Apa itu Influencer Marketing – Siapa yang Dimaksud Influencer – Manfaat Influencer bagi Bisnis – Alasan Menggunakan Influencer – Macam Jenis Influencer

Pengertian Definisi Influencer Marketing

Influencer marketing adalah cara promosi, pemasaran atau marketing yang menggunakan influencer di social media seperti Instagram, YouTube, Blog, Twitter dan lain sebagainya.

Influencer marketing secara sederhana adalah tindakan mempromosikan dan menjual produk atau layanan melalui orang-orang (influencer) yang memiliki kemampuan untuk menciptakan efek pada karakter sebuah merek.

Influencer adalah orang-orang yang punya followers atau audience yang cukup banyak di social media dan mereka punya pengaruh yang kuat terhadap followers mereka, seperti artis, selebgram, blogger, youtuber, dan lain sebagainya.

Pengertian Influencer Marketing Menurut Para Ahli

Mukhofas Al – Fikri

Orang yang punya pengaruh kuat dan mampu menggiring pendapatnya, gagasannya, ide – idenya kepada khalayak orang banyak atau pengikutnya untuk menerima apa yang disampaikan di media online yang dimilikinya.

Siapa yang Dimaksud Influencer Marketing?

Influencer adalah orang-orang yang berpengaruh dan diikuti oleh banyak orang di internet. Ucapan mereka dijadikan patokan untuk memahami industri yang mereka geluti.

1. Blogger

Bloger / Bloger / Pengeblog adalah orang yang menekuni aktivitas dalam mempublikasikan konten,podcast, gambar, audio, video di website berupa blog.

Blogger juga bisa dikatakan sebagai influencer atau orang yang mempunyai pengaruh, tapi juga diperhatikan tidak semua blogger yang punya blog bisa dikatakan memiliki daya influence / mempengaruhi untuk bertindak dalam mengambil keputusan.

Bila ada sebagian dari kamu ingin menghasilkan uang dari blog maka bacaan rekomendasi inilayak kamu baca

10 Cara dalam Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Mengelola Blog Lewat HP dan Menghasilkan Uang

2. Jurnalis

Jurnalis atau bisa disebut seorang wartawan. Seorang jurnalis bisa juga meliputi presenter televisi.

Orang – orang yang biasa menulis berita baik di media koran cetak maupun koran online bisa disebut sebagai orang yang memiliki pengaruh.

Biasanya setiap jurnalis yang punya pengarus di media online yangt bersangkutan juga punya media sosial dengan jumlah pengikut cukup banyak dan bisa menjadi gosip bagi produk – produk anda.

3. Pengguna Sosial Media

Pengguna sosial media yang dimaksud disini adalah dari kalangan orang biasa tapi memiliki jumlah pengikut banyak dan bisa mempengaruhi untuk melakukan sebuah tindakan.

Tindakan disini jika anda ingin menggunakan pengaruh influencer untuk mempromosikan produk anda.

4. Para Akademisi

Akademisi adalah orang punya profesi mengajar sebagai dosen, guru, profesor, pendidik.

Akademisi untuk selevel para profesor atau dosen – dosen perguruan tinggi yang sudah memiliki banyak koneksi atau relasi jaringan merupakan salah satu orang – orang yang punya pengaruh sesuai dengan bidangnya atau disiplin ilmu yang dimilikinya.

Para akademisi di media sosial atau websit yang beliau punya dengan jumlah pengikut sosial media atau subscriber websitenya bisa juga akan mempengaruhi jika anda hendak berpromosi.

5. Para Profesional Ahli

Profesioanl ahli ini bisa meliputi para cerdik cendekia, mereka yang sudah mempelajari suatu bidang ilmu atau ktrampilan dan sudah banyak orang baik via media cetak maupun media online sudah mengakui kepakarannya atau keahlian yang dimilikinya.

Dan tentu di media online mereka memiliki jumlah pengikut yang banyak dan media online miliknya yang bisa mempengaruhi pengikutnya atau pembacanya untuk bertidank sesuai harapan pemasar.

6. Para Selebritis / Aktor / Artis

Anda sudah mengetahui bahwa para artis, aktor itu sduah memiliki banyak pengikut disebabkan mereka sudah seringkali tampil di media televisi yang sering banyak di tonton oleh jutaan hingga ratusan penonton televisi.

Dan secara tidak sadar penonton televisi sudah bisa mengingat – ingat wajahnya seperti apa, bentul verbal tubuhnya seperti apa mereka sudah tahu. Dan tentu ini diimbangi dengan kesadaran pengguna internet yang sudah cerdas dalam menjelajah internet membuat mereka mencari banyak hal lewat internet soal sosok diri artis. Termasuk dalam hal ini sosial media mereka dan menguntitnya.

Tentu saja para artis juga punya pengaruh dalam mempromosikan suatu produk ke target sasarannya.

7. Para Pengusaha

Pengusaha / Wirausaha / Wiraniaga / Entrepenuer / Salesman dan beberapa yang mungkin sangat terkait.

Pengusaha yang sudah dikatakan sukses dan sudah banyak dikenal banyak orang kayak seorang publik figur.

Contoh – contoh pengusaha yang sudah memiliki pengaruh kuat semisal: Sandiaga Salahudin Uno, Jusuf Kalla, Erwin Aksa, Erick Thohir yang merupakan sederet orang yang memiliki pengalaman di dunia usaha.

8. Para Model

Para model ini hampir mirip artis, tapi ada perbedaan dalam hal profesi.

9. Para Editor dan Penulis

Editor adalah orang yang memiliki tugas mengedit, merevisi dan memperbaiki. Dalam pembahasan disini adalah Editor naskah Buku.

Editor bisa juga merangkap seorang penulis buku karena sudah merasakan pengalaman (jam terbang yang tinggi itu)

Nah para editor da penulis yang sudah cukup terkenal, sudah dikenal publik bisa dikatakan memiliki daya untuk mempengaruhi.

Apalagi seorang editor dan penulis saat ini juga menggunakan media sosial, blog dan media komunikasi paling mutakhir untuk meningkatkan daya saingnya.

Bila ada diantara kalian ingin menjadi seorang penulis bacaan ini sangat direkomendasikan

13 Persiapan untuk menjadi Penulis Sukses, Nomer 3 Bikin ga Betah

Alasan – Alasan Cita Cita Menjadi Penulis Kandas

Buat Motivasi Menjadi Penulis: 18 Penulis Blog Berhasil Menulis Buku

10. Fotografer

Fotografer adalah mereka yang mengabadikan hasil foto – foto terbaiknya dan memamrekan di ajang seni foto.

Seorang fotografer yang sudah memiliki kesadaran dalam personal branding dan membangun merek pribadi bahwa dia adalah seorang fotografer.

Seorang fotografer yang memiliki sosial media maupun blog disertai memiliki banyak pengikut dan pembaca untuk blognya juga memiliki pengaruh dalam menceritakan produk anda lewat pengaruh seorang fotografer.

11. Vlogger

Seorang vlogger yang sudah memiliki jutaan subcriber sudah pasti bisa membawa dampak atau pengaruh yang kuat dalam video buatan mereka.

Jika ada seorang pemasang iklan yang ingin bekerjasama dalam pembuatan konten video bermotif promosi juga akan berdampak video iklan itu ditonton.

Hal ini akan berbeda jika jumlah subcriber sang vlogger masih dibawah 1000 ia belum dampak menghentak.

12. Reality TV

Reality TV ini contohnya seperti acaranya Kick Andy yang berada di Metro Tv.

Acara seperti juga ada dampak yang bisa mempengaruhi

13. Musisi

Seorang musisi top tentu juga memiliki pengaruh dalam mendompleng produk anda agare vdikenal.

Seorang musisi terkenal pastinya juga memiliki media sosial dan memiliki banyak pengikut dan tentu akan membawa sugesti.

14. Olahragawan / Atlet

Seorang influencer sudah memiliki pengikut / komunitas fans mereka sendiri. Mereka sangat percaya apa yang kita sampaikan / sajikan yang berkaitan dengan industry / niche yang mereka geluti dan sesuai dengan brand personal yang sang influencer usung.

15. Selebgram

Seorang Selegram dari orang biasa, bisa juga dari seorang politikus terkenal, seorang pengusaha terkenal, seorang artis populer, seorang model seorang olahragawan terkenal yang punya follower tinggi.

para penulis yang memiliki banyak followers dan like Instagram juga bisa disebut seorang selebgram. Intinya selegram itu siapa saja mereka yang memiliki follower banyak dan bisa mempengaruhi orang lain untuk melakukan sebuah tindakan yang mereka inginkan.

Apa itu Selebgram dan Keuntungan Kerugian jadi Selebgram

Macam – Macam / Jenis – Jenis Influencer Marketing

1. Macro Influencer Marketing

2. Micro Influencer Marketing

Manfaat Dampak Positif Influencer Marketing bagi Bisnis

1. Menulis postingan atau artikel mengenai bisnis saudara atau tentang saudara

2. Membagikan informasi mengenai saudara di akun sosial media mereka.

3. Mengijinkan saudara menjadi penulis tamu di situs mereka.

4. Atau kombinasi dari masing-masing poin.

Alasan – Alasan Menggunakan Influencer Marketing

1. Lebih Terpercaya

2. Mendapatkan Calon Pelanggan Tertarget / Potensial

3. Efektif

4. Meningkatkan Brand Saudara

5. Backlink Berkualitas

Elemen Penting untuk Berhubungan dengan Influencer Marketing

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *