Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Once you’ve created an awesome new post, how do you best promote your blog to help others find you online? Here are my totally ninja tips to get you noticed | how to promote your blog for free | tips to promote your blog |

Blogger hari ini sudah mulai popular dikalangan blogger dalam negeri. Banyak orang orang baru yang mulai sadar akan pentingnya sebuah blog.

Jadi ini bukan sebuah keniscayaan bahwa di tahun tahun mendatang dunia blogging Indonesia semakin berkembang dan makin banyak yang mulai menyeriusi blognya.

Menurut pendapat saya blogger yang saya temui adalah blog dalam arti personal artinya mereka menggunakan nama nama mereka sendiri untuk tujuan yang dicapainya.

Dan sebagian pula ada yang tidak menggunakan nama pada dirinya, tetapi isinya juga seputar kehidupannya.

Dari itu saya membuat postingan wawancara dari 100 blogger Indonesia bagaimana tips-tips apa yang dilakukan untuk mempromosikan blognya biar semakin banyak dikunjunginnya.


1. Anita Makarame [www.makarame.com]

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

Contents


Seiring berkembangnya internet di Indonesia, mulai dari wifi gratis di berbagai tempat hingga harga paket data yang terjangkau, membuat dunia per-blog-an semakin diminati.

Jika dulu blog hanya digunakan sekedar sebagai diary online, kini tema blog semakin beragam. Beauty blogger, fashion blogger, food blogger, travelling blogger, personal blogger dan lain sebagainya dengan konsentrasi topik yang berbeda-beda pula.

Saya pribadi merasakan begitu banyak manfaat nge-blog saat ini, menambah teman di dumay (dunia maya) yang tak jarang menjadi teman di dunya (dunia nyata).

Banyak teman banyak rejeki, begitulah yang saya rasakan. Jika dulu saya memulai membuat blog untuk menggugurkan tugas kuliah, kini saya nge-blog dengan berbagai alasan.

Salah satunya sebagai ajang promosi kegiatan dan usaha saya di Makarame Eco-Friendly Crafts.

Makarame Eco-Friendly Crafts adalah sebuah wadah jual beli kerajinan ramah lingkungan berbahan dasar sampah atau barang bekas seperti kerajinan tenun koran, plastik, bungkus kopi, kaleng, pulpen, goni, perca, dan lain-lain.

Melalui Makarame, saya ingin mengajak masyarakat untuk semakin peduli kondisi sekitar akan bahaya pertumbuhan jumlah sampah yang semakin mengkhawatirkan.

Ibarat Teori Maltus yang mengatakan bahwa penduduk meningkat seperti deret ukur, sedangkan ketersediaan pangan meningkat ibarat deret hitung.

Maka, begitu pula dengan sampah. Sampah tumbuh seperti deret ukur, sedangkan ketersediaan tempat penampungan seperti deret hitung. Artinya, pertumbuhan sampah meningkat tajam dibandingkan dengan tempat penampungan. Pada akhirnya, akan membebani bumi untuk menampungnya.

Oleh karena itu, penting untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk melek sampah melalui gerakan 3R (Reduce, Reuse, & Recycle). Makarame, memulainya dengan melakukan pengolahan sampah menjadi barang tepat guna. Sehingga dengan membeli produk makarame, maka selain bisa mengurangi beban bumi, menghemat sumber daya alam dan energi, serta membantu meningkatkan penghasilan para pengrajinnya. Pembaca pun tidak melulu didorong untuk membeli produk makarame, tetapi juga sebagai inspirasi untuk berkarya menggunakan sampah atau barang bekas.

Saya sadar betul bahwa sosialisasi untuk apresiasi produk kerajinan ramah lingkungan tidaklah mudah, tetapi saya juga yakin bahwa dengan tekun dan sabar maka suatu saat akan memberikan hasil. Berikut beberapa langkah yang saya lakukan untuk memperkenalkan kerajinan ramah lingkungan melalui blog:

  1. Bergabung dengan Komunitas Blogger

. Mengosongkan gelas artinya siap menerima ilmu baru dan berbagi teko adalah siap membagikan ilmu. Karena inilah esensi bergabung dalam suatu komunitas, yaitu belajar bersama. Karena ilmu blog itu berkembang pesat lho!

Selain ilmu, manfaat bergabung dengan komunitas adalah meningkatkan kunjungan blog. Ya, kita akan saling berkunjung untuk sekedar membaca artikel atau memberikan komentar, dan syukur kalau dibagikan kembali. Oleh karena itu, bangunlah engagement yang baik dengan sesama blogger ya.

  1. Menggunakan Fasilitas Social Bookmark

Social Bookmark adalah situs untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi alamat situs kita dan sangat penting dalam meningkatkan kunjungan. Contohnya seperti vivalog.co.id, liputan6.com, lintas.me, dan lain-lain. Saya pernah mengalami lonjakan kunjungan hingga 2.000 kunjugan per artikel per hari. Tentu, hal ini tergantung dengan kualitas atau topik bahasan kita. Tak jarang pula saya hanya mendapatkan beberapa kunjungan dari social bookmark ini.

  1. Rajin Share di Media Sosial

Pertama yang saya lakukan adalah membagikan tulisan saya di google plus, kemudian menyusul di twitter, instagram, fanspage, dan facebook. Bukan sembarang membagikan, saya pun menggandeng akun komunitas blogger dalam membagikan tulisan saya sehingga dapat dibagikan kepada banyak follower. Penting sekali menjaga engagement dengan follower kita, yaitu dengan memiliki jadwal rutin berbagi artikel dan rajin membalas komentar.

  1. Berpartisipasi dalam Lomba Blog atau Giveaway

Lomba blog dan giveaway bagi saya adalah ajang untuk berlatih menulis dan share tautan situs kita. Dengan mengikuti lomba dan giveaway, setidaknya juri dan panitia akan berkunjung ke blog kita. Dan, tak jarang peserta lain pun akan ikut berkunjung. Syukur-syukur dapat hadiah dari lomba. Bisa untuk modal pengembangan makarame kan? Hehe

  1. Menghadiri Kopdar dan Undangan Agensi

Nah, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa engagement antar pembaca dan sesama blogger itu sangat penting. Mengapa? Dengan interaksi yang baik, maka akan didapatkan hubungan yang baik pula. Kemudian, kita akan mendapatkan pembaca maupun sesama blogger yang loyal terhadap blog kita. Hal ini berarti setiap kali ada tulisan terbaru dari blog kita, maka mereka tidak sungkan-sungkan akan melakukan kunjungan.

Perkenalan di dumay saja tidak cukup akan lebih baik jika kita berinteraksi pula di dunya. Dengan begitu, kita akan mudah dikenali dan tidak akan mudah dilupakan.

  1. Menjaga Tali Silaturahim dengan Blogwalking dan Meninggalkan Komentar

Blogwalking (BW) dalam dunia blog ibarat saling bertamu dalam kehidupan nyata. Selain terjalinnya hubungan yang baik dengan sesama blogger, dengan BW kita juga akan bertambah ilmu. Entah tentang teknis nge-blog, maupun belajar gaya penulisan yang baik.

  1. Buat Gambar yang Menarik untuk Dipakai Blogger Lain

Semakin banyak gambar kita diunduh, akan semakin meningkatkan kualitas SEO kita. Namun, jangan lupa berikan credit picture di gambar ya, agar pembaca mengetahui situs kita dan tertarik untuk berkunjung.

  1. Sediakan Kolom Subscribe

Dengan kolom subscribe ini, maka setiap kali ada tulisan baru akan secara otomatis dibagikan kepada subscriber sehingga mereka akan melakukan kunjungan rutin ke situs kita. Pastikan tulisan kita bermanfaat dan akan lebih baik jika berkesinambungan.

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Ibarat sinetron yang ditunggu kelanjutan ceritanya, begitu juga dengan artikel kita. Buatlah tulisan yang membuat pembaca ingin kembali lagi dan lagi.

  1. Membuat Artikel yang Menarik dan Bermanfaat

The last but not the least, intisari dari semua kiat di atas adalah artikel yang bermanfaat. Seperti halnya kita yang hanya akan membaca artikel yang menarik dan bermanfaat, begitu juga dengan pembaca blog kita. Mereka hanya akan berkunjung ke blog kita jika dan hanya jika mereka tertarik dan merasa akan mendapat manfaat dari artikel atau tulisan kita.



2. Millati Indah Taufikin [catatan-millati.blogspot.com]



Jawabannya yang disampaikan kurang memuaskan. Maka saya menulis apa adanya dari apa yang disampaikan

  • Cukup melakukan blogwalking saja. blogwalking merupakan salah satu cara ampuh agar dikenal orang.


Kembali ↑

3. Swastika Maulidya Mulyani [kotakwarna.com]


  • Share ke media sosial 
  • Ikut komunitas 
  • Bikin kartu nama 
  • Rajin update
  • Blogwalking
  • Bikin guest posting di blog orang lain 
  • Menjadi penulis kontributor di web ternama

Kembali ↑


4. Windah saputro [windahsaputro.com]


  • Ikut komunitas besar
  • Rajin blogwalking
  • Banyakin share di sosial media
  • Ikut arisan link sama blogger lain 

Kembali ↑


5. Rhos Handayani KT [kakroos.com]


  • blogwalking

Kunci utama untuk mempromosikan blog adalah dengan blogwalking. Mampir ke blog tetangga, membacanya, lalu meninggalkan komentar sekaligus meramaikan blog mereka. Otomatis mereka akan mendapatkan feedback yang sama dengan saya.

  • Promo di media sosial

Missal, ada postingan baru di blog, maka ambil satu foto lalu upload ke instagram kasih caption yang mengarah ke follower untuk membaca blog tersebut.

  • Ikut lomba blogging

Semakin sering ikut lomba blog semakin kecanduan pulalah untuk ngeblog dan mengasah kemampuan menulis, menyampaikan aspirasi bila tema sesuai dengan hati

  • Diskusi sesama blogger

. Dan dampaknya membuat semangat ngeblognya.

Kembali ↑


6. Rizky Mahrizal [Rizkyzone.com]


Caranya yang disampaikan mas mahrizal cukup simple

Share saja di facebook, fanspage facebook, twitter, google plus, linkedin, pinterest

Kalau kita sadar bahwa hal tersebut adalah peluang untuk mendatangkan pengunjung yang cukup ampuh bila dilakukan dengan cara yang tepat pula.

Kembali ↑


7. Muhammad Anas [Anastips.com]


Yang Muhammad anas lakukan adalah dengan menggunakan 2 cara. Sebenarnya ini sama seperti optimasi SEO Off Page yang Muhammad Anas lakukan.

Cara pertama dengan memanfaatkan backlink. Muhammad anas

dari blog disertai dengan komentar relevan sesuai dengan situs tersebut.

Cara kedua dengan pemanfaatan media sosial. Media sosial yang digunakan saat ini hanya facebook saja karena keterbatasan waktu jadi hanya facebook saja. Caranya melalui Fans Page Facebook disebarkan artikel buatannya lalu dibagikan ke grup-grup blogger agar bisa mendapat reputasi yang baik.

Kembali ↑


8. Eka Deffa [Ekadeffa.com]


. Pastinya yang eka deffa lakukan setelah memutuskan ingin serius menjadi penulis blog adalah mencari ilmu dari blogger senior.

Dimana cara menemukan blogger senior ini? Pastinya di komunitas-komunitas blogger yang saat ini banyak bertebaran di dunia maya maupun nyata.

Komunitas blogger pertama yang diikuti adalah BAM (Blogger Aktif Menulis) dari satu komunitas ini bisa mendapatkan beberapa teman yang akhirnya mengajak bergabung pula ke berbagai grup blogger baik di WA, BBM, FB, dan twitter.

Komunitas-komunitas inilah tempat promosi rutin, setidaknya dalam seminggu punya jadwal 3 hari untuk posting link artilel update .

Selain posting link yang juga tidak kalah penting juga ialah blogwalking diantara anggota komunitas.

Sebagai pemula yang belum dikenal, blogwaling bisa menjadi ajang memperkenalkan diri yang paling jitu.

Kembali ↑


9. Hairi Hasbi [Meditacija.com]


Hairi Hasbi

Banyak hal yang harus saya pelajari untuk membuat satu blog.

Dulu saya ketika memulai untuk membangun blog saya tidak bisa sama sekali. yang dilakukan Cuma memperhatikan teman yang sudah mahir dari saya belajar dengan sering bertanya.

Sebelum saya memilih blog self hosted saya menggunakan blog gratis untuk belajar trail dan error. Setelah cukup bisa saya putuskan membangun blog saya sendiri dengan modal yang tidak cukup banyak.

Membangun blog self hosted itu bayar lo, beli domain, beli hosting untuk simpan semua data.

Setelah semua selesai mengoptimalisasi blog saya secara menyeluruh dari segi tampilan agar nyaman dilihat, diisi dengan konten yang sesuai. Maka akan muncul pertanyaan pada diri saya sendiri “Apa yang saya lakukan untuk mempromosikan blog saya nantinya?”

Banyak cara yang bisa bisa dilakukan untuk promosi blog, tapi yang saya lakukan dan lumayan berhasil diantaranya.

Promosi blog lewat facebook dan twitter

Promosi ini sangat sering saya lakukan ketika saat saya membangun blog . cara ini cukup efektif untuk promosi blog dan meningkatkan traffic , coba bayangkan saat kita mempunyai teman 5000 di facebook dan twitter hanya cukup 25% dari semua teman yang ada membaca maka lumayan sudah promosi blognya.

Sering melakukan blogwalking

cara ini sering sekali saya lakukan untuk promosi blog saya, dikarenakan cukup efektif dengan cara ini juga sering mendapatkan teman sesama blogger yang lain dan saling berbagi informasi dan yang pasti dengan cara ini hasilnya aman untuk blog kita.

Sering submit di sosial bookmark

Saya sering melakukan submit di sosial bookmark. Dengan cara ini saya sering mendapatkan traffic yang lumayan banyak. Karena lewat cara ini orang orang akan bookmark blog. Yang paling penting konten yang kita tampilkan bermanfaat.

Ini beberapa cara saya untuk melakukan promosi blog agar dikenal orang. Untuk saat ini saya hanya punya tiga blog yang saya isi kontennya secara rutin.

Kembali ↑


10. Cyanophytaa [Cyanophytaa.com]


Untuk mempromosikan blog saya biasanya share di grup facebook khusus untuk kategori make up atau beauty atau terkadang saya share di grup Blogger Indonesia agar visitornya beragam.

Selain itu saya, juga saya juga ikut (jadi member) beberapa komunitas Beauty Blogger untuk menambah teman dan mempermudah sharing tentang isi blog.

Selain di facebook saya juga share tulisan saya di twitter dengan mention ke akun blogger supaya mereka retweet.

Terakhir buat fans page facebook supaya memudahkan pembaca membaca post terbaru dari blog saya.

Kembali ↑


11. Edi Susilo [Edisusilo.com]


Biasanya yang saya lakukan untuk mempromosikan blog saya dengan share ke media sosial seperti : facebook, twitter, dan google+

Share ke media sosial efektif dan efisien untuk mendapatkan pengujung. Selain bebas biaya, cara promosinya juga terbilang mudah.

Kembali ↑


12.Vicky Laurentina [vickyfahmi.com]


Ada banyak metode yang saya lakukan untuk promosi blog :

  1. Promosi ke tetangga sekitar rumah
  2. Sebar kartu nama
  3. Bicara di forum online

Ya kira-kira itu yang saya kerjakan untuk promosi blog

Kembali ↑


13. Riska Ngilan Harsono [riskangilan.com]


Untuk mempromosikan blog ada beberapa cara seperti :

  1. Masuk menjadi anggota komunitas blogger
  2. Menulis tulisan yang bisa memberikan manfaat untuk pembaca dan tidak lupa harus sesuai dengan pengalaman pribadi. Karena tagline blog saya Berbagi pengalaman, perjalanan kehidupan

Langkah tersebut sekaligus membranding diri saya sebagai seorang blogger yang senang membagikan pengalamannya. Jadi saya dan blog saya riskangilan.com mudah diingat dan dikenal.

  1. Memilih nama domain blog yang unik merupakan cara selanjutnya. Kebetulan saya mempunyai nama yang unik dan satu satunya mungkin di dunia yakni Riska Ngilan.

Kata Ngilan sendiri merupakan kepanjangan dari akhiran kata banyuwangi yang merupakan kota asal bapak dan akhiran bangkalan sebagai kota kelahiran mama.

  1. Menshare tulisan saya ke semua social media milik saya dan tentunya pada semua grup komunitas blogger seindonesia.
  2. Rajin datang ke event dan berkenalan dengan teman teman baru. Biasanya dari sana saya kerap mempromosikan blog saya.
  3. Menjnalin komunikasi yang baik dengan para pembaca blog dan semua teman teman blogger.
  4. Tidak asal asalan menerima job yang berasal dari blog. Kalau tidak begitu akan merusak branding blog saya.
  5. Aktif menulis blog dan aktif di semua sosial media.

Begitu mas Mukhofas kebiasaan saya untuk mempromosikan blog riskangilan.com yang baru berusia 1 tahun namun sudah menghasilkan.

Kembali ↑


14. Dewi Ratih Purnama [Dewiratihpurnama.com]


Berikut jawaban kak Dewi Ratih Purnama tentang caranya mempromosikan blognya :

  1. Bergabung dengan grup blogger

Setelah gabung, setiap saya membuat blogpost terbaru, saya akan membagikannya di grup baik di media social grup facebook maupun twitter.

  1. Menyebarkan tulisan url tulisan di media social pribadi, diantaranya :
  • Google+
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  1. Melakukan blogwalking dan meninggalkan komentar dengan mencantumkan nama serta backlink ke alamat blog saya.
  2. Menyebarkan url blogpost lewat messenger kepada keluarga, maupun teman teman seperti : BBM dan WhatsApp.
  3. Mendatangi event dan berkenalan dengan blogger blogger lain, selain menambah networking juga memperkenalkan blog sendiri.

Kembali ↑

15. Anis Khoir [www.aniskhoir.com]


Yang dilakukan kak khoir berikut hal yang dilakukan :

  1. Sering share di media social
  2. Ikut komunitas blogger
  3. Ikut lomba, meski belum menang
  4. Blogwalking

Kembali ↑


16. Ernawati lilys [ernawatililys.com]


Mempromosikan blog ernawatililys.com dengan berbagai cara, diantaranya :

  1. Ketika saya sedang jadi mentor kepenulisan baik offline maupun online saya akan sebut nama blog saya, agar para peserta bisa salin berkunjung dan memang ada beberapa materi blog kepenulisan yang saya tulis di blog.
  2. Aktif di komunitas blogger, mulai ikut event, ikut pelatihan, ikut lomba, giveaway, atau sering share postingan di sosmed yang dimiliki komunitas blogger.

Kembali ↑


17. Utami Nandawati Imaniar [Pejalanransel.com]


Untuk sejauh ini dalam memprmosikan blog saya masih menggunakan cara manual dengan memberikan link postingan di blog saya baik di grup facebook, kaskus, whatsapp dan sosial media lainnya.

Sampai sekarang saya belum mencoba menggunakan untuk memulai facebook atau google ads karena keterbatasan artikel di blog saya. Kedepannya saya akan mencoba menggunakan google /facebook ads untuk promosi. Karena draft draft untuk untuk artikel hampir selesai.

Kembali ↑


18. Ririe Khayan [Ririekhayan.com]


Selama yang saya lakukan untuk mempromosikan blog saya (ririekhayan.com) adalah :

  1. Membuat konten positif dan sifatnya konten yang life timenya lama sehingga secara otomatis akan bersifat friendly dalam mesin pencarian google.prinsipnya membuat postingan untuk memberikan informasi bagi yang membutuhkan.
  2. Ikut event/challenge posting semacam Liga Blogger Indonesia, One Day One Post dan mengikuti kompetisi blog lainnya (at least bisa untuk menambah konten dan memperkanlakan blog pada sesame panitia dan peserta lomba blog)
  3. Saat ini saya bersama KEB (Komunitas Emak Blogger) Yogya semacama postingan bergilir (arisan link)
  4. Secara berkala submit URL postingann di webmaster tools.
  5. Share kea kun medsos setiap kali ada postingan baru dan tetap melakukan share postingan lama yang kontennya informasi.
  6. Bila ada acara offline (reuni, gathering) mencari kesempatan untuk memperkenalkan blog yang saya miliki kepada teman teman.

Kembali ↑


19. Sonya Tampubolon [Dailysylvia.com]


Strategi saya mempromosikan blog ada beberapa cara :

  1. Optimalisasi media social, yakni melalui akun twitter (@See_Sonya), facebook (Sonya Tampubolon) serta path.
  2. Join komunitas blogger. Dengan ikut komunitas, saya bisa berkenalan dengan blogger lainnya, ikut berbagai event blogger, sekaligus mempromosikan blog/postingan.
  3. Portal blog seperti vivalog dan taudariblogger.info dapat memuat penggalan/kutipan artikel dari blog kita beserta link menuju post original (backlink)
  4. Rajin rajin blogwalking, tinggalkan komentar beserta link menuju blog saya.

Kembali ↑


20. Erny Kurniawati [Ernykurnia.com]


Cara untuk promosi blog sih kalau saya ada 3 ya yang paling penting.

Pertama, selalu menulis konsisten dan share ke semua social media setelah tulisan di post.

Cara sharenya saya manual, ngga pakai otomatis share habis update.

Alasannya setiap social media punya karateristik tersendiri.

Jadi, untuk share link blog pun harus kasih caption pengantar yang sesuai dengan social medianya.

Kedua, dengan gabung komunitas. Saya belajat banyak dari komunitas terutama yang segmented atau paling dekat dengan niche saya.

Ketiga, rajin blogwalking dan komentar.

Saya biasanya menyisakan waktu 1-2 jam perhari untuk blogwalking .

Hitung hitung untuk ningkatin DA/PA juga.

Kembali ↑


21. Wulan kenanga [wulankenanga.com]


Kali pertama membuat blog ketika SMA, saat itu guru computer meminta kami membuat blog. Dari situlah saya mengenal blog dan mulai ngeblog.

Awal ngeblog, hanya curhatan, cerpen, puisi dan tulisan tulisan tak jelas. Begitu terus sampai dua tahun lalu.

Saya mulai mengenal seorang teman dari salah satu workshop menulis. Dia mengeaku sebagai blogger, blog yang dia kelola selalu ramai. Banyak komentar yang selalu masuk di kolom komentarnya. Terus terang, saya iri karena tulisan saya hanya sebiji itu itu saja yang komentarnya teman saya sendiri.

Dongkrak Penjualan Melalui Marketing Strategy & Competitive Positioning: Mengukur Segmentasi, Targeting, dan Positioning Menggunakan SPSS

Dari dia, saya mengenal beberapa komunitas blogger sampai saya tahu kalau dari blog dapat menghasilkan sesuatu.

Tapi jangan senang dulu, membuat blog , kemudian mengisinya dengan tulisan dan langsung mendapatkan income dari blog hanyalah halunisasi. Tentunya kita kudu membuat blog kita menarik dan banyak pengunjung.

Tentu saja, untuk mendapatkan pengunjung blog tidak instan dan saya melakukan dengan cara cara saya sendiri untuk mendatangkan tamu di blog, membaca, berkomentar atau bahakan share artikel di blog.

Jadi, hal hal yang saya lakukan untuk mempromosikan blog sebagai berikut :

Membuat konten yang bermanfaat

Konten bermafaat berbeda dengan konten yang menghibur.

Artikel artikel semacam itu adalah artikel yang memberikan informasi mengenai how to dan informasi mengenai lokasi, produk dan review.

Di blog saya, artilkel yang menjadi ratu adalah artikel mengenai produk teh hijau. Sudah dipastikan, artikel tersebut berada di halaman pencarian google dan menjadi artikel andalan yang mampu mendatangkan pengunjung.

Jadi, dengan membuat konten yang bermanfaat merupakan salah satu langkah awal untuk mempromosikan blogmu.

Bagikan di sosial media

Setelah membuat konten yang menarik dan bermanfaat, publish, kemudian apa?

Tentu saja membagikan ke media sosial.

Karena di media sosial kita lebih cepat mendatangkan pengunjung.

Kalau di google butuh waktu untuk terindeks dan lain lain

Bergabung di beberapa komunitas blogger dan grup blogger di facebook pun perlu, karena disana kita bisa share tulisan kita. Kadangkala saya pun share link artikel di twitter, instagram dan linked.

Dan saya pun mencantumkan nama alamat blog saya di semua akun media sosial yang saya miliki.

Membuat kartu nama

Menjadi blogger, bukan berarti kita tidak memerlukan kartu nama. Terlebih lagi, bagi kita yang memilih bekerja secara serabutan. Kartu nama sangat perlu untuk memperkanalkan diri sekaligus memperkenalkan blog yang kita miliki.

Seringkali, saya datang ke acara acara, dan seringnya selalu dimintai kartu nama. Disitulah, blog kita akan dikenal oleh orang lain, selain kawan kawan seprofesi (blogger)

Giveaway

Cara lain untuk memperkenalkan blog kita kepada orang lain, bisa juga membuat giveaway kecil kecilan. Hadiah tak perlu mahal mahal,cukup yang berguna saja. Saya pernah membuat giveaway dengan hadiah beberapa buku bekas miliki saya pribadi di blog ini. Cara ini juga ampuh untuk meningkatkan pengunjung blog.

Kembali ↑


22. Hedi Miftah [wirausaha-muslim.com]


Saya melakukan promosi hanya lewat facebook tujuannya supaya lebih fokus

  1. Saya masuk ke grup yang sesuai niche blog saya
  2. Aktif di grup tersebut tanpa melakukan spam
  3. Aktif dalam share tiap ada artikel baru

Kemudian saya melakukan sedikit teknik SEO diantaaranya :

  1. Konten yang berkualitas
  2. Guest blogging
  3. Mengajak kerjasama blogger lain

Tapi baru sebagian teknik SEO yang saya sudah kerjakan karena artilkel saya masih minim.

Sekarang masih membuat artikel baru tetapi masih dalam proses karena saya ingin membuat yang bermanfaat dan lengkap bagi para pembaca blog saya yang jelas sangat menjauhi dengan teknik black hat SEO

Kembali ↑


23. Dirga E [dirga.net]


Tidak ada tindakan khusus buat aku promosikan blog.

Hanya menyebarkan lewat Fans Page, Twitter, google+, dan crawling google.

Tidak lupa untuk membagikan juga ke grup blogger yang sudah gabung sejak lama.

Saya mengandalkan SEO, dan menunggu agar pembaca menemukan sendiri blogku membacanya dan mengetahui diriku dari blogku itu.

Kembali ↑


24. Vety Fakhrudin [Sundulerparents.com]


Usaha saya sih untuk mempromosikan blog diantaranya :

Share tulisan blog saya melalui media sosial, baik facebook, twitter, terkadang, instagram ataupun path.

Beberapa kali saya juga saya share melalui grup whatsapp yang kira kira membahas tema sama dengan tulisan blog saya.

Saya juga dibantu suami untuk mempromosikan blog saya di beberapa medsos 😀

Hal lainnya saya berusaha aktif blogwalking, dan ikut sharing di beberapa grup blogger.

Tak lupa juga, saya mencantumkan url blog saya dibawa identitas saya harus meninggalkan contact person dsb.

Saat ini berusaha membiasakan diri menulis 1 artikel per blog perhari.

Kembali ↑


25. Citra Pandiangan [kotacinta.com]


Kembali ke titik awal membuat blog. Dulu aku membuat blog hal-wanita.blogspot.com sekedar menyimpan data tulisanku saja sebagai jurnalis.

Karena terkadang data data data di komputer suka hilang. Lalu, aku jadi suka dunia blog sebagai buku harian dengan ide awal go green sebagai jurnal online di diary-citra.blogspot.com

Seiring waktu dari tahun ke tahun, persaingan dunia blogger semakin menarik.

Aku jadi tertarik untuk menjadi bagian dari memberikan informasi yang berbeda.

Masalahnya dulu tidak banyak blogger, sekarang semua memiliki blog berbayar maupun gratisan.

Terus bagaiamana dengan blog baruku? Kotacinta.com yang baru aku buat bisa dibaca pembaca?

Tentunya dibutuhkan siasat agar blog baru ini juga “terkenal” di dunia maya.

Langkah sederhana yang kulakukan dengan gaya lama yakni blogwalking memberikan komentar komentar di blog internasional dan lokal dengan komentar yang bermanfaat.

Tidak sekedar menuliskan kata kata blogwalking here, visit me back to. kata kata ini tentunya sudah tidak asing berlaku lagi.

Kedua, masuk ke forum forum yang sesuai dengan tema blog kita.

Misalnya saja sebagai wanita pasti beauty or health menjadi daya tarik tersendiri untuk mendatangkan visitor ke blog kita.

Ketiga, dengan menyebarkan link post kita ke sosial media,

Kenapa?

Karena membantu untuk menambah visitor secara tidak langsung.

Memanfaatkan beberapa fasilitas yang mendukung untuk mempromosikan blog kita, seperti : direktori.

agar mereka tetap tertarik untuk pembaca blog kita.

Aku rasa poin poin itulah yang sampai saat ini masih aku gunakan untuk mempromosikan blogku.

Kembali ↑


26. Anami Dera [Anamidera.blogspot.co.id]


saya share posingan terbaru di setiap sosial media dan Instan Messenger yang saya punya seperti :

Facebook, Instagram, Twitter, dan Google+ untuk sosial media

BBM, Line, dan WhatsApp untuk Instan Messenger

Saya juga menautkan url blog saya jika memberi komentar di blogger atau situs lain.

Kembali ↑


27. Aldian Andrew [Insomdroid.xyz]


Awalnya saya ngeblog karena menyalurkan ide saya mas untuk menulis. Waktu kuliah harus punya karya yang bermanfaat bagi orang lain itung itung menjalankan tridharma perguruan tinggi.

Maka lahirlah blog personal saya yang banyak berisi cerita, curhat, puisi, artikel artikel yang pernah masuk koran dan foto kalau lagi jalan jalan.

Nama blog personal saya kecoamonolog alasannya karena saya takut kecoa dan monolog maksunya curhat dengan tulisan saya sendiri.

Oh iya alamat blog personal saya di kecoamonolog.blogspot.co.id

Nah kalau yang kedua adalah blog yang isinya masalah android.

Dari tips, trik, review aplikasi sama website dan blog teman teman.

Kalau yang ini sebutulnya saya sudah lama juga namun baru saya hidupkan lagi awal tahun 2016 ini sampai saya belikan domain hehehe…

Nah untuk blog yang bernama insomdroid yang merupakan singkatan dari insomnia dan android.

Untuk promosi blognya

Misal habis posting saya biasa bagikan di sosial media terutama facebook, twitter, dan path

Grup WhatsApp yang saya ikut didalamnya. Selain itu bila ketemu teman saya bilang Saya habis nulis artikel baru dan memaksa mereka untuk membuka

Kembali ↑


28. Elisabeth Murni [Ranselhitam.com]


Untuk promosi blog sih sudah jelas. Share di semua channel sosial media.

Terus ikut banyak grup yang sesuai dengan target pembaca dan share artikel disitu juga.

Selain itu saya bikin fanspage buat blog saya.

Branding blog juga dilakukan lewat pembuatan merchandise semacam kaos yangsering saya pakai kemana mana.

Selain itu saya bikin postcard yang isinya foto foto perjalanan, terus dibelakangnya ada alamat blog.

Postcard itu saya kirimkan ke banyak kawan di pelosok negeri.

Kembali ↑


29. Ibu Bahagia [Ibubahagia.com]


Yang saya lakukan untuk mempromosikan blog saya adalah dengan menulis konten konten yang dibutuhkan pembaca dan tentunya sesuai karakter blog saya.

Setelah menulis konten yang bagus dan dibutuhkan pembaca, saya akan mempromosikan melalui sosial media.

Via Facebook, Instargram, WhatsApp (komunitas yang tepat) dan selama ini traffic tertinggi berasal dari facebook

Kembali ↑

30. Diah Dwi Arti [Damarojat.blogspot.com]

Damarojat.blogspot.com memang pageviewnya belum fantastis. Tapi Alhamdulillah sudah sampai 3 digit.

Blog yang ramai dikunjungi , apalagi interaksinya intents dan dinamis, tentu menjadi cita cita saya. Supaya blog ramai dikunjungi, ya harus rajin update dan promosi.

Rajin update tidak harus dengan One day one post lho ya.

Saya dulu pernah nyoba yang seperti ini dan ternyata saya tidak mampu maka saya tidak memaksakan diriharus posting satu artikel tiap hari.

Buat saya, tulisan dari hati pun sudah bisa menarik pembaca.

Promosi? Harus dong. Saya biasa promosi postingan baru dan lama lewat grup grup facebook dan twitter. Saya juga punya fanspage di facebook yang bisa saya maksimalkan untuk mempromosikan link.

Di instagram juga demikain, tapi tidak begitu intens.

Saat ini saya ikut satu grup collaborative blogging bersama 7 teman blogger.

Saya juga ikut arisan link bersama sekitar 20 blogger.

Ikut kegiatan semacam ini untuk meningkatkan trafik (pengunjung). Pasalnya jelas pembaca bertambah, yaitu anggota grup.

Dan juga biasanya dengan menggunakan hashtag yang memancing seperti : #collaborativeblogging bisa mendorong untuk mengkilk tulisan saya.

Blogwalking (BW) dan berkomentar di blog lain juga bisa menjadi sarana promosi.

Kembali ↑


31. Mumbul Wahyu [-]


Sebenarnya saya masih belajar di dunia blog loh ya.

Meskipun sudah lama kenal dengan dunia ini .

Tapi apalah artinya kenal tanpa pendekatan yang lebih. Jadi selama ini hanya sekedar tahu sedikit teori tanpa tahu bagaimana susah senangnya menjadi blogger.

Lima bulan yang lalu aktifitas ngeblog saya dimulai. Meskipun belum sepenuhnya siap, tapi tetap mencoba.’salah satu faktor pendukungnya adalah pertemuan saya dengan blogger asal daerah saya (jepara) mba susi (susindra.com ) dan mba jiah (jiah.my.id) disalah satu acara forum lintas komunitas.

Melihat aktivitas kedua blogger tersebut di dunia nyata, saya semakin tertarik untuk banyak tau tentang dunia blog. Meskipun saya tidak bernai kepo, tapi saya cukup mendapat banyak pencerahan dari sekedar membaca blog mereka berdua.

Mbak susi dengan teknik menulis dan jam terbang yang ciamik sempat membuat saya khawatir untuk meneruskan niat saya ngeblog.

Bahasa dan topiknya cenderung berat dan bukan kelas saya untuk menulis demikian.

Sempat down, tapi saya suka caranya menyusun kalimat yang worth it banget. Suatu saat ingin seperti beliau. Aamiin..

Lambat lain semangat saya kembali menggeliat saat melihat blog mbak jiah.

Isinya ringan dan mudah dicerna. Saya pikir inilah gaya tulisan yang saya cari. Dan sepertinya tidak sulit bagi saya untuk menciptakan yang demikian hehe.

Dari kedua blog itulah saya banyak menuai inspirasi , dari sekedar blogwalking dan meninggalkan jejak d i post yang saya sukai.

Dari keduanya pula saya melakukan blogwalking ke blog blog lain yang meninggalkan di blogpost tersebut.

Beberapa yang sering saya jadikan inspirator adalah listeninda.com, mynameera.com dan Nfirmansyah.com

Menurut gaya menulis mereka cocok saja dengan yang saya inginkan selama ini.

Ya lumayanlah buat nambah wawasan bagaimana cara mengungkapkan perasaan dengan gaya bahasa ringan dengan “aku banget”

Saya ga mau ribet soal menulis, saya mau ngeblog dari hati mengungkapkan apa yang saya rasakan. Bukan udang dibalik bakwan hehe.

Meskipun akan ada waktunya udang itu muncul ke permukaan

Kembali ↑

32. Very Barus [baroezyohbaroezy.blogspot.co.id]

Punya blog tapi tidak ada pengunjung rasanya ibarat sayur tanpa garam alias hambar.

Yaiyalah… capek-capek nulis di blog tapi tidak ada yang baca kan menyakitkan sekali.

Seakan apa yang kita kerjakan sia-sia. Nah, agar itu tidak terjadi, biasanya agar Blog gue diketahui orang atau minimal dibaca atau dikungjungi, gue akan menulis status di sosial media yang gue punya.

Membahas tentang blog gue serta mencantumkan link blog gue.

Dengan demikian, teman-teman di sosmed gue membaca status gue lalu mengklik link yang gue berikan.

Atau gue ikut bergabung di komunitas-komunitas yang bermanfaat untuk blog gue.

Lalu, setiap kali memposting tulisan, gue melanjutkan link-nya ke komunitas tersebut. Secara tidak langsung gue sudah mempromosikan blog gue. Atau rajin ikut perlombaan-perlombaan yang melibatkan blogger-blogger yang rajin nge-up date blognya.

Kembali ↑


33. Ria Buchari [Riabuchari.com]


Yang saya lakukan untuk mempromosikan blog saya adalah dengan banyak share tulisan di berbagai media social, serta banyak aktif di berbagai komunitas yang berhubungan dengan dunia blogger dan kepenulisan.

Selain itu juga banyak aktif di kegiatan offline yang berhubungan dengan dunia blogger dan penulis, sehingga banyak mendapatkan feedback dari berbagai teman dari berbagai komunitas.

Kembali ↑


34. Reffi Dhinar [wordholic.com]


Saya adalah seorang blogger ingin tahu segala, alias suka menulis banyak tema. Blog saya wordholic.com, tidak memiliki niche khusus. Motif saya memiliki blog pada mulanya hanya untuk mengungkapkan ide baik lewat tulisan cerpen, puisi, catatan liris, opini bahkan sampai penjelasan hobi saya.

Cara saya mempopulerkan blog tidak terlalu rumit, bahkan tidak banyak artikel yang saya optimasi lewat SEO.

  1. Saya selalu memposting link di beberapa grup menulis atau blogger setelah satu postingan selesai. Saya juga mengundang sesama teman blogger untuk menyukai fanpage Blog Kata Reffi, tentunya saya juga akan menyukai balik jika ada kawan blogger yang memiliki grup atau fanpage untuk blognya.
  2. Munculkan lagi postingan lama. Setelah tiga tahunan serius ngeblog, banyak sekali tulisan yang bisa dibaca ulang lalu disebarkan lagi. Saya akan mengedit atau mungkin menambah kalimat jika dirasa ada konteks yang kurang pas.
  3. Sering ikut lomba blog. Meskipun tidak selalu menang, saya akan berusaha ikut lomba atau giveaway agar brand dan juga blogger lain bisa mengenal tulisan saya.
  4. Rutin memposting blog supaya pengunjung tidak bosan. Menjaga minat pembaca blog itu gampang-gampang susah, jadi lebih baik sesekali menulis topik hangat yang relevan untuk dibahas.

Begitulah cara saya mempopulerkan blog. Saya lebih mengedepankan konten, bukan hanya desain.

Kembali ↑


35.  Muthmainnah Yuria [Muthmainnah.com]


Alhamdulillah selama ini saya melakukan beberapa point untuk promosi blog saya.

1. Menyediakan buttom share.
2. Share via sosmed
3. Branding diri via sosmed dengan sesekali soft promosi blog.
4. Blogwalking dg meninggalkan komentar.
5. Gabung komunitas.
6. Kopdar.
7. Menghadiri event dll

Saya tidak berani menuliskan “membuat konten yang bagus” karena artikel artikel saya adalah hanya sesuai dengan apa yang saya pikirkan.

Bahkan karena dikejar deadline saya pernah menulis asal asalan saja.

Kembali ↑


36. Masyudin Nur [msydn.wordpress.com]


Saya setiap menulis blog selalu berusaha menggunakan bahasa yang nyaman dibaca oleh pembaca.

Salah satu cara mempromosikan blog saya yaitu melalui beberapa akun medsoa yang saya punya, sepert facebook, google+, dan lain2.

Tidak lupa pula saya membuat halaman fans page di facebook untuk blog saya msydn.wordpress.com

Kembali ↑


37. Yenny Susanti [yeni-susanti.com]


Aku memulai menulis dengan sekedar sharing dan cerita tentang perjalananku dalam keseharian. Waktu itu yang aku lakukan hanya menulis dan cukup selesai sampai disitu tanpa memikirkan untk share atau mempromosikan tulisanku ke kalayak.

Namun akhir-akhir ini aku mulai menggiati aktivitas menulis dengan memberikan tips-tips tentang ibu dan anak kadang juga sedikit diisi dengan spot-spot wisata yang pernah kami kunjungi dengan tujuan memberikan referensi kepada pembaca yang mungkin tidak sengaja terdampar di blogku.

Semakin kesini jiwa menulisku semakin terpecut untuk terus konsisten mengisi blog, aku juga bergabng dengan beberapa komunitas blogger.

Hal itulah yang kemudian memberikan banyak pelajaran tentang blogging kepadaku.

Bahwa alangkah baiknya jika tulisan kita itu dibaca orang lain dengan harapan dapat diambil manfaatnya. Alasan itulah yang kemudian mendorongku untuk mencoba mempromosikan tulisan-tulisan di blogku.

Satu-satunya hal yang aku lakukan agar blogku mulai dilirik pengunjung adalah dengan cara share tulisan ke sosial media yang.

1. Membagikan link postingan blog di beberapa group yang membernya melek tentang dunia blogging, contohnya adalah aku sering sharing link postingan blog di group facebook “Warung Blogger”

2. Membagikan link postingan blog di group yang sesuai dengan judul postingan, misalnya aku saat aku menulis tentang travelling aku akan membagikan linknya ke group yang mendiskusikan tentang aktivitas travelling. Satu contoh lagi aku pernah membuat postingan berjudul Tips menyiapkan MPASI sehat bagi ibu bekerja dan aku membagikan linknya ke group MPASI di Facebook dan hasilnya postinganku berhasil di lihat dan di share hampir 200 acount facebook.

3. Membuat mini Giveaway. Cara ini memang sedikit memerlukan modal tetapi ini merupan cara ampuh untuk menarik pengunjung untuk mampir ke blog kita.

Demikian kira-kira beberapa hal yang sering aku lakukan untuk mempromosikan blogku.

Kembali ↑


38. Keven Keppi [EmotionalFlutter.com]


Sebenarnya ada banyak cara untuk mempromosikan blog, tapi saya lihat teman-teman lain sudah membahasnya dengan sangat lengkap, jadi saya tidak mau mengulangi lagi menulis hal-hal yg sama.
 
Saya pribadi punya satu cara ampuh untuk mempromosikan blog, sebuah cara yg hanya bisa saya lakukan sendiri. 
 
Cara tersebut adalah dengan MENJADI DIRI SAYA SENDIRI.
 
Tulisan yg saya tulis semuanya murni adalah buah pikiran saya, dari pengalaman pribadi saya. Bukan cuma ikut-ikutan trend, apalagi copas punya orang lain.
 
Begitu pula dengan inspirasi dan pelajaran hidup dan tips-tips yg saya bagikan, semuanya pernah saya alami sendiri, semuanya adalah hasil air mata dan keringat saya sendiri.
 
Jadi, kalau teman-teman pembaca ingin mendapatkan inspirasi dari pengalaman hidup saya, ingin belajar dari perjalanan hidup saya, mereka hanya bisa mendapatkannya di satu tempat, di blog saya, di Emotional Flutter.
 
Ini adalah cara promosi blog yang paling ampuh menurut saya.
 
Belajarlah banyak hal baru di dalam hidupmu.
 
Banyaklah berinteraksi dengan orang-orang yg hidupnya menarik.
 
Perkayalah hidupmu dengan pengalaman-pengalaman yg berharga.
 
Jadilah dirimu sendiri di saat menulis, jadilah seseorang irreplaceable, sesuatu yg tidak bisa tergantikan, sumber inspirasi berharga yg tidak bisa didapatkan di tempat lain.
 
Dan dengan sendirinya, blog kamu tidak akan pernah kehabisan pembaca
 

39. Eka Restu Monawanti [recallpearce.com]


Saya sudah mengenal istilah blog sejak tahun 2011, pada waktu itu saya beranggapan bahwa blog adalah salah satu media untuk berbagi informasi atau pengalaman melalui dunia maya, danitu gratis. Namun tiga bulan yang lalu saya diperkenalkan oleh teman saya tentang blog self hosted atau blog berbayar yang dapat memberikan penghasilan tambahan.

Saya pun tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang blog self hosted terstebut. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk membeli satu buah yang saya berinama BlogKece.

Pada awalnya saya membuat beberapa tulisan berdasarkan pengalaman saya dan yang sesuai dengan passion saya. Kemudian saya mulai menawarkan jasa penulisan blog ke SEO-SEO berdasarkan rekomendasi teman saya, dan alhamdulillah saya sangat menikmati dan sudah membuat beberapa artikel.

Sampai sekarang saya masih belajar mendalami dan meresapi hal-hal yang berhubungan dengan blog dan menerapkan prinsip learning by doing, untuk menambah ilmu tentang blog. Nah, sampai saat ini hal-hal yang sudah saya lakukan untuk mempromosikan blog adalah:

  • Membuat nama dan tampilan blog semenarik mungkin
  • Membuat artikel yang bermanfaat dan inspiratif
  • Sharing dengan sesama blogger
  • Bergabung dengan komunitas-komunitas blogger yang ada
  • Promo di media sosial pribadi misalnya facebook dan twitter
  • Blogwalking

Kedepannya saya ingin mempromosikan blog saya dengan mengikuti lomba-lomba dan menghadiri event-event yang berhubungan dengan blog yang di adakan di daerah saya.

Kembali ↑


40. Haeriyah Syamsudin [haeriahsyam.com]


Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya  Haeriah Syamsuddin, pemilik blog http://www.haeriahsyam.com. Saya seorang IRT dengan 5 orang anak.

Keseharian saya diisi dengan kesibukan mengurus suami, anak dan rumah serta beribadah kepada Allah Subhanahuwata ala.

Selain itu, saya juga aktif menulis.

Alhamdulillah, saat ini saya sudah mempunyai 4 buah buku solo, beberapa buku antologi serta menjadi kontributor di Majalah Sedekah Plus.

Menulis di blog sebenarnya sudah saya lakukan sejak tahun 2011.

Hanya saja, waktu itu sekadar iseng saja selain saya juga digempur dengan segudang kesibukan, mengajar di sebuah sekolah plus menjadi single parent sementara karena saat itu LDR-an dengan suami.

Akibatnya tentu saja tidak maksimal. Hanya sekadar membuka blog dan diisi tak lebih dari lima kali (sst, jangan diikuti ya ¦)

Lalu di tahun 2015, saya memutuskan untuk serius nge-blog.Namun karena sedang asyik-asyiknya menulis buku, nge-blog pun kembali dianaktirikan. Terus terang saya gaptek dan malas membaca serta mempelajari seluk beluk perbloggingan. Ribet. Akibatnya mandek lagi.

Dan kini saya kembali bertekad untuk mengoptimalkan blog-ku.Syukur-syukur bisa seperti blogger keren lainnya. Bisa nyari duit dengan nge-blog. Untuk itu langkah-langkah yang saya lakukan untuk mempromosikan blog-ku adalah.

  1. Bergabung dengan komunitas blogger/penulis

Kalau melihat akun facebookku maka ada tiga jenis group yang saya ikuti. Group penulis/blogger, group jualan (maklum emak-emak suka cuci mata) serta group parenting. Dari ketiganya yang terbanyak adalah group pertama.

Bergabung dengan komunitas dengan passion yang sama (komunitas blogger/penulis) akan membuat kita terpacu semangatnya, bisa dapat ilmu-ilmu nge-blog dari para master yang gak pelit ilmu, bahkan bisa dapat job juga. Jadi gak ada ruginya bergabung di komunitas (yang sehat, tentunya)

  1. Mengganti blog saya dengan blog berbayar. Langkah ini baru saya tempuh beberapa waktu yang lalu. Ini merupakan salah satu cara saya memotivasi diri sendiri agar lebih serius nge-blog. Selain itu, kata para master blog mengganti blog gratis menjadi berbayar akan membuat blog terlihat lebih professional dan lebih menarik di pasaran. Tapi saya tidak menafikan kalau blog gratisan juga bias menghasilkan
  2. Memilih nama domain yang simple dan mudah diingat serta langsung mengarah ke Karenanya saya memakai nama saya untuk alamat blog, haeriahsyam.com
  3. Rajin blogwalking (bw) kepostingan teman-teman blogger lainnya. Jangan lupa bw-nya sambil meninggalkan jejak sehingga kehadiran blog kita dapat dilihat dan dirasai
  4. Rajin membalas komen yang masuk ke blog kita. Usahakan menjawab sesegara Ini untuk menjaga hubungan yang baik dengan pengunjung sekaligus sebagai ucapan terimakasih atas kesediaan mereka mampir dan meninggalkan jejak.
  5. Sering-sering men-share tulisan kita di blog di semua akun sosmed yang kita miliki plus di komunitas blogger/penulis yang kita Ibarat seorang penjual, konsumen tidak akan pernah tahu apa yang kita jual jika kita tidak memperlihatkan apa-apa.
  6. Membuat kartu nama

Kartu nama ini berguna untuk memperkenalkan diri kita saat bertemu sesama blogger atau pun menghadiri undangan.

Ide ini terbetik ketika saya menghadiri salah satu acara dan saat absensi, panitia bertanya apakah saya punya kartu nama.

Nah dari situ saya berpiki perlunya seorang blogger mempunyai kartu nama. Selain terlihat lebih professional juga dapat memudahkan menjalin hubungan yang lebih jauh (sst, bukan hubungan terlarang, lho)

  1. Aktif menulis dan memosting tulisan terbaru di blog.

Kembali ↑


41. Retna Mudiasih [retnamudiasih.com]


Perkenalkan nama saya retna, awal kali ngeblog tahun 2010 hingga sekarang.
Hairi Hasbi

Pada tahun 2011 saya bergabung dalam sebuah komunitas Blogger Jogja, dimana
disana saya mendapatkan banyak teman dan wawasan tentang dunia blogging.

Dari yang awalnya ngeblog itu hanyalah sebuah hobi hingga akhirnya menjadi sebuah profesi yang bisa menghasilkan sesuatu.

Beberapa hal yang saya lakukan untuk Promosi Blog :

1. Optimasi SEO On Page dan SEO Off Page
2. Share Sosial Media (Facebook, Twitter, Google+, Path, Instagram)
3. Sering mengikuti Kontes Blogging
4. Ikut berbagai event (Contoh : IBN)
5. Job Review Produk
6. Content Placement

Kembali ↑


42. Ahmad Alfan Taufiq [bagikeunlagi.com]


Hairi Hasbi

Membangun backlink merupakan hal wajib dalam optimasi blog untuk mendatangkan pengunjung baik dari search engine maupun tempat asal di mana kita menanam backlink tersebut.

Namun tidak mungkin juga kita abaikan peran penting sosial media begitu saja, berapa banyak website dengan konten viral yang seolah begitu cepat besar hanya dalam waktu singkat walaupun mereka lebih memprioritaskan sharing konten ke sosial media.

Dalam kegiatan promosi blog, saya sendiri biasa melakukan hal – hal sebagai berikut :

1. Share ke Media Sosial Secara Gratis & Berbayar
Saya sering menggabungkan dua cara ini, gratis dan berbayar.

Saya tetap rutin share ke grup – grup facebook maupun g+ yang relevan dengan tema artikel terkait, dan sesekali memanfaatkan facebook ads kadang juga twitter ads.

Jika kebetulan anda memiliki budget lebih untuk blog, saya kira cara ini merupakan opsi yang tidak buruk.

2. Aktif di Forum Online, Termasuk Grup Facebook

Saya percaya, dengan lebih aktif di forum tertentu dan lebih banyak memberikan solusi dari permasalahan member lain, itu artinya saya sedang membangun otoritas di forum tersebut.

Jadi tidak hanya sekedar sebar konten dari forum satu ke forum lainnya, anda harus memberikan sesuatu, agar mendapatkan sesuatu yang anda ingin, seperti tambahan traffic blog.

Kembali ↑


43. Sumiyati Sapriasih [sumiyatisapriasih.blogspot.co.id]


Dulu, tempat curahan hati dan keluh kesah kita tulis dalam buku diary.

Kini jaman sudah digital yang dapat merubah segalanya. Awalnya aku menulis di blog hanya untuk mengisi waktu luang saja, tapi makin lama saya jatuh cinta untuk menulis karena menulis itu dapat membuat pikiran lebih terbuka dan luas serta menjadikan otak semakin jernih.

Itulah sebabnya kenapa saya tertarik dalam dunia blog, karena kita bisa menulis dengan rasa nyaman sehingga dapat menyampaikan informasi dan inspirasi yang dapat berguna bagi masyarakat.

Mempunyai blog yang baik adalah blog yang dapat memberikan informasi terkini dan inovatif sehingga blog kita sering dikunjungi banyak orang dan lakukan menulis setiap hari minimal 1 tulisan dengan berita terkini.

Untuk mempromosikan blog agar trafix meningkat lakukan global google share yang mencakup 4 serangkai :

  1. Google
  2. Bing
  3. Yahoo
  4. SEO

Jika kita lakukan ketentuan diatas setiap hari otomatis netizen maupun perusahaan iklan akan melihat blog kita yang makin hari trafixnya makin meningkat dan satu hal yang perlu diketahui, lakukan liputan reportase sehabis kita mendapat undangan yang kita hadiri seperti ini “Blog Liputan Reportase” hanya di http://sumiyatisapriasih.blogspot.co.id

Kembali ↑


44. Astutiana Mudjono [astutianamudjono.com]


Saya seorang guru sekaligus nenek dari 4 orang cucu. yang berusia 55 tahun.

Mengenal blog sejak tahun 2009 tapi tidak ditekuni secara serius.

Saya suka menulis dan berbagi. Karya saya ada 4 buku kroyokan atau antologo. 2 novel hidayah, 1 buku parenting semua dicetak indie. 2 buku mapel bahasa Inggris. 1 buku storie cake yang sedang proses cetak.

Bergabung dengan nitizen Kompasiana, IIDN Soloraya. KEB dan komunitas blogger Solo. Saya paling rajin Blog Walking untuk menyapa dan menambah wawasan dengan mempelajari berbagai tulisan.

Bercita cita meninggalkan jejak yang baik sebelum menghadap yang Kuasa.

Saya bisa diakses di 089692593804 akun facebook saya astutiana. M. @Astutiana. M. IG. Astutiana M.

Kembali ↑


45. Arif mardiyanto [Bingomedia.co]




Promosi blog..

Sebelum mikir promosi, biasaya aku mikir content dulu..

Ingat prinsip content is the king.. Konten yang baik akan menjadi investasi promosi tersendiri.. Create unique content, never copy paste and write it more before you go to promotion

Jika benar benar ingin membangun blog yang besar, bahkan promosi saya lakukan di tahun ke dua

Karena di tahun pertama saya hanya mikir bagaimana membuat konten yang bagus

Great content will promote you automatically

Promosi yang gencar tanpa didukung produk / konten yang berkwalitas adalah misi bunuh diri

Kembali ↑

Cara Promosi Konten Blog ala 45 Blogger Indonesia [Wawanacara List]

17 thoughts on “Cara Promosi Konten Blog ala 45 Blogger Indonesia [Wawanacara List]

  • October 6, 2017 at 9:07 am
    Permalink

    waahh sangat membantu banget buat blogger pemula kayak aku
    makasih ya kak

    Reply
  • August 2, 2017 at 6:14 am
    Permalink

    Wahhh sangat membantu ini kak..
    kebetulan saya blogger pemula…
    thanks atas infonya..

    Reply
  • July 21, 2017 at 9:57 am
    Permalink

    Mantap ini…referensi top buat para blogger yang baru mengepakkan sayapnya…hihi

    Reply
    • July 22, 2017 at 7:12 am
      Permalink

      iya kakak. semoga bertamabah yng mencarinya untuk diterapkan pada blog mereka.

  • July 1, 2017 at 6:16 pm
    Permalink

    Akhirnya bisa menemukan situs ini,, dan untuk bisa dibuat panduan untuk orang yang ingin mempromosikan website..

    Agak Menguras waktu sebenarnya,, Pilih yang berbayar saja,, hhhh

    Reply
    • July 2, 2017 at 1:42 am
      Permalink

      Betul banget, sangat menguras waktu ^_^

      Kalau mau cepet cukup pake facebook ads, google adword atau cari orang ahli seo yg bisa mengembangkan website bisa rame ^_^

      Disinilah seorang blogger – pemilik situs harus punya sklill pemasaran 🙂

  • May 9, 2017 at 10:46 pm
    Permalink

    Jika aktif di grup facebook? Apakah harus menjadi admin atau member biasa?

    Reply
    • May 10, 2017 at 2:30 am
      Permalink

      Halo MMSA

      Tidak harus mas. Member biasa ataupun admin sama

      Siapa yang aktif sering diskusi sering membantu dan memberi solusi ke member yang bertanya akan meningkatkan reputasi mas sebagai orang yang suka membantu

      Tapi jika menyebarkan link selalu tanpa aktif diskusi atau sharing sama aja membunuh branding mas

      Untuk jadi admin bisa lebih leluasa lagi. Saran saya buat grup yang mana mas admin grupnya.

      Kalau mau tanya lagi silahkan reply ini

  • April 12, 2017 at 12:40 pm
    Permalink

    Kalau share ke media sosial ini paling males gan

    Reply
  • April 8, 2017 at 6:48 pm
    Permalink

    rupanya para blogger itu sangat kreatif ya dan banyak ilmu baru yang bisa kia pelajari kalau kita memang mau serius belajar dari dunia blogging. sumbernya sangat banyak

    Reply
  • March 10, 2017 at 10:04 am
    Permalink

    Dapat ilmu meningkatkan pengunjung nih. Semoga semakin ramai pengunjung blog saya.

    Reply
  • March 9, 2017 at 9:17 am
    Permalink

    Jadi tersadarkan ternyata nama blog saya terlalu rumit ya Alhamimdwiputra. Sedangkan dalam kehidupan sehari hari seringkali orang2 susah mengingat dan mengucapkannya yang saya harus lakukan apa ya? Kalau diganti namanya nanti akan berpengaruh gak ya?

    Reply
    • March 22, 2017 at 6:02 am
      Permalink

      kalo belum ada pengunjung ramai yak masalah mas..

      kalo udah ramai nama itu juga tak apa apa

  • February 27, 2017 at 9:37 am
    Permalink

    Wah bener banget sangat berpengaruh dalam berpromosi blog itu tujuannya untung mencari traffik, melainkan selain berburu traffik sebagai branding juga.

    Reply

Leave a Reply