Cara Ampuh Jadi Blogger Profesional

Cara ampuh menjadi blogger yang dikatakan sukses bukan karena datang karena mimpi dari langit.

Pasti ada sebuah upaya atau sebuah usaha yang penuh daya yang menguras tenaga, pikiran, energi.

1. Bulatkan tekad

Pikirkan matang – matang sebelum memulai. Mulailah sesuatu dengan perencanaan yang matang dan tekad yang bulat. kalian tidak akan pernah sukses jika memulai sesuatu dengan setengah hati.

2. Buatlah Perencanaan Bisnis

Buatlah perencaan bisnis yang menjelaskan langkah – langkah yang akan dijalani untuk mencapai tujuan. Mulai dari segi teknis, topik yang akan digunakan, sampai pada strategi pemasaran yang baik.

3. Buatlah Blog yang Menarik

Desain Blog kalian sedemikian rupa sehingga menarik untuk dilihat. Jika kalian membuat lay out dengan desain asal – asalan, pembaca atau pengunjung tidak akan tertarik untuk membacanya.

4. Nikmatilah pekerjaan Kalian

Salah satu kunci sukses adalah menikmati apa yang kalian lakukan. Jika kalian memutuskan untuk membuat blog, nikmatilah proses membuat blog tersebut sehingga konten yang dihasilkan akan lebih menarik.

5. Buatlah Postingan Blog secara Rutin

Pembaca atau pengunjung biasanya akan menanti – nanti postingan baru jika mereka menggemari tulisan kalian. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian memosting tulisan secara rutin.

6. Berinteraksi dengan Pembaca

Jangan lupa untuk luangkan waktu menjawab komentar atau pertanyaan – pertanyaan dari pembaca. Ini semua bertujuan untuk mendekatkan diri dengan pembaca.

7. Jangan berharp hasil Instan

Kesuksesan tidak akan terjadi dalam semalam. Dengan demikian, sebaiknya kalian bersabar karena kerja keras tidak akan pernah mengecewakan kalian.

8. Mau menerima saran dan Kritik

Blog semakin sukses jika kalian bersedia menerima saran dan kritik dari pihak lain termasuk dari pengunjung atau pembaca blog kalian. Dan biasanya lebih membangun karena berdasarkan pengalaman yang mereka peroleh saat mengunjungi website blog kalian.

Asah terus kemampuan kalian

Menjadi blogger atau penulis blog sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang sulit adalah menjadi blogger profesional yang sukses. Untuk mencapai tujuan finansial melalui profesi ini, dibutuhkan beberapa ketrampilan yang mendukung profesi ini antara lain:

1. Ktrampilan Menulis konten

Salah satu cara untuk membuat blog atau website yang sukses adalah membuat konten yang memiliki nilai bagi pembaca. Konten yang bermanfaat, menarik, dan unik dapat membuat pembaca menikmati blog. Hal yang sering diabaikan blogger adalah penggunaan kata – kata, gaya penulisan, dan panjangnya k0nten.

2. Ketrampialn teknologi

Kalian jelas butuh ketrampilan teknologi dasar dalam membuat blog, dimulai dari interlingking, memasukkan gambar, menambahkan tag dan membuat judul.

3. Ketrampilan bersosialisasi

Ketrampilan ini adalah ketrampilan yang terpenting dalam membuat blog. Bukan hanya membantu menghububungkan kalian dengan ribuan blogger lainnya, ketrampilan bersosialisasi juga akan membantu kalian memperoleh koneksi iklan atau sponsor.

4. Ketrampilan mengolah feedback

Kesuksesan blog dapat dinilai dari seberapa banyak pengunjungnya atau pembacanya, sehingga ada baiknya jika kalian meminta feedback dari pembaca, dan meperbaiki blog kalian sesuai masukan dari pembaca.

5. Ketrampilan editing  foto

Blog yang menarik biasanya dilengkapi dengan gambar yang menarik pula. Gambar yang dimaksud adalah logo atau gambar yang dimasukkan sesuai dengan konteks tulisan yang kalian buat.

6. Ketrampilan memanfaatkan media sosial

Media sosial banyak dimanfaatkan sebagai media promosi, begitu pula halnya dengan blogger, media sosial perlu dimaksimalkan penggunaanya untuk mempromosikan website blog kalian dan berinteraksi dengan pembaca.

7. Ketrampilan pemasaran

Tidak peduli seberapa baguskonten blog yang kalian buat, tidak akan berguna jika kalian tidak mempromosikannya. Dengan promosi yang baik, maka jumlah pembaca akan terus meningkat dan sponsor akan mulai melirik website blog kalian.

Jika kalian pengen memulai blog atau telah memulai blog namun belum mencapai kesuksesan, jangan berhenti disini. Teruslah belajar dari orang yang lebih hebat dari kalian. Diatas awan masih ada awan,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *