Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

5 Manfaat Menulis Sejarah yang Layak Direnungi

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

Apa itu Sejarah

Sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi di masa lalu yang terkadang punya pengaruh pada kehidupan masa kini dan mungkin pada masa yang akan datang. Agar suatu kejadian masa lalu bisa diketahui oleh masyarakat sekarang atau generasi yang akan datang.

Manfaat Penting dalam Penulisan Sejarah

1. Sebagai Penyeimbang antara Sejarah Palsu dan Murni

Sejarah itu tidak lepas dari kepentingan seseorang, atau segelintir orang untuk menyelewengkan sejarah yang akurat.

Tujuan sejarah palsu atau tidak benar dibuat adalah untuk mendidik masyarakat bahwa kejadian sejarah itu benar dan mudah diterima.

Tapi orang – orang yang tahu dan pelaku sejarah yang murni tahu merasa disalahkan dipojokkan, maka dari itu pentingnya menulis sejarah dengan jujur sesuai peristiwa apa adanya tidak dikarang – karang secara fiktif.

2 Sejarah Sebagai Pedoman Melangkah di Kemudian Hari

Kitab / Buku Pedoman yang mulia Al – Qur an yang didalamnya berisi petunjuk keselamatan bagi orang – orang yang bertaqwa.

Tahukah saudara bahwa dalam Al – Qur an sendiri banyak sekali disebutkan ayat – ayat yang membahas tentang sejarah umat – umat sebelum saudara atau juga sebelium generasi Nabi Muhammad?

Tapi umat – umat sejak era Nabi Muhammad hingga sekarang pun ada yang bilang bahwa sejarah yang telah dijelaskan didalamnya mengandung pengajaran / pedoman melangkah di masa depan itu sebagai dongeng – dongengan orang – orang terdahulu. Sungguh sesatnya orang – orang seperti itu.

Sebagai contoh sederhana sejarah sebagai pedoman melangkah di masa depan adalah bayangkan kehidupan seseorang di sekitar saudara yang gagal dalam usahanya bisnisnya ia gagal, apakah saudara melihat kegagalan orang lain itu?

Kegagalan orang lain yang telah terjadi beberapa hari, bulan, tahun itu akan menjadi bagian dari sejarah hidup seseorang dan diambil pelajaran bagi orang lain yang bisa mengambil pelajaran darinya.

3. Keberlangsungan Hidup Masa Kini dan Masa Depan

Keadaan di masa depan tanpa keadaan pada masa kini tidak akan bisa berjalan. Bila keadaan masa kini tidak ada yang menceritakan, mengungkapkan dan menuliskan tentu sejarah hari ini tidak akan terlacak di masa depan.

Tapi jika ada yang menceritakan, mengungkapkan dan menulis sejarah baik di koran, majalah, di media online hingga di rekaman audio visual maka akan terlacak dan bisa digali untuk dipelajari oleh orang – orang yang hidup di masa yang akan datang.

Contoh nyata: Ketika kakek nenek saudara masih hidup hari ini dan beliau hidup dilahirkan di era kekuasaan belanda mulai redup, tentu saja saudara harus bercerita sama kakek nenek bercerita tentang masa – masa itu, saudara harusnya merekam cerita dari kakek nenek itu atau menuliskannya karena itu akan menjadi catatan berharga di masa depan ketika kakek nenek sudah tiada.

4. Menjadi Amal Jariyah

Pernah saudara membaca dan mendengar sabda Nabi dalam Hadits tentang amal yang tidak pernah putus? Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak Shaleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.

Disini saya membahas soal ilmu yang bermanfaat dalam hal ini penulisan sejarah yang jujur sejujurnya dan amanah serta bisa bertanggung jawabkan isinya dan diharapkan menjadi hikmah pelajaran bagi siapa saja yang membaca sejarah yang telah saudara sajikan, tulis dengan jujur.

Sebagai salah satu contoh para pendahulu yang telah menulis kitab buku sejarah dengan sangat jujur, amanah dan disertai sumber adalah kitab “Al – Bidayah Wa Nihayah” yang ditulis oleh Ulama – Ulama Islam Ibnu Katsir yang ditulis berjilid – jilid yang dari tangannya ini telah dibaca dan dijadikan rujukan oleh manusia umat islam di muka bumi ini. Semoga ilmu sejarahnya yang dituliskannya menjadi amal jariyah dan pemberat timbangan kebaikan di akhirat.

Ini juga bisa berlaku bagi saudara jika mau menuliskan sejarah secara jujur, amanah dan disertai fakta – fakta (bukan fiktif) untuk dibaca banyak orang yang hidup pada hari ini dan generasi setelah saudara. dan apabila mengandung kebaikan dan bisa menginspirasi ribuan pembaca dan terus disebarkan kemana – mana (bila niat kita lurus) semoga Allah swt menjadikan ini sebagai amal jariuyah sebagi pemberat timbangan amal kita.

5. Mempelajari Teknologi, Seni, Teknik, Pemerintahan dan lain untuk Generasi Masa yang Datang

Bayangkan dahulu para penulis – penulis / ilmuwan muslim telah banyak menulis cara penggunaan teknologi yang dibuat di eranya dan menulis teknologi – teknologi, seni, teknik, ilmu pemerintahan dan lainnya yang ada pada waktu itu sejarah jujur lengkap yang jejaknya masih dapati hingga saat ini.

Tentu sang penulisnya ini tidak menyadari bahwa tulisan – tulisan yang ditulisnya begitu berharga di masa yang akan datang dan menjadi pelajaran. Semoga dari amal perbuatan yang dilakukan ini menjadi amal jariyah.

Tambahan dan Penting

Bila kita menulis sejarah tentang pemerintahan dan politik yang seringkali menimbulkan polemik dan kontroversi.

Setiap pelaku sejarah ingin menjadi pemenang dalam sejarah. Mereka membuat diri seolah menjadi pahlawan satu – satunya ndan orang lain adalah penjahat perang.

Bila penulisan atau menulis sejarah dengan tujuan membalikkan fakta yang tidak jujur tidak amanah dan menyesatkan dan menjadi fitnah secara berkelanjutan maka hal seperti ini menjadi pemberat amal keburukan di akhirat.

Kepoin Aja:  Cara Menulis Buku PDF Sederhana di Microsoft Word 2010
loading...

6 thoughts on “5 Manfaat Menulis Sejarah yang Layak Direnungi”

  1. Iya benar Pak. Saya juga pernah baca kata-kata bijak kalau nggak salah intinyaa adalah bangsa yang hebat adalah bangsa yang tidak lupa sejarah bangsanya sendiri. Dari situ terlihat sekali ya bahwa sejarah itu sangat penting dan kita pun bisa belajar dari sejarah-sejarah kehidupan

  2. Di negara kita sendiri menurutku penulisan sejarah masih sangat dibutuhkan. Terutama sejarah daerah-daerah, bukankah banyak sekali mitos di sekitar kita, sehingga perlu diluruskan sejarahnya. Misal soal asal-usul sebuah kota/desa, biasanya di ceritanya banyak mitos, dan sayangnya masyarakat lebih mempercayai mitosnya daripada sejarahnya.

    1. Terima Kasih Mas Purwanto

      mungkin para traveler /elancong yg sering sering daerah – daerah indonesia itu harusnya melakukan riset dan pendalaman tentang daerah itu dan hasilnya ditulis dipaparkan dalam tulisan dan kemudian hari diperbaiki oleh orang orang yg peduli dgn masalah seperti ini untuk dijadikan buku sejarah daerah lokal secara lengkap dan mendetil.

      para pelancong bukan sekedar berwisata tanpa mendapatkan sesuatu yg berharga buat banyak manusia lainnya dari secuil perjalanannya.

      dan akhirnya tulisan sejarah para pelancong memangkas kepercayaan mitos – mitos yg selama ini dipercaya masyarakat

      1. Aku punya seorg teman dari kampung yang rajin nulis sejarah kampungku. Dia risetnya sampe ke luar kota, berburu naskah kuno yg ada di belanda, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *