Cara Produk Anda Dikenal Pelanggan

Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing produk adalah apapun yang bisa ditawarkan kesebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan.

Di era jaman sekarang sangatlah banyak seseorang  mempunyai usaha mulai dari fahsion, food, elektronik dan lain-lain. sehingga persaingan pun semakin ketat . namun terkadang pengusaha lalai memperhatikan hal-hal berikut ini  supaya produknya mudah dikenal oleh pelanggannya.

Berikut ini carayang bisa anda lakukan supaya produk anda dikenal oleh pelanggan:

1. Lakukan riset pasar 

Untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar sebuah produk. Jika hasil penelitian menunjukkan hasil yang cukup positif maka anda tidak perlu ragu lagi untuk memasarakan produk baru anda tersebut. Namun bila riset menunjukkan kurangnya minat konsumen, sebaiknya lakukan evaluasi dan berikan nialai lebih pada produk anda. Sehingga produk tersebut mudah diterima oleh pasar.

2. Jeli terhadap kebutuhan konsumen 

Mencoba pasar baru dengan menawarkan produk  yang dibutuhkan oleh konsumen, merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat ampuh untuk menarik minat konsumen. Karena dengan adanya kebutuhan tersebut daya beli terhadap produk baru yang memberikan solusi untuk masalah mereka.

3. Berikan pelayanan yang terbaik

Karena pelayanan yang baik, menjadi salah satu faktor pendukung untuk menciptakan produk yang berkualitas. Semakin baik pelayanan yang anda berikan, maka semakin luas pula pasar anda. Begitu juga sebaliknya jika pelayanan yang anda berikan buruk, konsumen pun akan begitu cepat meninggalkan produk anda. Strategi pemasaran  produk baru, juga berpengaruh besar terhadap penjualan produk. Sebab kesan pertama yang diperoleh konsumen dari sebuah produk baru, akan menentukan penilaian mereka terhadap image produk tersebut.

4. Logo

Logo/merk sangatlah berpengaruh besar untuk menarik peminat produk anda selain menjadikan identitas  logo dapat dijadikan khas dari produk anda. Buatlah logo yang simple dan pemilihan warna yang tepat namun mudah diingat seperti contoh logo restoran makanan cepat saji ini berlambangkan huruf  M yang berwarna kuning dengan tema background merah  Nampak simple bukan namun pemilihan warna merah ternyata ada makna tersendiri.

 

 

 

 

5. Pengemasan

Pengemasan sangatlah penting jika produk anda berupa makanan, aksesoris dll pengemasan dapat melindungi produk anda dari kerusakan. Sehingga pelanggan akan tidak kecewa dengan produk anda ia mengingatnya. 

Kemaslah produk anda semenarik mungkin terdapat logo/stiker dan jangan lupa cantumkan kontak anda seperti alamat no HP/WA/IG/FB dll.

6. Tempat

Siapkan tempat/kios yang strategis untuk penjualan produk anda. Produk anda juga bisa didistribusikan di warung-warung,minimarket / toko-toko lain. Buat juga system keagenan/reseller untuk orang-orang yang menjual produk anda secara langsung. Untuk keagenan nya agar menarik mereka untuk menjualnya berikan komisi yang menarik, biasanya mulai dari 20%-40%. Tawarkan paket keagenannya dengan jenjang komisi yang berbeda. Misalnya untuk agen membeli 10 unit mendapatkan diskon 20%, membeli 20 unit diskon 30% dan seterusnya.

7. Jaga pelanggan

Jika sudah mempunyai pelanggan tetap, anda harus terus berkomunikasi dengan mereka, hubungi mereka secara rutin melalui banyak cara seperti sms, telpon, bbm, email, media social yang lainnya.bangun database mereka dengan baik. Sampaikan informasi kepelanggan dengan rutin tentang produk terbaru,promo khusus, dan lainnya. Dan datangi langsung pelanggan-pelanggan yang mempunyai prospek kerja yang bagus.

8. Kerjasama

Buatlah kerjasama dengan pihak lain, seperti restoran-restoran dengan memberikan diskon khusus kepada pelanggan restoran tersebut jika membeli produk anda . buat paket produk dengan produk  lain di minimarket, misalnya produk anda dijual satu paket dengan produk kecap dengan harga khusus dan menarik. Berikan produk sample yang gratis di acara-acara tertentu. Banyak cara kerjasama yang lainnya yang bisa digali. 

Menjadi sponsor suatu event tertentu tentu mendaikan peluang besar untuk produk anda dikenal luas oleh masyarakat

9. harus aktif 

anda harus aktif menyampaikan langsung tentang produk anda diberbagai acara dan media. Misalnya melalui sebagai pembicara atau narasumber di radio-radio, majalah bisnis, blog/web. Anda juga harus aktif di organisasi dan komunitas agar bisa banyak bertemu orang. Jadilah sponsor di acara amal dan lainnya. Ikuti bazar dan pameran yang mempunyai prospek yang bagus.

10. Menawarkan produk secara gratis

Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen, karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja. Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu karena seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk, karena mereka belum pernah mencoba tentang produk tersebut. Sebuah perusahaan biasanya memilih event atau langsung menawarkan sample dan contoh secara gartis secara door to door kepada calon konsumennya. Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan bisa menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen mengetauhi sebuah produk.

11. Memberi intensif untuk rekomendasi

Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimony dari pelanggan yang telah memakai produk anda harus memberi penghargaan berupa intensif yang menarik. Intensif sebuah tesiimoni tidak harus selalu berupa uang, namun bisa berupa potongan harga. Dengan adanya intensif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, yaitu pelanggan yang loyal dan calon pelanggan.

12. Diskon dan bonus voucher yang menarik

Salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan agar dapat menimbulkan rasa penasaran konsumen adalah memberikan promo berupa sebuah potongan harga  atas suatu produk tertentu atau dengan batas pembelian tertentu. Misalnya seorang konsumen yang membeli baju dengan total Rp. 500.000 berhak mendpatkan voucher belanja Rp. 50.000 di pembelian barang berikutnya.

Promo-promo lain yang bisa  digelar adalah ketika mengikuti musim, misalnya musim mendekati hari raya. Anda dapat membuka promosi took dengan diskon up to 70%.  Berbagai promosi tersebut tentunya sangat membuat penasaran pelanggan sehingga konsumen tersebut setidaknya mampir melihat – liaht barang di toko anda.

13. Display produk yang kreatif

Desain took yan monoton, suram dan kurang menarik cenderung akan dihindari oleh konsumen dan tidak akan membuat penasaran. Sesuaikan desain interior bisnis anda sesuai dengan tema yang diusung atau mengikuti  trend saat ini. Buatlah took anda menjadi unik dan berbeda dengan took-toko lain.

Seperti yang kita ketahui, saat ini anak muda gemar berfoto disebuah tempat baik itu café, restoran, dan tempat lainnya untuk kemudian diunggah ke akun sosmed mereka, secara tidak langsung telah menyebarluaskan tentang produk kita yang tentunya sangat baik untuk menrik peminat

 

14. Qualitas

Persaingan mungkin bisa saja dimana-mana namun pastikan produk anda mengutamakan kepuasan pelanggan supaya pelanggan tidak takut untuk membeli berkali-kali

  

15. Promosi/iklan

Dengan mempromosikan produk tentu menarik pelanggan untuk membeli produk mu tentu saja mereka mudah mengingatnya iklan bisa melalui media social/tv/radio/poster/cetak/dll

itu tadi cara-cara yang bisa anda lakukan supaya peminat ingat dengan produk anda semoga bermanfaat…

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *