Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Sudahkah saudara tahu manfaat apa saja yang dapat kita petik ketika ikut secara aktif dalam sebuah komunitas / club / grup terutama kepenulisan?

Dulu ketika pernah melontarkan bahwa bergabung ke komunitas menulis itu tidak begitu penting, ternyata yang dipandang selama ini salah.

Saya baru menyadari manfaat / keuntungan apa saja yang dapat dipetik selama bergabung dan berpartisipasi secara aktif dalam sebuah komunitas.

Berikut akan dipaparkan :

1. Bertambah teman /saudara / kenalan baru

Ketika saya ikut berpartisipasi di grup / komunitas online yang suasana dalam komunitas itu begitu aktif, saya betul betul merasakan betul bedanya antara komunitas yang pasif dan yang aktif.

Mengenal banyak teman walaupun hanya secara online lewat sosial media Facebook atau WhatsApp.

Dari bertambahnya teman / saudara / kenalan baru kita secara otomatis menyedot ilmu mereka yang telah mau berbagi dengan tulus kepada anggotanya (walaupun hanya sekedar bercerita panjang lebar tentang perjalanan hidup menjadi seorang penulis termasuk suka dan dukanya)

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

Bertukar pikiran untuk bahan riset menulis kadang juga muncul dari pertemuan baru dengan teman – teman baru.

2. Belajar Menulis Lebih Serius dan Konsisten

Ketika kita menulis seorang diri di rumah tanpa ada seorang teman / pendamping yang sama – sama suka menulis tentu kita tidak akan merasa serius untuk menjalani hobi kita untuk terus menulis dan menuangkan isi hati kita ke dalam bentuk tulisan.

Sehingga dengan berkumpulnya sesama orang yang suka menulis insyaallah kita bisa bisa serius dan konsisten dan peluang malas lebih sedikit karena terpicu oleh teman – teman penulis yang lebih baik darinya atau lebih sukses dari kita.

Kita seolah – olah merasa malu dengan diri sendiri daripada mereka yang telah mampu menghasilkan puluhan karya tulis dan dari karyanya bisa merubah arah tujuan pembaca tulisannya.

3. Bertemu Pembicara yang Penuh Motivasi

Tentu saja, ketika panitia mengundang seorang trainer untuk mengisi pelatihan dalam acara kepenulisan. 

Seorang trainer menjadi mentor dan pembimbing bagi peserta yang hadir (terutama para penulis yang ikut acara komunitas tersebut)

Misalkan komunitas yang saudara ikuti mengundang seorang penulis kawakan yang punya pengaruh mendunia pasti sebagian dari kita akan merasa antusias untuk mengikutinya detik demi detik berjalan.

Sehingga hal itu memicu motivasi dalam diri seorang penulis pemula untuk terus merangkak maju dan naik kelas ke level puncak piramida.

Dengan adanya motivasi dari seorang trainer / pembicara yang penih motivasi itulah kita akan merasakan sebuah kepuasan batin dan begitu bahagia.

Bacaan Bermutu : 10 Buku Bagus untuk Penulis Pemula dan Menjadi Penulis Buku Novel Best Seller

4. Rezeki Datang tanpa Diduga / Disangka – Sangka

Memang kadang rezeki itu datang dari arah yang tidak disangka sangka.

Ketika ada seorang penulis pemula yang masih baru mulai ingin kursus privat kepada saudara selaku penulis senior dan sudah memiliki jam terbang tinggi

5. Networking / Jaringan Penulis

Membangun tali penghubung dengan orang – orang yang sudah kita kenal dan semakin banyak yang kita kenal dan tentu saja mereka juga mengenal kita pula.

Dengan masuk dalam lingakaran jaringan orang – orang yang sudah kita kenal, secara tidak sadar ada kenalan / teman / saudara merekomendasikan jasa menulis / menceritakan tentang sosok kita kepada orang lain dalam jaringan komunitas mereka yang tidak bisa kita jangkau.

Misalkan Seorang Calon Presiden memiliki anak buah yang masuk dalam lingkarannya. Orang – orang yang ada didalam lingkaran ini termasuk dalam radar jaringan seorang calon presiden.

Dimana setiap anak buahnya itu menyebarkan informasi ke banyak orang yang mereka kenali untuk menyampaikan mandat calon presiden. Dengan demikian berarti calon presiden telah menyebarkan pengaruh dengan memanfaatkan sebuah jaringan anak buah yang ia miliki.

Dan jaringan ini sangat menunjang kita untuk semakin dikenal publik sehingga di kemudian hari akan menuai popularitas.

Bila kita hanya bekerja sendiri tanpa sokongan yang kuat dari komunitas dimana didalamnya saudara punya banyak teman dalam radar kita tidak bisa merangkak lebih maju. Kita akan maju lebih lambat daripada mereka dengan memanfaatkan jaringan yang ia miliki.

6. Mendapatkan Tawaran Pekerjaan

Bila saudara saat ini misalnya seorang penulis blog dan sudah punya jam terbang tinggi. Bagaimana reaksi saudara ketika ada yang tahu jika saudara ini sudah jago dalam hal menulis dalam berbagai jenis tulisan.

Sehingga ada yang tertarik ingin bekerjasama dengan saudara dalam rangka untuk menulis 50 biji artikel untuk keperluan website blognya klien saudara.

Itu artinya saudara mendapatkan tawaran menulis dan dibayar.

7. Memecahkan Masalah dan Memberi Solusi

Misal saudara mau ikut komunitas menulis yang baru diinformasikan lewat sosial media facebook, twitter, instagram, whatsapp, telegram maupun media komunikasi dalam penyebaran broadcast event komunitas.

Event itu akan mendatangkan pakar / ahli dalam ilmu tulis menulis yang telah memiliki segudang pengalaman yang mana mereka akan berbagi dengan para peserta event tersebut.

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Ketika sesi tanya jawab, ada banyak pertanyaan masuk ke moderator soal – soal masalah yang dihadapi penulis penulis peserta tersebut. Mereka banyak bertanya – tanya, dari pertanyaan akan dijawab oleh pembicara / pemateri dalam event tersebut.

Ketika ada salah satu pertanyaan yang banyak menjadi problem bagi banyak penulis pemula maka peserta yang mendengarkan akan terpecahkan masalah / problemnya dan mendapatkan sebuah solusi dari jawaban yang disampaikan oleh pembicara tadi.

Bacaan Bermutu : 10 Daftar Komunitas Menulis Di Indonesia yang Layak Saudara Ikuti

8. Pemberian Gratis 

Pernahkah saudara ikut sebuah seminar / diskusi pada suatu acara melihat sebagian dari peserta mendapatkan hadiah gara – gara menjawab pertanyaan yang diajukan oleh moderator acara atau buruan cepat – cepat maju kedepan untuk merebut sebuah hadiah.

Seperti itulah pemberian gratis (panitia menyediakan hadiah kepada peserta dengan syarat – syarat tertentu.

Pernah saya ikut bedah buku (termasuk berkumpul dengan banyak orang / komunitas) Barangsiapa yang bertanya kepada pembicara akan diberikan hadiah buku yang ditelah disediakan oleh panitia.

Biasanya tidak terduga kalau kita bakalan akan mendapatkan hadiah yang tidak disangka – sangka.

Ini juga berlaku juga di komunitas kepenulisan / menulis ketika ada meet up / ketemeuan / kopi darat / temu darat.

Siapa yang tidak senang kita dapat hadiah / Door prize dari panitia atau dari pembicara pada event komunitas

 

9. 

 

8 Manfaat Bergabung Dengan Komunitas Menulis / Membaca (Karibnya Menulis) Penulis
Tagged on:         

Leave a Reply