Apakah Mau Bertanya / Curhat / Belajar Kepenulisan, Mengelola Blog, Pemasaran Online Sama Admin Website Ini Gratis?

Silahkan

Mau Jadi Penulis Buku? Mau Belajar dapat uang Online? Mau Belajar menulis dan mengelola blog secara Bayar atau Gratis?

Kalau Gratis wajib join Grup ini dulu dan Inbox atau komentar postingan adminnya biar (admin tahu kalau mau belajar gratis)

Sekali lagi pilih BAYAR atau GRATIS? Ditutup sampai 28 Febuari 2018, Mulai 1 Maret Bayar

Sebagian masyarakat indonesia masih lemah soal teknologi informasi yang berkembang begitu pesat ini.

Perkembangan arus informasi dalam penyebaran untuk memasarkan / mempromosikan produk agar lebih banyak dikenal atau dibeli oleh orang orang yang mungkin tertarik dengan produk yang saudara tawarkan.

Ketika masih banyak orang – orang awam masih menggunakan cara tradisional untuk teknik pemasaran channel penjualannya. Sehingga bingung dan memunculkan pertanyaan “Bagaimana agar produk bisnis saya dikenal?”

Apakah Saudara Mau Dibimbing atau Diedukasi Seputar menjadi Penulis Buku atau Seorang Blogger (Penulis Blog) Gratis?

Mau? Coba Join dulu dan Kirimi Pesan kepada Admin Mukhofas Baublogging

Dan dikala sudah ada orang lain yang menggunakan media promosi online yang lebih murah, efektif dan tertarget sesuai dengan target produk yang ingin saudara tujukan sesuai sasaran.

Dengan media kampanye pemasaran online seperti Google Adword potensi jangkauannya bisa lebih cepat tanpa buang – buang waktu karena sebab Google Adword ini sudah memiliki jaringan kuat yang bekerjasama untuk membantu meletakkan posisi iklan yang saudara pasang. Jangan ragu untuk memasang iklan berbasis digital yang pengguna ponsel, komputer, laptop, gadget yang terhubung dengan jaringan internet begitu banyak dan akan bertambah banyak di masa mendatang.

Pengertian / Apa itu Google Adwords?

Menurut Wikipedia: Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan.

Google Adwords adalah salah satu cara untuk memasarkan dengan periklanan yang menggunakan mesin pencari / telusur Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai SEM (Search Engine Marketing) atau pemasaran berbasis mesin pencari. Ini berbeda dengan pemasaran berbasis SEO (Search Engine Optimazion)

Google Adwords adalah platform periklanan dari Google dimana saudara dapat mengatur iklan bisnis / produk / usaha / jasa saudara. Disini saudara bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb.

Cara Kerja Iklan yang ada Di Google Adwords

Belum paham juga?

Bayangkan gini, Google Adword ini platfrom iklan yang disediakan oleh perusahaan teknologi internet Google bagi siapa saja yang ingin melakukan pemasaran melalui Google Adwords.

Contohnya: Saudara memiliki usaha bisnis yang ingin diiklankan, katakanlah “Rumah kuliner khas di kota Solo” maka ketika ada orang googling dengan kata kunci kuliner solo, makanan khas solo, tempat jual kuliner di kota solo atau yang berhubungan kuliner indonesia maupun daerah, maka secara otomatis Google akan menampilkan iklan produk saudara baik di penelusuran Google dan mitra situs website blog yang berafiliasi dengan Google Adsense.’

Saya tanya: Apakah saudara pernah melihat iklan Google di halaman pertama Google dan bagian bawah Google?

Atau juga situs website blog yang saudara jelajahi di Google dan kadang menemukan iklan – iklan berbentuk teks, gambar baik di bagian kanan atas browser laptop saudara atau bisa juga berbaur bersama konten postingan blog yang sedang saudara jelajahi baik di handphone layar sentuh maupun laptop / komputer.

Nah itulah salah satu contoh iklan. Bila saudara mau memasang iklan di Google Adwords akan tampil seperti pada contoh diatas.

Apakah Google Adwors Gratis?

Menurut pendapat saya, tidak gratis, saudara harus mengeluarkan anggaran atau budget untuk pemasaran digital ini.

Biaya untuk mempromosikan minimal Rp. 10.000 per hari, namun saya menyarankan Rp. 50.000 per hari

Macam – Macam Pembiayaan dalam Google Adwords

1. Biaya Per 1000 Impresi (Pay per thousands impression)

Biaya per 1000 impresi adalah pengiklan akan dikenakan biaya setiap ada 1000 orang melihat tayangan iklan saudara.

Ini adalah cara yang bagus apabila saudara ingin lebih banyak dilihat atau membangun kesadaran atas bisnis / produk / usaha / jasa saudara di pasar

2. Biaya Per Klik (Pay per Click)

Biaya per klik adalah pengiklan akan dikenai biaya setiap kali ada yang klik iklan saudara. Apabila mereka Cuma melihat saja tidak akan dikenai biaya apa – apa.

3. Biaya Per Konversi (Pay per conversion)

Biaya per konversi adalah pengiklan akan dikenai biaya ketika terjadi “Goal” iklan saudara terpenuhi. Goal bisa seperti pendaftaran member, menghasilkan transaksi penjualan, lama waktu per kunjungan, dsb.

Macam Jenis Iklan Google Adwords

1. Iklan Penelusuran

Iklan penelusuran adalah iklan yang akan muncul di halaman pencarian Google. Dan ini sangat tepat untuk mencari pelanggan mencari produk yang saudara tawarkan.

2. Iklan Video

Iklan video adalah iklan berbentuk video, dengan ini bisnis / produk / usaha / jasa bisa tampil di video – video Youtube dan sebuah cara unik unik untuk menceritakan produk yang saudara tawarkan

3. Iklan Display

Iklan display adalah iklan gabungan antara teks dan gambar (benner) yang akan muncul di akun Gmail pengguna serta jaringan google yang terdiri dari 2 juta lebih situs website blog dan aplikasi, iklan saudara dapat menjangkau pelanggan mana saja.

4. Iklan Aplikasi

Iklan aplikasi adalah apabila saudara punya aplikasi dan ingin dipromosikan / diiklankan di seluruh di jaringan Googl, saudara tidak harus memiliki kemampuan desain.

Perbedaan Google Adwords, Google Adsense dan Google AdMob

1. Program Google Adwords

Program Google Adwords dapat digunakan untuk membuat iklan yang akan muncul pada laman hasil penelusuran Google yang relevan dan jaringan situs website blog mitra google seperti blogger.com, wordpress self hosted, weebly maupun lainnya.

2. Program Google Adsense

Program Google AdSense berbeda karena menampilkan iklan Google Adwords di situs website blog individual. Selanjutnya, Google akan membayar penayang website blog untuk iklan yang ditampilkan di situs website blog mereka berdasarkan klik pengguna (pengunjung) pada iklan atau tayangan iklan, bergantung pada jenis iklan. Pembahasan terpisah, Postingan lebih lanjut tentang Google Adsense bisa dibaca Apa itu Google Adsense dan Bagaimana Mendapatkan Uang dari Google Adsense

3. Program Admob

Program Admob untuk menampilkan iklan Google Adwords di Aplikasi – Aplikasi seluler milik saudara. sebagai contoh saudara menggunakan aplikasi Kamus Bahasa Inggris Indonesia maka kadang akan muncul iklan Google Adwords itu. Ini sebenarnya hampir mirip dengan Google Adsense, tapi lebih cenderung ke aplikasi mobile / seluler.

Manfaat dan Kegunaan Beriklan dengan Google Adwords

1. Bisa menentukan pengunjung target

Jangkau pelanggan yang berada di sekitar saudara atau iklankan bisnis saudara lebih jauh lagi, baik ke seluruh penjuru negeri maupun ke negara-negara lainnya. Dengan Google Adwords, saudara dapat menentukannya sendiri.

2. Beriklan tanpa menebak – nebak

Dengan Google Adwords, saudara dapat melihat berapa orang yang melihat iklan saudara, dan berapa di antara mereka yang mengunjungi situs website blog atau menghubungi bisnis saudara. saudara bahkan juga dapat menetapkan target pelanggan yang sesuai dengan bisnis saudara.

3. Menguji Iklan saudara

Setelah menemukan cara-cara yang paling efektif, saudara dapat menyesuaikan iklan saudara dan mengevaluasinya kembali.

4. Menetapkan Anggaran / Budget

Sesuaikan anggaran kapan saja saudara inginkan. Selain itu, tanpa adanya kontrak, saudara dapat mengakhiri kampanye kapan saja tanpa biaya pembatalan.

5. Omzet Penjualan Meningkat

Di dalam situs resmi Google, mereka memberikan pernyataan mengenai kenaikan omzet. Intinya adalah Google Adwords memang tidak dapat menjamin omzet suatu produk pasti akan meningkat, meski Google Adwords telah berhasil memperbesar omzet penjualan sekitar 10 sampai dengan 50 persen dan bahkan sampai 90 persen, tapi Google tetap tak dapat menjamin omzet pasti meningkat sebab hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya seperti target kata kunci, dana harian, bidang bisnis, dsb.

6. Reputasi situs website blog meningkat sesuai SEO

Optimasi SEO biasa dilakukan dengan menarget kata kunci tertentu, jadi jika saudara melakukannya maka tak perlu khawatir SEO saudara akan rusak ketika memasang iklan lewat Google Adwords. Justru beriklan di Google Adwords akan menguntungkan saudara karena pencarian kata kunci yang banyak dicari untuk optimasi SEO tersebut nantinya akan diinput oleh Google.

Bagaimana Cara Memulai Iklan Google Adwords?

Untuk memulai, saudara hanya perlu mendaftar Google Adwords (http://adwords.google.com) dan ikuti – langkah – demi langkah pendaftaran.

Apabila saudara mengerjakannya sendiri, saya sarankan untuk mendaftar AdWords Express. Ini adalah cara cepat yang disiapkan oleh Google untuk mempermudah pengaturan.

Sebaiknya untuk pemain Google Adwords pemula jangan gegabah sebelum tahu betul langkah – langkahnya, salah sedikit bisa menyesal karena uang yang saudara anggkarkan hangus. Harus dipertimbangkan dengan bijak dan memahami proses kerja Google Adwords.

Nah, setelah membaca postingan ini, bagaimana tanggapan saudara? Adakah Keluhan / pertanyaan yang ingin diajukan? Silahkan sampaikan di komentar atau komunitas BauBlogging yaa..

Apa Itu Google Adwords dan Bagaimana Cara Kerja Iklan Adwords Serta Kegunaan Google Adword Bagi Pengembangan Bisnis atau Promosi Kampanye Online Digital Saudara

Leave a Reply