loading...

Apa itu Latar Cerita dan Macam Macam Latar dalam Cerita

Pengertian Definisi Latar Cerita Cerpen atau Novel

Latar adalah keterangan mengenai ruang serta suasana terjadinya peristiwa – peristiwa cerpen, novel, drama maupun suatu karya sastra lain.

Definisi latar versi lain adalah unbsur intinsik pada karya sastra yang meliputi ruang, waktu, serta suasana yang terjadi pada suatu peristiwa didalam karya sastra.

Bisa juga diartiakan semua keterangan atau petunjuk npengaluran yang berhubungan dengan ruang, waktu serta suasana .

Latar meliputi: penggambaran mengenai letak geografis, kesibukan tokoh / pelaku, waktu berlakunya peristiwa, limngkungan agama, musim, moral, intelektual social, serta emosional si pelaku / tokoh.

Fungsi Latar Cerita

Latar dalam cerita memiliki fungsi dalam memberikan suatu gambaran yang je;las supaya peristiwa – peristiwa yang terjadi pada suatu karya sastra benar – benar terjadi atau memberikan informasi yang jelas mengenai situasi di dalam sebuah cerita

Macam – Macam Latar Cerita

1. Latar Waktu

Latar waktu adalah dimana tokoh ataupun melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang telah terjadi. Misal: Pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, di zaman dulu, di masa depan, dan lain sebagainya.

2. Latar Tempat

Latar tempat adalah dimana tempat tpkoh atau pelaku mengalamai kejadian atau peristiwa didalam cerita. Misal: didalam bangunan tua, di sebuah gedung, di hutan, di lautan, di udara, di sekolah, di pinggir jalan, di sebuah pesawat, di ruang angkasa, dan lain sebagainya.

3. Latar Suasana

Latar suasana adalah situasin apa saja yang terjadi ketika saat tokoh atau pelaku melakukan sesuatu. Misal: Saat sedang galau, saat gembira, lelah, sedih, dan lain sebagainya.

4. Latar Sosial

5. Latar Alat

Latar alat adalah peralatan apa saja yang diperlukan atau di gunakan pelaku atau tokoh dalam suatu cerita. Misal: Tombak, senapan, pisau, topi, radio, pedang, buku, laptop, pulpen, televise dan lain sebagainya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *