Apa itu (Pengertian Definisi) Lead dalam Karya Tulis? (Feature, Cerpen, Novel, Karangan) + Macam Jenis Model Lead Karangan

Sebagian darimu mungkin bingung dan belum paham apa yang dimaksud “Lead” dalam suatu karangan? Tegasnya seperti Feature.

Ketika saya pertama kali dan berulang kali membaca sebuah buku karangan Sudaryanto berjudul: Menguangkan ide, Kaya dari Menulis Artikel halaman 56 yang menjelaskan tentang Lead.

Dari situ mendapatkan informasi padanan kata lain dari Lead yakni Intro

Lalu saya mencari di kamus bahasa inggris tentang Intro. Dan mendapatkan kesimpulan yang pasti bahwa Intro dalam bahasa inggris ini yang bermakna Introduction apabila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah pengenalan, perkenalan, kata pengantar, kata pendahuluan, prawacana, prakata, pengantar.

Jadi secara tegas arti dari Lead disini bisa berarti pengenalan, perkenalan, kata pengantar, kata pendahuluan, prawacana, prakata, pengantar.

Bisa pula kata – kata pembuka pada halaman awal suatu karangan.

Macam – macam Lead (Introduction)

Dalam menulis suatu karangan. Katakanlah karangan apa saja ruang lingkupnya baik itu artikel opini yang sering muncul di media massa, resensi buku yang terdapat pada rubrik resensi, cerpen yang ada rubrik khusus cerpen ataupun feature berita.

Yang pasti Lead disini adalah suatu kata pembuka pada awal setiap karangan.

Lalu jenis – jenis model Lead Introduction?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *