Saudara tidak tahu cara membuat blog atau malas dan penginnya blognya udah jadi? BauBlogging menyediakan jasa buat blog langsung jadi. cek info jasanya

Dapatkan Pengetahuan Strategi Menulis, Mengelola Blog + Trik Pemasaran Ampuh Setiap Minggunya

* indicates required

Jenis – Jenis Artikel Ilmiah

Mau Ikut Belajar Nulis Cerpen, Novel, dan Puisi dan Mendapatkan Honor dari Media Cetak ga sob? Syaratnya harus Join Dulu Mau Ikut Belajar Ngelola dan Ngembangin Blog dari para mastah ga Sob? Syaratnya harus Join Dulu Mau Ikut Komunitas Nulis dan Ngelola Situs Website ga sob? Join aja dan Follow Instagram Admin

Jenis – Jenis Artikel Ilmiah

Berdasarkan sumber datanya, artikel ilmiah dibedakan menjadi dua, yaitu artikel penelitian dan artikel non penelitian. Kedua jenis artikel ini akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Artikel penelitian

Artikel penelitian adalah artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian sendiri secara sistematis dengan mengikuti pedoman penulisan artikel ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan.

 

Artikel ini dibuat untuk dipublikasikan di dalam jurnal maupun buku – buku yang berisi kumpulan artikel.  

 

Artikel ini biasanya ditulis dengan dua cara yaitu:

 

#1. Sebelum laporan, hal ini ditulis untuk mendapatkan masukan – masukan atau saran dari orang yang ahli atau disebut juga dengan pembimbing.

 

#2. Setelah laporan tehnis. Ini dilakukan setelah laporan mendapatkan revisi sehingga sudah benar – benar siap untuk dipublikaskan. 

 

Sistematika penulisan artikel:

 

1. Judul

2. Nama Penulis, Nama pembimbing dan e mail penulis

3. Sponsor / Instansi tempat bernaung

4. Abstrak

5. Kata kunci

6. Pendahuluan

7. Metode

8. Hasil

9. Pembahasan

10. Kesimpulan dan saran

11. Daftar pustaka

2. Artikel non penelitian

Artikel ini dibuat bukan didasari oleh penelitian langsung, akan tetapi bisa bersumber dari buku ataupun jurnal – jurnal penelitian lainnya.

 

Meskipun begitu, artikel non penelitian juga ditulis secara sistematis dan terstruktur.

 

Bedanya adalah hanya ada pada sistem numerisasisnya saja. Pada artikel penelitian, sistem penomeran harus ada, sedangkan artikel non penelitian tidak menggunakan sistem penomoran, baik angka maupun abjad.

 

Artikel ini hanya berisi paragraf – paragraf yang terdiri antara 10 hingga 20 halaman.

 

Namun, artikel ini juga memiliki bagian – bagian essential di dalam penulisan artikel ilmiah, seperti judul artikel,  nama penulis, pendahuluan, bagian isi, bagian penutup, daftar pustaka.

 

Ketentuan menulis artikel ini sama dengan menulis makalah atau laporan penelitian, sehingga bagian abstrak dan kata kunci tidak ada di dalam artikel ini.  

Contoh Artikel Ilmiah 

Belum ada, contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *