Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

Advertisements
Apakah kamu punya blog dan pengen bergabung di komunitas para blogger telegram? Saya akan memberitahu kamu tautan grup telegram beserta linknya untuk bisa join.

1. BauBlogging Community

Tautan Telegram 1

2.  Blogger Indonesia

Tautan Telegram 1

3. Blogger Indonesia

Tautan Telegram 1

4. Blogger Hugo

Tautan Telegram 1

5. Blogger Indonesia Lagi

Tautan Telegram 1

6. Blogger Indonesia Lagi

Tautan Telegram 1

7. Blog Personal

Tautan Telegram 1

8. Wordpress Indonesia

Tautan Telegram 1

9. Wordpress Semarang

Tautan Telegram 1

10 Google Adsense Indonesia

Tautan Telegram 1

Apa Itu Sukses? Bagaimana Meraih Kunci Sukses? | 17 Kunci Menuju Kesuksesan

Mau Konsultasi / Punya Keluhan? Silakan Ajukan Pertanyaan untuk Dijawab Admin dan Bantu 

Semua orang dimuka bumi ini menginginkan dan mengharapkan bisa sukses.

Ada orang yang ingin sukses menjadi pencipta teknologi dan kemudian mengampanyekan agar dikenal luas oleh masyarakat.

Ada juga yang ingin sukses menjadi penulis, blogger, sastrawan, pengusaha, peternak, dokter, konsultan, pebisnis online, dan seterusnya …

Namu ingin sukses tapi masih gagal dalam memaknai sukses yang sebenar – benarnya.

Jadi maukah saudara ingin sukses? Dan bagaimana cara menggapainya? Kunci keberhasilan apa saja yang menjadi tolok ukurnya?

Dan bila ingin teruskan gulir kebawah dan baca dengan khusyuk.

Contents

Apa itu Sukses?

Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup kita (saudara) sesuai dengan keinginan kita (saudara) melakukan apa yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang – orang yang kita (saudara) senangi

Sukses itu bukan tujuan akhir dengan kualitas seadanya dan menghalalkan segala cara untuk mencapainya, tetapi sebuah proses panjan yang harus dilakukan setahap – demi setahap, dari detik ke detik, dari menit ke menit, dari dari hari demi hari.

Sukses menurut para ahli

Miliuner Richard Branson

Percaya bahwa kesuksesan adalah soal keterlibatan. Makin sering saudara terlibat secara aktif dan praktis maka saudara semakin merasa sukses.

Deepak Chopra

Sukses adalah tentang perkembangan yang konstan. Bahwa kesuksesan sebagai kontinyu akan kebahagiaan dan realisasi yang progresif dari tujuan yang berharga.

Thomas Alva Edison

Sukses sama dengan ambisius. Sukses adalah 1 persen inspirasi 99 persen kerja keras (keringat)

Arianna Huffington

Metrik kesuksesan tak cukup hanya uang dan kekuasaan, harus ada metrik ketiga yaitu: Kesejahteraan, Kebijaksanaan, mimpi, dan berderma. Faktor – faktor itulah yang akan menjaga psikolog kehidupan kita dan merupakan kesuksesan yang sebenarnya.

Maya Angeolu

Sukses adalah jika seseorang menyukai dirinya, menyukai apa yang dilakukannya, dan menyukai bagaimana ia melakukan pekerjaanya.

Winston Churcil

Sukses adalah keras hati. Kegagalan – kegagalan tanpa kehilangan antusiame.

Menurut Ajaran Islam

Gagal menemukan arti sukses yang sebenarnya membuat saudara tidak kunjung sukses.

Sukses adalah sebuah pencapaian, dan apa yang hendak dicapai?

Sukses adalah bergerak maju mencapai tujuan. Kemana yang hendak dituju?

Sukses adalah mendapatkan sesuatu yang dikehendaki. Apakah itu?

Sukses adalah sebuah perjalanan. Tanpa mendapatkan sesuatu?

Sukses adalah memperoleh penghargaan. Dari siapa?

Jadi apa arti sukses yang sebenarnya?

Allah Swt berfirman: Sesungguhnya telah kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang didalamnya terdapat sebab – sebab kemuliaan bagimu. Maka aapakah kamu tidak memahaminya? (Qur’an Surat ke – 21 ayat 10)

Kemuliaan = Kesuksesan, saudara setuju?

Lalu apakah arti sukses itu? Allah Swt berfirman: Tiap – tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalammu (perbuatan amal) barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan kedalam surge sungguh ia telah sukses. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (Qura’an Surat ke – 3 ayat 185)

Jadi sukses adalah masuk surga. Terserah apa profesi, pekerjaan, hobi, kesukaan maupun cita – cita yang ingin digapai, yang penting bisa masuk surga.

Sukses dicapai bukan khayalan. Sukses dicapai dengan perjuangan dan pengorbanan. Jangan khawatir sungguh pertolongan Allah itu amat dekat.

Bagaimana Cara Meraih Meraih Kunci Sukses

 

1. Motivasi yang tinggi

Motivasi yang tinggi adalah langkah awal dalam meriah sukses besar. Bayangkan saudara tidak punya motivasi apa yang ingin saudara capai untuk menjadi sukses yang saudara idamkan?

Tentu tanpa motivasi tidak aka nada arti apa – apa.

Kita tahu kerja keras pada dasarnya terpicu oleh motivasi bukan?

Motivasi tersebut muncul dikarenakan dipaksa oleh keadaan atau keluar dari dalam diri kita (dari lubuk hati / keinginan kuat diri sendiri)

Motivasi yang muncul karena “terpaksa oleh keadaan” tidak akan bertahan lama.

Seiring dengan hilangnya faktor eksternal (luar) tersebut, maka motivasinya akan melemah, kendor, turun dan hilang.

Motivasi dalam diri sendirilah yang akan membawa kesuksesan yang lebih besar. Sering motivasi internal (dalam) mereka merupakan tujuan yang jauh lebih besar dari kepentingan diri dan lebih ingin melakukan sesuatu yang berguna untuk banyak orang.

Tapi, bisa saja pada awalnya motivasi itu hanya keterpaksaan atau dipaksa oleh keadaan.

Setelah sukses lalu orang memiliki motivasi yang dipicu dari dalam diri sendiri (keinginan kuat) semisal mencapai sesuatu tujuan hidup yang jauh lebih besar dari hanya memenuhi kepentingan diri sendiri.

2. Hasrat yang besar

Apakah saudara tahu, apa yang membangkitkan motivasi pada diri saudara (dalam diri)?

Tentu saja passion, hasrat, keinginan kuat yang besar yang akan membangkitkan motivasi dalam diri.

Hasrat atau passion adalah keinginan kuat / keinginan besar / nafsu untuk mencapai sesuatu dan murni bangkit dari relung / lubuk hati seseorang.

Oleh sebab itu, orang yang sukses besar semuanya dipicu oleh hasrat / passion / keinginan kuat yang tinggi terhadap apa yang mereka kerjakan.

Bagaimana kita bisa mengetahui apa yang dikerjakan didorong murni dari passion kita? Postingan Apa itu Passion, Bagaimana cara Menemukan Passion?

3. Berambisi

Selain itu hal yang bisa membangkitkan motivasi yang kuat adalah ambisi.

Orang yang memiliki ambisi / ambisius sering diartikan sebagai orang rakus atau tamak.

Ambisi adalah suatu keadaan ketika seseorang memiliki keinginan begitu kuat untuk mencapai sesuatu.

Begitu kuatnya keinginan itu sehingga tersimpan dengan baik di alam bawah sadar.

Sebenarnya, ambisi diperlukan.

Seorang penulis, blogger, petani, guru, murid, dokter, pengusaha apapun profesi saudara tanpa ambisi yang kuat akan sulit menerobos keadaan yang belum tentu selalu mendukung untuk mencapai apa yang saudara inginkan.

Tanpa ambisi, sulit untuk melakukan apapun yang saudara inginkan.

jadi, mimpi yang tidak berhasrat atau tidak memiliki gairah dan tidak didukung oleh ambisi yang kuat, akan tetap tinggal sebagai angan – angan saja dan tidak akan berwujud menjadi kenyataan.

Ambisi seseorang tentu akan berubah sesuai dengan perjalanan tingkat meraih kesuksesannya.

Biasanya, di tingkat (level) paling bawah, katakanlah penulis atau blogger tidak berpikir muluk – muluk, yang penting bisa menulis dan curhat . akan tetapi, setelah memenuhi tingkat lebih profesional lagi, apakah saudara akan memulai menjadi penulis atau blogger profesional untuk mencapai tingkat sukses berikutnya atau tidak tergantung dari ambisi yang dimilikinya.

Oleh sebab itu ambisi bukanlah hal buruk. Tentu ambisi harus dibatasi oleh nilai – nilai positif atau nila- nilai kebaikan yang berlaku. Ambisi yang berlebih – lebihan itu memang tidak baik.

4. Terbuka untuk terus belajar

Kemauan untuk belajar belajar merupakan kebiasaan yang sangat penting dalam diri, katakanlah ingin menjadi penulis buku sukses atau blogger profesional yang terkenal maka saudara harus punya sikap untuk terus belajar.

Sebagian orang ada yang sukses berhasil menjadi penulis, blogger, internet marketer, novelis, pengusaha dan apapun profesi saudara yang tidak berpendidikan tinggi.

Ada yang tamat SD, SMP, SMA atau DO (Drop Out) dari kampus tempat kuliah mereka.

Tetapi banyak yang memilih drop out di tengah kuliah mereka. Bykankah hal itu adalah indikasi bahwa penulis, blogger, internet marketer atau profesi lainnya tidak mau menghabiskan banyak waktu untuk belajar. Mereka hanya ingin melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan uang.

Dan, mereka melakukannya karena sudah menemukan apa yang mereka inginkan dalam hidup. Daripada menghabiskan waktu da biaya di bangku kuliah, mereka sudah mulai terjun apa yang ingin diraih dan usaha untuk menghasilkan uang pada usia yang relatif muda.

Mereka memiliki pola pikir yang berbeda dari sebagian besar orang. Mereka tidak tertarik mencari kebenaran absolut, tetapi lebih melihat pada peluang untuk menerapkan apa yang mereka pelajari dan ingin langsung menikmati hasil usaha mereka.

Mereka tidak perlu merasa perlu mendapatkan pengakuan dari orang lain atas apa yang mereka lakukan. Mereka lebih tertarik melihat hasil usaha mereka.

Mereka yang terus belajar adalah para pembelajar yang hebat. Rasa ingin tahunya untuk menyerap ilmu pengetahuan yang ia butuhkan untuk kemajuan impian yang ia cita – citakan.

3 kebiasaan ini seorang penulis, blogger, internet marketer dan apapun profesi saudara untuk terus belajar

  1. Mencoret sikap “Saya sudah tahu”
  2. Menjadi pendengar yang baik
  3. Belajar pada ahlinya (master / mastah / pakar)
Kepoin Aja:  Pencerahan dan Inspirasi Untuk Blogger | Mindset dan Motivasi

5. Berani bertindak

Penulis, blogger, internet marketer, pengusaha sukses dan apapun profesi saudara, begitu keputusan diambil selalu mengambil tindakan dengan cepat.

  1. Pragmatis
  2. Ahli dalam mengelola tindakan
  3. Ahli dalam menentukan prioritas
  4. Mengambil keputusan berdasarkan data yang valid
  5. Bertindak dalam ritme dan menciptakan momentum

6. Berani mengambil resiko

Dalam kehidupan ini sejatinya ada resikonya, namun hal itu tergantung pada bagaimana kita mempersepsikan resiko tersebut.

Orang yang karena didikan keluargaa atau lingkungan cenderung menghindari resiko dan mereka berpikir resiko duluan.

Sedangkan mental orang – orang sukses mendahulukan keberhasilan. Dan ini dipicu oleh passion atau hasrat dan kesenangan merasakan suatu keberhasilan.

Pada saat perencanaanlah orang – orang sukses berusaha mengindari atau meminimalkan resiko.

7. Banyak akal

Orang yang sukses banyak akal, mereka banyak kenalan, dan banyak cara untuk mendapatkan orang menyelesaikan tantangan.

Disisi lain juga pintar dalam taktik sehingga tetap menguntungkan.

Orang – orang sukses juga bekerja di bidang talenta atau bakat dan berusaha terus memperasah atau mempertajam kekuatan mereka, serta menyadari kelemahan mereka. Itulah pangkal awal mereka bisa bekerja cerdas daripada hanya bekerja keras saja.

8. Memiliki pengetahuan terkait

Kalau saudara ingin menjadi penulis tentu harus memiliki pengetahuan di bidang kepenulisan.

Kalau saudara ingin menjadi novelis tentu harus memiliki pengetahuan di bidang pembuatan novel.

Bila saudara ingin menjadi blogger yang bisa menghasilkan buku tentu harus memiliki pengetahuan di bidang blogging dan kepenulisan.

Bila saudara ingin menjadi pengusaha tentu harus memiliki pengetahuan bisnis.

9. Bergabung dengan komunitas yang “lebih”

Tokoh – tokoh yang sukses baik di kalangan penulis, blogger, internet marketing, pengusaha online, writerprenuer, para ulama / ahli ilmu, ilmuwan terkemuka, pendidik, karyawan dan apapun profesi saudara yang sukses selalu membuka dirinya untuk dikelilingi oleh orang – orang yang lebih pintar dan para profesional yang hebat serta memiliki kecakapan kompetensi mengenai bidangnya masing – masing.

Mereka tokoh sukses merangkum ide – ide tersebut dan menerapkannya sehingga menghasilkan karya yang besar.

Mereka pun pintar untuk memberi penghargaan kepada mereka untuk mencapai kunci kesuksesan tersebut.

Itulah seni kepemimpinan mereka, sehingga banyak orang bagus ingin bekerjasama dibawah kepemimpinan mereka.

10. Pantang menyerah

Mereka yang sukses memiliki karakter cenderung ngotot dan mempertahankan pendiriannya atau bersikukuh dengan tujuan mereka dan terus mencari jalan terbaik untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Meski ada kendala atau hambatan yang menyertainya dan kegagalan demi kegagalan menderanya, Mereka tidak berhenti berusaha dan terus berupaya terus menerus.

Sikap pantang menyerah ini penting sekali dalam profesi yang saudara tekuni termasuk profesi penulis, pedagang, jualan, blogger, pendidik, pengusaha dan apapun jenis usahanya.

Hampir semua orang sukses pernah mengalam kegagalan (termasuk Mukhofas sendiri ketika mengelola blog).

Bedanya, sementara sebagian orang menyerah dan berhenti berusaha (termasuk menjadi penulis buku best seller) saat mengalami kegagalan.

Sedangkan orang sukses bangkit dari kegagalan dan belajar dari kesalahan yang telah dilakukannya untuk kemudian berhasil membuat sesuatu yang lebih besar.

Kegagalan dapat menjadi sesuatu yang mengangkat atau menjatuhkan saudara tergantung dari bagaimana saudara memandang kegagalan itu.

11. 8 kata keajaiban

  1. Hasrat / Keinginan besar yang membara
  2. Kerja
  3. Terbaik
  4. Fokus
  5. Dorongan Kuat
  6. Melayani
  7. Pemikiran
  8. Ketekunan dan kerja keras

Macam – Macam Sukses

1. Sukses Material

Sukses material adalah sukses secara finansial seperti punya rumah, apartemen, mobil sehingga bisa memfalitasi keluarga dan lingkungan masyarakatnya.

2. Sukses Fisikal

Sukses fisikal adalah sukses yang berhubungan dengan jasmani seperti tubuh atau wajah yang ganteng nan atletis

3. Sukses Intelektual

Sukses intelektual adalah sukses dalam prestasi pendidikan.

Sehingga telah banyak ilmu yang telah kita kuasai dan menularkan ilmunya kepada sesama manusia. Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaar bagi sesamanya.

4. Sukses Emosional

Sukses emosional adalah membahagiakan orang di sekitar kita, membuat orang tua bangga.

Sukses jenis ini cenderung berlaku mulia dan santun.

5. Sukses Spiritual

Sukses spiritual adalah sukses yang berkaitan dengan rohani.

Banyak orang menganggap remeh, sesungguhnya sukses tipe inilah yang bias dianggap sukses paling kaya, karena semakin kita mengenal pribadi yang paling mulia kita lebih mengerti akan kehidupan secara benar. Mungkin kita bias kaya tubuh atletis, jenius, dan mampu membahagiakan orang lain akan sia – sia tanpa keberadaan sang pencipta dalam jiwa kita.

6. Kesuksesan Sosial

Kesuksesan sosial sukses yang berorientasi sosial. Salah satu contohnya pendiri dan perintis organisasi Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan yang merintis pendidikan dan sosial hingga berbagai bidang kehidupan yang berorientasi sosial.

7. Kesuksesan Keluarga

Bila keluarga tidak mendukung upaya kita meraih kesuksesan kita seolah – olah merasakan sebuah keluhan yang berkesan buruk dan tidak bahagia.

Apabila keluarga baik dan harmonis, tidak ada pertikaian, marah – marah sesama anggota keluarga dan mampu memanajemen keluarga dengan baik maka itu kesuksesan dalam keluarga.

8. Kesuksesan Finansial

Kesuksesan financial adalah yang berhubungan dengan pengelolaan kekuangan sehingga uang yang dikeluarkan tidak boros dan bisa memanfaatkan secara tepat.

9 Parameter / Tolok Ukur Sukses

Semua orang pasti menginginkan sukses, tapi hampir sebagian besar orang menilai kesuksesan itu berdasarkan uang yang semakin bertambah padahal ada banyak tolok ukur bisa disebut sukses

1. Kebahagian

Bila saudara merasakan kebahagiaan dalam hidup saudara. Katakanlah bahagia menjadi seorang penulis, blogger, pengusaha, guru dan profesi apapun itu bisa dikatakan sukses. Tapi sebaliknya bisa saudara tidak merasa bahagia hidup terasa suram.

2. Semangat untuk Terus Bekerja

Sejatinya dengan selalu bersemangat setiap hari terus bekerja dengan baik terkadang akan menghantarkan kepada kesuksesan.

3. Hubungan Baik dengan Sesama

4. Bermanfaat bagi Orang lain

Ketika kekayaan kita miliki kita sumbangkan atau dermakan ke kotak amal, panti asuhan hingga untuk pembangunan social dengan niat ikhlas, itu berarti kita telah membantu orang lain dan bermanfaat bagi mereka.

atau ketika kita memiliki ilmu atau keahlian yang dimiliki (menjahit, memasak, menulis, mendesain dsb) kepada yang belum tahu ilmunya dan berharap orang lain mendapatkan manfaatnya itu dalam diri kita ada rasa bahagia dan merasakan bahwa kita sukses melakukan misi mulia.

5. Sukses adalah sebuah perjalanan (proses) bukan tujuan

Selama kita masih bisa bernafas, kita selalu dalam kondisi yang berubah – ubah.

Karena itu arti sukses bukan sebuah tujuan mengakhiri perjalanan kita, tapi justru merupakan wujud dari perjalanan itu sendiri.

6. Harta

Sebagian orang menilai dengan banyak harta dan kekayaan yang berlimpah (uang, mobil mewah, pesawat pribadi, rumah yang besar dan ad ataman – taman bagaikan surge dsb) menunjukkan bahwa ia telah sukses.

Disadari atau tidak , kita menggunakan ukuran ini untuk mengetahui seberapa sukses kita.

Tidak heran kita selalu berusaha keras mengumpulkan banyak harta agar dilihat sebagai orang sukses.

7. Popularitas

Kesukesan bisa diukur dengan popularitas / kepopuleran.

Orang dikatakan sukses jika dikenal dan disukai banyak orang. Tak heran orang – orang seperti mantan presiden Soekarno kepopulerannya hingga semua bangsa di dunia tahu siapa beliau.

Orang seperti BJ. Habibie, Amien Rais, Imam Syafii, Imam Abu Hanifah, Iman Ibnu Hambal dsb namanya begitu dikenal oleh banyak orang.

8. Tahta

Orang bisa dikatakan sukses juga dengan tahta kekuasaan seperti presiden, gubernur, menteri, direktur, anggota dewan rakyat dsb.

Tidak mengerankan banyak sebagian orang mengejar mati – matian untuk mendapatkan kesempatan itu meskipun mereka sudah kaya dan popular.

9. Dampak positif

Kesuksesan bisa ditakar dengan dengan dampak positif atau pengaruh kuat yang mendatangkan akibat yang positif.

Orang dikatakan sukses jika ia atau mahakarya (buku, novel, template blog, film, teknologi dsb)

Beberapa contoh nyata

  1. Imam Bukhari (salah satu ahli / pakar hadits terkemuka dunia) dengan buku (kitab hadits shahih) ia dikenal luas dan bukunya menjadi rujukan banyak orang dimuka bumi.
  2. Mark zuckerbeg (pengusaha internet sukses pemilik Facebook) dengan sosial media yang lahir dari buah pikiran dan tangannya kita bisa bersosialisi dan saling terhubung dengan banyak orang dengan mudah cepat
  3. Jack Dorsey (pengusaha internet sukses pemilik Twitter) dengan sosial media yang lahir dari buah pikiran dan tangannya kita bisa melakukan tweet dan mendapatkan informasi dengan cepat.
  4. Hamka – Haji Abdul Karim Amrullah (salah satu ulama – ahli ilmu terkemuka Indonesia yang pengaruhnya hingga ke Negara tetangga Malaysia) yang menulis banyak buku hingga novel hingga karya Tafsir Al-Quran Al- Azhar itu
  5. Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar-Razi (salah satu ulama sekaligus ilmuwan sains) dengan penelitian dan karyanya soal penyakit demam, cacar, alergi asma. Bangsa barat pun belajar darinya.

Dari poin 6 – 9 Mukhofas lebih suka memilih poin 9, mengapa? Karena poin nomer 9 ini akan memicu kesuksesan pada poin 6, 7, 8

Sebaliknya poin 6, 7, 8 belum tentu akan meraih kita sukses.

Macam – macam pengusaha (Blogger dan Penulis) Sukses

Saya akan menjabarkan secara terpisah. Ditunggu postingan terbarunya

Menjadi Blogger (Penulis Blog) Sukses di Usia Muda

Menjadi blogger (penulis blog) yang tujuan utamanya untuk memasarkan produk – produk lewat bantuan blog yang ada di internet itu sejatinya kita sedang menggeluti bisnis online (jualan online).

Dimana ketika ada orang yang sedang Googling atau iklan Google Adword yang muncul di halaman teratas mesin pencari menemukan situs blog saudara dan melanjutkan transaksinya untuk beli lewat nomer telepon yang bisa dihubungi yang sudah saudara cantumkan di postingan terkait produk di blog.

Tentu saja kita bisa sukses melakukan bisnis online walaupun Cuma dengan modal blog saja.

Banyak pelaku bisnis online di usia muda di Indonesia yang telah menorehkan prestasi gemilang dalam menjalankan bisnis online berbasiskan blog

Apakah bisa blog untuk bisnis online dan mendapatkan uang?

Bisa, asalkan saudara punya ilmu – ilmu dan pengetahuan yang menghantarkan kepada teknik – tekniknya.

Bayangkan tidak punya ilmu sama sekali tapi langsung terjun langsung pasti akan merasakan kesulitan dalam menjalaninya bukan?

Missal saudara ingin jualan baju, kaos yang targetnya anak muda maka saudara harus mempersiapkan blog dengan matang dan penuh perencanaan seperti

  1. Baju dan kaos jenis apa yang akan dijual?
  2. Jenis blog apa yang akan dipakai untuk mempromosikannya?
  3. Platform blog apa yang akan dipakai untuk jualan?
  4. Buatlah ulasan 1 postingan untuk 1 produk yang akan dijual
  5. Iklankan dengan cara berbayar atau gratis untuk mendapatkan pengunjung yang tertarik
Kepoin Aja:  Apa itu Minat, Bakat dan Passion, Bagaimana Cara Menemukan ketiga tersebut (Minat, Bakat dan Passion) untuk Masa Depan Hidup Saudara? [Cocok untuk Memilih Passion Diri maupun Bisnis]

Itu salah satu contoh, contoh lain adalah menjual tulisan / konten berkualitas kepada pemirsa situs website blog saudara. Ketika tulisan / konten berkualitas sudah banyak dan mendapatkan lalu linyas pengunjung yang stabil seiap harinya, mulai saat itulah untuk mencoba mulai menguangkan.

Bila saudara suka menulis tema – tema resensi, puisi, cerpen, travel dan lain – lain di blog coba untuk mendapatkan uang yang sudah Mukhofas bahas

  1. Untuk blog resensi (cara mendapatkan uang dari menulis resensi buku di blog)
  2. Untuk blog cerpen (cara mendapatkan uang dari menulis cerpen di blog)
  3. Untuk blog puisi (cara mendapatkan uang dari menulis puisi di blog)
  4. Untuk blog wisata (cara mendapatkan uang dari menulis tulisan wisata di blog)

Bila saudara ngeblog / mengelola blog di usia semuda mungkin, katakanlah usiamu 14 tahun dan apabila dikelola dengan serius dan melewati proses – proses menuju sukses maka di usia 21 tahun blog yang telah kamu kelola akan menikmati sukses di usia muda.

Kita tahu bahwa untuk mencapai titik piramida tertinggi (sukses) tidaklah mudah dan tentu kita harus punya bekal yang luar biasa.

Saran: berusahalah untuk mencari modal ilmu dan lakukan praktek atas ilmu yang telah saudara pahami ilmunya. Missal membaca atau menonton video ketrampilan menulis di blog agar bisa mendapatkan ribuan pengunjung setiap hari itu harus dimbangi praktek.

Menjadi Penulis Buku Sukses di Usia Muda

Pahami kembali cara meraih sukses.

Bila saudara didalam hati kecil, relung terdalam sanubari mempunyai mimpi berkeinginan menjadi penulis buku atau novel best seller dikemudian hari berarti saudara harus mulai dari sekarang untuk mencapainya. Dan tentu saja harus tahu rahasia buku bisa dikatakan best seller. Coba untuk membaca postingan ini

  1. Rahasia dan Cara sebuah buku / novel bisa best seller
  2. Mau menjadi penulis sukses? Baca 13 langkah persiapan ini

Apabila saudara di masih usia anak SMA mempunyai mimpi besar sebelum lulus sudah bisa menghasilkan sebuah buku yang sukses berhasil diminati pasar dan banyak orang suka dengan isi yang ada dalam buku yang telah saudara tulis

Tentunya untuk bisa menuju mewujudkan buku

Bila saudara ingin betul – betul menjadi penulis sukses suatu hari nanti saudara harus

  1. Mempersiapkan diri untuk menjadi penulis dan punya niat serta punya motivasi dalam diri yang kuat
  2. Menyiapkan buku / novel kategori apa yang akan hendak disasar oleh pembaca tertarget
  3. Menentukan personal branding (orang lain ingin memandang saudara) penulis generalis atau spesialis
  4. Membangun komunitas / mengumpulkan pembaca tertarget untuk membantu sukses

17 Macam Kunci Sukses Menjalankan Bisnis atau Profesi (Penulis, Blogger, Internet Marketing, Pengusaha Online dan apapun profesi kita)

1. Niat

Niat adalah keinginan yang muncul dalam hati dan ingin mewujudkannya.

Niat adalah bermaksud untuk melakukan sesuatu dan bertekad bulat untuk mengerjakannya. Niat adalah motivasi, maksud, atau tujuan dibalik sebuah perbuatan.

Niat yang sungguh – sungguh memiliki daya dorong yang luar biasa untuk meraih kesuksesan.

Niat juga juga menentukan diterima tidaknya suatu amal perbuatan manusia, seperti dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh HR. Bukhori dan Muslim berikut:

“Sesungguhnya amalan manusia itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkannya sesuai apa yang ia niatkan”

Oleh karena itu niat kita harus harus meluruskan niat agar dibimbing oleh Allah menuju kepada kesuksesan.

Niat yang tulus dan benar akan melahirkan suatu motivasi dalam meraih suatu kesuksesan dan menghantarkan kita pada apa yang ingin kita capai atau apa yang kita impikan selama ini.

2. Ikhlas

Ikhlas adalah memurnikan segala aktivitas, kegiatan, berusaha, kerja yang kita lakukan hanya untuk Allah tuhan semesta alam. Bukan untuk uang, jabatan, pujian ataupun kekuasaan. Kita baru dikatakan ikhlas apabila benar – benar memurnikan hanya untuk mencari Ridho Allah.

Orang sukses melakukan segala aktivitas dengan hati yang ikhlas dan menikmati apa yang sedang mereka lakukan.

Mereka mampu melihat pekerjaan sebagai sebuah kesenangan. Sehingga saudara tidak pernah bosan dan terbebani dalam melakukan aktivitas kegiatan saudara.

3. Perencanaan

Perencanaan adalah untuk menentukan tujuan dan langkah – langkah yang harus dilakukan agar tujuan tercapai.

Dengan perencanaan akan memberikan informasi untuk mengordinasikan apa yang akan dikerjakan secara akurat dan dan efektif.

Dari perencanaan yang matang dan penuh startegi untuk mencapai kesuksesan bisa diukur.

Alasan nomer satu mengapa banyak orang gagal adalah kurangnya antisipasi dalam menentukan rencana – rencana apa yang akan diraih kedepan dikarenakan tidak adanya perencanaaan.

4. Menetapkan tujuan

Bersamaan dengan perencanaan adalah menetapkan tujuan.

Tanyakan kepada penulis, blogger, pengusaha, internet marketer (apapun profesinya) sukses, dimanapun, jika mereka menetapkan dan mengerjakan yang mengarah mencapai tujuan atau mereka melakukannya “mengikuti aliran” dan berharap yang terbaik.

Jawabannya sudah jelas namun sering kita abaikan.

Cara menentukan tujuan

Berikut pertanyaan yang harus saudara jawab dalam menentukan tujuan

  1. Tentukan apa yang benar – benar ingin saudara capai?
  2. Tentukan prioritas
  3. Tentukan tujuan secara spesifik
  4. Tentukan tujuan yang realistis
  5. Tulislah semua tujuan saudara
  6. Tentukan tujuan yang terukur
  7. Tentukan tujuan yang sesuai dengan kemampuan saudara
  8. Tentukan jadwal yang realistis
  9. Cari tahu apakah ada rintangan
  10. Jelaskan tujuan saudara kepada orang lain
  11. Cari komunitas yang anggotanya memiliki pola pikir yang sama

Mewujudkan tujuan

  1. Mulailah mewujudkan tujuan saudara hari ini
  2. Jalankan rencana tindakan saudara
  3. Visualisasikan pencapaian tujuan saudara
  4. Buatlah catatan
  5. Minta bimbingan

Mengatasi masalah dalam mencapai tujuan

  1. Kenali “sindrom harapan semu”
  2. Lihatlah tantangan sebagai pengalaman belajar
  3. Akuilah setiap kemenangan
  4. Tetaplah bersemangat
  5. Ubahlah tujuan saudara jika perlu
  6. Jadilah pribadi yang pantang menyerah

5. Adaptasi

Adaptasi adalah cara bagaimana makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan) mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan dari makhluk yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk memperoleh air, udara dan nutrisi (kalau manusia bisa dengan profesi yang digelutinya)

Untuk bisa menekuni sebuah pekerjaan, contohnya pekerjaan sebagai penulis, blogger, pengusaha online dan profesi lain tentu kita diharuskan untuk beradaptasi.

Tanpa adaptasi rasanya akan merasakan frustasi sehingga kemungkinan untuk tidak konsisten besar dan akhirnya berhenti meraih cita – citanya.

Menghadapi tantanngan dan persaingan yang tidak ada habisnya, maka dari itu kemampuan beradaptasi ini diperlukan. Caranya dengan menjadikan sebuah kebiasaan (budaya) agar bisa bertahan.

6. Memasarkan secara terus menerus

Bila saudara ingin sukses menjadi penulis dan berhasil menghasilkan mahakarya buku / novel tentu saudara juga diharuskan untuk memasarkan buku tersebut agar dikenal oleh masyarakat luas yang akan menikmati hasil jerih payah saudara.

Begitu pula dengan profesi lain, bila saudara menjadi pendidik tentu juga harus memasarkan keahlian mendidik saudara agar dikenal oleh masyarakat agar mereka tahu kalau saudara mempunyai kompetensi dibidangnya. Bila saudara Cuma berdiam menunggu saja akan sulit kemungkinan berhasilnya.

Bisa juga dengan bisnis online, blogger juga dibutuhkan juga.

Coba bayangkan saudara sudah susah – susah menulis postingan blog yang telah mengorbankan waktu, pikiran yang tidak sedikit harus dibayar atau ditebus dengan melakukan pemasaran yang terus dan berkelanjutan.

Sama juga dengan profesi lain tinggal menyesuaikan saja.

7. Bekerja keras diatas rata – rata dari orang biasa

Bila saudara seorang pendidik untuk bekerja lebih keras dalam mendidik para murid – siswa maka berusahalah untuk menggunakan waktu dan energi serta pengorbanan lebih untuk mendidiknya daripada pendidik yang hanya kurang dari 6 sehari. Disini pendidik bekerja keras untuk membantu memutuskan tali kebodohan yang pada murid.

Bila saudara seorang penulis buku / novelis untuk bekerja keras dalam menggarap atau menyelesaikan mahakarya bukunya. Berusaha untuk menggunakan waktu, energi serta pengorbanan yang ekstra untuk menjadikan mahakarya buku / novel saudara yang bakal menjadi yang terbaik.

Bila saudara seorang blogger untuk bekerja lebih keras daripada blogger lain yang bermalas – malas dan pengangguran untuk menyajikan postingan / tulisan konten bermutu premium atau berkualitas tinggi dan luar biasa istimewa yang dibutuhkan mayoritas pengguna internet yang tentu saja membutuhkan waktu, energi dan pengorbanan yang tidak sedikit tapi hasilnya yang akan didapatkan akan menjadi luar biasa.

Bila saudara seorang pebisnis online untuk bekerja lebih keras dalam mencari pelanggan yang akan tertarik membeli dagangan yang saudara jual di toko online milik saudara.

Bila saudara peternak ayam, kambing, sapi untuk bekerja lebih keras untuk mendapatkan hasil ternak yang luar biasa bagus. Tidak ada yang dikerjakan secara setengah – tengah saja dan berleha – leha.

8. Kreativitas dan inovasi

Kreativitas adalah suatu proses pemikiran yang membantu mencetuskan berbagai gagasan baru yang merupakan salah satu sifat manusia yang dibentuk dari proses pengalaman sehingga menyebabkan orang tersebut terus memperbaiki dan mengembangkan dirinya.

Inovasi adalah kemampuan untuk memperkenalkan hal – hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya.

Penulis atau blogger (jenis profesi) sukses mengadopsi teknik pemecahan masalah yang kreatif untuk menghadapi tantangan.

Pemikiran kreatif dan inovatif yang demikian diperlukan di semua bidang profesi. Sesuatu yang inovatif harus bermanfaat bagi inovator atau orang lain.

Satu hal, inovasi ini hampir sama dengan kreatif, tapi tidak semua orang memiliki sikap inovatif. Sedangkan kreativitas naluri sejak lahir, sedang inovasi muncul apabila kreativitas terus diasah dan dikembangkan. Inovasi dapat menyebabkan perubahan dalam bidang – bidang lain dalam masyarakat.

Contoh profesi penulis inovatif yang bisa menghasilkan perubahan kepada karakter penulis – penulis lain adalah penulis Kang Abik atau Habiburahman El-Shirazy yang menulis novel bertema cinta berbalut kesan islami yang sebelum beliau melahirkan novel Ayat – Ayat Cinta banyak didominasi novel cinta berlandaskan hawa nafsu. Sehingga wajar beliau disebut novelis terbaik Indovesia versi Universitas Diponegoro Semarang.

Contoh profesi blogger inovatif yang menghasilkan perubahan terhadap karakter blogger – blogger lain adalah mas Darmawan pemilik Panduanim.com dan sugeng.id yang bisa merevolusi dengan postingan blog / konten yang disajikan bisa menggungguli prestasi blogger biasa dan pengaruh kuatnya juga ada.

Kepoin Aja:  Ini Alasan Blogger Malas | Bacaan Wajib Buat Blogger

Sehingga inovasi ini bisa membawa kesuksesan dan kemudian hasil inovasi yang kita ciptakan akan ditiru oleh blogger – blogger lain (blogger yang meniru) sudah mengenal kita dan terpatri personal brandingnya dan para inovatiflah adalah yang menjadi raja kesuksesan yang membawahi kompetitor saudara.

Contoh lain perusahaan telepon gengam, perusahaan yang sukses akan terus menerus fokus pada upaya mereka untuk berinovasi dan peningkatan atau membuat memimpin pasar. Ponsel Nokia digilas oleh Android berkat inovasi yang diciptakan dan kemudian dibeli oleh Google .inc yang alih – alih digratiskan / dicangkokkan ke banyak ponsel untuk visi mulia yang berdampak besar kedepan bagi perkembangan Google.

Oh iya, untuk contoh kreatif sebagai berikut :

  1. Penulis buku yang buku dengan tema novel petualang atau pengembangan motivasi, kita sebagai pembaca buku tentu akan merasa bosan jika isi materi buku itu – itu saja. Agar tetap disukai dan mendapatkan perhatian pembaca buku (kutu buku) seorang penulis harus kreatif membuat sajian baru walaupun temanya masih seputar novel petualang atau pengembangan motivasi dengan gaya baru sehingga pembaca tidak merasa bosan.
  2. Seorang traveler blogger yang suka berkelana dan menulis postingan di blog, kita sebagai pembaca akan merasa bosan jika isi postingan Cuma tulisan melulu. Agar tetap disukai pembaca blog seorang tarveler blogger harus kreatif membuat sajian baru dengan gaya baru seperti memberikan foto pelengkap pada setiap postingan yang menarik dan cakep atau video travel sehingga pembaca tidka merasa bosan.

9. Motivasi yang tepat

Motivasi adalah proses menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seseorang individu untuk mencapai tujuannya. Bisa juga berarti suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukansuatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.

Mengapa saudara ingin menjadi penulis, blogger, pengusaha, internet marketer (apapun jenis profesinya) ?

Apakah semata – semata untuk mendapatkan uang?

Apakah sesuatu yang lebih tinggi yang mendorong saudara? Semisal ingin terkenal bak artis

Penulis atau blogger, pengusaha, internet marketer (apapun jenisnya) yang memiliki motivasi kebih tinggi daripada sekedar kaya sekedar cenderung menulis dan menorehkan goresan tinta keybord (untuk blogger dan penulis) untuk keabadian dan kebermanfaatan dalam jangka panjang.

Mereka didorong untuk melakukan tujuan mulia dan menciptakan sesuatu yang berharga dan berdampak pada lingkungan sekitarnya.

Sehingga dengan caranya ia memberikan kesejahteraan bagi setiap orang. Tapi ini jarang dijadikan motivasi utama.

10. Pandangan strategik

Kita contoh profesi menjadi penulis sukses, tanpa pandangan strategik terhadap perubahan banyak hal.

Langkah apa saja yang harus diambil di masa mendatang?

Haruskah naskah saudara yang dibuat diterbitkan di penerbit mayor atau penerbit indie?

Bila di penerbit indie berapa investasi yang akan dikeluarkan untuk biaya cetak buku saudara nanti?

Bagaimana upaya pemasarannya agar mendapatkan impak luar bagus dan diharapkan menjadi buku best seller?

Apakah ada pesaing / kompetitor penulis lain yang topik sejenis dengan saudara sehingga saudara sulit menaklukannya?

Apakah akan ada bedah buku untuk mengenalkan ke masyarakat agar mahakarya buku saudara dikenal?

Bagaimana strategi – strategi agar buku yang sudah ditulis mendapat respon positif pembaca?

Jawaban atas pertanyaan – pertanyaan tersebut tergantung pada pandangan strategik penulis.

Penulis yang sudah lama malang – melintang di dunia kepenulisan memiliki pengalaman tersebut atau hanya mengandalkan memiliki peluang yang bagus untuk sukses karena mereka bisa merasakan kemana arah angin bertiup dan akan mengarahkan kemudi diarah angin.

Contoh lain profesi seorang blogger sukses, tanpa strategik mustahil bisa sukses.

Langkah apa saja yang harus diambil di masa mendatang soal karir blogging saudara?

Menulis postingan sendirian atau bersama orang lain?

Bagaimana cara memasarkan postingan dan blog agar mendapatkan pembaca atau pemirsa?

Apa yang akan didapatkan pembaca blog saudara dari postingan blog saudara?

Jawaban atas pertanyaan – pertanyaan tersebut tergantung pandangan strategik sang blogger itu sendiri.

Sudah tentu blogger yang sudah berpengalaman dalam dunia blogging sudah memiliki arahnya mau menuju kemana dan mengerahkan upaya untuk mencapainya.

11. Kepemimpinan

Kepemempinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh suatu kelompok / individu oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan.

Katakanlah seorang penulis atau blogger (bisa juga profesi lain) harus bisa menjadi seorang pemimpin.

Penulis memimpin dari mahakarya yang telah ditorehkan yang akan diikuti oleh pembaca buku (mahakarya).

Blogger memimpin dari postingan – postingan blog yang telah dihasilkan yang akan diikuti oleh pembaca blognya, dimana pembaca blog akan ada yang mengikuti anjuran yang telah ditulis oleh penulis blog itu sendiri.

Kepemimpinan adalah kualitas yang memberikan panduan dan inspirasai bagi mereka yang melihat kearah saudara.

Banyak orang yang beruntung terlahir dengan kualitas kepempinan.

Bagi yang lain, merupakan ketrampilan yang didapat dari kerja keras dan pengalaman.

Bagaimanapun, tidak ada penulis atau blogger berhasil dan sukses tanpa kualitas kepemimpinan untuk memotivasi penulis atau blogger atau orang yang ingin jadi penulis maupun blogger yang berafiliasi dengannya.

Dorong mereka untuk memberikan yang terbaik dan tentukan kearah mana mereka melangkah.

12. Menghilangkan ego

Contoh yang sama, profesi sebagai penulis atau blogger dengan ego yang tinggi tidak bisa menghargai pandangan orang lain kecuali pandangannya sendiri.

Mereka mudah tersinggung dan orang berbakat akan berkerja dengannya.

Ini bisa menjadi pangkal masalah.

Bila saudara punya tim penulis atau tim blog dengan tingkat rasa hormat dan intelegensi akan meninggalkan menjadi tim penulis atau blog.

Mereka yang ambisius akan mengatakan pada bos apa yang hanya ingin dia dengar.

Penulis atau blogger yang egois tidak bisa menyalahkan tim yang bekerjasama pada saudara selaku penulis dan blogger.

Mereka akan menilainya dari sudut pandang suka dan tidak suka.

Penulis atau blogger demikian akan menjadi santapan penulis atau blogger lain (kompetitor)

13. Kemampuan untuk berbelok

Fleksibilitas dalam berpikir adalah kunci bagi profesi apapun termasuk penulis atau blogger.

Mereka harus bisa merubah pandangan dan strategi berdasarkan situasi yang terjadi.

Untuk melakukannya, ego perlu dihilangkan.

Jika saudara memiliki sifat demikian, saudara tidak akan mengakui kesalahan yang sudah saudara buat dan menolak untuk mempertanggungjawabkan keputusan saudara.

Penulis atau blogger (apapun profesinya) yang egois akan terus menggelontorkan uang untuk proyek yang tidak memiliki harapan memberikan keuntungan.

Salah satu contohnya Microsoft (perusahaan software) terbaik dunia.

Microsost tidak menghiraukan fenomena internet saat mulai populer di penjuru dunia. Setelah dua tahun mengabaikannya, Microsoft meninjau ulang posisinya dan membelokkan arah perusahaan dalam sekejap.

Begitu juga dengan profesi sebagai penulis atau bloger juga sama. Penulis atau blogger akan berhadapan dengan penulis baru dan blogger dengan postingan atau buku mahakarya mereka lebih baik dari saudara.

14. Etika

Etika adalah faktor terbesar yang didengar prospek terhadap penulis atau blogger (profesi apapun) untuk jangka panjang.

Penulis – penulis atau blogger, pemasang iklan, penerbit, editor, tidak suka berhubungan dengan penulis atau blogger yang tidak jujur (apapun profesinya)

Mereka sulit menghilangkan sakit hatinya dan harus selalu waspada.

Kejujuran dan etik adalah benih kepercayaan dan ketika orang lain mempercayai saudara, banyak pintu akan terbuka dan menuju kunci kesuksesan menjadi hal yang mungkin.

15. Berdoa

Doa adalah permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemashlatan yang berada disisiNya

Dengan berdoa kita dituntut untuk lebih mendekatakan diri terhadap sang pencipta dan yang pasti dengan kita semakin dekat pula kesuksesan tersebut.

16. Sabar dan Tawakkal

Sabar adalah menahan marah atau keinginan agar ditekan. Sabar itu suatu kekuatan, daya positif yang mendorong jiwa untuk menuaikan suatu kewajiban. Sabar juga suatu kekuatan yang menghalangi seseorang untuk melakukan kejahatan.

Salah satu contoh sabar yang layak ditiru : pada suatu hari Abu Bakar r.a ketika bercengkrama dengan nabi Muhammad, tiba – tiba datang orang arab badui menemui abu bakar dan langsung mencelanya, makian, kata – kata kotor keluar dari mulut orang arab badui itu. Namun, Abu Bakar tidak menghiraukannya dan melanjutkan perbincangan dengan nabi. Kemudian kembali memaki dan menghina lebih kasar namun dengan keimanan yang kokoh dan kesabarannya tetap membiarkan orang tersebut.

Tawakkal adalah menyerahkan segala sesuatu kepada Tuhan Allah setelah berusaha dengan sungguh – sungguh. Sebagai contoh saudara seorang penulis, menulis naskah novel terbaik saudara kemudian dikirim ke penerbit mayor, kita tidak akan tahu apakah nanti diterima atau ditolak. Kita hanya berusaha maksimal telah menyelesaikannya, tinggal serahkan kepada Allah sambil berdoa agar naskahnya diterima 100 persen.

Contoh tawakkal yang lain saudara seorang blogger yang membuat sebuah blog lalu menulis sebuah postingan bermutu bagus sebanyak – banyaknya lalu mendaftar Google Adsense dengan sungguh – sungguh, setelah mendaftar tetap terus berusaha menulis postingan bermutu bagus dan berdoa kepada Allah agar usaha selama ini tentang mendaftar akun Google Adsense diterima.

Kita sudah berusaha dengan sekuat tenaga, tetapi masih gagal juga, kita harus bersabar. Bersabar tidak harus diam diri tapi lebih giat lagi.

Hanya kepada Allah lah berharap, Dia yang maha memberi kesuksesan pemberi segala hal apa yang kita inginkan.

Bila kita tidak sabar dan berusaha tawakkal tentu kesuksesan mustahil diraih.

17. Jangan mengeluh

Perlu kita tahu bahwa poin diatas yang telah dipaparkan panjang lebar termasuk bagian dari kepingan puzzle dalam meraih kunci sukses sesuai niat dan tujuan yang ingin saudara capai.

Dan itu harus diletakkan bersamaan untuk mengubah ide (gagasan/pandangan ), kerja keras, uang, ketrampilan menjadi impian yang akan sukses.

Penutup

Sulit sekali untuk mendefiisikan sukses hingga bagiamana cara terbaik untuk meraih kunci sukses itu sendiri.

Semua itu memang dibutuhkan ilmu sebelum bertindak agar kita betul – betul tahu apa yang akan terjadi.

Dan postingan yang Mukhofas tulis ini masih jauh dari sempurna, masih ada yang lebih baik dari saya pribadi.

Jangan merasa puas atas apa yang sudah dikupas ini. Teruslah berusaha ya…

Bagaimana dengan pendapat saudara?

Silahkan bercerita banyak tentang masalah saudara di komentar dan komunitas BauBlogging yang ada

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mukhofas Al-Fikri

Artist Blogger


Hire an industry professional today.