Materi Belajar Menulis WA G Online 18 Juni 2019

loading...

Materi Materi Menulis 18 Juni 2019

Jadikan menulis bagian dari hidupmu

Dengan menulis apa saja yang ketahui baik yang bisa dilihat oleh mata, bisa didengar oleh telinga, bisa dirasa dengan lidah, bisa dicium oleh hidung, bisa diraba oleh kulit itu bisa dideskripsikan dalam sebuah catatan di buku tulis dengan goresan pena.

Yakin bahwa tulisan sederhana seperti itu jika ditulis secara konsisten akan menjadi bank tulisan dalam waktu lama (asal tidak hilang karena terbakar, terkena air, atau dijual ke tukang rosokan barang bekas yang membuat tulisan mu tidak bisa ditemukan jejaknya)

Saat ini menulis dipermudah dengan hadirnya teknologi yang sangat mendukung. Ada WhatsApp, website, media sosial yang bisa digunakan untuk menulis. Cuman sayangnya tidak dikelola dengan baik (contohnya, jika kamu nulis chat sama temanmu ujung ujungnya kalau sudah tak lanjut dihapus)

Dan menjadi penulis itu tergantung dari tujuan akhir (masa depanmu yang ingin diraih)

Tujuan kedepan ini harus jelas dan dijabarkan dalam visi misimu kedepannya)

Belum tahu cara menentukan tujuan dan visi? Coba kamu pelajari sendirian dengan mencari tahu di google: cara menentukan tujuan hidup (tujuan hidup menjadi seorang penulis novel atau penulis buku)

Menentukan tujuan hidup itu tidak mudah (termasuk tujuan hidupmu Menjadi seorang penulis) karena akan ada banyak masalah masalah baru yang akan menerpanya /badai yang bakal dihadapi)

Kepoin Aja:  Apakah Mau Jadi Penulis? 5 Rangkuman Tips Menulis Dari Penulis Sukses Tere Liye

Dah itu aja dulu ya. Silahkan sesi tanya jawab ya

Pertanyaan Pertanyaan Peserta

Pertanyaan Pertama

Assalamualaikum wr wb.
Pak, saya mau nanya.
Kalau kita ingin menjadi penulis, tapi banyak kendala yang menghalangi. Misalkan seperti kekurangan fasilitas dan bingung harus mulai darimana. Jadi pertanyaan saya, kita harus mulai darimana dan harus melakukan apa? Mohon pencerahannya pak🙏🏻😊

Jawaban Mukhofas

1. Mulai menulis di buku tulis dengan bolpen setiap hari secara konsisten.

Karna untuk masalah fasilitas buku tulis dan bolpen kita bisa beli dan mudah dicari.

Lalu muncul pertanyaan apa lagi?

Terkait bingung mau nulis dari mana?

Coba untuk mau mempelajari tentang APA ITU REFERENSI DAN MACAM MACAM REFERENSI

dengan sedikit demi sedikit ngerti soal apa itu dan macam macam referensi itu akan tau sendiri.

Coba cari di google aja ya… Seorang Penulis jika kamu memang sangat suka menulis ya harus cari tau

Pertanyaan kedua

Assalamualaikum,saya m. rizki dari aceh,ingin bertanya.
Bgaimana cara nya memunculkan ide untuk menulis,dan agar apa yang kita tulis itu unik dan menarik bagi pembaca ?

Jawaban Mukhofas

1. Pahami apa itu referensi dan macam macam referensi. Dengan telah memahami istilah referensi kamu akan mudah dalam mendapatkan ide ide menulis. Kalo tidak tau menahu tentang referensi ya mengakibatkan buntu ide

2. Dan agar yang kita tulis unik ya harus menulis dengan cara bertolak belakang. Jadi lah berbeda dari yang lain.

Kalo mau menarik bagi pembaca belajar lah menulis tulisan tulisan viral. Coba cari di google ya tips menulis tulisan viral

Pertanyaan ketiga

Di saat kita menulis tiba-tiba apa yg ingin kita tulis idenya hilang, kira2 tipsnya apa ya ?

Kepoin Aja:  Menulis Diksi: Apa itu Diksi dan 9+ Jenis Diksi dan Contoh – Contohnya

Jawaban Mukhofas

Kita ada 4 ide misalnya.

Dari 4 ide ini mana yang mau kamu Jabar kan lebih serius?

Misal ide

1. Ide mau nulis cerpen sahabat
2. Ide mau nulis cerpen sejarah
3. Ide mau nulis cerpen hujan
4. Ide mau nulis cerpen tema pasar

Dari 4 ide itu yg mau diseriusi yang mana? Pilih salah satu dan selesai kan sampe tuntas

Kita ambil ide sejarah ya.

Nah tinggal cari jabarkan lagi dan cari referensi untuk menguat kan. Jangan ngadalin imajinasi doang tanpa referensi terutama yang sejarah.

Pertanyaan keempat

Assalamu’alaikum
Saya mau tanya
Bagaimana kita memulai menulis.
Maksudnya gini. Kita, kan engga tau harus memulai menulis dengan kata apa.
Bagaimana solusinya, kak…?
Terima kasih🙏

Jawaban Mukhofas

Kalo solusi saya. Tulis ulang tulisan orang lain tapi tidak menjiplak /plagiat total.

Setidaknya ya Amati Tiru Modifikasi

Itu yang bisa saya lakukan tapi menghasilkan tulisan baru

Penanya tanya balik:

Mksdnya seperti meniru cara menulis author favorit?

Iya iya gitu juga bisa. Niru niru aja terus sampai terbentuk sebuah kebiasaan kalo menulis itu mudah.

Sehingga terbentuk dalam pikiran dan tangan kita kalo nulis udah selaras.

Coba deh cari di google menulis ulang tulisan orang lain

Pertanyaan kelima

Kak bagi tips bagaimana isi puisi atau cerpen yang kita buat ga garing gitu pas baca dari awal bikin pembaca pengen baca sampe akhir ?

Jawaban Mukhofas

1. Ya harus pahami apa itu referensi dan macam macam referensi.

Dari menulis puisi atau cerpen dari yg kita dapatkan dari macam macam referensi kita masukkan ke dalam karya kita.

Kamu tau apa macam macam referensi itu?

Kepoin Aja:  Macam Jenis Tokoh dan Penokohan dalam CERPEN dan NOVEL

Ya kayak jurnal, buku buku lain, informasi di internet, ebook yang ada di internet.

Nah kalo andaikata kita mau nulis cerpen wisata raja Ampat ya kita cari referensi buku buku wisata seputar raja Ampat lah, cari di internet soal wisata raja Ampat lah, tanya orang yg pernah wisata ke raja Ampat lah dan macem macem lah . Dari situ kita dapat wawasan kalo mau nulis cerpen wisata raja Ampat mah gampang

Pertanyaan keenam

Kalau misalnya kita ingin menerbitkan buku (cerita novel yang sudah kita tulis), tapi bingung langkah-langkahnya, bagaimana pak?

Jawaban Mukhofas

Tinggal kirim ke penerbit.

Ini kamu harus mempelajari informasi baru. Ini udah masuk ranah penerbitan buku bukan ranah penulisan lagi.

Pertanyaan ketujuh

Maaf sebelumnya, saya mau bertanya. Saya itu kadang sudah akan menulis, tapi agar cerita yang saya tulis tidak berubah inti cerita dan jalan ceritanya jelas, sebaiknya saya membuat kerangka karangan terlebih dahulu. Nah, di sini, saya bingung bagaimana untuk membuat kerangka karangan tersebut, karena sampai sekarang, cerita-cerita saya masih di sana saja tanpa kejelasan.

Jawaban Mukhofas

Gampang. Pelajari dulu apa itu kerangka karangan dan bagaimana cara membuat kerangka karangan. Di google bisa juga

RajaBackLink.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *