Bisnis Google Adsense: Apa itu (Tentang) Google Adsense dan Cara Dapat Uang + Contoh Mitra Google Adsense [Khusus untuk Pemula]

Apa itu Google Adsense?

Google adalah program periklanan konstektual yang memungkin kita menjalankan iklan di situs website blog kalian dan bisa juga dengan video Youtube dari akun Youtube milik kalian yang kemudian akan mendapatkan bayaran saat ada pengunjung datang dan mengklik atau sekedar melihat iklan saja.

Iklan dihasilkan dari bisnis yang menggunakan program Google Adword (Kini Ads. Google) atau mitra Google seperti contoh:

1. Criteo (SG)

2. RTB House (APAC)

3. DBM Japan

4. DoubleClick Bid Manager (Europe)

5. AMNET TW w/DBM

6. DBM SEA

7. Criteo (JP)

8. CPXi Asia 7744w / AppNexus

9. Vizury

10. Sosiomantic (APAC 2)

11. RadiumOne (APAC)

12. ReverbNation

13. MicroAd APAC 2

14. Conversant MS – DBM

Dll….

Kelebihan Google Adsense

Menghasilkan uang dengan Google Adsense memiliki beberapa kelebihan besar, bisa kalian pelajari:

  • Gratis untuk bergabung / mendaftar
  • Persyaratan kelayakan itu mudah, maksudnya memonetisasi blog kalian miliki walaupun blog masih baru.
  • Ada berbagai pilihan model jenis iklan yang bisa kalian sesuaikan dengan tampilan atau nuansa blog kalian.
  • Google membayar bulanan (jika akun Google Adsense kalian memenuhi ambang batas $100) dengan deposit langsung. Jika belum mencapai ambang tersebut akan dimasukkan ke bulan berikutnya dan seterusnya.
  • Kalian dapat menjalankan iklan di beberapa blog dari satu akun Google Adsense.
  • Ada opsi untuk menjalankan iklan di perangkat seluler dan umpan RSS.
  • Kalian dapat menambahkan ke akun Youtube, Blogger.com – Blogspot dan WordPress Self Hosted – WordPress Premium (tidak berlaku untuk wordpress.com gratisan)

Kekurangan Google Adsense

  • Pihak Gadsense bisa / dapat menghentikan akun kalian dalam sekejab / mendadak, dan itu tidak terlalu memaafkan bila kalian melanggar kebijakan / peraturan Google Adsense.
  • Semua bentuk pendapatan online, membutuhkan lalu lintas pengunjung, dalam kata lain blog kalian harus ramai bak kerumunan orang di lapangan sepak bola untuk menghasilkan uang.
  • Ketika pengunjung mengklik iklan Google Adsense, kalian mendapatkan sejumlah uang, namun disaat yang sama pengunjung meninggalkan blog kalian menuju link iklan yang klik tersebut.
  • Ini tidak harus membayar lebih dari program iklan sejenis (Alternatif lain Google Adsense)

Google Adsense sendiri merupakan pola monetisasi yang hebat dan menarik buat kalian, tapi ini bukan satu cara kalian bisa menjadi kaya dadakan dalam semalam atau bisa menghasilkan sekejab uang sudah ditangan, tapi Google Adsense memiliki banyak peraturan yang tidak disebut / diperhatikan ketika awal mendaftar.

Akibatnya, banyak pemilik situs website blog menemukan cara sulit untuk benar benar diterima atau disetujui secara mutlak 100% sehingga sebagian dari mereka melanggar kebijakan Google Adsense, dan telah kehilangan akun mereka selamanya.

Jenis Iklan Google Adsense

Seperti yang sudah dijelaskan sekilas diatas, Google Adsense menawarkan berbagai jenis iklan untuk berjalan / diterapkan di blog kalian:

  • Iklan teks / menggunakan kata kata, baik sebagai unit iklan (satu penawaran) atau unit tautan (daftar penawaran, dan tersedia dalam berbagai ukuran. Kalian bisa mengustomisasi/merubah warna warni iklan baik itu kotak, teks maupun link.
  • Iklan gambar adalah iklan grafis, mereka datang dalam berbagai format. Kalian dapat memilih opsi yang mencampur / menggabungkan iklan teks dengan gambar.
  • Flash
  • Video
  • Iklan media yang kaya mencakup HTML, flash, atau fitur interaktif lainnya.
  • Audio
  • Iklan untuk pencarian memungkinkan saudara memiliki kotak pencarian di blog saudara. Saat ada pengunjung memasukkan istilah dan melakukan penelusuran, halaman hasil penelusuran terbuka dengan iklan google adsense. Kalian dapat menyesuaikan skema warna dari halaman hasil pencarian untuk diselaraskan dengan blog kalian.

Sistem Pembayaran Google Adsense

Google adsense membayar bulanan melalui setoran langsung atau cek (Kini Transfer ke Bank Lokal negara kalain juga bisa), namun tidak akan mengeluarkan pembayaran Google Adsense sampai penghasilan kalian mencapai $100 atau lebih dari itu.

Jika dalam satu bulan masih dibawah $100 penghasilan kalian berguling dan ditambahkan ke bulan berikutnya dan seterusnya.

Setiap kali kalian mencapai ambang batas $100, pihak Google Adsense akan mengeluarkan pembayaran pada periode pembayaran berikutnya. Melalui akun Google Adsense kalian, dapat melihat penghasilan kalian saat ini, iklan yang yang di klik terbanyak, negara mana pengunjung yang klik, iklan ukuran/format apa saja yang di klik, dari pengiklan mana yang tampil di blog kalian, berapa biaya per iklan dan banyak lagi.

Menghasilkan uang dengan Google Adsense

Menghasilkan sejumlah uang dari Google Adsense memerlukan sebuah RENCANA, STRATEGI, PERHITUNGAN bukan sekedar kalian MENDAFTAR saat itu juga. Berikut tips untuk memaksimalkan pendapatan Google Adsense :

  • Baca dan mematuhi peraturan google. Webmaster harus mematuhi kebijakan Webmaster Google serta kebijakan program Adsensenya
  • Jangan mengklik iklan yang tayang di blog sendiri atau meminta orang lain untuk mengkliknya. Menghasilkan klik, membeli per klik atau menggunakan program yang dirancang untuk mengarahkan lalu lintas ke blog kalian yang ada iklan Google Adsense bertentangan dengan peraturan.
  • Miliki konten berkualitas tinggi / hebat yang ingin dibaca oleh target niche blog kalian.
  • Gunakan teknik promosi / memasarkan konten blog yang jujur, terutama dari mesin pencari google dan artikel marketing.
  • Uji jenis dan penempatan iklan untuk menemukan opsi yang menghasilkan pendapatan paling banyak.
  • Baca email dari google, terutama jika mengirimkan peringatan tentang sesuatu yang tidak disukai di blog kalian. Kegagalan untuk menangani keluhan Google yang dilayangkan via email akan menyebabkan penghetian program Google Adsense.

Berurusan dengan iklan pesaing atau yang dipertanyakan

Jika kalian menawarkan produk atau layanan di blog kalian mungkin kalian menemukan beberapa iklan yang diberikan Google Adsense dari pesaing kalian.

Masalah lain yang bisa terjadi adalah iklan tidak sepenuhnya sah atau mungkin menyinggung pasar kalian.

Agar tawaran ini tidak muncul di blog kalian, Google Adsense memungkinkan kalian menentukan hingga 200 url yang ingin kalian batalkan agar tidak muncul di blog kalian. Tantangan ada dua kali lipat.

1. Kalian tidak tahu iklan apa yang berjalan di blog kalian sampai kalian melihatnya disana. Ditambah lagi dengan setiap pemuatan halaman, dan tergantung pada riwayat penjelajahan pengunjung, iklan mungkin tidak akan muncul lagi di tempat berbeda.

2. Karena kalian tidak bisa mengklik link iklan kalian sendiri (untuk mendapatkan url) kalian harus berhati hati untuk mendapatkan url yang akan diblokir.

Cara terbaik adalah dengan klik kanan link, pilih “salin link alamat” dan rekat ke dokumen (microsoft word, WPS word dsb) atau teks editor (notepad, sublime dsb). url google sangat panjang, tapi saudara mencari bagian yang mengidentifkasikan pengiklan. Salin link tersebut dan rekat / tempel ke akun iklan yang akan diblokir dari google adsense milik kalian.

Contoh Alternatif Google Adsense

Ada banyak sekali program jaringan iklan yang mirip dengan Google Adsense, seperti

1. Media.net

2. AdsenseCamp

3. Payclick

4. WingoAds

Dikupas lebih lanjut Situs Alternatif Google Adsense Baca Sini]

Beberapa mungkin memerlukan ambang lalu lintas, jadi harus menunggu blog kalian didirikan.

Sebagian besar memiliki aturan yang sama dengan Google Adsense, seperti batasan jumlah iklan jaringan per halaman (biasanya 3) dan penghentian untuk untuk mengklik iklan kalian sendiri.

Dalam kebanyakan kasus, kalian dapat menjalankan berbagai jaringan iklan di blog tanpa melanggar persyaratan layanan, namun kalian ingin membaca aturan masing masing jaringan sebelum melakukannya.

Selanjutnya, kalian ingin agar blog kalian menjadi begitu kewalahan dengan iklan yang tidak dapat ditemukan oleh pembaca kalian.

4 komentar untuk “Bisnis Google Adsense: Apa itu (Tentang) Google Adsense dan Cara Dapat Uang + Contoh Mitra Google Adsense [Khusus untuk Pemula]”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *