Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Apakah saudara merasa bingung dalam menentukan minat, bakat dan passion untuk mengembangkan hidup agar lebih bergairah dan menyenangkan?

Tentu setiap orang memiliki minat, bakat dan passion yang berbeda – beda. Ada yang suka mendesain fashion dan menulis pengalamannya tips – tips mendesain agar bagus dan luar biasa ketika dilihat oleh banyak pihak.

Hampir sebagian orang juga masih sangat bingung dalam menentukannya dan kadang tidak sesuai. Maka dari itu saya membuat postingan ini agar berguna bagi saudara yang sangat membutuhkan pencerahan dan inspirasi.

Apa itu Minat?

Minat adalah keinginan yang mendorong seseorang untuk fokus pada suatu objek

Bagaimana mencari minat yang kita senangi?

Salah satu cara untuk memotivasi diri kita sendiri adalah dengan mengikuti minat.

Dengan mengikuti minat, mengikuti kata hati, mestinya kita akan memiliki motivasi dalam hidup dalam bekerja.

Apakah Saudara Mau Dibimbing atau Diedukasi Seputar menjadi Penulis Buku atau Seorang Blogger (Penulis Blog) Gratis?

Mau? Coba Join dulu dan Kirimi Pesan kepada Admin Mukhofas Baublogging

Misalnya, saudara bekerja sebagai seorang karyawan pabrik mobil, bidang yang saudara ambil bagian komunikasi marketing / pemasaran pabrik mobil tersebut dan marketing specialist menjadi bidang yang saudara minati.

Maka, secara tidak saudara sadari, saudara akan terus termotivasi untuk menyelesaikan tugas – tugas saudara selaku karyawan bagian komunikasi pemasaran, tanpa banyak mengeluh. Disisi lain saudara tentu sangat berminat menulis / menerbitkan hal – hal menyangkut marketing karena merasa sangat nyaman.

Tentu berbeda rasanya bila bukan minatnya di marketing tapi menulis di teknik arsitek merakit mobil. Saudara merasa tak nyaman dan tak passion untuk menulisnya bukan?

Kita semua tahu bahwa tugas seorang karyawan marketing profesioanal sangat berat dibandingkan dengan karyawan biasa yang suka mengeluh. Dibutuhkan mental baja untuk menjadi karyawan tim marketing terbaik.

Mengapa?

Karena tugas – tugasnya akan menuntut kita untuk mau dan mampu berkubang menghadapi klien dengan karakter beraneka macam.

Tugas seorang pemasar sukses yang sangat berat itu juga harus dilakukan oleh orang – orang memiliki minat yang tinggi didalam bidang itu.

Tanpa adanya minat yang tinggi didalam bidang pemasaran / marketing, kemungkinan besar seorang pemasar akan tumbang ditengah jalan.

Sauadara tidak akan termotivasi setiap hari menyelesaikan tugasnya sebagai seorang pemasar.

Ini juga berlaku juga bila saudara ingin menjadi penulis buku yang katanya ingin terkenal dan bermanfaat banyak bagi orang lain sekitar saudara.

Berlaku juga ketika saudara baru lulus SMA dan ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi (perguruan tinggi) saya menyarankan untuk mengikuti keinginan kita berdasarkan minat.

Berikut tips untuk membantu mencari minat sejati:

1. Perhatikan prestasi orang lain yang membuat saudara iri

Jangan remehkan perasaan iri dan kecemburuan saudara terhadap prestasi orang lain. Ini bukan berarti saudara mengumbar rasa iri dan cemburu sehingga timbul rasa dengki dan niat buruk untuk menghancurkan masa depannya. Bukan itu maskudnya.

Keirian dan kecemburuan saudara terhadap prestasi orang lain dalam satu bidang tertentu. Katakan bidang menulis seperti Asma Nadia, Felix Siauw itu menunjukkan bahwa saudara menaruh minat dalam bidang menulis itu. Secara tidak saudara sadari, saudara ingin meraih prestasi dalam bidang yang sama dengan orang lain.

Sebagai contoh, saya sangat iri kepada penulis – penulis dunia legendaris dan blogger – blogger indonesia dan internasioanal terkemuka. Berbeda halnya ketika ada orang lain yang bisa memoles blog mereka dengan infografis – infografi dan desain – desain pelengkap yang berkesan woow. Sungguh prestasi yang tidak saya miliki membuat iri dan cemburu.

2. Perhatikan saat saudara mengerjakan suatu tugas

Memperhatikan dikala saudara mengerjakan tugas atau suatu pekerjaan. Jika saudara betah berlama – lama mengerjakan tugas itu, maka dipastikan, saudara memiliki minat didalam bidang itu, dengan catatan, rasa betah ini bukan dikarenakan keterpaksaan atau tekanan.

3. Ingat kembali kegemaran saudara waktu kecil

Ingaat kembali kegemaran masa kecil saudara di waktu kecil. Apakah saudara ingat mata pelajaran apa yang saudara paling penting, paling saudara minati?

Bila dulu misalnya pelajaran yang paling saudara minati adalah pelajaran mengarang cerpen di pelajaran bahasa indonesia. Nilai belajar mengarang adalah nilai terpenting

Jika dan teman di kelas dulu nilainya lebih tinggi membuat saya iri agar bisa menjadi seperti mereka.

Bagaimana dengan saudara?

Apa kegemaran masa kecil saudara?

Jangan – jangan kegemaran itu merupakan minat saudara?

4. Ingat kembali kegiatan yang dilarang orang tua, tetapi saudara bersikeras melakukannya

Pernahkah saudara punya kegiatan yang saudara minati tapi dilarang kerasa sama orang tua?

Orang tua merasa khwatir atas dilarangnya tersebut, tapi bukan yang melanggar norma / etika positif.

Misalnya di waktu kecil saudara suka sekali memancing tapi dengan kondisi alam yang sangat mengkhawatirkan, tentu saja orang tua tidak akan mengijinkan, padahal memancing pada kondisi seperi memang teasa menantang dan mengasyikkan.

Karena berbahaya itu orang tua melarang untuk tidak melakukannya, padahal saudara memang sangat suka, bisa jadi itu salah satu minat saudara.

Renungkan kembali mengenai kegiatan yang dilarang itu, apakah saudara menyesal atau tidak?

Jika saudara menyesal karena tidak dapat melakukannya lagi dengan berbagai alasan, maka penyesalan itu indikasi bahwa aktivitas itu merupakan minat terpendam saudara.

Tips mengikuti kata hati dan minat

Setelah mengetahui cara – cara mengetahui minat – terpendam saudara.

Sekarang, mari kita bahas cara mengikuti kata hati dan minat saudara.

Jika saat ini saudara sudah memiliki pekerjaan yang mapan, maka pikirkanlah matang – matang apakah saudara perlu berhenti dari pekerjaan itu dan mengejar minat saudara.

Akan lebih aman, jika saudara saudara tidak perlu berhenti dari pekerjaan itu.

Saudara dapat mengejar minat saudara sekali pun saudara masih bertahan di pekerjaan lama saudara.

Cukup jadikan pekerjaan yang saudara minati sebagai pekerjaan sampingan yang menghasilkan pendapatan bagi saudara.

Pertanyaan yang muncul “Apakah langkah diatas berpengaruh bagi motivasi hidup saudara?” jawaban bagi saya ‘ya’

Sehingga saudara ingin mengejar kembali minat itu dan minat itu akan menjadi tujuan hidup, maka hidup saudara akan penuh dengan motivasi karena saudara memiliki tujuan yang jelas.

Saat saudara memiliki pekerjaan sampingan yang saudara minati, itu artinya saudara hidup di dalam impian saudara. hal itu turut menjadikan saudara bahagi.

Dan, saat saudara hidup bahagia, maka aktivitas – aktivitas lain, dimana saudara tidak menaruh minat terhdapanya, tidak berpengaruh bagi diri saudara.

Tekanan dan tantangan bukan hal yang membuat streess dan depresi.

Apa itu Bakat atau potensi diri?

Bakat atau potensi diri adalah suatu keahlian atau kelebihan alami yang dimiliki seseorang sejak lahir atau berasal keturunan.

Bakat atau potensi diri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia.

Meskipun, jika tidak diasah atau dipergunakan dengan baik akan kesulitan untuk memanfaatkannya.

Saudara harus menemukan bakat terlebih dahulu atau kumpulan bakat saudara. Dan bakat potensi kekuatan saudara (termasuk jika saudara ingin jadi penulis) dan (apapun profesi karir saudara yang ingin ditempuh)

Saudara jangan menunggu bakat muncul, saudara tidak akan mengetahuinya apabila saudara tidak memiliki bakat Murattal Qur’an jika tidak pernah mencobanya.

Dari bakat passion saudara akan muncul.

Bagaimana menemukan bakat atau potensi diri dengan cepat?

1. Perluas aktivitas

Memperluas aktivitas agar pengalaman dan wawasan saudara pun bertambah sehingga tidak bingung dan stuck

Dulu ketika sekolah aktif di Pramuka, ekstrakurikuler sekolh (bagi yang ikut) dari ikut pramuka maupun ekstrakurikuler kita dilatih untuk bisa melakukan aktivitas dengan mandiri.

Pernahkah saudara berlibur ke rumah kakek nenek atau tempat wisata? Itu salah satu bentuk memperluas aktivitas sehingga makin tambah wawasan dan pengalamannya.

Bagaimana cara memperluas aktivitas?

Banyak sekali. Bisa ikut kegiatan amal, kegiatan sosial, kerja bakti, ikut seminar, ikut lomba, ikut pelatihan, mendaki gunung, menyelam (diving) dan lain – lain sebagainya.

Sehingga dengan banyak kegiatan dan beraktivitas semoga bisa mempermudah dalam pencarian passion / hasrat.

2. Pelajari banyak keahlian baru

Mempelajari keahlian baru menjadi sangat menantang untuk dilakukan.

Kemauan yang kuat dan latihan intensif selama 20 jam bisa membuat saudara memiliki keahlian baru.

Nikmati proses ketika mempelajari keahlian baru tersebut sehingga saudara bisa lebih peka dan saudara bisa tahu apa sesungguhnya kekuatan saudara yang paling dominan.

3. Refleksi

Saudara akan kesulitan memahami diri sendiri apabila jarang sekali melakukan refleksi.

Para periset selalu menemukan bahwa orang – orang sukses menduduki puncak karir senintiasa melakukan refleksi.

Refleksi ini ibarat cermin yang menunjukkan diri cara mengetahui bakat diri sendiri.

Apa yang saudara lakukan adalah mengevaluasi tindakan yang saudara ambil dan apa dampaknya.

Misal ketika saudara tidak mencapai target tertentu dalam kerja atau menulis atau aktivitas lain dalam kehidupan, itulah saat yang tepat untuk melakuka n refleksi.

Ajukan pertanyaan, “Mengapa?”

4. Minat

Sudah dijelaskan diatas soal minat

5. 8 Kecerdasan

Delapan kecerdasan yang digagas oleh Gardner sangat baik dan bagus menjelaskan bakat – bakat setiap insan individu manusia.

Penemuan Gardner mengenai 8 kecerdasan ini memberi pencerahan mendalam bahwa banyak cara menjadi cerdas.

Bakat setiap orang agaknya merupakan pancaran dari 8 kecerdasan majemjuk berikut:

1. Word Smart

Read it, write it, talk about it, listen to it.

Saudara sangat mudah menggunakan kata. Jika saudara berdiri di Word Smart berarti saudara bisa menjadi Asma Nadia, Andrea Hirata, Habiburahman El- Shirazy, Medhy Aginta, Darmawan, Herman Yudiono, Sugeng Riyadi berikutnya.

2. Logic Smart

Quantify it, think critically about it, conceptualize it.

Jika saudara termasuk Logic Smart, saudara menyukai pemecahan masalah, menciptakan pertanyaan – pertanyaan yang memerlukan pemecahan logis, pandai membuat analogi, membuat data – data.

Saudara juga memiliki mental aritmatika yang baik.

3. Picture Smart

See it, visualize it, color it, mind map it.

Jika saudara termasuk Picture Smart, saudara suka menggambarkan sesuatu dengan sangat detil.

Saudara lebih suka menyukai tabel daripada uraian kata yang panjang.

Saudara lebih suka menggambarkan sesuatu, bukan menceritakannya.

Saudara sangat menyukai seni visual seperti fotografi, melukis, film, sinematografi.

4. Body Smart

Build it, act it out,. Get a gut feeling of it. Dance it.

Jika saudara menyukai banyak bergerak tubuh, saudara memiliki Body Smart.

Saudara menerangkan sesuatu dengan gerak tubuh, lebih suka praktek daripada mendengarkan berbagai teori.

Saudara akan merasa tersika ketika harus berdiam diri menunggu seseorang misalnya.

5. Music Smart

Ini berkaitan dengan musik.

6. People Smart

Teach it, collaborate it, interact with respect to it.

Saudara pandai bergaul, membangun tim hebat, menggerakkan orang untuk melalukan sesuatu.

Seorang sales super, internet marketer sukses bisa lahir dari kecerdasan jenis ini.

7. Self Smart

Berhubungan dengan kepandaian menilai ke dalam diri sendiri seperti bagaimana sifat saudara, mengapa saudara melakukan itu, mengapa saudara bertindak demikian.

Biasanya kecerdasan jenis ini memiliki pemikiran filosofis, sering memberi pemecahan permasalahan, suka dengan dunia psikolog.

8. Nature Smart

Kecerdasan yang berhubungan dengan alam raya jagad semesta.

Saudara suka mendaki gunung, susur sungai, menjelajah gua, menyelam dasar laut dan lain sebagaianya. Saudara merasa nyaman di alam terbuka.

6. Lakukan test bakat

Test bakat bisa dilakukan secara online dengan test gratis temubakat.com

Untuk test yang lebih baik bisa gunakan leadpro.temubakat.com
(berbayar dan butuh keluar dana kalau ini.

Apa itu Passion?

Passion dalam bahasa inggris memiliki arti nafsu, keinginan besar, gairah

Passion adalah sesuatu yang membuat kita merasa santai (enjoy), bergairah, bernafsu, punya keinginan besar untuk melakukannya dan memiliki minat sangat besar serta membuat lebih berdaya + rela berkorban demi melakukan sesuatu yang kita cintai.

Passion juga bisa diartikan sebagai gairah hidup yang mengombinasikan antara menikmati, memaknai, dan merasakan apa yang sedang kita geluti. Passion adalah faktor penentu yang bisa membebaskan saudara dari cengkeraman rasa bosan, rasa takut, penderitaan hidup tanpa tujuan jelas, dan hal negatif lain.

Passion akan muncul bila saudara melakukan apapun sesuai dengan bakat saudara.

Mengapa kita harus memiliki passion?

  1. Akan membuat saudara nyaman
  2. Akan membuat saudara termotivasi untuk mencapai kerja optimal
  3. Akan membuat saudara bahagia

Bagaimana Cara Ampuh Menemukan Passion?

Ada sebuah cara sederhana untuk mengetahui passion / hasrat / keinginan besar saudara. Cukup tanyakan pada relung hati saudara: Apa hobi kesukaan yang selama ini saudara senangi?

Sehingga akan mendapatkan serangkaian jawaban yang amat luas: ada yang hobi / menyukai memasak di dapur, ada yang hobi / menyukai memancing, ada yang / menyukai hobi menulis di blog, ada yang hobi / menyukai berjelajah / berkelana ke tempat – tempat wisata baru ataupun yang sudah ada, ada yang suka browsing di internet ber-jam – jam , hobi / suka membaca buku; dan ada juga juga hobi / suka berorganisasi sampai – sampai pulang larut malam.

Jika saudara orang yang menyukai dan senang menanam atau berkebun di pekarangan rumah (misalkan), maka mestinya saudara bisa membangun usaha Rumah Taman khusus Tanaman yang kemudian sukses dari bisnisnya dan dikenal masyarakat.

Jika saudara suka menulis dan ingin menjadi penulis, tentunya saudara bisa menulis apa yang saudara pikirkan dan bayangkan serta hobi kesukaan apa yang disenangi diluar menulis? (missal), saudara sangat senang sekali menanam atau berkebun tentunya kalau menulis semua yang berbau tanaman, hama, gulma yang menyerang tanaman saudara bisa menulis dengan lincah dan membukukan sebuah pengalaman – pengalaman selama bergelut dengan dunia pertanamanan itu.

Ringkasnya begini: Passion adalah hobi yang bisa menghasilkan

Rumus sederhana: Passion = hobi + menghasilkan produktivitas + kebebasan

Dongkrak Penjualan Melalui Marketing Strategy & Competitive Positioning: Mengukur Segmentasi, Targeting, dan Positioning Menggunakan SPSS

Passion / hasrat / keinginan besar akan menyeruak atau mengemuka keluar ketika kita memperoleh kebebasan / kemerdekaan dalam berkreasi yang meluas. Kalau dibatasi dengan aturan – aturan yang terlalu ketat akan membuat tertekan dan mungkin malah redup passion atau keinginan besar tersebut.

Kebebasan / kemerdakaan dalam berkreasi adalah pilar penyangga yang membuat kita menjadi sebuah mahakarya produktif.

1. Mencintai apa yang dikerjakan dan mengerjakan dengan sepenuh hati

Pada dasarnya semua profesi bisnis atau hobi kesukaan adalah suatu proses atau ibarat sesuatu perjalanan panjang, ada masanya cerah, ada juga masa suramnya.

Kalau saudara tidak mencintai apa yang saudara kerjakan, pada masa sulit, saudara cenderung mengambil jalan pintas untuk tidak melanjutkannya.

Akan tetapi, kalau saudara memang mencintai apa yang saudara kerjakan, kesulitan itu dianggap suatu tantangan yang menggairahkan dan saudara akan terus mencari cara menyelesaikannya.

Tentu bila saudara gigih mencari jalan keluar, pasti alam semesta dan Allah akan membantu jalan kemudahan. Seperti disebutkan dalam Firman Allah dalam Qura’an Surat Al – Insyirah ayat 5 – 6

Tinggal saudara mengambil tindakan yang sesuai sebagai jalan keluar.

Saudara pun akan melewati rintangan tersebut dan meraih sukses ke jenjang yang lebih tinggi .

Akan tetapi, bagaimana saudara bisa mengetahui bahwa saudara kerjakan tersebut adalah sesuai dengan hasrat / keinginan besar / passion saudara?

Jika saudara mengerjakan sesuatu yang saudara senangi sampai melupakan waktu, bahkan untuk makan dan tidur, itulah bukti bahwa saudara telah menemukan apa yang saudara cari.

Orang sukses tidak pernah memikirkan berapa lama dirinya mengerjakan sesuatu yang ditekuninya itu, karena pada dasarnya ia senang mereka senang dengan apa yang mereka kerjakan .

Mereka mengganggap apa yang dilakukannya itu suatu kesenangan belaka.

2. Merasa terdorong oleh tujuan mulia

Untuk memperkuat hasrat, santai, bergairah dan punya keinginan besar, biasanya mereka menemukan tujuan mulia dari apa yang mereka kerjakan.

Tujuan mulia tersebut melebihi nilai ekonomi atau keinginan dirinya sendiri.

Biasanya tujuan mulia tersebut bersifat spiritual, yang memberi kontribusi untuk masyarakat luas, sampai ke semua umat manusia, bahkan untuk keberlangsungan dunia ini.

Contoh: Nabi Muhammad mengajak masyarakat arab (waktu itu) terutama suku Qurays untuk menganut ajaran islam dengan Al- Qur’an sebagai petunjuk. Dalam mengajak kepada kebaikan itu Nabi Muhammad tidak mengharapkan imbalan dari manusia sama sekali, tapi tujuan mulia dan tentu saja beliau juga memiliki passion mengajak umat manusia agar selamat d dunia dan di akhirat.

Contoh lain: seorang penulis buku yang tidak mengharapkan uang, ketenaran (ketika membangun karir menulisnya) tapi fokus terbesarnya menulis dengan sepenuh hati dengan menulis mahakarya terbaiknya. Penulis seperti ini merasa lebih santai dalam menikmati passionnya.

3. Melakukan tindakan lebih demi meraih tujuan

Karena didorong oleh tujuan mulia, mereka akan melakukan apapun untuk meraih tujuan yang mereka inginkan.

Namun, hal ini bisa membawa masalah serius.

Sering terjadi, karena kerja terlalu keras, mereka sampai mengorbankan kesehatan dan hubungan keluarga mereka.

Ibarat lilin yang dinyalakan di kedua ujungnya sekaligus, walaupun terangnya dua kali, tetapi cadanganya cepat habis.

Lebih parah lagi, setelah mencapai apa yang diinginkan, ternyata mereka hanya dikelilingi oleh orang – orang yang selama ini hanya bekerja karena imbalan yang menggiurkan.

Mereka bahkan tidak memiliki teman yang bisa menjadi mitra untuk curahan hati.

Bahkan tidak ada yang berani dan sanggup mengatakan apa adanya tentang keadaan mereka.

Oleh sebab itu, keberhasilan seseorang kala tidak diimbangi dengan kesuksesan di bidang lainnya malah hasilnya tragis

Karena keberhasilan teresebut ditebus dengan pengorbanan yang terlalu besar dan tidak sesuai untuk keseluruhan keseimbangan hidup.

Lalu bagaimana agar kita bisa memiliki passion dengan apa yang ingin dikerjakan namun di sisi lain tidak sepenuhnya tenggelam dalam pekerjaan dan membuat urusan lain terbengkalai?

Apakah jualan online yang saudara jual tidak laku – laku atau malah sepi peminat?

Dan pengen jualan bisa laku keras? Entah jualan buku / novel / fashion... atau jualan apa saja yang bisa mendatangkan pembelian dan untung

Mau? Beli Sekarang Buku Ini sangat direkomendasikan untuk mempelajari Teknik penjualan dengan strategi pemasaran, kompetitif dan positioning. Setelah membeli buku ini dan mempraktekkan usaha saudara laris sukses (aamiin)

Caranya jadikanlah pekerjaan saudara (mis: menulis, blogging, mendidik, mengajar dsb) sebagai bagian dari hidup saudara. jangan melalukan sebaliknya, yaitu menjadikan hidup saudara sebagai bagian dari pekerjaan.

Dengan ini saudara memandang pekerjaan saudara lebih jernih.

Saudara mengerti nilai yang sebenarnya dari apa yang saudara kerjakan bagi hidup saudara.

Saudarajuga bisa memahami bahwa keberhasilan pekerjaa n saudara (entah itu menjadi seorang penulis, blogger atau pekerjaan lain) sangat berkaitan dengan keberhasilan saudara di bidang lain.

Jika saudara hanya berhasil di satu bagian sementara di bagian – bagian yang lain gagal, bisa jadi keberhasilan saudara yang hanya di satu bidang itu pun tidak ada artinya.

4. Terus mencari tahu

Lorang yang benar – benar memiliki passion, hasrat, keinginan besar apa yang ia kerjakan akan terus mencari tahu mengenai seluk beluk pekerjaanya.

Mereka tidak akan puas sampai mereka benar – benar menguasainya.

Contoh: seseorang yang suka membaca dan riset. Kesukaannya ini akan mendorong untuk menulis buku dari hasil membaca dan risetnya dan merintis komunitas kumpulan para penulis. Jika ia memiliki kesukaan terhadap membaca novel dan menulisnya ia akan terus menambah pengetahuannya mengenai cara pembuatan novel dari penciptaan karakter tokoh, menentukan alur dan plot agar menarik perhatian pembaca novelnya. Ia sungguh tidak akan berhenti sampai menjadi ahli.

Penting: Tips Menulis – Modul Belajar Kepenulisan Lengkap (Berisi dari ketidaktahuan menjadi tahu tentang penulisan)

Contoh lain: seseorang yang begitu suka dengan desain grafis. Kesukaannya ini akan mendorongnya untuk mendirikan usaha digital printing. Jika ia benar – benar memiliki kesukaan terhadap desain grafis maka ia akan terus menambah pengetahuannya mengenai desain grafis dan tidak akan berhenti sampai ia menjadi ahlinya.

Kedua contoh itu bahkan mereka jika sudah menjadi ahli, ia tidak akan menutup diri untuk terus mencari tahu jika ada perkembangan baru mengenai bidang yang digemarinya.

sama juga dengan kesukaan lainnya seperti kesukaan ngeblog, suka SEO, main Sosmed, otak – atik komputer, otak – atik HTML dan apapun kesukaan saudara.

Bonus cara menemukan passion ++

Menemukan passion / keinginan besar yang harus saudara lakukan

1. Luangkan waktu menyendiri

Dengan meluangkan waktu menyendiri ini saudara berusaha untuk intropeksi diri sendiri untuk menemukan jawaban tentang diri saudara.

2. Temukan bakat alami terbaik saudara

Mungkin saudara memiliki bakat lebih dari satu. Yang tahu bakat saudara ya saudara dan orang pernah bertatap dengan saudara dengan mengenali bakat saudara.

Bila saudara menguasai dan mengetahui jenis – jenis kelinci dan senang menulis. Mungkin saudara bisa membayangkan diri saudara menulis buku / novel tentang kelinci atau menjelaskan semua hal yang ada hubungan dengan kelinci seperti asal usul kelinci yang ada di Indonesia rata – rata kelinci itu berasal dari negara mana saja atau bisa juga menulis buku tentang tata cara perawatan kelinci dari 0 hingga panen kelinci.

Bila saudara memiliki kemampuan menulis, kembangkan ketrampilan menulis ini dengan sebaik – baiknya. Buatlah blog / menulis di notes Facebook atau sosial media atas apa yang saudara sukai untuk berbagi minat.

Manfaat ketrampilan menulis dan kembangkan kecintaan saudara pada apa yang sedang saudara lakukan.

Nantinya saudara pasti akan menemukan satu bidang yang sesuai dengan passion / hasrat / keinginan besar saudara.

3. Temukan impian sesuai kemampuan saudara

Saudara harus menulis semua hal yang selalu saudara impikan atau cita – citakan.

Saudara harus berusaha keras mewujudkannya bagaimanapun juga. Entah dengan keberanian dan terus berusaha melakukan apa yang selalu saudara impikan dan cita – citakan.

Percikan semangat seperti ini akan menjadi api yang akan terus membara dan berkobar dalam diri saudara (motivasi / pemacu)

4. Temukan langkah untuk mencapai tujuan berdasarkan kemampuan

Tujuan bisa sangat luas cakupannya.

Tujuan yang sangat luas (kompleks) ini harus dibagi dalam beberapa langkah.

Tentukan dengan tepat kapan setiap langkah bisa diselesaikan.

Tujuan akan akan lebih mudah tercapai jika tahu dengan jelas

  1. apa yang menjadi motivasi saudara
  2. Apa manfaat tercapai tujuan ini sehingga saudara bergairah

Dan ingin mewujudkan keinginan ini dalam hidup saudara.

5. Pelihara semangat untuk melakukan kemampuan

Kebanyakan orang biasanya akan sangat bersemangat menjalani apa yang disukainya.

Tapi, jika saat keadaan tidak lagi menyenangkan dan membosakan, tidak ada gairah lagi untuk menjalaninya.

Untuk menemukan passion / hasrat / keingan besar dari bakat saudara, saudara harus menyakinkan diri bahwa pekerjaan yang paling tepat bagi saudara.

Berusaha setia dan konsisten dalam menekuni bidang sesuai kemampuan saudara.

Saudara harus bisa memelihara semangat dalam diri saudara. Saudara bisa mencari dukungan dari siapa saja yang mau mendukung untuk mengembalikan semangat saudara.

6. Prioritaskan kemampuan

Hidup ini harus dijalani dengan berkompromi.

Mulailah menentukan prioritas utama saudara, sebab waktu dan tenaga saudara tidak akan cukup melakukan segala hal.

Berusahalah mengetahui apa yang paling berharga dalam hidup agar saudara tidak frustasi karena mencoba hal – hal yang tidak bermanfaat.

Jangan biarkan keinginan orang lain mengendalikan prioritas utama saudara, sebab satu – satunya oran yang memegang kemudi atas kehidupan saudara adalah saudara sendiri.

7. Lakukan dengan bahagia

Apa kemampuan yang membuat saudara bahagia dan bermanfaat bagi kehidupan saudara?

Apa kemampuan yang saudara anggap tidak memuaskan?

Mungkin saudara masih ingat rasa bangga terhadap diri sendiri saat berhasil mencapai sesuatu atas usaha saudara sendiri.

Saudara bisa menemukan nilai keutamaan dari bakat saudara melalui pengalaman tersebut.

Hal ini bisa mengungkapkan nilai keutamaan kreativitas, eksplorasi, dan visi tujuan yang akan menentukan arah kehidupan saudara.

Ingatlah bahwa nilai keutamaan saudara milik saudara sendiri, lakukan dengan bahagia. Jangan menilai menurut sudut pandang orang lain.

Jika disini saudara ingin menjadi penulis buku, novel, blogger, cerpenis (apapun profesi pekerjaanya) jadikan itu sebagai passion yang besar dalam diri saudara dan biarkan kebahagian yang saudara dapatkan itu akan membimbing saudara menjalani bidang yang benar – benar saudara sukai.

Bertanyalah pada diri sendiri apa yang membuat saudara benar – benar bahagia saat melakukan apa yang saudara senangi tanpa memikirkan hal lain.

Jangan dipandu oleh uang, materi, kemewahan harta, jabatan, tapi dengan menciptakan atau melakukan sesuatu atas panggilan hati.

Cara ini akan membimbing saudara menuju passion saudara (termasuk passion mau menulis bidang apa)

Ikuti saja gairah saudara, maka segala prestasi dan pencapaian secara otomatis akan mengikuti.

Ingat, bahwa kunci untuk menemukannya hanyalah percaya pada diri sendiri dan berani menampilkan kejeniusan / inovasi bidang saudara sendiri.

Cara menemukan Passion Menulis

Saudara pengin menjadi penulis?

Perlu kita tahu bahwa ruang lingkup penulis itu bisa diperluas lagi bukan Cuma sekedar menulis apa yang dirasa dan dipikirkan. Ada penulis novel yang biasa disebut novelis, seorang penulis cerpen yang biasa disebut cerpenis, seorang penulis puisi yang disebut puitis, seorang penulis kolum di surat kabar atau majalah disebut kolumnis. Bacaan lebih lanjut tentang Macam – Macam Profesi
Penulis (Cek)

Sebagai seorang yang ingin bercita – cita jadi penulis berusahalah jangan berpikir terlalu kerdil (sempit) pikirkan lebih luas lagi samudra dunia kepenulisan itu.

Bila saudara ingin menjadi penulis novel (misal) saudara ya harus mencari banyak hal – hal yang berhubungan dengan ruang lingkup pembuatan novel dari dasar hingga teknik yang bagus seperti apa.

Ketika saudara ingin menekuni pekerjaan sebagai penulis dan mahakarya / karya apa saja yang akan ditulis dan siapa saja pembaca yang akan disasar?

Belum tahu pembaca sasaran gimana?

Misal: orang yang gemar traveling / jalan – jalan mesti suka membaca buku yang berkaitan dengan travel bukan malah gadget, orang tua yang memiliki anak kecil tentu membutuhkan pengetahuan parenting anak sehingga membutuhkan buku seputar parenting bukan malahan novel remaja, anak – anak remaja yang umurnya 17 – 20 an yang suka novel petualang mestinya juga akan tertarik dengan tema petualang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya soal bagaimana cara ampuh menemukan passion. Bila saudara sangat memiliki minat dalam menulis dan merasa passion / berhasrat besar tentu menulis adalah sesuatu yang amat menyenangkan bagi diri saudara.

Bila di penulisan saudara mesti harus memperjelas mau jadi penulis di bidang apa yang ingin ditekuni terlebih dahulu (khusus untuk pemula yang masih bingung dengan passionnya) seperti yang sudah disebutkan bahwa bidang dalam penulisan / menulis bisa sangat beragam.

Belum bisa menemukan passion dominan agar bisa muncul rasa suka menulis?

Mestinya saudara harus menemukan minat dan bakat yang tidak ada sangkut paut dengan menulis seperti yang sudah dijelaskan secara detil diatas.

Saya ambil contoh: Passion saudara bukan menulis, tapi malah pengusaha kuliner atau masak – memasak mestinya saudara harus memanfaatkan passion dalam kuliner dan masak – memasak ini diangkat menjadi suatu karya / mahakarya karangan saudara sehingga saudara bisa membuat /menulis novel atau cerpen yang bertema seputar kuliner dan memasak, membahas 5W + 1 H seputar kuliner dan memasak yang melibatkan passion saudara.

Contoh lain: passion saudara melipat – lipat kertas menjadi suatu karya / mahakarya origami dari gerakan – gerakan tangan saudara mestinya saudara bisa memanfaatkan passion bermain origami untuk diangkat dalam bentuk karya tulis baik itu cerpen / novel bertema origami atau malah membahas tutorial membuat origami lengkap.

Biasanya dari passion yang amat disukai apapun itu bisa diangkat menjadi suatu tulisan karya / mahakarya dan ini lebih enak tidak membebani saudara ketika menulis yang bukan dari passion.

Cara menemukan passion menulis di blog yang sesuai

Apakah saudara ingin menjadi blogger / penulis blog?

Tapi ketika menulis / mengupdate postingan di blog merasa tidak begitu bahagia atas apa yang sedang ditulis sehingga membuat merasa bingung mau menulis untuk tujuan apa di blog.

Bila saudara menulis tidak dibarengi dengan passion / hasrat / keinginan besar mengapa saudara harus menulis di blog.

Seperti yang sudah saya sampaikan bahwa minat, bakat dan passion sangat rekat hubungannya yang tidak bisa dipisahkan.

Bila saudara di blog ingin menulis topik teknologi – teknologi mutakhir masa kini dan masa depan tapi saudara tidak merasa berhasrat sudah pasti tidak akan lanjut aktivitas dan kegiatan ngeblognya, akan tetapi bila saudara sangat passion nan berhasrat di topik kehidupan sehari – hari saudara maka itu akan terus berlanjut secara persisten tanpa rasa bosan.

Bila saudara menulis di blog dengan harapan awal ingin mendapatkan uang tanpa dibarengi dengan passion tentu juga tidak akan bertahan lama. Belum ada satu bulan sudah frustasi, tetapi ketika saudara menulis dengan penuh gairah, passion dan tujuan mulia untuk kebermanafaatan bagi yang menemukan postingan / tulisan blog saudara di rimba Google atau mesin telusur serta perlahan – lahan mendapatkan pengunjung yang luar biasa fantastis tanpa kita duga akan membuat saudara lebih kepacu dan lebih mudah untuk menjadikan sarana menghasilkan uang.

Dulu awal – awal menjadi seorang blogger saya juga begitu, berpikir untuk mengharapkan uang dari rimba blogging, tapi itu kandas dikarenakan tidak memberikan impak pengunjung untuk terus melonjak, tetapi saya merasa bahagia ketika sejenak melupakan aktivitas menghasilkan uang dengan fokus utama mengembangkan tulisan / postingan teristimewa yang saya buat.

Apalagi untuk membuat satu postingan istimewa juga tidaklah semudah membalikkan badan ke belakang dalam satu kali kedip mata. Butuh waktu, energi dan pengorbanan yang tiada sebentar.

Ketika passion, minat, dan bakat itu ditemukan saya merasakan sejuknya menulis di blog tanpa frustasi.

Penutup

Demikian serpihan pengetahuan tentang minat, bakat dan passion.

Semoga saudara bisa mencari jalan kebahagia hidup dan pekerjaan ataupun cita – cita impian meraih sukses.

Bagaiamana pendapatmu? Silahkan bercerita banyak dikomentar bawah ya…

Apa itu Minat, Bakat dan Passion, Bagaimana Cara Menemukan ketiga tersebut (Minat, Bakat dan Passion) untuk Masa Depan Hidup Saudara?
Tagged on:                 

Leave a Reply