• 10 Manfaat Bergabung atau Ikut Komunitas Blogger dan Menulis

    BAU BAU

    Jangan dianggap sebelah mata komunitas blogger bila saudara ingin menjadi blogger profesional dan ingin mendapatkan penghasilan dai ngeblog.

    Ditekan kan juga bagi saudara yang memiliki mimpi atau cita – cita  menjadi seorang penulis. Bergabung ke komunitas blogger suatu keharusan. Seseorang penulis yang belum kenal dunia blogging lanjutan dan hanya sekedar kenal blog saja akan terkejut setelah menyimak lebih mendetail di komunitas.

    Jangan membuat kita menutup mata tentang dunia blogging yang menyenangkan dan semakin melejit di masa depan.

    1. Mendapatkan ilmu dan wawasan

    Sadar atau tidak akan mendapatkan ilmu dan wawasan baru yang belum pernah saudara ketahui selama ini. Diantara blogger yang berkumpul tersebut memiliki wawasan yang berbeda-beda.

    Dari diskusi sesama blogger – penulis  dimana saudara berkumpul.

    Misal Mukhofas seorang bercita – cita menjadi penulis buku best seller. Dengan ikut menyimak ilmu yang disampaikan para guru – guru blogging dan seluk  beluknya akan menjadi tahu sebab menjadi blogger juga kemungkinan juga menjadi seorang penulis. 18 Blogger ini yang juga seorang penulis buku sebagian ada yang karyanya best seller /  laris manis di pasaran

    2. Menambah Teman dan Jaringan

    Tentu saja, yang namanya bergabung di komunitas dan aktif akan mendapatkan teman baru.

    Membangun networking atau jaringan memiliki peran signifikan dalam membantu karir blogging saudara sukses.

    3. Menggali Potensi dan Kompetensi Diri

    Membuat kita tersadar akan potensi dan kompetensi diri. Dimana ketika saudara melihat salah satu anggota komunitas yang sudah memiliki segudang pengalaman didalamnya membuat saudara sadar diri akan potensi selama ini diketahui tapi belum bisa maksimal.

    Mereka yang bergabung dalam komunitas akan memberi testimoni / komentar tentang potensi apa yang ada dalam diri saudara yang harus layak diperkembangkan makin dimaksimalkan lebih baik dari sebelumnya.

    Jangan antipati terhadap kritik yang akan membuat saudara down atau putus asa. Anggap kritikan itu masukan yang sangat mahal dan berharga yang saudara tidak tahu kelebihan selama ini.

    4. Mendapatkan Ide dan Inspirasi Menulis

    Pernahkah saudara berkata : saya tidak bisa menulis, tidak tahu harus menulis apa di blog, bingung mau nulis darimana? dan masalah-masalah lain yang dihadapi.

    Nyatanya untuk mendapatkan ide dan inspirasi menulis bagi blogger / penulis yang jarang berinteraksi atau berdiskusi dengan blogger / penulis lain akan sulit. Padahal sangat sederhana sekali untuk mendapat ide dan inspirasi dari sekitar lingkungan kita. Cuma kurang brainstorming

    Sehingga ada juga diantara saudara merasa buntu ketika menulis disebabkan ketidaksediaan ide untuk menulis.

    Dengan bergabung saudara akan mendapatkan lonjakan amunisi dan  inspirasi sebagai bahan menulis konten blog tentunya.

    Apalagi dari diskusi / sharing yang saudara ikuti bisa ditulis / dicatat di blog dan mengajak anggota komunitas yang dikuti tersebut untuk berkunjung dan membaca konten yang sudah ditulis. Jangan takut malu, harus berani.

    Dari ikut komunitas ini saudara akan sadar arti penting Blogwalking yang bagi sebagian blogger adalah salah cara untuk mendapatka ide dan menemukan inspirasi menulis yang sekian lama mandeg.

    5. Promosi Blog dan Dikenal Orang Komunitas

    Ketika sudah aktif dan suasana kekeluargaan dalam komunitas begitu erat, saling kasih mengasihi satu sama lain, saling membantu.

    Apabila dalam tahap yang positif hal ini bisa dimanfaatkan untuk share blog / artikel blog yang harus diberitahu oleh anggota lain untuk dikunjungi dan dibaca.

    Semakin saudara aktif berdiskusi, membantu blogger lain lambat laun nama saudara akan dikenal dibenak mereka. Dan hal ini suatu hal yang berharga bagi branding blog saudara.

    Baca Juga : 50++ Daftar Komunitas Blogger di Indonesia

    6. Menghilangkan Kebosanan dan Kejenuhan

    Bagamana rasanya kalau saudara setiap Hari, Minggu, Bulan dan Setiap Saat menulis terus?

    Apakah tidak muncul rasa bosan dan penat yang menghampiri saudara?

    Pasti bosan bukan? Saya pribadi juga mengalami kendala serupa.

    Dengan berkumpul dengan orang yang memiliki tujuan sama di komunitas hal itu bisa membuat saudara lega dan terhibur atau malah semangat bangkit dari masa lalu.

    7. Menambah dan Menguatkan Motivasi Ngeblog

    Pasti kita sering punya rasa malas ngeblog dikala tidak punya teman sehobi?

    Hal ini juga sering saya alami ketika masih awal awal sebagai blogger pemula.

    Tapi dengan bergabung dan ikut berpartisipasi dan mendapatkan ilmu baru akan membuat kita semakin bertambah semangat.

    Ada seorang nenek suka ngeblog dan usianya sudah sepuh begitu antusias dan aktif menulis di blog. Nama beliau Ibu / Nenek Yati Rachmat. Saudara bisa membaca pada postingan 18 Blogger yang Sukses Menulis dan Menerbitkan Buku dari Blog

    Apalagi anggota komunitas blogger tidak berisi satu dua orang saja, tapi bisa lebh sehingga hal ini bisa memacu semangat dan saudara haus bisa menjadi hebat seperti yang saudara lihat ketika melihat blogger lain.

    8. Mendapat Job

    Beberapa blogger yang memiliki hubungan dekat dengan brand ternama atau advertiser yang ingin bekerjasama dengan blogger akan mendatangi / bekerjasama dengan komunitas. Mereka (advertiser) akan mencari blogger yang spesifikasinya sudah ditetapkan sebelumnya.

    Ada brand-brand ternama maupun lokal yang mengandeng blogger.

    https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

    Blogger yang punya jaingan kuat dan visitor blog tinggi kemungkinan akan mendapatkan tawaran ini, tapi juga tidak menutup kemungkinan blogger yang lain yang masih tahap berkembang tetap akan mendapatkan job tentunya.

    Paling tidak kita akan mendapatkan informasi.

    Salah satu komunitas Job Blogger : Job Blogger Indonesia – Blogger Cari Kerja

    9. Bagi-Bagi Gratis

    Komunitas blogger yang aktif, bertebaran godies bag yang berupa bagi bagi kaos, Pin, Stiker, Buku, Smartphone, Pulsa, Modem, Powerbank dan lain lain.

    Bila saudara ikut event – event yang direkomendasikan teman – teman komunitas akan ada seminar bareng blogger yang menggandeng brand – brand terkait

    Misal Brand Penyedia Seleluer Ternama Telkomsel mengandeng blogger yang aktif konsisten ngeblog untuk ikut event (seminar) seperti ini. Brand juga menyediakan Godie Bag, Misal Peluncuran produk terbaru Telkomsel untuk digunakan sang blogger lalu direview – ulas ke blog. Kan untung dapat gratis?

    10. Memecahkan Masalah

    Bila saudara tidak tahu bagaimana cara mendatangkan pengunjung  ke blog, tidak tahu cara mendesain blog biar terlihat keren dan makin menarik.

    Bingung hendak memulai ngeblog dari arah mana, harus ngapain?

    Apa saja keahlian yang harus dimiliki seorang blogger

    Bagaimana cara memasarkan buku karya sendiri di blog yang kita rawat

    Atau bagaimana cara atau langkah – langkah menjadi seorang blogger?

    Dan berbagai pertanyaan yang menjadi momok atau terbesit dibenak anggota komunitas

    Dengan bergabung di komunitas saudara bisa bertanya seputar masalah yang dialami sehingga bisa tercerahkan

    Tengok Juga :Manfaat Bagi Penulis – Blogger untuk Aktif Menulis Di Blog

One Responseso far.

  1. ibnuwajak says:

    hem memang apapun kalau ada komunitas dan bisa saling berbagi sangat bagus sekali untuk di ikuti

Leave a Reply