Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Apakah saudara sangat suka menulis puisi dan ingin mencoba untuk mendapatkan uang dari internet?

Tidak tahu bagaimana bisa menghasilkan uang hanya dengan menulis puisi saja atau karya selain dari puisi (cerpen, novel, feature, opini, surat pembaca dan sebagianya)

Apakah kamu pernah punya blog baik itu di blogspot, wordpress atau di platfrom blog sudah dijelaskan di 20 Jenis Platfrom Blog untuk Menulis + Kelebihan dan Kekurangannya masing – masing?

Sejatinya website / situs / blog akan bisa menghasilkan uang apabila kita paham gambaran pemetaan kenapa bisa demikian.

Bagaimana cara bisa menghasilkan uang dari menulis puisi?

1. Mengirimkan puisi terbaik ke media cetak

Mengirimkan puisi terbaik ke media cetak atau media online yang mau menerima tulisan saudara (entah itu cerpen, puisi, artikel opini, artikel wisata, maupun artikel budaya). Bila saudara tidak tahu daftar media yang mau menerima tulisan kita dan memberi honor harap baca ini 5 Daftar Media yang mau Menerima Kiriman Tulisan dan Honor

2. Menulis di situs website blog dan ramaikan sesuai target pemirsa

Dengan menulis di situs webiste blog saja juga akan bisa mendatangkan duit..

Tapi bukan dengan cara cepat sekejap sekali kedip lhooo…

Apakah Saudara Mau Dibimbing atau Diedukasi Seputar menjadi Penulis Buku atau Seorang Blogger (Penulis Blog) Gratis?

Mau? Coba Join dulu dan Kirimi Pesan kepada Admin Mukhofas Baublogging

Tapi untuk yang ilmunya masih sedikit dan belum tahu jauh seluk beluknya, jangan berpuas diri dulu. Untuk mendapatkannya juga butuh waktu, usaha keras (perjuangan), konsisten (keistiqomahan), kesabaran dalam waktu yang tidak bisa ditebak.

Karena itu dibutuhkan ilmu yang mantap sebelum terjun kedalamnya. Dalam hal ini ilmu blog, pemasaran blog, pola menulis yang bagus untuk blog hingga bisa mendapatkan hits yang tinggi (ledakan pemirsa situs website blog saudara)

Untuk mendapatkan uang dari situs website blog dengan niche (topik puisi) tentu saudara harus bisa membuat dan menentukan planning (perencanaan strategis) untuk mengembangkan situs website blog puisi saudara bisa maju dan mendapatkan pemirsa (pembaca).

  • Menentukan Target Pembaca / Orang – orang yang akan menikmati bacaan puisi

Bagi saudara yang belum tahu apa itu Niche. Akan dijelaskan secara singkat saja

Niche Situs Website Blog disini maksudnya adalah Topik / pembahasan, tema, target pembaca sebuah blog. Apakah itu target puisi perjuangan, puisi pendidikan, puisi sejarah dan lain –lainnya. Soal bagaimana cara memilih niche ini sudah dibahas : Cara Menentukan Niche Situs Website Blog

Menentukan niche ini juga sangat penting sekali wahai saudara. Karena ini juga menyangkut tahap – tahap pertumbuhan situs website blog agar di kemudian hari mendapatkan lalu lintas / pengunjung

  • Membuat Situs Website Blog sesuai niche yang sudah ditentukan

Disarankan untuk membuat situs website blog untuk tujuan mencari uang blog ini gunakan WordPress Self Hosted

Mengapa?

Karena bila menggunakan situs website blog dengan platfrom gratisan tidak sepenuhnya saudara bisa mempunyai otoritas (sehingga bisa saja blog yang selama ini dibangun bisa kena banned / dihapus oleh perusahaan platfrom blog) walaupun juga bisa untuk menghasilkan uang, tapi ingat kuasanya bukan ditangan saudara.

Jika saudara saat ini belum punya dana atau uang untuk menggunakan situs website blog WordPress Self Hosted (yang notabene berbayar) bisa gunakan versi gratisan dulu untuk menampung tulisan – tulisan puisi saudara hingga dapat pengunjung / lalu lintas online.

Untuk blog platfrom blogger.com / blogspot ini bisa untuk mendapatkan uang dari pemasangan iklan yang tampil di blog saudara nanti, tapi untuk pengguna blogspot pemula ini akan sangat kesulitan dalam menaruh kode iklan yang akan menayangkan iklan online di blog saudara nanti disebabkan untuk menaruh kode ini harus paham soal penempatan dalam template / themes blog, bila terjadi kesalahan akan terjadi error dan mungkin saudara akan gamang karena tidak bisa memperbaikinya.

Untuk blog platfrom wordpress free (gratisan) tidak bisa menayangkan iklan walaupun caranya terbilang mudah (iklan tidak akan tampil) kecuali iklan dari pihak wordpress itu sendiri dan hasilnya untuk WordPress sendiri.

Saran saya gunakan WordPress Self Hosted, saudara punya hak, otoritas dan kuasa kendali mutlak atas blog saudara (bisa menampilkan iklan dan bisa tayang)

Bila saudara selama ini sudah memiliki situs website blog yang dulu pernah dibuat tetap tidak terurus bisa diurus dan dikelola untuk mengembangkan situs website puisi saudara hingga mendapatkan perkembangan pengunjung yang pesat nan maju.

Bila saudara lupa password / sandi email untuk login bisa reset password (ganti sandi) dengan klik lupa kata sandi.

Bila saudara betul – betul belum punya website blog saudara bisa ikuti tutorial ini

Pada tahap ini juga harus bisa menentukan nama bakal blog saudara. Harus unik.

  • Membuat dan mengisi postingan puisi berkualitas yang saudara buat

Setelah saudara membuat puisi dan menentukan niche, saudara harus bisa membuat sebuah puisi terbaik yang mungkin sesuai dengan minat / passion / gairah untuk menulis puisi.

Saudara harus terus mengupayakan untuk mengisi blog saudara melewati – tahap perkembangan situs blog hingga melewati masa pemeliharaan dan mempertahankan eksistensi blog puisi saudara.

Bila saudara tidak bisa konsisten menulis puisi dan mendapatkan banyak pemirsa / pengunjung yang banyak usaha saudara akan sia – sia (upayanya gagal)

Di poin ini saudara harus bisa membuat judul sebuah puisi yang saudara buat untuk meningkatkan pemirsa situs website blog puisi saudara (dikarekan sebuah judul juga memiliki peran yang amat vital dalam menumbuhkan kembangkan kearah kemajuan. Untuk itu saudara harus mengutamakan judul puisi yang bisa dicari oleh pengguna mesin pencari (Google, Yahoo, Bing) dengan belajar memahami teknik SEO On Page ini

Bila judul puisi yang dibuat asal “kasih” saja tentu akan terasa lambat dalam menaikkan pengunjung ini meningkat.

  • Membangun komunitas pembaca penggemar situs blog puisi saudara

Setelah saudara mendapatkan satu orang dan seterusnya jangan lupakan pembaca (pengunjung) lama mauoun baru karena pengunjung adalah salah biang sebuah blog akan mendapatkan penghasilan online itu sendiri.

Maka dibuatlah sebuah komunitas yang akan menaungi, mengumpulkan pembaca situs website blog puisi saudara baik itu dengan mengumpulkan email pengunjung saudara, nomer WhatsApp dengan membuat grup WhatsApp seperti yang sudah saya lakukan pada website BauBlogging ini.

Saudara harus bisa membangun komunikasi 2 arah dengan pembaca saudara dengan baik sehingga menciptakan jalinan emosianal dengan pembaca sehingga memperkuat keloyalan situs website blog saudara.

Bila saudara Cuma mengumpulkan saja tanpa ada sebuah komunikasi yang membuat pembaca saudara menjadi respek dengan saudara itu rasanya akan susah berkembang.

Libatkan juga pembaca – pembaca situs website blog saudara untuk terlibat dalam menulis puisi di blog saudara dan ini juga akan mempercepat perkembangan blog saudara.

Buat channel sosial media yang bisa menghubungkan saudara dengan pembaca blog puisi saudara.

  •   Mulai menguangkan / memonetise situs website blog saudara

Ketika saudara sudah memiliki anggota komunitas pembaca begitu banyak dan aktif serta memiliki pengunjung setiap harinya disaat itulah sudah mulai memikirkan untuk mencoba model – model cara menghasilkan uang dari situs website blog saudara.

Disini saudara harus memiliki ilmu yang cukup tentang model – model periklanan online yang akan membayar saudara ketika terjadi transaksi di dalam situs website blog saudara.

Tidak banyak yang tahu khususnya pemula atau yang belum tahu sama sekali jenis – jenis iklan yang bisa menghasilkan uang di situs website blog saudara nantinya. Ada baiknya saudara harus memahami ilmunya ini.

Beberapa cara untuk memulai menguangkan dari situs website blog saudara

  1. Google Adsense

Pembahasan Google Adsense lebih lanjut soal

  1. Wingo Ads
  2. Shareaholic
  3. Afiliasi Program

Sejenis reseller lah. Misalnya saudara mempunyai blog puisi. Saudara bisa membantu menjual produk yang terkait dengan topik blog puisi saudara seperti Ebook 5 Cara Mudah Membuat Puisi.

Ketika ada pengunjung hendak mengklik tautan afiliasi produk dan terjadi transaksi pembelian lewat tautan afiliasi saudara maka akan mendapatkan komisi.

Belbuk.com ini salah satu toko buku online yang menyediakan sistem afiliasi dan komisi untuk saudara. (bisa dicoba untuk menghasilkan uang blog)

  1. Jualan Buku / Ebook Puisi Buatan Saudara

Postingan – postingan puisi terbaik saudara bisa dikumpulkan untuk kemudian dijadikan Ebook dan dijual ke komunitas pembaca situs website blog saudara.

Tidak Cuma membuat kumpulan puisi – puisi saja, sauadara juga bisa membuat Ebook cara membuat puisi dari pengalaman saudara untuk dijual ke pemirsa saudara.

  1. Dikirim ke media cetak / koran / majalah

Sebenarnya sudah dibahas diatas tadi. Tulisan puisi saudara yang pernah tayang di blog bisa untuk dipublikasikan ke media cetak dengan beberapa syarat yang diajukan pihak redaksi koran atau majalah seperti harus menghapus puisi yang ada di blog saudara (bila tidak ingin menhapus cukup dipending atau dijadikan draft sehingga tidak ada pembaca yang baca)

  1. Sponsored Post / Content Placement / Kerja Resensi (Job Review)

Ini lebih cenderung memasang iklan berbentuk postingan resensi / review di situs website blog saudara. Ketika ada orang lain, brand terkemuka melihat blog saudara menarik dan memantau rangking alexa.com/siteinfo atau similarweb.com/website saudara yang bagus itu mereka akan segera mengadakan kerjasama dengan saudara untuk segera melakukan kerjasama ini.

Cara kerjanya juga tergolong mudah. Untuk content placement isi materinya sudah disediakan pihak pengiklan, tugas saudara hanya menampilkan postingan ini ke situs website blog saudara.

Untuk Kerja Resensi (Job Review) ini saudara ditugaskan untuk meresensi produk orang lain / brand yang bekerjasama untuk saudara kupas di blog saudara. Saudara harus menulis kelebihan, keunggulan darinya, tapi juga harus imbang jangan terlalu dilebih – lebihkan ( hal itu tidak elok)

Untuk biaya wajar minimal Rp. 50.000

  1. Cara lain Menghasilkan uang website Blog

Tidak Cuma cara – cara diatas, masih ada 1000 jalan ke Roma dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan uang ini.

Hal ini juga dibutuhkan kesabaran, keuletan dalam menggapai cita – cita mendapatkan uang online.

Bila saudara ingin mempelajari secara urut (Langkah demi langkah) halaman ini akan membantu pemahaman saudara untuk tahu lebih jauh.

Bagaimana dengan pendapat saudara?

Silahkan bercerita banyak tentang masalah saudara di komentar dan Komunitas BauBlogging yang ada

 

[Langkah – Langkah] Cara Mendapatkan (Menghasilkan) Uang dari Menulis Puisi dari Internet (Situs Website Blog Online) Langkah untuk Menjadi Penulis Blog Topik Puisi)

Leave a Reply