Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Saudara mencari informasi cara menghasilkan uang dari menulis resensi buku bukan?

Menulis resensi bagi sebagian orang penulis belum begitu diketahui maupun dirasakan bahwa dari menulis resensi buku saja juga bisa meraup uang.

Yang ada di benak sebagian orang mungkin menulis resensi buku kemudian dikirim ke media cetak yang bersedia menerima kiriman resensi kita kemudian dipublikasikan dan honor akan ditransfer.

Ternyata hanya dengan memiliki website blog yang selalu sering update dan menulis resensi atau review buku secara konsisten juga akan mendapatkan uang.

Dan perlu diketahui bahwa menghasilkan uang yang halal itu tidak mudah dan semua ada proses perjuangannya. begitu juga dalam hal menghasilkan uang dari menulis resensi / review di situs blog kita.

Hal yang harus kita tahu terlebih dahulu akan Mukhofas paparkan

1. Menentukan Target Pasar (Industri) Situs Blog Saudara

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

Hampir sebagian blogger / penulis blog yang masih awam dalam dunia website – blog masih bingung hendak mengisi apa blognya. ketika bingung tidak tahu ini lebih banyak memilih menelantarkan blognya dalam jangka waktu lama hingga tidak kesadaran lama itu datang kembali.

Bila saudara sudah sadar pentingnya arah tujuan blog yang dibuat mau dibawa kemana pasti sudah mengerti. 

Maka buat yang belum paham menentukan target pasar ini ada baiknya membaca dan memahami soal niche / pasar / target situs blog saudara [Klik Sini]

Bila saudara mau menitikberatkan dan fokus pada target industri blognya seputar dengan resensi atau review buku maka mulailah rencanakan untuk menulis buku apa yang akan diresensi / direview di blog saudara.

Mulailah isi hal – hal berbau seputar buku yang saudara baca untuk diresensi secara konsisten, persisten hingga situs blog saudara mencapai hits yang luar biasa.

2. Membuat Situs blog dan Memilih nama blog yang tepat

Bila pemilihan target industri / niche blog sudah mantap dan jelas arah tujuan mau dibawa kemana langkah selanjutnya mulailah merencanakan membuat blog dengan platfrom blog banyak tersedia di internet. 

Mukhofas membahas tentang 20 macam platfrom situs blog di internet disertai kelebihan dan kekurangan pada setiap platfrom

Saran dari mukhofas bila saudara ingin serius mengembangkan situs blog saudara mulailah untuk menggunakan wordpress self hosted yang sudah dijelaskan pada 20 platfrom blog diatas ya. WordPress self hosted ini tidak gratis, setidaknya harus mengeluarkan modal untuk membeli hosting hingga domain TLD  (Top Level Domain)

Karena ada bermacam – macam kelebihan dan kemudahan untuk mendapatkan uang online secara lebih serius daripada menggunakan blogger / blogspot.

Bila saudara masih belum punya dana untuk beli hosting dan domain bisa menggunakan blogger / blogspot, wordpress gratisan atau yang lain (bila nanti sudah punya dana untuk itu bisa dipindah. maksudnya memindahkan tulisan / postingan – postingan yang sudah saudara tulis selama ini di blog wordpress self hosted)

Nah untuk membuat blog dan mengelola saudara bisa membaca tutorial ini

1. Tutorial dan cara membuat serta mengelola blog blogger blogspot lewat handphone android

2. Tutorial dan cara membuat serta mengelola blog wordpress gratisan lewat handphone android

3. Tutorial dan cara membuat serta mengelola blog wordpress gratisan dari laptop dan komputer

Jangan lupa ketika saudara membuat blog pemilihan nama blog itu sangat penting dan unya pengaruh untuk keberlanjutan situs blog resensi saudara.

Jadi ada baiknya bagi yang belum mengerti atau paham untuk membaca cara memilih nama situs blog untuk kepentingan target industri niche blog resensi ini

3. Mengembangkan dan Mulai Bekerja untuk Menulis Resensi Berkualitas

Menulis artikel terkait resensi akan lebih baik daripada yang tidak punya hubungan sama sekali.

Menulislah resensi buku terutama best seller untuk awal-awal mulai menjalankan situs blog seputar resensi.

Kalau menulis resensi buku yang tidak best seller atau laris ketika awal-awal itu akan menyebabkan saudara tidak mendapatkan pemirsa dari mesin pencari (soalnya pemirsa lebih banyak nyari /ngetik kata kunci yang udah familiar dan laris daripada yang tidak sama sekali) lebih diutamakan dulu konten resensi yang lebih banyak dicari orang dulu baru kemudian menulis konten resensi menurut keinginan kita.

Buatlah konten / artikel / postingan daftar-daftar buku terlaris / best seller dalam satu tahun seperti contoh berikut ini

1. Daftar Buku Terlaris Tahun 2017 [klik sini]

2. Daftar Buku Terlaris Tahun 2016 [klik sini]

konten seperti diatas lebih banyak dicari orang karena mereka membutuhkan informasi buku apa saja yang mungkin laris dikarenakan mereka tidak tahu.

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Dari konten daftar diatas saudara buatlah resensi setiap buku yang ada dalam daftar itu dengan membuat halaman postingan baru dan buat link tautan menuju ke inti pembahasan resensi buku dalam daftar itu. Sehingga akan mendapatkan pemirsa dari mesin pencari ke konten daftar buku terlaris tersebut dan kemudian akan diarahkan ke artikel resensi.

Dalam daftar itu boleh juga diselipkan buku buku yang tidak banyak diketahui oleh orang lain atau kurang familiar sehingga orang tidak familir jadi tahu.

untuk contoh resensi buku Fiksi Novel Laskar Pelangi [klik sini]

untuk contoh resensi buku non fiksi Rudy Habibie – Kisah Masa Muda Sang visioner [klik sini]

Bacaan Terkait : Macam – Macam Resensi Buku dan Penjelasan tentang Strukturnya

4. Membangun Komunitas Pembaca dan Mempromosikan Konten Resensi / Review Buku Blog Saudara

Jangan meremehkan kekuatan komunitas yang aktif dan ramai interaksi.

Hal itu akan memberikan sugesti yang bagus untuk perkembangan selanjutnya soal masa depan situs blog resensi saudara.

Sejak kapan membangun komunitas pembaca mas?

Sekarang dan ketika situs resensi sudah ada pemirsa yang datang untuk menikmati bacaan – bacaan di situs blog saudara. 

Mereka adalah urat nadi yang akan menghidupkan dan keberlangsungan situs blog resensi saudara. 

Bayangkan bagaImana sebuah blog tanpa pembaca tanpa pemirsa sekali?

Maka dari itu peran komunitas sangatlah penting. apabila saudara belum bisa membangun komunitas cobalah untuk bergabung dengan komunitas Resensi Buku Best Seller atau komunitas kepenulisan dan blogger yang orang – orangnya sangat suka membaca (karena mereka adalah target pembaca potensial)

Bacaan Bermutu : 99 Daftar Komunitas Blogger dan Penulis 

Apalagi situs blog BauBlogging maupun blog yang lain Mukhofas juga sengaja membuat komunitas sesuai niche marketnya.

jika saudara masih bingung mulai darimana membuat komunitas blog resensinya. mulailah dari grup WhatsApp dengan nama situs blog resensi. bangun komunikasi dan minta saran kepada pembaca blog resensi tentang resensi buku apa yang dia inginkan. 

maka tugas saudara selaku pemilik blog resensi harus melayani dengan sepenuh hati berikan nilai lebih kepada pembaca blog resensi saudara. fokus.

5. Menjadikan Saran Penghasilan / Pendapatan Online Blog

saudara jangan sekedar mengharapkan uang tanpa fokus pada nilai value yang pemirsa blog inginkan.

bayangkan saja begini (Saudara memiliki rumah kuliner, maka tugas saudara memberikan nilai lebih kepada pemirsa rumah kuliner dengan memberikan makanan yang halal dan bermutu sehingga kepuasan pelanggan / pemirsa betul – betul mantap dan waw)

ketika saudara sudah fokus memberikan terbaik seperti pada contoh diatas maka sebagai imbal balik maka pendapatan akan datang. 

jadilah magnet yang bisa menarik perhatian pemirsa situs blog saudara dan menikmati sajian – sajian menarik dari rimba raya situs blog resensi suadara.

bila poin sebelumnya sudah dilewati dan situs sudah mendapatkan pemirsa yang luar biasa sudah saatnya saudara untuk menguangkan situs blognya.

bagaimana caranya?

1. Kirim Ke Media Massa yang Mau Menerima Kiriman Tulisan

jika ada pihak marketing / redaksi media massa tertentu menghubungi email saudara dan bilang kalau situs blog saudara bagus serta mengutarakan maksud yang lain yakni ingin mengambil salah satu resensi yang ada di blog resensi untuk di masukkan ke media cetak mereka.

tentu saja saudara akan girang bila mendapatkan kabar gembira seperti ini. hal diatas juga bisa terjadi.

untuk masalah kelanjutan kebersediaan ini silahkan diskusikan dengan saudara dengan pihak redaksi (soalnya yang tahu pihak saudara dan redaksi)

Bacaan Bermutu : Daftar Media Massa yang Menerima Kiriman Cerpen/Resensi/Esai 

2. Dijadiakan Ebook dan Dijual Kepada Komunitas Pembaca Situs Blog 

silahkan dicoba dulu jika gagal saudara harus kreatif bagaimana agar bisa terjual. semua ini ada pada kreaivitas saudara selaku blogger / penulis blog resensi.

maka dari itu pentingnya sebuah upaya bagaimana bisa demikian. jika saudara cuma sekedar diam dan tidak mencari solusinya tetaplah diam.

3. Pasang Iklan pada Situs Blog

sebagian orang mungkin kurang mengerti bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan uang, apalagi bagaimana cara menaruh iklan agar bisa tampil di situs blog.

ini juga dibutuhkan skill / ilmu untuk bisa dan tahu. kalau tidak tahu sama sekali tetaplah bingung.

bagaimana caranya memasang iklan di situs blog saudara. 

iklan adalah materi berupa gambar/banner. tugas saudara tinggal menguplod gambar materi iklan itu ditempat strategis (yang biasanya dilihat pemirsa) dalam situs blog saudara seperti bagian atas judul, paragraf pertama artikel blog saudara hingga setelah konten situs blog saudara.

yang Mukhofas sampaikan diatas iklan berbentuk gambar manual saja. masih ada model iklan yang ditempel berbentuk kode script contoh dibawah

<p>Maka buat yang belum paham menentukan target pasar ini ada baiknya membaca dan memahami soal <strong><a href="http://baublogging.com/tips-niche-blog/">niche / pasar / target situs blog saudara [Klik Sini]</a></strong></p>

setidaknya harus paham bagaimana cara meletakkan iklan yang biasanya berisi kode – kode seperti diatas pada tempat khusus dalam blog saudara. maka bagi yang belum tahu silahkan belajar lagi dan terus secara berkesinambungan hingga tahu bagaimana caranya.

Terus Daftar Model Iklan

ada banyak sekali model – model dalam periklanan online yang patut saudara ketahui dan cocok untuk dipasang pada situs blog saudara.

1. Google Adsense

Merupakan situs penghubung / mempertemukan antara pemasang iklan dan penerbit iklan. dimana posisi pemilik blog adalah selaku penerbit iklan.

ketika ada pemasang iklan mau bermitra dengan dengan Google maka iklan yang telah disepakati dari pengiklan akan tayang di situs penerbit iklan termasuk situs blog saudara. Ingat ada banyak pemilik situs blog (tidak hanya saudara saja)

Pembahasan Apa itu Google Adsense dan Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan

2 Iklan Alternatif Google Adsense

tidak sekedar cuma Google Adsense saja, masih banyak sistem yang hampir sama mirip dengan Google Adsesnse diluar sana. saudara bisa mendapatkan penghasilan ketika menayangkan iklan pada situs blog resensi.

3. Iklan Mandiri / Independen

Maksudnya Pengiklan mengubungi langsung ke saudara selaku empu situs blog. maka dari itu diperlukan negosiasi bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak, tapi apabila negosiasi gagal maka pengiklan tidak jadi mengiklankan produk ke situs saudara.

 

 

Cara Mendapatkan (Menghasilkan) Uang dari Menulis Resensi Buku / Review Buku pada Situs Website Blog Online Saudara dan Contoh Resensi

One thought on “Cara Mendapatkan (Menghasilkan) Uang dari Menulis Resensi Buku / Review Buku pada Situs Website Blog Online Saudara dan Contoh Resensi

Leave a Reply