Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

25++ Macam Jenis Blog Yang Layak Diketahui dan Banyak Ditemukan di Dunia Maya

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

Apakah saudara belum tahu jenis jenis blog sesuai apa tujuan orang membuat? 

Apakah saudara membuat blog hanya sekedar iseng – iseng saja atau betul – betul serius mau mengelola agar bisa menjadi lebih berdaya, syukur – syukur bisa mendapatkan uang.

Ternyata hampir rata – rata pemain blog baru sekedar membuat dan tidak mmeperhatikan apa tujuan terbesar mereka untuk melahirkan blog yang dibuat.

Sunhgguh suatu kerugian besar bila buat blog tanpa tahu apa yang akan diperbuat berikutnya.

Tulisan ini tentu wajib bagi saudara untuk membaca. Teruskan gulirkan kebawah

Apa Itu Blog ?

Blog singkatan dari web log adalah situs website blog berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web , yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui internet.

Dalam bahasa inggris (web) artinya jaringan (log) artinya buku harian atau catatan.Blog bisa dikatakan sebagai catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang penulis blog (blogger) tentang apa saja yang ia alami, rasakan dan diketahui.

Bisa juga berarti: Tulisan yang tampil dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama.

Bisa pula: jurnal yang ada di web. Aktivitas update disebut “blogging” atau “ngeblog” sedang pelaku aktivitasnya disebut “blogger” “bloger” “penulis blog”

Perbedaan blog dengan website apa?

Blog itu sejatinya bagian dari website (situs website)

Dalam kata lain, sebuah blog sudah dipastikan sebuah website, tapi belum tentu website sebuah blog.

Bayangkan website itu adalah apartemen, tentu didalam apatemen ada ruang – ruang (kamar) seperti ruang gudang, perpustakaan mini dll. Dan blog itu salah satu ruang dalam apartemen sedangkan website adalah apartemennya itu sendiri.

1. Kepemilikan

Blog biasanya dimiliki oleh individu / perorangan yang suka menulis atau membuat konten kreatif (gambar, file ebook, file audio, infografis, dll) yang dikembangkan dan dikreasikan oleh individu blogger (penulis / penyaji blog) 

Website biasanya dimiliki oleh lembaga atau perusahaan, namun banyak juga lembaga atau perusahaan memilih jenis situs webnya dengan menggunakan domain sendiri atau blog self hosting dengan menggunakan CMS (Custom Management System).

Kepoin Aja:  17 Penulis Blog (Blogger) Sharing tentang Manfaat Kelebihan dan Kekurangan Menulis (Menerbitkan) Buku Vs Menulis di Situs Website Blog

2. Tampilan Website dan Blog

Kalau blog tampilannya lebih simpel daripada website. Untuk tampilan blog blogger.com / blogspot tampilannya bisa lebih bagus dari website. 

Banyak template (baju atau pakaian blog) bisa lebih bagus, keren, elegent, ramah pengguna dan terkesan profesional.

• Template Blogger yang keren

• Template WordPress yang keren

3. Domain dan Hosting

Pembeda utama blog dan website adalah dari sisi domain dan hosting Blog berdomain dan hosting gratis disebut blog hosted sedangkan website berbayar disebut blog self hosted dengan sewa domain dan server hosting  

4. Gaya Bahasa 

Kalau gaya bahasa blog biasanya personal, santai, informal (bukan formal), gaya ngobrol atau bercakap – cakap.Untuk blog yang dimiliki lembaga organisasi yayasan biasanya lebih cenderung formal  layaknya website

Blog yang Layak Diketahui

1. Blog Pribadi (Personal Blog)

Isinya lebih banyak tentang catatan harian, catatan hidup baik itu yang bersifat pribadi hingga bersifat meluas seperti berbagi pengalaman pribadi yang masih dalam cakupan pribadi pengalaman bergabung dengan komunitas menulis daerahnya, pertama kali ke toko buku bersama keluarga dan sebagainya.

Blog jenis ini umumnya sekedar untuk mengisi waktu luang atau berbagi hal – hal dari kehidupan sehari –sehari sang empu blog.Bisa juga dikategorikan sebagai catatan online public yang topiknya segala hal (umum)

Blog pribadi tidak ditujukan untuk mendapatkan uang pada tujuan pembuatannya, nyatanya juga bisa menghasilkan tapi ada beberapa syarat penting yang harus diketahui.

Empu blog ini ketika menyajikan konten blog tetap selalu santai karena tidak selalu memikirkan penghasilan yang akan didapatkan dari blognya.

2. Blog Niche

Merupakan blog yang focus pada topic – topic khusus yang ingin diangkat sesuai pada tujuan yang ingin dicapaiBila saudara pribadi memiliki keahlian khusus yang sangat dikuasai dengan membuat blog khusus sangat dianjurkan dan disarankan.

Katakanlah saudara punya keahlian di bidang kedokteran terutama ilmu saraf dan secara konsisten (reguler) mengupdate informasi – informasi pengetahuan kedokteran khusus saraf dan saling berkaitan dengannya itu lebih baik daripada campur – campur.

Hal ini akan menjadikan seorang penulis blog ahli atau pakar di bidangnya.

Katakanlah saudara punya keahlian di bidang pertanian khusus obat – obatan pertanian yang secara konsisten (reguler) mengupdate informasi – informasi pengetahuan khusus obat – obatan penanggulangan hama dan gulma pada tanaman maka oleh orang – orang yang mencari informasi seperti ini seperti para petani, penjual obat pertanian, praktisi pertanian dan siapa saja yang membutuhkan ilmu ini saudara akan dianggap ahli / pakarnya dalam jangka panjang selama blog dikelola penuh keistiqomahan.

3. Blog Otoritas

Blog otoritas adalah blog yang dibuat oleh orang (penulis blog) yang mau serius menekuni dan mengelola secara konsisten dan berkelanjutan.Tujuan dibuat ini pertama kali adalah untuk membantu banyak orang yang membutuhkan informasi yang jelas dan bisa dipercaya keabsahannya serta diharapkan menjadi ahli atau pakar di bdangnya.

Kepoin Aja:  Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen dengan Situs Website Blog Online Google

4. Blog Spam

Blog yang tujuannya untuk menipu dan mendapatkan peringkat atau rangking blog. Sang empu blog sering berkeliling ke banyak blog untuk meninggalkan link aktif atau link hidup dengan cara tidak beretika.Dan tidak Cuma itu saja, blog tipe ini sangat tidak memperhatikan kualitas yang hendak ditonjolkan dan umumnya konten (isinya) dibuat secara otomatis  dalam jumlah yang banyak.

Sang empu menggunakan software untuk mengambil tulisan dari situs website blog lain dan blog spam ini akan terisi dengan otomatis.

Walaupun blog jenis ini mudah dibuat, akan tetapi akan mendapat berbagai keluhan yang Tulisan blognya diambil karena sebuah pelanggaran hak cipta.

Tidak Cuma itu blog jenis ini menjadi sasaran empuk bagi Google untuk membersihkan hasil pencariaanya dari konten berkualitas sampah / konten tipis / miskin konten (isi)

5. Blog Perusahaan

Adalah blog yang berada didalam website sebuah perusahaan yang berisi beragam konten seputar perusahaan tersebut.Saat ini sudah banyak perusahaan ternama yang harus memiliki channel khusus untuk blog perusahaan.Tujuannya salah satunya untuk 

1. menginformasikan pengumuman penting

2. memperkenalkan produk perusahaan maupun jasa terbaru

3. berkomunikasi dengan pelanggan blog jenis ini umumnya tidak dipergunakan untuk sarana menghasilkan  atau tidak diuangkan dari model – model periklanan online.

Jenis Blog berdasarkan Platfrom

1. Free Blog  (blog gratis)

Adalah blog yang disediakan oleh pihak perusahaan pihak ketiga sebagai penyedia layanan blogging baik itu subdomain maupun hostingnya.

Ciri khas yang mencolok nan menonjol dari blog gratis ini pada pencantuman nama pihak ketiga pada nama blog yang yang telah saudara buat seperti misalnya (mkhoirudinfs.wordpress.com, mkhoirudinfs.blogspot.com, mukhofasalfikr.tumblr.com, mukhofasalfikr.weebly.com dsb).

Penyedia layanan seperti ini contohnya  wordpress.com, weebly, tumblr, blogger.com dsb

2. Self Hosting Blog

Adalah jenis blog yang dibuat menggunakan domain dan hosting sendiri. Saudara bila hendak membuat blog jenis ini diharuskan menyewa hosting dan domain terlebih dahulu lalu menginstall CMS yang saudara rasa cocok (misalnya WordPress.org)

Pemilik blog jenis biasanya blogger (penulis blog) profesional atau mereka yang sudah memiliki asam garam dalam dunia blogging dan pelaku pemasaran internet marketing (pemasar  internet).Contoh dari blog jenis ini seperti baublogging. com, blogguebo. com, panduanim. com maxmanroe. Com dan sebagainya. Penyedia layanan seperti ini contohnya  wordpress self hosted (wordpress mandiri), drupal, joomla dsb

3. Citizen journalism Blog

Adalah blog yang ditulis oleh warga masayarat (bukan jurnalis) dan disediakan oleh pihak media tertentucontohnya seperti kompasiana.com, blogdetik.com, inspirasi.co dsb

Bacaan lanjutan: 20 Macam Platfrom Blog dan Kelebihan – Kelemahannya

Blog Berdasarkan isi (Konten)

1. Vlog

Singkatan dari Video Blog atau Video Blogging, sebuah blog yang konten isinya lebih cenderung ke video. Video apa saja yang bisa diisi, itu tergantung dari tujuan penggunaya.

Ada yang bertujuan untuk merekam bentuk visual kegiatan aktivitas sehari – harinya.

2. Photoblog

Singkatan dari Phlog, sebuah blog dengan konten isinya cenderung ke foto. Biasanya blog jenis ini sangat sedikit postingan berbentuk teks dan lebih ke gambar dan keterangan gambarnya. Orang – orang yang suka blog ini umumnya mereka yang gemar fotografi atau orang bekerja di dunia fotografi.

Kepoin Aja:  Garuda Browser: Browser Lokal Ciptaan atau Buatan Anak dan Asli Indonesia - Made in Indonesia

3. Audioblog

Sebuah blog yang konten isinya cenderung ke suara rekaman atau vokal seperti podcast, MP3, musik blog, murattal Qur’an maupun hadits – hadits versi rekaman. 

4. Microblog

Yakni ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas dan pendek – pendek seperti facebook, twitter, tumblr, linkedin

5. Niche Blog

Sudah dibahas diatas sebelumnya.

6. General Blog

Blog yang berisi beragam topik (apa saja ada) di Indonesia blog jenis ini dikenal dengan istilah blog gado – gado.

Blog berdasarkan tujuannya

1. Blog untuk orientasi personal

Ciri khas blog personal ini yang topik nichenya beragam dan biasanya menggunakan bahasa yang subjektif sesuai idealis(pandangan) penulis blognya itu sendiri contohnya mkhoirudinfs.wordpress.com

2. Blog untuk tujuan personal branding

Dengan tujuan untuk membangun komunikasi antara pengunjung blog dengan penulis dan meningkatkan citra seperti apa gambaran diri penulis bog itu sehingga masyarakat online tahu siapa dia dan tercipta karakter penulis blog dan kemampuan yang dia miliki dan dikenal oleh banyak orang.

3. Blog untuk menghasilkan uang

Tujuannya jelas untuk mendapatkan uang atau penghasilan dari blog. Tapi informasi pengetahuan yang disampaikan di blog haruslah bermutu bagus sehingga pengunjung suka  semakin banyak pengunjung yang suka dan betah berlama – lama ada diantara sebagian pengunjung yang tertarik dengan iklan – iklan online yang saudara tawarkan.

Semakin banyak yang berkunjung semakin besar penghasilannya (tapi tunggu ternyata tidak hanya itu faktor sebuah blog bisa dikatakan bisa menghasilkan).

Cara menghasilkan uang dari blog travel saudara

Modul Blog dari Awal hingga mendapatkan uang online

Bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan uang?

4. Blog untuk portofolio

Blog jenis ini bertujuan untuk pameran atau menampilkan hasil karya pribadi pemilik blog seperti karya buku yang dihasilkan menjadi penulis buku, desainer template blog, desainer fashion, dan sebagainya. Bisa juga tentang daftar riwayat pekerjaan secara berurutan dari mulai bekerja hingga riwayat yang sekarang. Kemampuan – kemampuan yang dimiliki juga ia tonjolkan dalam blog ini.

5. Blog untuk katalog

Tujuannya adalah sebagai rujukan bagi pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkan.

6. Blog untuk komunitas

Blog yang isinya menyangkut komunitas  seperti komunitas pecinta burung, komunitas blogger, komunitas penulis dan lain sebagainya

7. Blog untuk politik

Tujuan blog ini sudah pasti untuk kepentingan politik seperti kampanye bakal calon presiden, calon kepala daerah, calon anggota DPR MPR, promosi politikus hingga hal – hal yang membahas seputar ilmu – ilmu politik.

Tentu saja sebagai sarana untuk membangun basis dan membangun massa untuk memenangkan bakal calon pemimpin negeri.

8. Blog untuk portal atau media berita dan informasi

Bertujuan untuk memberikan suatu informasi  dan juga berita

9. Blog untuk bisnis

Bertujuan bisnis atau finansial

 

Setelah membaca postingan ini Bagaimana dengan pendapat saudara?

Silahkan bercerita banyak tentang masalah saudara di komentar dan komunitas BauBlogging yang ada

loading...

2 thoughts on “25++ Macam Jenis Blog Yang Layak Diketahui dan Banyak Ditemukan di Dunia Maya”

  1. trimakasih infonya, sangat bermanfaat sekali. sy udh dua tahun ngeblog masih bingung nice yg pass untuk jenis blog sy sendiri. pas baca ini jd tau ternyata blog sy masuk ke blog personal. hehe tks for sharing ilmunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *