menghantarkan kepada potensi untuk menghasilkan uang. Ingat, saudara harus mendapatkan kepercayaan pembaca dari komunitas yang saudara bikin.

Tanpa kepercayaan mustahil pembaca dalam komunitas mau melakukan transaksi dengan saudara. Tegasnya pembaca dalam komunitas pembaca itu harus 100% percaya dengan saudara.

Tapi jika selama saudara mengembangkan blog puisi ini tidak pernah ada engagement dan pengunjung setia maka sia – sialah saudara merintis blog (Gagal).

Tapi ngga usah takut gagal, karena dari kegagalan saudara belajar dari pengalaman yang sudah berlalu.

Pengunjung adalah modal untuk mengkonversi menjadi uang.

Contoh konkret: Satu Pengunjung yang tertarik dan percaya untuk beli buku komplikasi Puisi saudara tentu akan menjadikan uang bukan? Dibandingkan pengunjung cuman berlalu baca puisi blog saudara lalu pergi entah kemana.

Saudara juga harus paham ilmu teknik – teknik closing dalam jual beli online. Bila ada tanda – tanda mau closing disikat / dieksekusi.

5. Memulai Menguangkan Situs Blog

Kalau blognya sudah dirasa dapat pembaca / pengunjung yang banyak + kepercayaan pembaca yang kuat + komunitas pembaca yang kuat mulai saat itulah mulai mencoba untuk menghasilkan uang.

Ketika komunitas pembacanya sudah banyak minimal 1000 orang / pengguna aktif. Nanti akan ada pengiklan / penerbit buku mayor atau indie ingin bekerjasama dengan saudara. Bentuk kerjasama itu sesuai keinginan penerbit itu sendiri.

Bila saya ada diposisi penerbit indie dan saudara pemilik blognya, saya ingin bekerjasama dalam bentuk pemasangan link / tautan dalam blog saudara.

Tentu penerbit ini berharap link atau tautan itu di klik oleh pembaca pengunjung blogmu dengan harapan lagi pengunjung itu mau menerbitkan buku ke penerbit yang diajak kerjasama itu.

Untuk memulai menguangkan ini ada banyak model cara. Jadi bagaimana agar situs website blog Puisi yang sudah saudara buat bisa mendatangkan penghasilan.

a. Memilah Puisi – Puisi terbaik saudara di untuk dikirim ke Media Cetak

Di blog yang sudah banyak pembaca sudah banyak catatan puisinya tentu saudara tahu puisi mana saja yang banyak dibaca (Karena ada data lalu lintas atau statistik pengunjung blogmu).

Nah, saudara boleh memilah – milah puisi yang sudah pernah tayang di blog untuk dikirim ke media cetak dan tentu dapat honor.

Kalau ada pihak media cetak tidak mau Puisi yang sudah ditulis di blog gimana? Yang di blog dihapus atau dipending untuk tidak tayang di blog untuk beberapa bulan lamanya atau beberapa tahun lamanya.

Untuk informasi media cetak bisa dilihat dibawah ini

10 Daftar Media Cetak yang Menerima Tulisan Puisi

13++ Situs Website Online yang Mau Menerima Kiriman Puisi

b. Menjualbelikan Komplikasi Kumpulan Puisi dalam Bentuk Ebook / Buku (Dijual Online Lewat Blog Saudara)

c. Memasang Iklan PPC

Apakah saudara pernah liat – liat iklan yang sering nempel didalam postingan blog orang atau pas googling nemu sebuah website situs blog ada iklan – iklannya?

Nah, itulah dia. Ada juga blog yang sudah ramai pengunjung mendapatkan uang dari pemasangan iklan ini. Mau tahu? Silahkan kirim pesan Whatsapp ke sini

d. Memasang PPP (Pay Per Post / Dibayar Kalau ada Orang Mau Post di Blog Saudara)

Modelnya gini, bayangkan saya Mukhofas mau bekerjasama dengan blog saudara. Mukhofas menyiapkan sebuah tulisan atau artikel untuk saudara terbitin di blog saudara.

Nah kalau sudah saudara terbitkan Mukhofas bilang ke kamu (Tulis rekening bank mu di Whatsapp / email ya nanti uang akan Mukhofas transfer) uang masuk.

Kalau saudara merasa kurang mengerti atau masih belum paham, coba tanya aja dengan ngetik dikomentar atau tanya aja di sini

Pembinaan Khusus bagi yang ingin Menghasilkan uang dari menulis Puisi dan Cerpen di Blog (Gratis)

 

Kepoin Aja:  15 Daftar Aplikasi Menulis untuk Smartphone Android
loading...

3 thoughts on “Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Puisi Online – Situs Website Blog”

    1. Bisa dikirim ke media cetak dan tunggu apakah nanti diterima pihak redaksi apa tidak?

      Untuk daftar media cetak sudah dijelaskan pada postingan ini mas

      Bisa juga nulis di blog. Dalam hal ini tulisan yang kamu tulis tu kayak produk produk yang diperdagangkan. Kepada pembaca atau yang kunjung ke blogmu itulah kamu jualan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *