Saudara tidak tahu cara membuat blog atau malas dan penginnya blognya udah jadi? BauBlogging menyediakan jasa buat blog langsung jadi. cek info jasanya

Dapatkan Pengetahuan Strategi Menulis, Mengelola Blog + Trik Pemasaran Ampuh Setiap Minggunya

* indicates required

Jelaskan Manfaat Menulis Resensi Buku

Mau nambah ilmu tentang keuangan syariah ngga? Kamu pilih mana nabung pake bank konvensional apa syariah? Kalo pake konvensional kamu makin bangkrut dan miskin. Coba pelajari system keuangan syariah ini Solusinya nabung dengan syariat islam.

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

Perlu saudara tahu bahwa resensi tidak harus buku saja.

Sebutan lain dari resensi ada banyak sekali. Dalam bahasa inggris disebut review

Selain itu bisa berarti ulasan, mengupas.

1. Mendapatkan Uang

Pernah membeli koran / majalah yang terdapat resensi buku?

Bila saudara tahu itu, sejatinya dengan menulis resensi buku dan dimuat di media surat kabar tentu saudara akan mendapatkan honor.

Seberapa besar honor yang didapatkan juga tergantung dari kebijakan redaksi yang bersangkutan.

Berikut informasi penting terkait daftar media surat kabar yang bersedia menerima kiriman resensi dan membayar kita

10 Daftar Media Cetak yang Bersedia Menerima Kiriman Resensi Buku dan Dapat Honor

2. Berkontribusi / Berpartisipasi dalam Memberikan Rekomendasi Bacaan

Bayangkanlah bayangkanlah dan lakukan googling: Resensi Buku Tanya Jawab Ahad Pagi karya Al – Ustadz Ahmad Sukina

Apabila dalam googling itu belum banyak meresensi buku yang dibahas. Tapi jika sudah banyak yang dibahas yang ditulis oleh orang yang berbeda – beda termasuk diri saudara selaku penulis resensi itu artinya saudara telah ikut berpartisipasi atau berkontribusi walaupun tanpa sadar.

Bila buku yang saudara resensi adalah buku fiksi bermuatan sex, cinta – cintaan yang tidak mendidik (bila saudara seorang yang ingin mendapat pahala di hari kiamat tentu tidak akan meresensi buku yang demikian)

Bayangkanlah lagi satu buku yang diresensi itu bisa mengajak ribuan orang membaca dan tergerak hati dan pikirannya untuk membeli dan membaca buku dan bertindak sesuai yang termaktub dalam buku serta mengajak orang lain diluar kendali saudara (Baca: Menginspirasi banyak orang)

Itu artinya saudara telah melakukan memberi manfaat kepada orang lain. Bukannya seorang islam yang baik adalah yang bermanfaat bagi sesama manusia lain?

Ini adalah bukti pengaruh positif dalam manfaat menulis resensi. Tapi ingat, jika meresensi buku yang membuat orang lain bertindak perbuatan tercela tentu saudara yang menulis resensi juga akan mendapatkan dosa (tapi Allah maha memaafkan kesalahan – kesalahan kita karena kebodohan selama ini).

3. Sebagai Pembanding Sebelum Memutuskan Membeli Buku

Ada banyak buku yang temanya mirip, tentu calon pembaca buku saat hendak membeli buku memikirkan dan membandingkan terlebih dahulu dengan membaca resensi – resensi di koran atau mencari di google.

Mereka melakukan perbandingan buku mana yang dirasa bagus dan isinya lebih memantapkan bagi calon pembeli buku tersebut.

Peran ini mengambil peran dalam melakukan tindakan.

Informasi Tambahan yang mungkin belum saudara ketahui

Pernahkah saudara menulis / meresensi suatu tempat daerah, produk – produk seperti: Handphone, Komputer, laptop, Pakaian Muslim, peralatan dapur dan produk – produk apa saja.

Sejatinya dengan meresensi produk – produk seperti itu pula sejatinya bisa menghasilkan uang, tapi mungkin akses pengetahuan saudara masih terbatas dan tidak tahu.

Bila saudara mau mendapatkan pengetahuan yang dimaksud tersebut. Saya sangat mewajibkan untuk join ini dulu baru dikasih tahu.

Tidak tanggung – tanggung bila saudara bisa meresensi produk bernilai mahal seperti alat bantu dengar bila saudara bisa mendapatkan satu orang yang baca dan tertarik beli alat bantu dengar saudara akan dapat uang yang cukup besar pula karena harga alat bantu dengar cukup mahal.

2 thoughts on “Jelaskan Manfaat Menulis Resensi Buku”

  1. Jarang baca resensei buku sih tapi bermanfaat bgt karena pembaca bisa mendapatkan referwnsi lebih sblm beli buku. Pernah pe.galaman beli buku rekomend dr resensi yg prnh saya baca tp pas saya baca ternyata boring. Tetep hrs pilih2 jg sih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *