Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

Advertisements

Apakah kamu punya blog dan pengen bergabung di komunitas para blogger telegram?

Saya akan memberitahu kamu tautan grup telegram beserta linknya untuk bisa join.

1. BauBlogging Community

Tautan Telegram 1

2.  Blogger Indonesia

Tautan Telegram 1

3. Blogger Indonesia

Tautan Telegram 1

4. Blogger Hugo

Tautan Telegram 1

5. Blogger Indonesia Lagi

Tautan Telegram 1

6. Blogger Indonesia Lagi

Tautan Telegram 1

7. Blog Personal

Tautan Telegram 1

8. Wordpress Indonesia

Tautan Telegram 1

9. Wordpress Semarang

Tautan Telegram 1

10 Google Adsense Indonesia

Tautan Telegram 1

Cara memenangkan persaingan dengan kompetitor bisnis terkuat dalam pangsa pasar yang sama

Tidak ada bisnis yang bersifat tunggal dalam hal kategori, semua pasti punya yang namanya saingan. Umumnya, sebuah bisnis pasti memiliki kompetitor terberat pada lingkup bisnisnya dalam mengejar pangsa pasar.

Memangnya Kompetior itu apa ? Pangsa Pasar itu apa ?

Kompetitor dalam arti bahasa adalah Saingan. Dalam arti istilah, Kompetitor merupakan saingan bisnis yang punya penawaran jasa ataupun produk yang sama dengan anda. Sedangkan Pangsa Pasar adalah keseluruhan jumlah permintaan layanan atau produk yang mengategorikan pelanggan dengan ciri khas seperti jumlah pendapatan, usia, jenis kelamin dan  status sosial nya.

Diambil dari pembukaan diatas, kompetitor merupakan saingan sekaligus ancaman akan bisnis yang kita jalankan dan produk yang kita jual. Hal ini tentu menimbulkan dampak negatif teehadap perkembangan dan kemajuan bisnis.

Untuk itu, disini saya akan coba membahas tentang bagaimana cara memenangkan persaingan dengan kompetitor bisnis terkuat dalam pangsa pasar yang sama.

1. Cari tahu lebih dalam tentang kompetitor anda

Mengenal lebih spesifik soal pesaing terkuat anda bukan berarti mengikuti cara dan strategi yang diluncurkannya juga, yang harus anda lakukan hanyalah mengenali itu semua, mulai dari ciri khas, pergerakan hingga gaya pemasaran kompetitor di dalam pasar.

Kemudian buatlah sebuah perbedaan yang tentunya lebih baik menurut anda, konsumen dan bisnis. Namun terlebih dahulu anda harus mampu Memaksimalkan Kinerja Tim. Tapi harus ingat, jangan melenceng dari kultur dan keragaman yang ada pada pasar. Penetapannya ada pada poin ke-2.

Kepoin Aja:  Macam - Jenis Bisnis Online Tanpa Modal dan Mudah Bagi Pemula

2.  Pahami karakteristik demografi konsumen di dalam pasar

Yang dimaksut dengan Karakteristik demografi pada konsumen adalah ciri-ciri yang menggambarkan keberadaan konsumen di dalam pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, jabatan hingga status sosial.

Dengan memahami poin ini, anda bisa menentukan potensi produk anda yang pasti lebih mencolok dan diminati di dalam pasar berdasarkan berbedaan demografi tersebut.

Alhasil, anda bisa mengirit waktu dan tenaga untuk tidak melakukan pemasaran kepada golongan konsumen yang tentunya tidak cocok dengan produk anda tersebut.

3. Lakukan interaksi secara langsung dengan pelanggan

Di dalam pasar, anda berperan sebagai produsen, dalam hal ini tentunya anda akan menemukan banyak sekali perbedaan yang ada pada semua konsumen. Untuk itu, berinteraksilah secra langsung bila memungkinkan terjadinya feedback (umpan balik) antara anda dan konsumen.

Hal ini akan membuat mereka (konsumen) merasa sangat dihargai tentang pertanyaan hingga keluhan yang mereka alami mendapatkan jawaban dan solusi terhadap produk anda. Bila ditanggapi dengan baik, besar kemungkinan bahwa mereka yang membeli produk tersebut akan menjadi pelanggan yang loyal.

5. Jujur

Sebenarnya inilah poin paling utama, namun penulis sengaja membuatnya diakhir karena bercermin dari apa yang terjadi pada dunia bisnis di tanah air, dimana yang saat ini lebih mementingkan laba yang besar walaupun menempuh cara yang kurang baik.

Kejujuran sangat dibutuhkan dalam hal apapun, termasuk berbisnis. Ya, saya yakin anda juga berpikir demikian. Berlaku jujur dalam berbisnis akan mendapatkan kepercayaan penuh dari pelanggan dan pangsa pasar yang di target, begitu juga sebaliknya.

Dengan kejujuran juga, selain mendapatkan kepercayaan, anda juga akan meraih Keberkahan dalam Berbisnis dan hal positif lainnya, yang akan sangat bermanfaat untuk kelanjutan bisnis anda kedepannya.

Kepoin Aja:  6 Jasa Pembuatan Website - Toko Online Web - Profil Perusahaan (Company Profile) Murah dan Profesional

Kesimpulan

Dari tulisan diatas bisa kita simpulkan bahwa Cara memenangkan persaingan dengan kompetitor bisnis terkuat dalam pangsa pasar yang sama adalah menggali lebih dalam tentang keberadaan kompetitor, memahami karakteristik demografi konsumen di dalam pasar, berinteraksi langsung dengan pembeli dan berperilaku jujur.

About the Author

Ditulis oleh Wiki Pebrianto

(Pemilik blog Rapikan.com).
merupakan Putusan Mahasiswa, yang Sempat mengenyam Dunia Perkuliahan selama 2 tahun di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Kota Padang dengan Jurusan Manajemen Industri, sebelum akhirnya bekerja sebagai karyawan Pabrik Minyak Kelapa Sawit yang berada di Sumatera Barat.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mukhofas Al-Fikri

Artist Blogger


Hire an industry professional today.