Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Pengertian Blogwalking / Apa itu Blogwalking?

Blogwalking dalam Bahasa Indonesia memiliki arti berkeliling atau berjalan-jalan menuju blog orang lain untuk tujuan beraneka ragam tergantung tujuan blogwalker (orang yang mengunjungi) seperti 

1. Menilai dan menganalisa konten pesaing / kompetitor

2. Sekedar baca untuk mendapatkan bahan bacaan

Dan ini sudah menjadi hal biasa dilakukan oleh para blogger (penulis blog) aktif di seluruh dunia.

Manfaat Blogwalking dan Commenting (Berkomentar)

Blogwalking memiliki beberapa manfaat diantaranya:

1. Menambah Pengetahuan Baru dan Ide maupun Inspirasi Menulis

Dengan Blogwalking itu berarti saudara membaca artikel dari blogger lain. Dari membaca ini saudara kemungkinan akan mendapatkan ide dan inspirasi untuk menulis artikel di blog saudara sendiri.

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

Terkadang sebagian dari kita kalau hendak menulis kadang kebingungan dan kehabisan ide, maka dengan blogwalking adalah suatu teknik yang bagus dalam mencari ilham menulis.

2. Menambah Koneksi atau Jaringan sesama Blogger

Membangun koneksi dengan blogger lain yang menurut saudara punya penilaian yang bagus dari sisi kualitas konten blog dan saudara suka dengan isi yang disampaikannya. Tidak salah jika saudara hendak membangunnya.

Cobalah untuk mencari tahu sosial media, email hingga kontak yang bisa dihubungi untuk membangun komunikasi yang baik dan positif dengan mereka.

3. Meningkatkan Visibalitas SEO (Terutama SEO Off Page)

Blogwalking dan meninggalkan jejak (berkomentar postif) secara SEO akan meningkatkan visibalitas terutama SEO off page (sebuah teknik optimasi situs yang dilakukan diluar situs web)

Caranya dengan mengisi Name / Email / URL / Website yang tersedia dalam setiap komentar (biasanya ada dan kadang tidak, tergantung empunya dalam menyettingnya)

Bila tidak ada abaikan dan cari yang tersedia fitur komentar seperti yang sudah disebutkan

4. Sarana Kampanye (Promosi dan Membangun Branding Penulis dan Situs Blog)

Seperti yang sudah disinggung pada SEO diatas tadi, ketika saudara memasukkan URL / Website secara wajar itu sudah selangkah melakukan promosi, kampanye serta membangun branding penulis dan situs blog

Jadi jika saudara melakukan komentar di blog orang lain pastikan Name / Nama yang jelas dan mencerminkan branding yang ingin saudara bangun. Bila melakukan kesalahan berarti telah melakukan sebuah kefatalan.

5. Mendapatkan Backlink (Sejenis Rujukan / Pengacu Lalu Lintas Situs)

 

6. Meningkatkan jumlah pengunjung suatu blog

Blogwalking bukanlah sekedar mengunjungi blog orang lain, dan meninggalkan komentar begitu saja, perlu adanya suatu cara dan tips yang efektif agar Blogwalking yang kita lakukan bisa menimbulkan keuntungan bagi blog kita, jadi tak sia-sia kita melakukannya dan malah buang – buang waktu untuk komentar.

Blogwalking yang baik membuat trafik blog kita meningkat secara pelan tapi pasti.

Bagaimana bisa? Coba perhatikan penjelasan berikut :

Dengan Blogwalking Membuat Orang Lain Mengetahui Jika Kita Memiliki Blog 

Dengan kita melakukan blogwalking apalagi sampai meninggalkan jejak komentar pada blog tersebut membuat si admin  / empu situs website blog mengetahui kalau orang yang berkomentar di blognya memiliki blog. Tetapi dengan catatan kita berkomentar menggunakan Open URL / Name URL / Memasukkan Situs Website Blog (Cek kotak komentar BauBlogging) , karena jika hanya menggunakan Akun Google belum tentu orang tersebut memiliki blog. Dengan begitu ada kemungkinan besar bahwa kita akan dikunjungi balik, terlebih lagi topik blog yang kita pakai selaras dengan blog yang kita kunjungi tadi.

Penyebab Blogwalking Gagal dan Tidak Efektif

Lalu apa jadinya jika kita sudah melakukan blogwalking dan berkomentar tetapi tidak mendapat kunjungan balik? Mungkin ini penyebabnya : 

1. Tidak Lolos Moderasi

Saudara telah berkomentar, tetapi komentar saudara tidak lolos moderasi.

Ada beberapa blogger / penulis blog yang tidak asal begitu saja menerima komentar yang masuk pada blognya. Jika komentar tidak memenuhi syarat, maka komentar sudah pasti tidak lolos moderasi. Untuk itu sebelum saudara berkomentar, pastikan baca dulu aturan berkomentar pada blog tersebut agar saudara bisa mengerti komentar seperti apa yang boleh dan tidak boleh untuk saya sampaikan. Jika saudara bisa menaati aturan berkomentar tersebut kalau pasti komentar saudara bisa lolos moderasi. 

2. Komentar saudara Tidak Relevan Dengan Isi Artikel

Terkadang ada juga yang asal berkomentar tetapi tidak sesuai dengan isi artikel. Contoh, komentar komentar seperti :

“Keren tulisannya min”

“Setujuuu”

“Mantap Gan…”

“Wah bener banget nih dsb..

Komentar tersebut memang baik, tidak ada yang salah.

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Tetapi jika saudara hanya berkomentar seperti itu membuat pemilik blog malas untuk berkunjung balik ke blog saudara.

Coba berkomentar yang bersifat memberikan saran, masukan atau kritik agar pemilik blog merasa saudara adalah orang yang benar-benar “pantas” untuk diajak bertukar pikiran. Jika sudah begitu tidak sulit rasanya bagi saudara untuk mendapatkan kunjungan darinya.

3. Saudara Terlalu Sering Berkomentar (Spam)

Inilah yang tidak seharusnya saudara lakukan. Berkomentar boleh saja, tetapi jangan berlebihan. Jangan menunjukkan kesan bahwa komentar saudara memiliki maksud tersembunyi dibalik kunjungan yang saudara lakukan.

Biarkanlah saudara berkunjung secara apa adanya dan berkomentarlah sewajarnya saja. Spam komentar amat tidak disukai oleh banyak blogger karena dirasa begitu mengganggu.

4. Saudara Berkunjung di Blog yang Topiknya Berbeda Dengan Blog saudara

Terkadang ini terjadi juga, ada beberapa blogger yang hanya mau mengunjungi blog yang memiliki topik yang sama dengan topik blognya. Jadi dengan berkunjung ke blog yang bertopik sama memudahkan untuk mendapatkan kunjungan balik. Tetapi berkunjung ke blog orang yang memiliki topik yang berlainan juga tetap berpeluang untuk dikunjungi balik olehnya.

Cara Melakukan Blogwalking agar Hasilnya Efektif dan Maksimal

Jadi apa yang perlu saya lakukan agar blogwalking yang saya lakukan tidak sia-sia dan bisa meningkatkan trafik pengunjung blog saya? Baik, akan saya jelaskan : 

1. Sebaiknya Berkunjung Ke Blog yang Memiliki Topik yang Sama Dengan Blog saudara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biasanya pemilik blog lebih senang berkunjung ke blog yang memiliki topik yang sama dengan topik blog miliknya. Misal, jika dia memiliki blog kesehatan maka dia juga akan sering berkunjung ke blog yang bertopik kesehatan juga. Mengapa? Bisa jadi dia berkunjung untuk mencari inspirasi dan juga materi yang mungkin ada pada blog yang ia kunjungi balik tersebut. Nah, jika anda berkunjung ke blog yang setopik dengan blog anda maka anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan kunjungan balik darinya

2. Tinggalkanlah Jejak Komentar

Saudara berkunjung tetapi tidak berkomentar itu sama saja. Pemilik blog tidak akan tau kalau saudara memang berkunjung ke blognya. Tinggalkanlah sedikit komentar agar pemilik blog bisa mengetahui kalau saudara memang benar-benar sedang berkomentar.

3. Pastikan saudara Berkomentar Sesuai Topik Artikel

Sebisa mungkin janganlah berkomentar diluar topik artikel atau hanya berkomentar sebatas memuji hasil tulisan orang lain. Itu memang baik, tetapi komentar model tersebut biasanya akan sulit mendapatkan kunjungan balik oleh si pemilik blog. Komentar yang bagus untuk melakukan blogwalking yaitu dengan memberikan saran, masukan, kritik, ataupun diskusi sesuai tema artikel yang dibuat.

4. Jangan Gunakan Link Aktif

Jangan meninggalkan link aktif saat berkomentar (terutama dalam isi komentar). Hal ini jika dilakukan terlalu sering justru bisa dianggap spam.

Bukannya mendapat kunjungan balik, malah bisa-bisa blog saudara yang mendapat sanksi dari Google karena telah melakukan pelanggaran.

5. Dan Janganlah Terlalu Sering Berkomentar Karena Bisa Dianggap Spam

Sering berkunjung itu baik, namun jika terlalu sering dan sampai meninggalkan komentar yang terlalu banyak justru tidak akan disukai. Berkunjung secara wajar saja dan berkomentarlah secara apa adanya. Jangan dilebih-lebihkan.

Admin blog pasti begitu tau mana pengunjung yang benar-benar mau berkunjung atau berkunjung tetapi memiliki tujuan terselubung di dalamnya.

Pada intinya Blogwalking yang baik itu ketika kita dapat berkunjung dan meninggalkan kesan yang baik pada admin blog yang kita kunjungi tersebut. Dengan Blogwalking yang tepat pula memungkinkan saudara untuk bisa mendapatkan kunjungan balik yang bisa meningkatkan trafik pada blog anda. 

Semoga sedikit postingan tentang tips Blogwalking ini bermanfaat untuk pembaca.

Pengertian dan 5 Tips Jitu Melakukan Blogwalking Agar Dapat Meningkatkan Jumlah Trafik Pengunjung Blog
Tagged on:             

Leave a Reply