Saudara tidak tahu cara membuat blog atau malas dan penginnya blognya udah jadi? BauBlogging menyediakan jasa buat blog langsung jadi. cek info jasanya

Dapatkan Pengetahuan Strategi Menulis, Mengelola Blog + Trik Pemasaran Ampuh Setiap Minggunya

* indicates required

5 Macam Tingkatan Level Kasta Seorang Penulis Blog

Mau Ikut Belajar Nulis Cerpen, Novel, dan Puisi dan Mendapatkan Honor dari Media Cetak ga sob? Syaratnya harus Join Dulu Mau Ikut Belajar Ngelola dan Ngembangin Blog dari para mastah ga Sob? Syaratnya harus Join Dulu Mau Ikut Komunitas Nulis dan Ngelola Situs Website ga sob? Join aja dan Follow Instagram Admin

Dalam ilmu sosial / sosiologi tentu sebagian orang telah mengenal kasta yang ada pada ajaran hindu.

Pembagian kelas sosial itu memang terbiasa terjadi didalam bermasyarakat. Tentu saja hal semacam menuai pro dan kontra.

Pembagian kelas juga tidak berlaku lapisan masyarakat. Dalam bidang blogging dan kepenulisan hal ini juga berlaku. Tapi ada yang memang tidak terima hal semacam ini.

Kita bisa tahu dan sadar bila mampu berpikir kritis pembagian kelas berlaku universal. Tidak ada batasan.

Iseng iseng googling dan hal menarik saya dapatkan tentang tingkatan level seorang pengelola blog.

Tingkatan Seorang Blogger Berdasarkan Blog yang Dimiliki

1. Blogger Newbie atau blogger pemula

Ini blogger yang baru saja terjun dalam mengelola dan mengembangkan blog. Tentu dalam karirnya sebagai blogger pemula banyak melakukan kesalahan.

Blogger baru tentu sangat wajar bila konten yang ia tulis adalah hasil plagiat atau mengcopy paste dari situs website blog pihak lain dan beberapa editan tambahan guna memanipulasi.

2. Blogger Lama tapi Pengetahuan masih baru

Ini pernah saya dapati ketika membuat sebuah komunitas blog di WhatsApp ternyata dari anggota yang bergabung dari beragam latar belakang.

Termasuk blogger yang sudah lama buat blog, baru kali ini pelan pelan untuk mengetahui seluk beluk dunia blog – blog  yang meyenangkan.

Pernah nemu blog yang kadang updatenya berkala entah itu 1 tahun sekali maupun beberapa Blog Post dalam jangka waktu yang lama. Sebab ia tidak mengetahui bagaimana mengelola blog dengan baik. Sehingga baru kali ini ilmu blog – blog datang padanya.

3. Blogger Mata Duitan

Blogger tipe ini yang difokuskan paling mendasar adalah bagaimana blognya itu bisa menghasilkan uang dalam sekejap. Tentu blogger seperti ini melakukan pelanggaran semisal: Copy Paste, Menulis ulang dengan kata kata tambahan sedikit dari blog lain, blognya penuh dengan iklan sehingga konten tertutup iklan.

Sehingga pembaca tidak sempat baca hanya dijejali iklan selama mengakses blog si blogger mata duitan. Blogger tipe ini tidak layak untuk menjadi panutan saudara sebagai blogger putih.

4. Blogger Menengah

Setelah melewati tahap sebagai blogger pemula maka tingkat berikutnya blogger menengah (tingkat sedang).

Biasanya blogger tipe ini sudah bisa menulis artikel di blognya dengan baik dan rutin, minimal sebulan sekali. sudah mempunyai rekan kenalan blogger lain sehingga tidak perlu repot repot untuk memotivasi diri sebab setiap blogger saling kuat menguatkan satu sama lain

5. Master Blogger, Senpai, Guru Blogging

Blogger tipe ini ilmu ngeblognya sudah cukup mumpuni sehingga pemula bisa menimba darinya. Blogger master yang baik itu selalu berbagi ilmunya kepada pemula dengan berbagai cara semisal: Menulis buku, Membuat eBook, Menulis artikel panduan panduan blogging di blognya sampai menjawab pertanyaan pemula yang pertayaannya beraneka macam, terkadang 100 blogger pemula yang bertanya ada juga pertanyaan yang sama tentu ini merepotkan sekali buat blogger master.

Apalagi kesibukan dalam mengelola blog atau aktivitas yang lain makin bertambah repot.

Semakin tinggi ilmu apapun seharusnya membuat semakin rendah hati dan suka membantu blogger pemula untuk menjadi blogger level berikutnya dan berikutnya.

Tingkatan Kasta Blogger

1. Blogger Copas / Sarek

Ini masuk kategori blogger terendah dalam sistem kasta.

Karena perbuatan dilakukan memang benar benar tidak terpuji. malah tidak menghargai karya tulis orang lain yang tentu sudah bersusah payah meluangkan waktu dan menguras energi berpikir.

Tapi menurut saya blogger tipe ini tidak bersalah apabila dia tidak tahu apa yang dilakukannya salah.

2. Blogger Editor

Kerjanya mencari artikel di blog orang lain lalu merubah seperlunya sehingga sudah tidak sesuai lagi dengan konten referensi darimana ia mendapatkannya. Blogger tipe ini juga masuk kategori kasta terendah.

3. Blogger Kreatif

Blogger jenis ini masuk diatas blogger kasta rendahan. Tapi kapasitas kreativitas blogger ini diakui dan mulai disegani.

Mau belajar adalah ciri khas yang menonjol pada dirinya. Selalu berinovasi untuk terus mengembangkan blognya agar lebih menarik, atraktif bagi audiensnya.

4. Blogger Master

Adalah kasta yang sudah punya banyak ilmu dan pengalaman yang lama dalam dunia blogging dan tentu memiliki pengaruh yang luar biasa bagi pengikut setianya. Menjadi banyak panutan buat blogger yang masih taraf bawah.

Artikel yang ditulis dalam blognya juga sangat bernilai manfaat tinggi

5. Blogger Super

Ini hampir setara dengan blogger master yang sudah berada di kasta tertinggi

Dan yang membedakan hanya penghasilan dan tampilan blog itu sendiri bagaimana peformanya luar biasa atau sederhana.

Sangat Penting

Semakin lama umur situs website blog dengan tetap menyajikan, menyediakan konten postingan yang baik, bagus, berbobot bernilai tinggi dan bermanfaat. Situs website blog seperti ini layak blog kategori terbaik.

Tapi kadang ada blogger yang sudah membuat blog lama sejak 5 tahun yang lalu misalnya, tapi karena lama sudah tak diurus membuat blog baru lagi. Andaikata pemilik blog itu menyadari untuk mengisi kembali blog yang telah lama mati suri untuk dihidupkan kembali.

Penutup

Setiap orang punya pendapat yang berbeda beda dari segi sudut pandangnya. jadi wajar bila nanti ada yang pro dan kontra terhadap tulisan ini.

Silahkan bila saudara punya pendapat pribadi bisa sharing sharing disini untuk menambah wawasan baru lainnya yang mungkin belum tergali.

 

10 thoughts on “5 Macam Tingkatan Level Kasta Seorang Penulis Blog”

    1. Tidak tahu…

      Kalau aku ngasih tau bisa berbahaya..

      Lebih baik biar orang lain menilai.

      Kalau saya menyebutkan ada di golongan mana akan ada orang lain menilai dan menguji kemampuan saya.

      Jadi tidak perlu diberitahu. Itu saja.

  1. Hallo mas Mukhofas

    aq masuk katagori blogger mana ya?

    ah masuk katagori mana tidak penting, yang penting berbagi.

    menghargai hak cipta orang lain sangat penting menurut saya. salam hangat.

  2. Halo mas Mukhofas ? Alhamdulillah, bisa ikutan komentar juga. Sedikit saran ya mas, kalau aku sukanya sih kalo kasta blogge, dll itu saling dipisah. Kenapa ? Biar pembaca nggak hanya fokus pada 1 artikel, tapi bisa kepada artikel yang lain. So, effek nya kerasa. Bounce rate menurun, dll. Trims

  3. sebenarnya blogger yang selalu mau belajar yang nantinya akan meraih kesuksesan dan meraih kasta tertinggi, dan ini tentunya tidak mudah dan butuh waktu lama, sehingga dengan perjalanan waktu tersebut seorang blogger tanpa disadari akan mengasah kemampuannya dalam skil blogger

    1. Stuju sekali dengan pendapat mas muhid

      “blogger yang selalu mau belajar yang nantinya akan meraih kesuksesan dan meraih kasta tertinggi”

      Semakin kita berusaha, optimis, konsisten dan produktif menghasilkan konten bermutu bagi pembacanya bukan tidak mungkin akan sejajar dengan blogger level atas.

      Mari dan ayo buat saudara saudara yang ingin bisa disebut blogger yang ilmunya benar benar bermanfaat

      Terima kasih mas muhied antapedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *