Informasi Lomba Menulis nih Simak di sini

image

Menjadikan blog yang menghasilkan uang banyak hingga jutaan perbulan merupakan dambaaan blogger bagi yang ingin menggelutinya. Begitu juga yang masih belum mendengar istilah blog sama sekali.

Ternyata untuk menghasilkan uang dari blog itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi kita merasa percaya bahwa blog bisa menghasilkan.

Proses yang berat dan menghabiskan energi dan pikiran yang besar bila ingin bisa menghasilkan yang demikian itu.

Banyak blogger berusaha untuk hal tersebut ternyata ujung ujungnya frustasi karena apa yang selama ini tekuni dalam mencari uang dari blog tak membuahkan hasil. Pada akhirnya kembali tidak ngeblog.

Begini Langkah-Langkahnya

Langkah langkah yang harus saudara dilewati sangat panjang (berproses) untuk menjadikan blog sebagai ladang menghasilkan uang atau income dalam jangka panjang

1. Membuat Blog

Diskusi Bareng Kepenulisan, Blog Dan Pemasaran Internet Yuk

 

Join Sekarang Grup BauBlogging WhatsApp

https://chat.whatsapp.com/Ef53C52ZAAx2Tm0naUiQt5

Ini merupakan langkah awal yang harus saudara lakukan.

Membuat blog juga tergantung tujuan saudara. Bila memang tujuan menjadi untuk menghasilkan uang fokuskan sebagai profesi (bisnis online). Bila dijadikan hobi juga tidak apa-apa, tapi jangan mengharapkan penghasilan sama sekali (harapkan saudara bisa menyajikan hal-hal bermutu bagi pembaca)

Untuk membuat blog sendiri juga diperhatikan dalam memilih

Nama Blog – Situs Blog – Website : BauBlogging.com

Judul Blog : Blogging Tips | Writing Tips | Marketing Tips

Dan jangan asal membuat saja. bisa fatal dan gagal. Pastikan sudah punya perencanaan yang sangat matang, bila sudah terlanjur bisa buat blog lagi (1 email bisa buat blog hingga 99)

Atau buat blog WordPress Self Hosted dengan mengeluarkan dana yang cukup besar (domain dan hosting)

Blog yang dibuat sesuaikan kemampuan saudara. Misalnya keahlian saudara : Menulis Cerpen Maka buatlah blog langkah langkah menulis cerpen / cerpen khas saudara hingga tuntas.

  • [Tutorial Ngeblog WordPress Gratis] Panduan dan Cara Ngeblog WordPress Handphone serta Penjelasannya
  • [Tutorial Ngeblog WordPress Gratis] Panduan dan Cara Ngeblog WordPress Lewat Laptop – Komputer – Personal Computer serta Penjelasannya
  • [Tutorial Ngeblog Blogger Gratis] Panduan dan Cara Ngeblog Blogger Handpone serta Penjelasannya
  • [Tutorial Ngeblog Blogger Gratis] Panduan dan Cara Ngeblog Blogger Lewat laptop – Komputer – Personal Computer

2. Mengisi / Menulis Konten

Setelah membuat blog berhasil.

Langkah selanjutnya adalah membuat / menyajikan konten atau mengisinya dengan hal hal yang bermanfaat. Sebagai contoh : Tips Menulis Cerpen. Tentunya harus hal hal yang terkait dengan Menulis Cerpen. Misal :

  1. Bagaimana Membuat Kerangka Cerpen?
  2. Bagaimana agar Cerpen bisa Dilirik Pembaca?
  3. Macam-Macam Cerpen sesuai Genrenya.

Dari permisalan diatas bisa sebagai bahan materi yang harus diisi pada blog terkait cerpen tadi.

Selain itu. Blog juga ada konten berdasarkan nichenya.

Masih bingung apa yang mau ditulis?

Bayangkan : Apa keahlianmu? Apa Profesi yang saudara sukai? Buku apa yang saudara sukai? Apa motivasi terbesar membuat blog? Tulislah

Sebenarnya ini diambil dari Niche / topik bahasan yang saudara pilih. Bila bingung menulis apa yang bakal ditulis akan lahir blog dengan konten berisi campuran (gado-gado)

Disini juga dibahas pula jenis konten :

1. Tulisan Biasa

Tulisan biasa isinya hanya itu itu saja atau hampir mirip dari segi isi.

Sudah banyak di bahas di blog blog lain sehingga ketika di baca kurang dilirik / diminati banyak oleh pencari informasi, kurang greget tidak membawa dampak yang baik (biasa biasa saja). biasanya di bawah 500 kata

Dulu sebelum banyak blog dan artikel bertebaran di internet artikel model ini begitu diminati

2. Tulisan Rata Rata

Rata rata itu adalah antara pendekatan tulisan biasa saja dan tulisan berkualitas (diatas rata rata). biasanya antara 500 kata hingga 1000 kata.

Dari segi isi agak lebih detail dari poin sebelumnya.

3. Tulisan Berkualitas (Diatas Rata Rata)

tulisan berkualitas adalah tulisan yang sangat benar benar terasa manfaat yang di dapati.

Misalnya saudara mencari informasi mengenai tips-tips menulis maka pastinya akan mencari info yang lebih lengkap, komplit, dan bisa menjawab dari permasalahan yang dihadapi. rata rata di atas 1000 kata.

Postingan berkualitas lebih mendetail, mendalam, tapi tidak bertele-tele dalam penyajiannya.

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Tambahan

Konten Pilar

Merupakan konten yang menopang pada blog saudara, bisa juga disebut sebagai pondasi.

Yang namanya pondasi sangat mutlak pada blog. Biasanya konten ini yang bisa membuat blog mendapatkan pencarian organik dalam jangka panjang

Contoh Konten Pilar : konten yang biasanya isinya Daftar-daftar, Tips-tips yang dibutuhkan oleh pengguna internet, Tips yang membahas pemecahan suatu masalah (Solusi), Tutorial-tutorial yang mudah diaplikasikan, Langkah-Langkah apa yang harus dilakukan, , Cara Melakukan Sesuatu dan sebagainya.

Konten Unggulan

Merupakan konten terbaik yang telah saudara buat, biasanya mengupas suatu permasalahan secara mendalam, mendetail atau lengkapnya tak sebanding dengan konten sejenis yang sudah dibahas di blog orang lain.

Dalam ilmu pertanian pernah dengar istilah bibit unggul?

Apa fungsinya dari bibit unggul bagi petani?

Jadi bayangkan apa fungsinya ketika saudara membuat satu konten jenis unggulan? Yang disamaratakan dengan bibit unggul itu

Mungkin yang Mukhofas tulis ini bisa disebut konten unggulan terbaik yang dibuat, tapi masih ada orang lain yang mengupas lebih dalam dan lebih baik sehingga apa yang Mukhofas tulis bisa gugur statusnya.

Biasanya pemabahasannya lebih dari 2000 kata. Dan apa yang ditulis pun bukan terkesan sembarangan tapi benar-benar membuat pembaca yang membaca terkesima dan mendapatkan poin yang plus-plus

Dalam kata lain berisi betul konten daging bukan kulit maupun tulang yang tiada guna.

3. Mencari Pembaca [Bangun Komunitas Pembaca]

Sebuah blog tanpa ada pembaca?

Tentu saja akan terasa sepi seperti rumah yang tidak berpenghuni, maka dari itu perlunya pembaca.

Tadi disebutkan tentang berkaitan soal Tips Menulis Cerpen.

Tentu tahu siapa pembaca yang cocok untuk blog terkait Tips Membuat Cerpen?

Tentu adalah pembaca yang membutuhkan perihal pembuatan cerpen.

Coba bayangkan blog tentang cara menulis cerpen cocok untuk pembaca Info Teknologi?

Tentu tidak.

Selain itu pembaca yang telah mampir (berkunjung) dan menikmati konten blog saudara jangan dibiarkan pergi begitu saja, tangkap kontak mereka yang bisa dihubungi misalnya : Email Aktif, No WhatsApp, Pin BBM,

Mengapa?

Bisa jadi mereka tidak akan berkunjung lagi dan lagi, ada baiknya untuk membuat daftar kontak pembaca blog saudara.

Saudara juga bisa membangun komunitas pembaca, sangat penting sekali perannya dalam arus lalu lintas blog saudara.

Apa yang harus saudara lakukan?

Bisa juga membuat Fansbase/Fanspage/Halaman penggemar di semua sosial media saudara

Bangun juga komunitas WhatsApp, Channel Telegram, Line, Saluran BBM untuk mempermudah berinteraksi. Mukhofas juga membuat komunitas BauBlogging. Klik sini buat saudara yang pernah membaca postingan Baublogging

Setelah membuat komunitas jangan Cuma share link saja, ajak juga anggota untuk diskusi, membangun hubungan baik yang positif (berusaha dekat dengan pembaca) sehingga pembaca kenal lebih dekat dengan pemilik blog. Ini lebih mungkin blog saudara sukses.

Untuk mencari pembaca ringkasnya begini : Bisa share link konten blog yang telah saudara publish di blog, memaksimalkan SEO, menjadi penulis tamu di blog orang lain yang ramai, bergabung dengan banyak komunitas yang berhubungan dengan apa yang saudara tulis di blog

Satu lagi, ini juga sangat berkaitan dengan Tribes.

Tahu apa itu Tribes?

Setelah pengunjung yang didapatkan untuk blog sudah ramai memiliki banyak interaksi (komentar, like, shares, pageview) maka langkah yang harus dipersiapkan berikutnya adalah memonetize.

Dimana ada keramaian disitulah sebuah blog akan menghasilkan.

4. Memonetize Blog

Menurut Mukhofas “Monetize” adalah proses menguangkan blog menghasilkan uang.

Memonetize tidak akan ada apa-apanya bila poin-poin sebelumnya belum saudara optimalkan.

Poin-poin sebelumnya harus saudara lakukan. Apalagi khusus poin ke-3 telah tercapai dengan baik bisa lebih besar keuntungannya (pengunjung ramai / engagement yang tinggi)

Sangat banyak model untuk menjadikan blog sarana menghasilkan uang. Tapi yang baru saudara ketahui mungkin masih sangat minim dan terbatas (kurangnya informasi yang didapatnya).

Periklanan

Sudah menjadi hal umum yang dilakukan mayoritas blogger untuk memonetize blognya. Tinggal daftar dan tempelkan script (kode-kode) iklan sudah tayang di blog.

1. Google Adsense

Salah satu cara menghasilkan uang lewat blog dengan program periklanan online. Salah satu program periklanan yang paling populer di dunia google adsense.

Google Adsense itu Broker periklanan terbesar di dunia yang mempertemukan antara pemasang iklan (Advertiser) dan penayang iklan (Publisher).

Dimana pemasang iklan mengajukan diri untuk memasangkan iklan di jaringan Google (selaku perusahaan internet terbesar di dunia saat ini).

Jaringan Google meliputi publisher Google Adsense yang memiliki blog (blogger) dan yang sudah diapprove (disetujui) dan akun Youtube yang memiliki Views tinggi

Panduan agar bisa diterima google adsense [Baca Panduan ini]

Ada teman yang katanya bisa mendaftar google adsense sekali lamaran. Dan tentu saja menambah wawasan baru buat saudara yang mencoba peruntungan dari adsense .

Dari pengalaman Mukhofas, untuk mendaftar Google Adsense tidak gampang (bukan asal daftar saja)

Tapi blog yang hendak didaftarkan ke Google Adsense harus sesuai kebijkan dan kriteria yang telah dibuat tim Google Adsense.

Langkah-Langkah agar diterima Google Adsense Menurut Rekan Mukhofas

2. Alternatif Google Adsense (Non Google Adsense)

Mukhofas tidak bisa menyebutkan banyak atau secara pasti.

Yang pasti alternatif itu banyak sekali, tapi soal kepatuhan (mau membayar saudara ketika sudah waktu ambang Pay Out) masih diragukan sehingga harus berhati-hati.

  •  Payclick

Merupakan model periklanan native (iklan yang membaur bersama konten dalam blog saudara. Sampai-sampai pengunjung tidak sadar sejatinya itu iklan.

  •  AdNow

Sama juga dengan Payclick, Cuma berbeda perusahaan saja

  • Shareaholic

Hampir sama juga dengan payclick, iklanya membaur bersama related post sehingga pengguna tidak menyadari keberadaan iklan native tersebut.

Ikon sosial media yang melayang dan tampilan yang menarik.

  •    

 

2. Iklan Mandiri / Independent

Maksudnya : antara pemilik blog (website) dan pengiklan (adversiters) negosiasi langsung tanpa perantara / broker

Pastinya blog sudah sangat ramai serta engagement tinggi. Pengunjung sudah biasa keluar-masuk dari blog kita karena konten yang betul-betul bermanfaat.

Dengan semakin banyaknya pengunjung rata-rata harian. Hal ini bisa menjadi peluang mendatangkan pemasukan ngeblog. (jika dimonetize)

Kita menyediakan ruang kosong untuk blog baik di sidebar kanan hingga dalam posting untuk ditanamkan iklan. Kalau pengunjung melakukan interaksi lewat iklan(klik) yang tayang di blog dan tertarget si pemasang iklan dikemudian hari juga ingin mengadakan kerjasama lagi.

Kekurangannya :

  • Sulit mencari pengiklan (advertisers) yang mau pasang iklan
  • Kesadaran masyarakat tentang berpromosi ke blog bertrafik tinggi masih minim
  • Masih gaptek digital (terutama tingkat lanjut)

3. Afiliasi

Hampir mirip reseller atau dropsipper. Kalau blog saudara sudah memenuhi syarat dan untuk meraup uang dari sini juga mudah. Tapi juga butuh usaha keras, strategi cerdas.

Belum paham mas apa itu afiliasi?

Afiliasi itu seperti : Bayangkan kita seorang salesman sepeda motor perusahaan Honda daerah kita. Kita mencari orang yang akan membeli sepeda motor tersebut sampai berhasil.

Sama kasusnya lewat blog. Saudara berusaha mencari orang yang berminat untuk membeli produk milik pemilik produk.

Tapi harus sesuai dengan konten (niche) dari blog saudara Misalnya : Tips menulis cerpen, afiliasi yang cocok buku-buku/ebook/video seputar pembuatan cerpen. Dan kalau di Indonesia Belbuk.com adalah solusinya.

Selain itu ada lazada.com, blibli.com, mataharimall.com untuk perusahaan besar indonesia, ada juga perusahaan kecil seperti pelaku bisnis online UKM

4. Jual Produk Sendiri

Bila saudara betul betul mempunyai produk sendiri (buku karya sendiri, ebook, video tutorial / produk lain) dan memiliki kemampuan juga bisa menjualnya lewat blog. Untuk membuat produk juga memiliki usaha tersendiri yang juga menguras waktu, energi.

salah satu cara menjual produk sendiri :

1. Menjual Themes / Template Website

seorang blogger berpengalaman yang sudah memiliki keahlian pada poin no.8 ini pasti sudah mampu untuk membuat themes / template untuk sesuai dengan tujuannya (dibagikan gratis atau dijual lewat blognya)

tidak hanya themes saja, bisa pula yang masih berhubungan seperti : plugin, widget, jasa revisi themes / template yang sudah ada.

Sudah banyak blogger indonesia yang sukses membuat themes dan menjualnya di blog mereka masing-masing, sebut saja Mas Sugeng Riyadi, Arlina

2. Menjual Buku Karya saudara

Saudara berprofesi seorang penulis?

Menjual buku karya saudara di blog bukan tidak mungkin. Itu suatu hal yang biasa. Asal pembaca blog saudara benar benar sudah ramai dan orang yang tepat (tertarget).

Atau bisa pula ketika saudara menulis di blog dengan gagasan yang asli, punya keunikan (ciri khas) dan bisa menjaring pembaca tertarget bukan tidak mungkin tulisan blog saudara bisa diterbitkan menjadi sebuah buku. Baca selengkapnya disini panduan menulis buku dari ngeblog – blog

Misalkan kita telah banyak menulis di blog tentang cerpen – cerpen saudara. saudara bisa saja menjadikan sebuah buku sekumpulan cerpen. Setelah buku jadi saudara harus ikut membantu memasarkan juga.

kenapa tidak mencobanya?

malah bisa juga dijual di blog lagi

sudah tahu novel-novel karyanya tere liye?

bukunya pun dijual di blog gratisan blogspotnya loh (tbodelisa.blogspot.com)

Tapi kenapa kok blognya bisa ramai, padahal tanpa SEO?

Karena penggemar / penikmat buku karyanya dikenal luas dan laris di pasaran (blognya ditaruh pada bagian belakang buku)

kasih bukti lain bahwa sudah ada blogger indonesia yang menghasilkan buku dari blognya : 

3. Menjual eBook Bermanfaat

Apakah saudara juga sudah jago membuat eBook?

Setidaknya menata file naskah di microsoft word dari Doc/Docx ke PDF dan dikemas lebih menarik.

Andaikan saja saudara menulis naskah buku dan hendak diterbitkan ke penerbit mayor dan selalu ditolak melulu. Solusi menerbitkan lewat jalur eBook juga bisa dilakukan dan nantinya dipasarkan di Google Play Store, Ratakan.com atau malah bisa dari blog sendiri.

Banyak blogger kelas internasional yang menjual pengalaman – pengalamannya selama menekuni dunia online (blogger) 1998 – sekarang yang dirangkum menjadi eBook. Salah satunya Darren Rowse

Hal ini juga dilakukan oleh blogger lokal Indonesia

Salah satunya Herman Yudiono – Seorang Blogger Full Time Indonesia sukses menjual ebook seputar pengalaman mengembangkan blog

Dongkrak Penjualan Melalui Marketing Strategy & Competitive Positioning: Mengukur Segmentasi, Targeting, dan Positioning Menggunakan SPSS

Untuk mencapai semua itu poin-poin diatas harus punya pengalaman yang hendak dijual.

Tidak harus seperti diatas, bisa juga sesuai dengan niche yang saudara kuasai atau pilih sesuai keinginan

4. Membuat Merchandise

apa aja sih merchandise itu?

Kaos komunitas? Gantungan kunci, stiker atau aksesoris

Andaikan blog saudara seputar cerpen – cerpen / cerbung yang kemudian dikomplikasikan jadi buku dan dijual.

Buat juga aksesoris yang yang masih berkaitan dengan ini. Siapa tahu ada yang berminat untuk membeli juga.

Tapi juga perhitungkan juga dampaknya apakah berminat yang membelinya atau tdak.

 

5. Membuat Video Tutorial

Pernahkah saudara nyari di google seputar panduan – langkah praktis?

Tapi kadang juga tidak lengkap atau sebagian dari kita punya kesibukan masing – masing yang tak sempat mencari banyak seputar tutorial

Ini juga bisa saudara manfaatkan untuk menghasilkan uang dari blog.

Kita ambil contoh Video Tutorial Panduan Membuat Blog hingga Pengembangan Blog Sukses

Bila sudah saudara bergelut dengan dunia blogging dan pernah blog salah satu sukses besar. Bolehlah untuk membuat video tutorial semacam ini dan dijual kepada pengunjung blog saudara yang memutuskan ingin membelinya.

Saya pribadi, tahu ada beberapa blogger yang menerapkan sistem ini, tapi bila saudara ingin mencoba dan menjadi orang pertama dalam menjual video tutorial pada blog saudara. Bisa dicoba

5. Menawarkan Jasa Sendiri

Bila saudara punya skill / ketrampilan / keahlian yang bisa dikerjakan untuk ditawarkan kepada pencari informasi yang secara sengaja atau tidak sengaja menemukan di website / situs blog saudara

Misalkan gini : saudara punya keahlian menulis dari beragam topik – genre dan benar – benar menguasainya untuk diberikan kepada yang membutuhkan jasa saudara.

Saudara bisa membuat halaman khusus tentang jasa yang ditawarkan di blog agar bisa dilihat / dikunjungi biar mereka tahu. Seperti jasa yang ditawarkan oleh Mas Mukhofas pada Halaman Jasa BauBlogging.com

Berikut contoh menawarkan jasa sendiri :

1. Menjadi Freelancer

Definisi freelancer : Pekerja sambilan – pekerja lepas, seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertenntu.

2. Menawarkan Jasa Desain

salah satu blogger mas Wahyu Aditya salah satu ahli desain yang dipercaya oleh Pemerintah untuk membantu desain logo – logo pada event-event pemerintah atau logo – logo lama pemerintah

saya pribadi pernah nyari di google “Jasa Desain” dan menemukan di website – situs blog. Ini bukti bahwa blog salah satu pertanda bahwa blog itu bisa untuk menghasilkan uang.

salah satu contoh logonya

 

3. Menawarkan Jasa Menulis

sudah jago nulis?

Dan punya jam terbang yang tinggi dan kredibelitas online sebagai penulis konten (content writer) sudah diakui bisa saja ada orang ingin memakai jasa menulis saudara.

Banyak ditemukan yang menawarkan jasa menulis artikel di grup-grup Facebook – WhatsApp. ada baiknya ambil peluang ini untuk ditaruh pada halaman jasa saudara pada blog.

Jangan sia – siakan kesempatan seperti ini.

Salah satu teman menyediakan jasa menulis artikel. mashalfi.id

4. Menjadi Pembicara Niche Blog

bila saudara punya keahlian lain misalnya keahlian menjadi pembicara/public speaking kenapa tidak saudara coba tulis di blog?

Akan ada masanya orang mencari informasi lewat blog saudara.

Sudah banyak blogger internasional yang ahli di bidang masing – masing menjadi seorang pembicara terkait blog mereka.

Andaikan saja saudara seorang pemilik BauBlogging ini bisa juga menjadi pembicara seputar blogging, kepenulisan dan internet marketing yang sudah saudara ketahui ilmunya.

Menulis Curiculum Vitae yang lengkap agar orang lain semakin kagum dan percaya bahwa saudara punya banya keahlian yang nantinya ada pengunjung yang ingin menyewa – menghire sebagai pembicara.

5. Menjadi Konsultan

Pernah dengar Konsultan Hukum?

Konsultan Internet Marketing konon dibayar per-jam $ 5000?

bila saudara menguasai beragam ilmu pada niche blog yang ditekuni, memiliki sejuta pengalaman sehingga orang belum mumpuni ilmunya sangat membutuhkan petuah – nasihat seorang konsultan

5. Job Review – Content Placement

Job Review : kita langsung mendapatkan uang setelah review – meresensi – mengulas dan dimuat di blog kita, kemudian akan mendapatkan bayaran tergantung daya tawar blog saudara sendiri dari brand besar yang menawarkan program job review pada saudara.

Content Placement : kita akan mendapatkan uang setelah kita memosting / memublikasikan konten review – resensi – ulasan yang disediakan pihak brand sendiri, kemudian akan mendapatkan bayaran tergantung daya tawar blog saudara dari brand yang menawarkan content placement.

Untuk mendapatkan job review – content placement saudara punya rekan – rekan blogger yang sudah menghasilkan uang lewat model ini.

Bergabung dengan komunitas / event yang melibatkan blogger juga menjadi solusi yang akan mempertemukan saudara dengan pemberi job.

Di facebook sendiri ada beberapa grup untuk mempertemukan blogger dengan pemberi job : Job Blogger Indonesia – Blogger Mencari Kerja

6. Bisnis Online

Bisnis online masih ada keterkaitannya dengan blogging, internet marketing.

Tanpa ilmu blogging – content marketing – internet marketing, mungkin bisnis online tidak sepesat sekarang.

Raksasa bisnis online pun memiliki blog

Misal : blog.bisnisanda.com

Atau malah pebisnis online yang menggunakan blog sebagai sarana memasarkan produk juga ada. Bila saudara ingin berhasil bisnis online menggunakan blog tetap ada ilmu yang harus dipelajari dan dikuasai.

Ada yang menggunakan wordpress.org + wocoomerce (plugin toko online)

7. Model Lain

Banyak model untuk menghasilkan uang lewat website – situs blog kita. Apabila kita mau mencari banyak referensi belajar dan mau serius untuk sukses dan mengembangkan blog untuk benar – benar menghasilkan .

Ada banyak jalan ke roma (dimana ada usaha disitu ada jalan)

Bisa juga berinovasi sendiri dari imajinasi yang sedang saudara bayangkan untuk bisa diterapkan di pada website – blog sehingga hal ini memang menuntut kreativitas dengan upaya keras untuk mengalirkan potensi dari bisnis menghasikan lewat blog ini.

Tambahan : Halal dan Haram Menghasilkan Uang dari Website – Blog

Tidak semua menghasilkan uang dari blog bebas halal.

Ternyata ada juga yang bisa haram atau syubhat (samar – samar) apakah itu halal atau haram.

Mungkin bagi sebagian orang pernah menemukan iklan berbau perjudian, miras atau mengajak ke hal –hal maksiat di blog yang sudah dipasangi iklan

Iklan Google Adsense bisa dikatakan haram bila muncul iklan judi, kontrasepsi atau iklan yang megajak kepada maksiat –perbuatan setan (keburukan) maka bagi yang bisa dan bermain Google Adsense untuk memblokir – mencekal iklan semacam ini sehingga yang muncul iklan – iklan positif dan jelas kehalalannya.

Begitu juga dengan iklan alternatif google adsense, bilamana iklan itu mengandung yang merugikan pengunjung – pembaca seperti jual beli narkoba, judi online, prostitusi online maka penghasilan yang didapat lewat blog bisa dikategorikan haram dan tidak berkah.

Iklan mandiri gimana mas?

Sama saja, bila sudah jelas produk yang mau diiklankan apa (halal – haram)

Artikel rekomendasi ini mungkin bisa membuka sedikit wawasan seputar Halal Haram

  1. Awas! Halal Haram Penghasilan Online Sering Terabaikan oleh Saudara

Yang isinya menyangkut iklan yang dilarang oleh agama islam seperti riba, judi, mengumbar aurat sehingga bisa dikatakan mutlak haram walaupun bayarannya sangat tinggi. Lebih baik ditinggalkan bila ada advertiser yang ingin bekerjasama dengan saudara.

  1. Benarkah Uang dari Google Adsense itu Haram atau Halal?

Mengalalkan berbagai cara untuk menipu pengunjung hingga menggunakan UGC (User Generated Content) bisa haram

Halal haramnya kembali kepada usaha blogger – penulis konten yang bersangkutan itu. Apakah memilih lewat jalur halal atau haram

 

Bagaimana dengan kamu? Ceritakan lewat kolom komentar dibawah ini

Join Facebook BauBlogging Community

 

[Update]Cara Membuat Website (Blog) yang Menghasilkan Uang | Langkah Awal hingga Akhir

21 thoughts on “[Update]Cara Membuat Website (Blog) yang Menghasilkan Uang | Langkah Awal hingga Akhir

  • August 28, 2017 at 3:22 pm
    Permalink

    alhamdulillah saya udah merasakan yang namanya menghasilkan dari blog melalui content placement dan google adsense

    Reply
    • August 30, 2017 at 5:57 am
      Permalink

      konten placement bagiku lebih mudah, asalkan blog kita TLD dan trafik bagus

  • July 4, 2017 at 5:40 am
    Permalink

    Kalau job review paling kita harus sering posting produk ntar juga kalau rejeki ada aja yang minta di review, yang jelas antara branding blog, sosmed juga mesti seiring sejalan artinya kita open sama siapa aja

    Reply
    • July 5, 2017 at 6:57 am
      Permalink

      yup kita sebagai seorang blogger harus berusaha terbuka, sehingga dari keterbukaan ini bisa mempermudah kita dengan calon pengiklan ata yg ingin bekerjasama dengan kita.

      jangan sampe kita enggan merespon walaupun sangat tidak kita pahami.

      kita harus belajar untuk jadi tahu dan mengerti hal – hal yg harus blogger pahami.

  • July 3, 2017 at 3:10 pm
    Permalink

    Saya dulu udah 2 kali gagal daftar di google adsense. Sampai sekarang belum ada keinginan untuk daftar lagi. Memang butuh perjuangan yah mas. Makasih infonya mas. Artikelnya bermanfaat banget.

    Reply
    • July 5, 2017 at 7:31 am
      Permalink

      dicoba daftar lagi. pegang prinsip Thomas Alfa Edison yg gagal sampe 9999 kali dalam menemukan lampu pijar. pasti dari ditolak terus menerus akan menemeui buah manis perjuangan.

      tapi ya bersama memonetize dengan cara lain sehingga model model menghasilkan uang lewat blog punya banyak pengalaman yg nantinya dishare untuk orang lain yg belum tau kak.

      sama- sama

  • July 3, 2017 at 12:53 pm
    Permalink

    waah lengkap banget penjelasannya mas.. saya sudah mulai mengarahkan blog saya agar bisa menghasilkan uang, masih dalam tahap belajar membuat konten yg bermutu. Setelah baca poatingan ini saya jadi minder deh -,- ilmu saya masih cetek bener ternyata hiiiks

    Reply
    • July 5, 2017 at 7:34 am
      Permalink

      sama sama belajar kak. Mukhofas juga masih belajar looo..

      belajar belajar belajar, cari cari cari ilmu hingga kita punya banyak wawasan untuk berbagi dengan orang lain yg membutuhkan konten konten kita kak.

      selaluu semangat yaaa..

  • July 3, 2017 at 2:52 am
    Permalink

    Wow bisa 99 blog gimana ngingat kata sandi nya mas? Hehe..Aku baru ngerasain duit ngeblog dari Conten placement, job review aja

    Reply
    • July 3, 2017 at 3:49 am
      Permalink

      Gini loh mba. Satu akun email bisa buat 99 blog

      Jadi kalo login ya tinggal login ke akun blog kita blogger.com/wordpress.com yg otomatis semua blog bisa kita pantau kalo udah login.

      Bukan login satu persatu satu blognya loh ^_^

      Mba Yurmawita punya tips gimana cara untuk ndapatkan Content Placement ma Job Review?

  • July 2, 2017 at 8:31 pm
    Permalink

    Sudah coba nulis, memang ternyata ada hal-hal yg harus Kita perhatikan saat ngeblog

    Reply
    • July 3, 2017 at 3:54 am
      Permalink

      Betuuullll sekali kak Zefy

      Semakin berkembang wawasan kita terkait ngeblog kita juga harus memperhatikan blog. Ojo puas dishik

      Kembangkan lebih baik lagi biar lebih populer ^_^

  • July 2, 2017 at 10:22 am
    Permalink

    Waaw, penjabaran yang panjang. Btw, ada juga orang yang bosan membaca tulisan yang panjang di blog Mas. Itu bagaimana ya? Apa perlu tulisan dipecah jadi dua postingan gitu?
    Nice info, sarat dengan ilmu 🙂

    Reply
    • July 3, 2017 at 4:05 am
      Permalink

      Ada juga orang yang bosan membaca tulisan panjang di blog mas. Itu bagaimana?

      Kalau ada yg bosan diperbaiki hingga si pembaca puas.

      Jika tak ada waktu lama lama bisa di bookmark atau disave (simpan) klik kanan save jika di laptop – komputer

      Kalau hp semisal opera mini bacaa offline. Kalau ga online dan ga sibuk bisa baca di rumah lebih leluasa (pengalaman pribadi)

      Penyajian harus menarik, font – px font harus besar 15 – 22 biar enak. Jangan pake font yg membuat mata terlalu latin dan susah dibaca

      Apa perlu tulisan dipecah jadi dua postingan gitu?

      Tergantung empu blog. Bila saya pribadi tidak. Yg menjadi patokan saya adalah blogger sukses luar negeri yg panjang panjang dan pembahasan yg detil.

      Walaupun tulisan saya masih belum detil, saya sudah berusaha semampunya.

      Demikian kak Dewi S

  • April 16, 2017 at 7:04 am
    Permalink

    saya harus belajar nih cara monetize blog nya, akan tetapi itu merupakan capaian akhir saya, sekarang saya sedang berusaha meningkatkan minat menulis saya di blog dan lebih lanjutnya menarik minat pembaca dan dengan tujuan menghasilkan jumlah visitor yang banyak. mungkin masih belajar (ngobatin ambisi yg tidak tercapai oleh diri pribadi) dan karena masih belajar untuk meningkatkan minat menulis pun sering terhambat karena aktifitas. Semangat Blogging mas.

    Reply
  • February 9, 2017 at 4:53 pm
    Permalink

    Lagi searching-searching, eh nemu artikel ini. Terima kasih infonya. 🙂

    Reply
  • Pingback: Pencerahan dan Inspirasi untuk Blogger | Mindset dan Motivasi | BauBlogging.com

  • Pingback: Tips Memilih Nama Blog dan Domain Website Saudara | BauBlogging.com

  • Pingback: Serba Serbi Job Review dan Content Placement | MukhofasAlfikri.com

  • Pingback: Menulis juga Bisnis bukan Sekedar Hobi | MukhofasAlfikri.com

  • November 23, 2016 at 8:21 am
    Permalink

    Baguss,mmg prosesnya panjang yaaa
    Lbh baik dotawarkan ke koran2 atau tabloid2 mungkn lbh ringkas

    Reply

Leave a Reply