Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Apa Itu Puisi dan Definisi?

Puisi adalah bentuk karangan yang terikat oleh rima, ritma, ataupun jumlah baris serta ditandai oleh bahasa yang padat

Puisi adalah karya sastra hasil ungkapan pemikiran dan perasaan manusia yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait serta penuh dengan makna.  

Puisi lebih condong kepada bunyi atau bentuk makna yang hendak disampaikan.

Menurut para ahli / pakar puisi

Herman J Waluyo (1992):

bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semjua kekuatan bahasa struktur fisik dan struktur batinnya. 

John Keats:

sebuah usaha narasi proses pemikiran atau logis. Dia tidak menyiratkan sebuah puisi yang tidak masuk akal atau tidak mempunyai narasi.

Pradopo:

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam bentuk wujud yang paling berkesan

H.B. Jassin:

sebuah pengucapan dengan sebuah perasaan yang didalamnya mengandung sebuah pikiran – pikiran dan tanggapan – tanggapan.

Ralph Waldo Emerson:

mengajarkan sebanyak mungkin denga kata – kata yang sedikit mungkin.Thomas Carlye: ungkapan pikiran yang bersifat musikal.

Wiliam Wordsworth:

suatu luapan spontan dari perasaan – perasaan yang kuat.Roman Jacobson: mengarahkan segenap upaya dan perhatian pada unsur – unsur teks itu sendiri.James Reevas: ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat.

Herbert Spencer:

bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan .

Dunton:

pemikiran manusia secara konkret dan artistik dalam bahasa serta berirama (seperti musik)

Puisi Menurut zamannya

Puisi Lama

Adalah puisi sebuah puisi yang masih terikat oleh suatu aturan – aturan. Aturan puisi lama seperti jumlah kata yang terdapat dalam bait, persajakan atau rima, banyak suku kata pada tiap baris serta irama.

Ciri – Ciri Puisi Lama

1. Karya turun temurun yang merupakan puisi rakyat tak dikenal nama pengarangnya

2. Disampaikan lewat mulut ke mulut, jadi merupakan sastra tulisan

3. Terlihat kaku, karena sangat terikat oleh berbagai aturan – aturan seperti jumlah baris tiap baitnya, jumlah suku kata  setiap pada setiap barisnya maupun rima.

4. Menggunakan sebuah majas / gaya bahasa tetap dan klise

5. Biasanya berisi tentang sebuah kerajaan, fantastis, serta istanasentris

Puisi Baru

Adalah sebuah puisi yang sudah tidak terikat oleh suatu aturan. Puisi baru mempunyai banyak bentuk yang lebih bebas dibandingkan dengan puisi lama baik dalam hal jumlah baris, suku kata maupun rima.

Unsur – unsur Puisi

Ada 2 unsur dalam puisi

1. Unsur Intrinsik

2. Unsur Ekstrinsik

Jenis – Jenis atau Macam -Macam Puisi

Jenis dan Contoh puisi lama 

Mantra dan contohnya

Adalah suatu ucapan – ucapan yang masih dianggap mempunyai suatu kekuatan ghoib

Contoh:

Pantun dan contohnya

Adalah puisi lama yang memiliki ciri yang bersajak a-b-a-b, pada tiap barisnya terdiri atas 8 hingga 12 suku kata, pada 2 baris awal pantun disebut dengan sampiran, pada baris berikutnya disebut dengan isi, tiap bait 4 baris

contoh:

Karmina dan contohnya

Adalah salah satu jenis pantun yang kilat seperti sebuah pantun tetapi sangat pendek.

Contoh:  

Gurindam dan contohnya

Adalah salah satu jenis puisi yang terdiri dari tiap bait 2 baris, yang bersaja a-a-a-a, dan biasanya berisi sebuah nasihat.

contoh:

Seloka dan contohnya

Adalah sebuah pantun yang berkaitan

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

contoh:

Syair dan contohnya

Adalah suatu jenis puisi yang bersumber dari sebuah negara arab dan yang mempunyai ciri pada tiap bait 4 baris, bersajak a-a-a-a yang biasanya berisi sebuah nasihat atau sebuah cerita.

Kata syair berasal dari bahasa arab yang berarti syu’ur yang mempunyai arti perasaan, sehingga bias disimpulkan ekspresi perasaan atau pikiran dari orang yang membuatnya 

Ciri – ciri syair

1. Syair terdiri atas empat baris atau larik dalam setiap baitnya

2. Setiap baris terdiri dari 8 –14 suku kata

3. Dalam setiap bait syair memberi arti sebagai satu kesatuan

4. Syair bersajak a-a-a-a

5. Tidak mempunyai sampiran, layaknya pantun. Jadi pada syair, semua baris mengandung isi dan makna

6. Makna syair ditentukan oleh bait – bait selanjutnya

7. Bahasa syair berbentuk kiasan

8. Syair biasanya berisi tentang dongeng, cerita, petuah, dan nasihat

9. Irama terjadi pada setiap pertengahan baris antara 4 – 6  suku kata)

Jenis – jenis syair

Syair ada beberapa seperti syair agama, syair panji, syair romantis, syair sejarah, syair kiasan, syair nasehat, syair pendidikan1.

1. Syair sejarah

Ialah syair yang temanya

Contoh syair sejarah:

2. Syair agama

3. Syair panji

4. Syair kiasan

5. Syair pendidikan

6. Syair nasehat

Contoh syair nasehat :

Dengarkanlah wahai kawan sejati,

Syair sedrhana dari lubuk hati,

Tentang hidup dunia fana ini,Tentang kerikil yang kena dihadapi,Hidup sementara hanyalah untuk beribadat,Bukan mengumpat bukan maksiat,Janganlah terbuai godaan syahwat, Hingga ibadah kena terlewat,Janganlah lalai akan sholat,Janganlah kikir akan zakat,Kenalah kitalah perbanyak sholawat,Guna bekal kelak di akhirat,Tuhan tak pernah lupa,Tuhan pun tak pernah memalingkan kita,Sebab tuhan selalu bersama kita,Tapi kita selalu lupa pada-Nya,Kemanakah kita di waktu bahagia,Memilh sesama meluapkan suka, Kemanakah kita di kala lara,Teringat Tuhan mengeluh duka,Cobalah tuk selalu ingat pada ilahi, Berdoa dan berserah diri,Baik suka duka dalam diri,Ya Allah ya Tuhan kami,Seringkanlah kita memohon ampun,Agar jiwa laksana embun,Janganlah sampai nanti tertegun,Saat nyawa lepas dari ubun – ubun,

Talibun dan contohnya

Adalah sebuah pantun genap yang tiap baitnya terdiri dari sebuah blangan genap seperti 6, 8, ataupun 10 baris.

contoh:Jenis dan Contoh Puisi Baru

Balada dan contohnya

Puisi yang menceritakan tentang kisah dari sebuah karangan pribadi, mitos, atau legenda yang diyakini kebenarannya di masyarakat. Terkadang ditulis menyerupai dialog oleh pengarang dengan tujuan untuk menghidupkan cerita yang ada didalamnya. Sebuah puisi tentang cerita.

Ciri -Ciri Puisi Balada

1. Terdiri dari 3 bait dan masing – masing dengan 8 larik serta dengan suatu skema rima a-b-a-b-b-c-c-b.

2. rimanya berubah menjadi a-b-a-b-b-c-b-c.

3. Pada larik terakhir dalam suatu bait pertama digunakan refren dalam bait – bait selanjutnya.

contoh:

Balada Terbunuhnya Atmo KarpoDengan kuku – kuku besi kuda menebah perut bumiBulan berkhianat gosok – gosokan tubuhnya dipucuk – pucuk paraMengepit kuat – kuat lutut menunggang perampok diburuSurai bau keringat basah, jenawi pun telanjangSegenap warga desa mengepun hutan ituDalam satu pusaran pulang balik Atmo KarpoMengutuki bulan betina dan nasibnya yang malangBerpancaran bunga api, anak panah dibahu kiriSatu demi satu yang maju terhadap darahnyaPenunggang baja dan kuda mengangkat kaki mukaNyawamu barang pasar, hai orang – orang bebal!Tombakmu pucuk daun dan metiku jauh orang papMajulah Joko Pandan! Di mana ia?Majulah ia karna padanya seorang kukandung dosaAnak panah empat arah dan musuh tiga silangAtmo Karpo tegak, luka tujuh liangJoko Pandan! Di mana ia?Hanya padanya seorang kukandung dosa Bedah perutnya tapi setan masih 

Himne dan contohnya

Disebut juga gita puja sejenis nyanyian pujaan, biasanya ditujukan untuk tuhan, dewa. Kadang juga pujian – pujian untuk tanah air tercinta serta pahlawan yang telah ikut berjuang membela kemerdekaan. Berasal dari bahasa yunani, “hymnos” yang berarti pujian atau pujaan.

contoh:

Bangsakuaku kecil namun aku tak bisa dianggap kecilaku lemah namun aku tak bisa menyerahselama nyawa masih melekat di dalam ragadan suara detak jantung masih terasaku akan terus berlari mengejar sang suryawalaupun aku miskin bukan bearrti aku tak punya dengan semangat empat limadengan suara lantang merdekaku terus kobarkan sang sakademi bangsaku tercinta(ditulis oleh Fia Afridah)

Ode dan contohnya

Disebut juga sebagai Oda adalah sebuah puisi lirik berisikan semangat pujaan dalam nada agung dan tema serius. Atau juga mengungkapkan sanjungan atau pujaan kepada orang – orang yang berjasa.

Karateristik bahasanya terlihat berbeda daripada puisi – puisi baru jenis lain. Kata “Ode” berasal dari bahasa yunani yang berarti nyanyian 

contoh:

Guruku…Engkau pahlawankuPahlawan tanpa tanda jasaEngkau menemaniku Saatku di sekolahSaatku belum mengenalmuEngkau mengajarikuMulai dari taman kanak – kanakEngkau kusampai kuliah

Guruku …Takkab kulupakan semua jasamuYang telah bersusah payah mengajarikuHingga aku bisaTerima kasih gurukuThank you guruku(ditulis penyair tanpa nama)

Epigram dan contohnya

Adalah jenis puisi yang berisi ajaran hidup atau tuntunan kearah kebenaran. Berasal dari kata “epigrama” dari bahasa yunani yang berarti pedoman, teladan, nasihat, atau ajakan untuk melakuka n hal – hal yang benar.

contoh:

hari ini tak ada tempat untuk berdirisikap lamban berarti matisiapa yang bergerak, merekalah yanv berada di garis depan,yang menunggu sejenak sekalipun pasti tergilas

Romance dan contohnya

Puisi yang berisi tentang kisah – kisah percintaan, romance pada umumnya lahir dari pengalaman pengarang tentang kisah percintaan yang pernah dialaminya. Atau bisa juga dari pengamatan pengarang terhadap orang – orang sekitar yang tengah menjalin hubungan cinta dengan pasanga mereka.

contoh:

aku mencintaimuseperti bunga mencintai keharumannyaseperti hujan mencintai tetes airnyaseperti bulan mencintai malamnyaseperti matahari yang mencintai cahayanyajantung ini tidak akan berdetak selamanyatapi jika tuhan mengijinkanselama jantungku berdetakijinkan mencintaimu dalam ketulusan 

aku mencintaimubukan karena aku kagum pada dirimuhanya ini membuatmu sempurnameski aku tak pernah sempurna

aku mencintaimu bukan kemarin atau saat initapi percayalah, kemarin, kini, dan nantiadalah saat – saat di mana aku kan terus mencintaimu 

Elegi dan contohnya

Bisa juga disebut sebagi syair atau nyanyian yang mengandung ratapan, tangisan, kesedihan, dan ungkapan dukacita (khususnya pada kematian). Objek yang digambarkan didalam elegi biasanya berupa pengalaman – pengalaman pahit hal – hal yang oernah dialami atau juga bisa berupa penyesalan atau sesuatu yang pernah dilakukan di masa lalu.

contoh:

Doa dan Khilafdalam rintihan hatiaku menyebut nama-Murenungi dosa yang tak terampunikhilaf – khilaf kian perihsembahyangku bersuujud kepada-Mumerangkai doa yang kian banyakmenepis rasa sesal di hatioh Tuhan…hanya kepada-Mu aku memohonAmpunilah dosa dan khilafku(ditulis oleh Dhea Permata Resky)

Satire dan contohnya

Satire / gaya bahasa bahasa / majas yang dipakai dalam kesusastraan untuk menyatakan sindirian terhadap suatu keadaan atau seseorang. Tapi dalam dunia puisi masuk jenis puisi baru yang berisi sindiran atau kritik kepada penguasa atau orang yang memiliki kedudukan (kekuasaan / jabatan). Berasal dari bahasa latin (satura)  contoh:Aku bertanya…Tetapi pertanyan – pertanyaankuMembentur jidat penyair – penyair salon,Yang bersajak tentang anggur dan rembulan,Sementara ketidakadilan terjadi disampingnya,Dan delapan juta kanak –kanak tanpa pendidikan,Termangu – mangu dalam kaki dewi kesenian(W.S Rendra “Aku Bertanya”)

Distikon dan contohnya

contoh:

Terzinaa dan contohnya

contoh:

Kuatrain dan contohnya

contoh:

Kuint dan contohnya

contoh:

Sektet dan contohnya

contoh:

Septime dan contohnya

contoh:

Oktaf / Stanza dan contohnya

contoh:

Soneta dan contohnya

Adalah puisi yang terdiri atas 14 baris yang terbagi menjadi dua, dua bait pertama masing – masing tiga baris. Soneta berasal dari kata sonneto (bahasa italia) perubahan dari kata sono yang berarti suara

contoh:

 

Cara Menulis Puisi Berkualitas

 

 

Macam – Macam Puisi Lama dan Baru (Ciri -Ciri, Unsur dan Struktur) serta Contohnya yang Layak Diketahui [Lengkap]

Leave a Reply