Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

10+ Daftar Komunitas Menulis di Indonesia

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

Semakin banyak dan tunbuh subur komunitas menulis atau kepenulisan.

Ada juga komunitas menulis yang tidak bertahan lama sehingga komunitas itu perlahan – lahan mati suri atau tidak ada aktivitasnya sama sekali.

Mukhofas sebagai pemilik BauBlogging akan memberikan informasi komunitas menulis yang aktif maupun yang tidak ada gaungnya sama sekali

1. Komunitas BauBlogging – 

Merupakan Komunitas khusus untuk saudara pembaca situs website BauBlogging, Situs ini lebih membahas informasi yang berhubungan dengan kebloggeran (Blogging), Kepenulisan dan Internet Marketing.

Sehingga saudara yang memiliki minat pada blog atau situs web dan atau mungkin memiliki blog tapi belum terkelola dengan baik maka di komunitas ini saudara akan mendapatkan informasi  bagaimana cara mengelola hingga tips ngeblog yang baik dari para anggota yang lebih ahli dari saudara.

Dalam kepenulisan juga begitu, bila saudara suka menulis dan mau mengembangkan bakat dan melatih menulisnya juga bisa bergabung sehingga mendapatkan informasi seputar cara pembuatan cerpen, menullis buku novel hingga meramu hal – hal kompleks dalam kepenulisan baik itu fiksi maupun nonfiksi atau faksi.

Tidak sampai disitu saja, Saudara juga akan diberikan wawasan informasi marketing atau pemasaran yang sangat dibutuhkan dalam memasarkan karya tulisan saudara sehingga mendapat pembaca yang akan membaca tulisan tulisan saudara. Dalam ilmu marketing tidak sekedar memaparkan cara pemasaran karya saja, tapi juga pemasaran produk dagangan jualan jika saudara seorang pebisnis online.

Kepoin Aja:  18 Penulis Blog / Blogger yang Sukses Menulis dan Menerbitkan Buku dari Rajin Menulis di Situs Website Blog + Blog Para Penulis

Jadi jangan meremehkan bergabung di komunitas ini (Ingat kisah Nokia yang digencet oleh pemain baru Android) yang membuat perusahaan itu tidak ada gaungnya beberapa tahun silam sejak kemunculan Android

2. Forum Lingkar Pena

Komunitas penulis ini diinisiatori oleh Helvy Tiana Rossa (Saudara Perempuan penulis Muslimah Indonesia Terkenal) 

 

 

3. Komunitas Bisa Menulis

Komunitas ini buat saudara yang ingin bisa menulis. Disini saudara dilatih dan dibimbing sama para ahli yang telah melintang dalam kepenulisan.

Telah dibahas dan kaya ilmu ilmu kepenulisan baik itu cara menulis sudut pandang, menentukan majas, (Saudara tinggal baca dan membuka dokumen grup yang ada di Komunitas Bisa Menulis) secara gratis tanpa bayaran sepeserpun.

Bila saudara tidak memanfaatkan itu suadara sungguh rugi karena bagi Mukhofas itu salah satu ilmu mahal yang harus dimiliki oleh penulis pemula untuk menjadi penulis profesional dan dikenal oleh masyarakat di kemudian hari nanti.

Mukhofas telah membaca sebagain dokumen – dokumen grup KBM yang kaya akan ilmu kepenulisan yang mungkin tidak didapatkan di komunitas online serupa.

4. Komunitas Goodreads

5. Komunitas Penulis Fiksi Sastra Indonesia – Rumpunnektar

6. Komunitas Dunia Menulis – Penulis.co

7. Komunitas Penulis Kreatif (KPKers)

8. Forum Aktif Menulis (FAM)

9. Komunitas Ibu – Ibu Doyan Nulis

10. Komunitas Penulis Muda

11. 

 

Komunitas penulis sangat cocok untuk siapa saja entah saudara masih pemula, seorang yang kreatif, umurnya masih muda, tinggal kota mana dimanapun (termasuk Jakarta, Bandung, Semarang, Solo) dan sebagainya. 

Siapa saja berhak untuk bergabung dan mendapatkan ilmu yang sedang saudara cari sedalam – dalamnya.

Saudara tidak akan mendapatkan bobot bertambah ketika saudara tidak memiliki motivasi yang kuat dan tekun dalam menangkap setiap informasi atau wawasan baru untuk menjadi seorang penulis sukses dan produktif baik itu penulis freelance/online, penulis buku, penulis dengan berbagai hal – hal yang terkait dengan tulis menulis itu sendiri.

Kepoin Aja:  20 Daftar Penerbit Indie (Independen) Di Indonesia | Tips Memilih Penerbit Buku Indie agar Tidak Menyesal Kemudian

 

 

 

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *