Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

3 Cara Menggali / Mencari / Mendapatkan / Menemukan Ide Menulis untuk Tulisan Blog untuk Penulis Pemula

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

1.     Banyak Membaca Buku / Tulisan online / Blog Orang Lain

Bila saudara banyak membaca cerpen dari cerpen – cerpen penulis best seller maka saudara akan mendapat ide – ide menulis dan gaya menulisnya (majas)

Bila saudara suka membaca novel Ayat – Ayat Cinta, Assalamualaikum Beijing, Daun Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin dan novel penulis penulis terkenal maka saudara akan mendapatkan ilham menulis.

Untuk memancing ilham saudara harus melakukan tindakan seperti menulis apa yang sudah dibaca dari bahan bacaan yang dibaca / meresensi buku bacaan itu. Dengan ini akan menambah asupan gizi kosakata bahasa.

Tanpa / minimnya kosakata akan memicu saudara akan stuck ide – idenya. Sehingga menulis tidak bisa berjalan dengan lancar.

Karena proses menulis juga tidak lepas dari jumlah kosakata bahasa yang saudara kuasai. Semakin banyak kosakata yang telah terpatri dalam otak kita, kita tinggal mengeluarkan gagasan itu menjadi sebuah tulisan.

Membaca tidak harus dari buku, bisa tulisan online yang banyak bertebaran gratis dengan modal paket internet yang memadai.

Membaca tulisan blogger / penulis blog lain juga salah satu kunci cara untuk mendulang ide menulis saudara. Apalagi dengan perkembangan internet yang semakin menjamur munculnya cerpen / novel online yang biasa ditulis oleh sang blogger / penulis blog.

Tangkap setiap apa yang saudara baca tangkap idenya dan catat di notes / office document / situs blog saudara.

2.     Bertanya Kepada Ahlinya

Pernahkah saudara ikut seminar atau diskusi baik secara online maupun pas kopi darat (kopdar)

Ketika seminar, pembicara akan menyampaikan materi yang menjadi bahan diskusi pada seminarnya.

Saudara mendengar apa yang disampaikan pemateri seharusnya saudara mencatat / menulis apa yang disampaikannya kemudian ditulis di blog pribadi milik saudara apabila punya, bila tidak punya pasti sebagian dari saudara punya akun sosial media Facebook maupun Instagram. Sampai rumah atau ketika ada waktu baca ulang niscaya akan mendapatkan lecutan – lecutan ide.

Kepoin Aja:  Apa itu Pengertian Puisi Lama dan Puisi Baru, Macam - Macam Puisi Lama dan Baru (Ciri -Ciri, Unsur dan Struktur) serta Contohnya yang Layak Diketahui [Lengkap]

Salah satu Fitur di facebook bisa buat untuk menulis bukan, fitur  Notes Facebook.

Bertanya kepada ahlinya ini lebih condong seputar sharing pengalaman sang ahli dalam dunia yang ditekuni. Misal keahlian menulis novel hingga mendapatkan label internasional best seller tentu saudara harus bertanya sama mereka – mereka. Dari sharing dengannya saudara bisa mendapatkan percikan ide dan tentu akan menuliskan pengalaman – pengalaman tersebut kepada tujuan mengapa saudara menulisnya.

Setiap orang berbeda – beda dalam mendapatkan ide – ide salah satunya dari curahan hati teman yang ahli itu kepada saudara, dari masalah sepele ini bisa menjadi bahan tulisan cerpen saudara, tapi jangan diaslikan namanya (disamarkan)

Oia, pernahkah ikut grup kelas WhatsApp ketika ada peserta bertanya seputar masalah menulis dan dijawab oleh pemateri. Dari seperti ini ada beberapa anggota yang mungkin akan menjadikan ide sepele kayak gitu dijadikan bahan menulisnya.

 

3.     Membaca Pengalaman Orang Lain

Pernah melihat orang lain bertindak? Melakukan suatu pekerjaan/ profesi yang menurut saudara bisa dikatakan sukses atau berhasil.

Mungkin saudara bisa menuliskan apa yang saudara lihat / amati dari pengalaman orang lain itu.

Cobalah untuk menulis dari sudut pandang saudara pribadi, menjabarkan secara panjang lebar sehingga menjadi sebuah topik tulisan yang berharga bagi saudara pribadi (saudara telah berhasil membuat satu buah tulisan yang diambil dari sekedar melhat pengalaman orang lain saja.

Bisa pula saudara melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengalaman pada suatu masalah yang ingin saudara angkat. Misal saudara punya niat mau menulis tentang tips menjadi penulis sukses, tapi saudara tidak punya pengalaman sama sekali, saudara bisa mencari orang yang memiliki pengalaman terkait, saudara merangkum wawanacaranya dalam sebuah tulisan kasar terlebih dahulu lalu dijadikan tulisan yang lebih terarah dan rapi.

Kepoin Aja:  Kursus Menulis Online: 40 Hari Dijamin Menghasilkan Satu Naskah Buku Siap Terbit

Tugas saudara menggali sedalam – dalamnya seluk beluknya yang dimiliki oleh orang lain itu dan tulislah dengan ketikan – ketikan tangan saudara.

 

loading...

2 thoughts on “3 Cara Menggali / Mencari / Mendapatkan / Menemukan Ide Menulis untuk Tulisan Blog untuk Penulis Pemula”

  1. bagaimana cara mengalurkan antara ide untuk djadikan tulisan, karna untuk masyarakat awam dlam hal menulis sangat susah untuk memadukan semua. A? Terima kasih

    1. Yg pasti kita harus punya banyak cerita yg mau ditulis. Tanpa itu banyak cerita ga akan jadi tulisan

      Maka siapkan alat tempur bahan bacaan yg banyak lagi bemutu dan dr baca akan kaya kosakata baru (jangan lupa yg dibaca itu diikat dg menulis)

      Selanjutnya kita yg terbiasa menulis bebas harus juga mengenal menulis dg sistem kerangka/outline guna mempermudah dalam mengembangkan idenya

      Biasanya penulis pemula lebih cenderung menulis bebas tpi kalo penulis pemula paham menulis model kerangka/outline maka menulisnya lebih tersusun rapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *