Saudara tidak tahu cara membuat blog atau malas dan penginnya blognya udah jadi? BauBlogging menyediakan jasa buat blog langsung jadi. cek info jasanya

Dapatkan Pengetahuan Strategi Menulis, Mengelola Blog + Trik Pemasaran Ampuh Setiap Minggunya

* indicates required

Jenis – Jenis Fiksi dan Non Fiksi Disertai Penjelasan Lengkap

Mau Ikut Belajar Nulis Cerpen, Novel, dan Puisi dan Mendapatkan Honor dari Media Cetak ga sob? Syaratnya harus Join Dulu Mau Ikut Belajar Ngelola dan Ngembangin Blog dari para mastah ga Sob? Syaratnya harus Join Dulu Mau Ikut Komunitas Nulis dan Ngelola Situs Website ga sob? Join aja dan Follow Instagram Admin

Sedang mencari macam – macam prosa fiksi dan nonfiksi?

Pelajar untuk keperluan tugas bahasa indonesia dan calon penulis novelis sukses yang berambisi untuk menjadi penulis.

Bila saudara betul betul membutuhkan ilmu kepenulisan khsususnya tentang jenis tulisan – tulisan fiksi maupun tulisan nonfiksi Mukhofas memaparkan pembahasannya.

Sebelum membahas lebih lanjut, kita bahas pengertian fiksi dan nonfiksi

Pengertian Fiksi

Fiksi atau cerita – prosa Fiksi adalah sebuah tulisan / karangan yang isinya berupa khayalan, imajinasi, fiktif, tidak sesuai kenyataan dalam kehidupan. Tapi isi cerita bisa masuk akal dengan kehidupan sehari – hari (mengandung kebenaran) yang menceritakan hubungan antar manusia.

Menurut para ahli

Aminuddin (2002:66)

Adalah kisahan atau ceritera yang diemban oleh pelaku – pelaku tertentu dengan pemeranan, latar, serta tahapan dan rangkaian ceritera tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarangnya, sehingga menjalin suatu cerita.

M. Saleh Saad dan Anton M. Muliono dalam “Tjahjono, 1998:106)

Mengemukan pengertian prosa fiksi “fiksi, prosa narasi, narasi, ceritera berplot, ceritera  rekaan (disingkat cerkan) ialah bentuk ceritera atau prosa kisahan yang mempunyai pameran, lakukan, peristiwa alur yang dihasilkan oleh daya imajinasi.

H.B Jassin (dalam Suroto, 1989)

Mengungkapkan bahwa prosa ialah pengucapan seseorang penyair dengan pikiran berbeda dengan puisi yang merupakan pengucapan penyair dengan perasaan.

Zainuddin (1991)

Memberikan pengertian bahwa prosa ialah pengungkapan peristiwa secara jelas dengan menguraikan seluruh pikiran dan juga seluruh perasaan serta tidak terikat syarat -syarat tertentu dalam sebuah karya sastra.

Model – Model Fiksi

Cerita Pendek (Short Story)

Cerpen adalah singkatan dari Cerita Pendek merupakan sebuah karya sastra berupa cerita fiksi dalam bentuk karangan bebas bersifat khayalan fiksi.

Biasanya memiliki isi yang padat dan jalan ceritanya langsung tertuju pada maksudnya.

Pada cerpen terdapat unsur – unsur seperti pemain / tokoh/pameran, plot (jalan cerita), tema (pokok cerita) dan wawasan pengetahuan luas daripada cerita fiksi yang berbentuk lebih panjang.

Ciri Khas Pada Cerpen

  1. Jalan ceritanya lebih pendek dari novel
  2. Jumlah kata kurang dari 10.000
  3. Bersifat Khayalan fiktif
  4. Selesai dibaca sekali duduk
  5. Pada umumnya berasal dari kehidupan sehari -hari
  6. Tidak menggambarkan semua kisah yang dialami tokoh
  7. Tokoh memiliki konflik hingga ending cerita
  8. Pemakaian kata sederhana, ringan, dan mudah dipahami pembaca
  9. Hanya satu kali kejadian yang diceritakan
  10. Memiliki alur tunggal dan lurus
  11. Penokohan cerpen sangar sederhana dan singkat
  12. Kesan yang ditinggalkan dalam cerpen sangat mendalam sehingga pembaca dapat merasakan apa yang dibaca

Contoh Cerpen

  1. Boncengan Faris

Bacaan Lanjutan: Macam – Macam Fiksi Cerpen

Novel

Berasal dari bahasa italia (Novella) yang berarti sebuah cerita atau sepotong cerita. merupakan salah satu karya sastra cerita fiksi dalam bentuk karangan prosa panjang yang mengandung urutan kronologis cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dengan menitikpusatkan watak dan sifat yang melekat pada setiap pelaku didalamnya.

Ciri Khas Novel

  1. Tidak selesai dalam sekali duduk
  2. Plot atau jalan cerita ditujukan pada suatu kejadian jamak
  3. Watak atau perilaku setiap tokoh diceritakan secara luas
  4. Memiliki dimensi ruang dan waktu yang lebih luas
  5. Cerita Novel lebih meluas serta mencapai kesempurnaan terhitung

Contoh Novel

  1. Ayat – Ayat Cinta
  2. Ayat – Ayat Cinta 2
  3. Surga yang tak Dirindukan

Pembahasan Lanjutan: Macam – Macam Fiksi Novel

Pengertian Nonfiksi

Prosa nonfiksi adalah karangan yang tidak berdasarkan  rekaan, khayalan, imajinasi penulis/pengarangnya, tetapi berisi informasi faktual (kenyataan) atau berdasarkan pengamatan pengarang.

Menurut para ahli

 

 

Model – Model Nonfiksi

Artikel

Artikel adalah tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual atau kontroversial dengan tujuan untuk memberitakan (informatif) dan menyakinkan (persuasif) atau menghibur khalayak (rekreatif)

Ciri – Ciri Artikel

  1. Ditulis berdasarkan pandangan penulisnya (views).
  2. Tulisan hasil sendiri (orisinil) artinya bahwa artikel merupakan buah pikiran seseorang secara orisinil.
  3. Mengandung gagasan aktual, artinya bahwa artikel merupakan suatu gagasan yang bersifat baru. Seorang khalayak akan menyukai suatu yang kebaruan.
  4. Ditulis secara referensial dengan visi intelektual, artinya bahwa artikel merupakan karya intelektual. Dengan demikian penulisnya pun bersifat intelektual. Penulis, dan pembacanya memahami artikel yang memerlukan pemikiran.
  5. Mengandung ragam bahasa yang hidup, komunikatif, dan popular. Artinya bahwa menulis artikel untuk media massa baik media massa bentuk surat kabar, majalah maupun tabloid, dengan menggunakan bahasa jurnalistik yang sederhana, dan jelas, hidup, menarik, popular, dan komunikatif.
  6. Singkat, padat, dan tuntas, artinya bahwa artikel itu tidak bertele-tele sehingga alur pemikirannya mudah dipahami pembaca.

Contoh Artikel

 

Feature

Feature adalah kerangka lengkap nonfiksi, bukan berita lempang yang dimuat dalam media massa / cetak, yang tidak tentu panjangnya dan dipaparkan secara hidup. Sebagai pengungkapan daya kreatif, dengan sentuhan subjektif (penulis) terhadap peristiwa, situasi, aspek kehidupan, dengan tekanan pada daya pikat manusiawi (human interest) untuk mencapai tujuan memberi informasi, menghibur, mendidik, dan meyakinkan pembaca

Ciri – Ciri Feature

Contoh Feature

Tajuk Rencana

Opini

Biografi

Tips

Reportase

Jurnalisme Baru

Iklan

Pidato

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *