Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Apakah saudara sangat suka sekali mendaki gunung, ngetrip, jalan – jalan ke tempat wisata di daerah daerah yang ada di Indonesia maupun mancanegara (luar negeri)?

Atau jalan – jalan ke antah berantah dan ingin menuangkan dari perjalanan itu ke blog sederhana milik saudara?

Apalagi semakin marak (banyak)  blogger baru / penulis blog lahir yang ingin sukses sesuai dengan tujuan mereka masing – masing, salah satunya sebagai traveler blogger.

Ada yang tujuannya hanya sekedar menulis atau mengepos tulisan ke blog tanpa memikirkan penghasilan online yang nanti bakal didapatkan. Mereka menulis terus.. eh.. eh .. tanpa disangka – sangka ada sponsor yang mau membayar pemilik blog tersebut dikarenakan blognya unik dan ada sebuah harta bernilai dalam situs website blogs saudara.

Malah ada juga yang tujuannya untuk mendapatkan uang dengan program Google Adsense tapi ujungnya tak mendapatkan hasil apa – apa sama sekali. Akhirnya cuhat kayak seperti dalam postingan ini

Ada pula yang tujuannya sekedar menulis serta mengepos tentang catatan perjalanan wisata baik dalam negeri maupun luar negeri.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Menjadi Seorang Penulis Blog (Blogger) Traveler Adventure?

1. Mengirim ke Media Cetak (Koran / Majalah) yang Menerima Artikel Wisata

Ada beberapa yang menerima kiriman tulisan – tulisan bertema wisata ke koran atau majalah. Tinggal saudara berusaha menemukan sumber yang valid dan terpercaya yang bersedia di berbagai sumber baik internet maupun rekan – rekan yang pernah menulis tema wisata ke media yang bersangkutan. Bila saudara tidak tahu media mana yang akan dituju baik honornya mungkin 5 Daftar Media yang Menerima Tulisan (bila tidak menjelaskan media itu menerima tulisan wisata, coba untuk ditanyakan sama admin atau tim media yang terkait)

2. Menulis di Situs Website Blog dan Ramaikan sesuai target pemirsa (calon orang ingin berwisata)

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

Bila saudara tidak tahu bagaimana sebuah blog kok bisa menghasilkan uang. Akan sedikit memaparkan sekilas, berikut

Bayangin saudara pemilik situs web Facebook.com atau google.com yang sudah punya nama dan pengguna yang banyak di berbagai belahan dunia sudah pasti saudara akan mendapatkan penghasilan dari pemasang iklan di Facebook Ads bila di Facebook, Google Adword bila di Google. Tentu hal ini akan mendapatkan pemasukan online dari situs web Facebook dan Google.

Diatas adalah dua contoh, lalu bagimana dengan blog? Sama analoginya, dimana ketika sebuah blog sudah mencapai taraf populer dan terkenal dimana serta mendapatkan banyak pengunjung (lalu lintas tinggi) untuk mendapatkan uang semakin dipermudah. Hal ini terbalik bila blog saudara masih belum punya nama dan pengunjung ke situs website blog saudara.

Bila saudara tertarik, lanjutkan baca ke bawah terus ke bawah hingga selesai.

Tapi perlu kita ketahui bahwa untuk mendapatkan uang diawal peluncuran situs website blog ini memang tidak mudah seperti yang sudah Mukhofas jelaskan di 4 Tahap Perkembangan Blog ini

Bila saudara sudah sampai di tahap no 4 saudara sudah berhasil melewati tahap – tahap sukses merintias situs website blog saudara.

Bila saudara betul – betul ingin mengembangkan situs website blog travel yang sukses tentu saudara membutuhkan kiat – kiat, tips – tips, strategi untuk mencapai itu semua.

  • Menentukan target pasar (industri) situs blog saudara (perjalanan dan wisata terkait)

Menentukan target pasar bisa juga disama dengan menentukan topik (niche) yang akan diangkat pada situs website blog saudara. Saudara harus bisa melihat dan menangkap peluang pasar yang akan dikembangkan guna meraih pemirsa dan kemampuan dalam mengembangkan konten berkualitas bagus (postingan terbaik) yang saudara buat.

Bila saudara belum bisa menentukan target pasar industri (niche / topik) sudah dijelaskan pada postingan : Cara Memilih Niche Blog dan Contoh – Contoh Niche

  • Menentukan Nama Situs Website Blog Saudara (boleh terkait niche dan boleh tidak) dan membuat blog

Tidak sekedar pemilihan niche saja wahai saudara, ternyata terhdapa pemilihan nama situs website blog juga harus dipertimbangkan, tersebab nama itu sesuatu hal penting. Bayangin saja jika nama situs website blog berantakan dan susah dieja seperti apa yang akan terjadi (susah diingat dan membingungkan “Ini Situs apa kok namanya ga jelas banget sih”)

Maka dari itu pentingnya juga peran penentuan nama situs website blog. Untuk pemiihan nama situs website blog sudah dijelaskan pada postingan : Cara Memilih Nama Domain blog yang baik dan benar

Setelah menentukan nama untuk situs website blog wisata travelling (perjalanan wisata) saudara harus membuat blog (diutamakan WordPress.org atau WordPress Self Hosted)

Mengapa?

Karena bila menggunakan situs website blog dengan platfrom gratisan tidak sepenuhnya saudara bisa mempunyai otoritas (sehingga bisa saja blog yang selama ini dibangun bisa kena banned / dihapus oleh perusahaan platfrom blog) walaupun juga bisa untuk menghasilkan uang, tapi ingat kuasanya bukan ditangan saudara.

Jika saudara saat ini belum punya dana atau uang untuk menggunakan situs website blog WordPress Self Hosted (yang notabene berbayar) bisa gunakan versi gratisan dulu untuk menampung tulisan – tulisan puisi saudara hingga dapat pengunjung / lalu lintas online.

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Untuk blog platfrom blogger.com / blogspot ini bisa untuk mendapatkan uang dari pemasangan iklan yang tampil di blog saudara nanti, tapi untuk pengguna blogspot pemula ini akan sangat kesulitan dalam menaruh kode iklan yang akan menayangkan iklan online di blog saudara nanti disebabkan untuk menaruh kode ini harus paham soal penempatan dalam template / themes blog, bila terjadi kesalahan akan terjadi error dan mungkin saudara akan gamang karena tidak bisa memperbaikinya.

Untuk blog platfrom wordpress free (gratisan) tidak bisa menayangkan iklan walaupun caranya terbilang mudah (iklan tidak akan tampil) kecuali iklan dari pihak wordpress itu sendiri dan hasilnya untuk WordPress sendiri.

Saran saya gunakan WordPress Self Hosted, saudara punya hak, otoritas dan kuasa kendali mutlak atas blog saudara (bisa menampilkan iklan dan bisa tayang)

Bila saudara selama ini sudah memiliki situs website blog yang dulu pernah dibuat tetap tidak terurus bisa diurus dan dikelola untuk mengembangkan situs website puisi saudara hingga mendapatkan perkembangan pengunjung yang pesat nan maju.

Bila saudara lupa password / sandi email untuk login bisa reset password (ganti sandi) dengan klik lupa kata sandi.

Bila saudara betul – betul belum punya website blog saudara bisa ikuti tutorial ini

Pada tahap ini juga harus bisa menentukan nama bakal blog saudara. Harus unik.

  • Mengisi dan membuat Konten Postingan Berkualitas Tinggi

Konten berkualitas merupakan pilar kuat untuk mengokohnya situs website blog untuk bersaing dengan situs website blog lain yang tema sejenis dengan saudara.

Bila saudara kebanyakan menulis konten postingan berkualitas dangkal (sampah / miskin / tipis)  situs website blog saudara tidak akan memberikan dampak besar, bisa jadi terdepak dan sebagian kecil  yang akan dicari via Google. Dan karena mesin telusur Google sangat haus konten berkualitas. Jadi saudara harus bisa menyajikan konten yang baru, segar, unik nian berharga. Konten berkualitas unggul merupakan sebuah harta mahal bagi Google untuk menyusuri milyaran postingan di jagad internet yang layak dimuntahkan dan diprioritaskan di halaman 1 mesin oencari Google.

Dari itu saudara berusaha semaksimal mungkin untuk terus mengupdate postingan terbaik terkait traveling ini

  •  Mempromosikan (memasarkan) konten agar mendapatkan pemirsa / pembaca

Setelah situs website blognya sudah memiliki konten bermutu bagus nan berkualitas yang cukup banyak dan berumur yang cukup mulailah saudara untuk menggalakkan sistem pemasaran untuk mendongkrak naik visitor (pengunjung) dan pageview blog saudara.

Bila saudara Cuma diam tidak melalukan upaya pemasaran dan sekedar menulis konten saja itu tidak akan cukup untuk membuat blog saudara dikenal luas nan rame.

Ada banyak sekali cara untuk memasarkan konten blog agar semakin dikenal orang yang sebelumnya tidak tahu menjadi dikarenakan saudara bersedia meluangkan waktu untuk melakukan upaya kampanye / promosi konten blog.

Ada beragam cara baik itu dengan cara berbayar maupun cara gratisan. Untuk pemula biasanya lebih cenderung menggunakan cara gratisan. Untuk postingan pemasaran konten blog sudah dibahas

  1. Wawancara Penulis Blog: Cara Promosi Konten Blog ala 45 Blogger Indonesia
  2. 30 Cara Promosi Konten Blog,Cara Gratis dan Berbayar
  3. 9 Tips Promosi Blog Gratis
  •  Membangun komunitas pembaca situs website blog travel dan yang terkait dengannya

Sudahkah saudara membuat komunitas yang mengumpulkan pembaca yang pernah datang ke situs website blog travel yang saudara kelola selama ini?

Atau belum pernah mengumpulkan sama sekali?

Bila saudara ingin serius mendapatkan uang, tentu saudara disisi lain juga harus mengumpulkan pembaca untuk menjadi pengunjung loyal atau setia yang selalu menyimak tulisan – tulisan perjalanan wisata saudara ke berbagai wilayah.

Mukhofas pribadi membuat komunitas untuk blog BauBlogging ini dengan beberapa channel seperti halaman facebook, grup facebook, email marketing MailChimp, WhatsApp grup,Siaran WhatsApp, Telegram, RSS feed, dan lain – lain yang dirasa bisa akan dibuat komunitas pembaca tersebut.

Manfaat membangun komunitas tentu akan membangun komunikasi dengan readers (pembaca) baik di grup maupun personal (pribadi) yang membuat saudara dan blog makin dikenal

Apalagi situs website blog seperti ini akan cepat berkembang, sebab bisa saja pembaca yang sudah masuk dalam jaringan (networking) dengan saudara akan menceritakan ke rekan  – rekan mereka baik di komunitas mereka maupun dalam dunia nyata di kehidupan mereka.

Bayangin saja kalau tidak membuat komunitas pembaca pembaca yang sudah baca menutup dan pergi dari situs blog saudara bisa apa kita. Karena mereka bisa jadi di kemudian hari yang akan menjadi calon pembeli produk – produk dari website kita.

  •   Mulai menguangkan situs website blog

Ketika trafik (pengunjung) sudah begitu stabil dan tinggi disinilah saudara mulai memikirkan untuk memulai menguangkan menjadi sarana mendapatkan uang secara online. Ada banyak situs di internet yang bisa untuk mendulang (menambang) uang dari dunia maya.

Salah satu cara populer untuk menghasilkan duit dengan menjadi penayang iklan yang iklannya akan tampil di blog saudara (untuk iklan gambar / banner)

Apalagi saat ini sudah banyak sekali situs website yang tugasnya menjadi perantara pemasang iklan dengan penayang iklan

Seperti Google Adword, Shareaholic (khusus advertise yang ingin pasang iklan)

Dan kemudian akan ditayangkan di situs website blog yang menjadi penerbit iklan saudara seperti Google Adsense, Shareaholic khusus penerbit iklan dan sebagainya.

Berikut cara – cara mendapatkan uang dari situs webste blog dari internet terutama blog

  1. Google Adsense

Google Adsense merupakan situs website penayang iklan yang akan membayar saudara jika saudara punya akun Google Adsense atau ikut Program Join Venture Google Adsense dari mereka yang memiliki akun.

System join venture ini system bagi hasil dimana 80 persen untuk saudara sedang yang 20 persen untuk penyelenggra join venture tadi. Ini sangat cocok buat saudara yang tidak punya akun Google Adsense karena banyak alas an seperti sulit untuk diterima.

  1. WingoAds
  2. Job Review dan Content Placement

Job Review dan Content Placement merupakan iklan berbentuk postingan bukan gambar banner, isinya berupa kata – kata menarik yang mengarahkan untuk mengajak pembaca blog saudara berkunjung ke website pengiklan dan diharapkan bisa terjadi transaksi lewat situs website blog saudara.

Bila saudara ingin ikut komunitas ini coba join grup ini (tempat penulis blog mencari informasi) seputar job review dan content placement.

Untuk biayanya tergantung ada yang paling murah Rp.10.000 ada yang paling mahal diatas Rp. 1.000.000 tentu tidak karena kualitas blog kita dan pengunjung blog saudara yang aktif dan rame

  1. Program Afiliasi / Affilate

Affilate Program merupakan salah satu mendapatkan uang dengan membantu jualkan produk / jasa orang lain lewat saudara (blog) bila untuk blog jenis cerita wisata/ adventure / perjalanan seperti Tour Travel, Agent Travel, tiket online, hotel, sewa mobil untuk keperluan travel  dan sejenisnya (biasanya jika ada yang tertarik affiliate saudara akan terjadi transaksi dan uang datang hehehe (perlu diingat tidak mudah loo ya)

  1. Iklan mandiri

Iklan mandiri merupakan iklan langsung, dimana pemasang iklan ngomong / membicarakan langsung perihal ingin memasang iklan di situs website saudara baik itu iklan berbentuk gambara maupun berbentuk postingan (job review / content placement) yang terkait tema blog kita. Bila situs website blog kita ramai potensi penghasilan juga besar (jangan lupakan kualitasnya  ya) ingat rumus 4 tahap perkembangan sebuah blog hingga ramai.

  1. Jualan produk sendiri

Bila saudara punya produk terkait tema bisa saudara jual semisal alat – alat outdoor untuk keperluan hiking / mendaki gunung

Bila bisa bikin ebook kumpulan wisata – wisata yang saudara jalani selama ini dibuatkan versi ebook maupun buku yang dipoles secara menarik tentu akan menjadi salah satu daya tarik (bisa berikan secara gratis dulu beberapa halaman untuk jangan seutuhnya. Yang seutuhnya harus keluarkan koceklah hahaha)

  1. Dan sebagainya

 

Tidak Cuma cara – cara diatas, masih ada 1000 jalan ke Roma dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan uang ini.

Hal ini juga dibutuhkan kesabaran, keuletan dalam menggapai cita – cita mendapatkan uang online.

Bila saudara ingin mempelajari secara urut (Langkah demi langkah) halaman ini akan membantu pemahaman saudara untuk tahu lebih jauh.

Bagaimana dengan pendapat saudara?

Silahkan bercerita banyak tentang masalah saudara di komentar dan komunitas BauBlogging yang ada

 

Cara Mendapatkan dan Menghasilkan Uang dengan Menjadi Travel Blogger Adventure (Penulis Blog Traveling) | Langkah Awal menjadi Blogger Travel Adventure

Leave a Reply