• Meningkatkan Pageview (Tampilan Halaman) Blog dan Pengunjung Website

    BAU BAU

    pageview bisa juga diartikan tampilan halaman. biasanya orang yang berkunjung ke blog saudara dan melihat halaman halaman yang ada di website blog saudara.

    sehingga peran trafik dari luar seperti mesin pencari, sosial media itu sangat penting. setelah pengunjung datang dari luar arahkan mereka untuk tidak pergi, tapi untuk menkmati bacaan bacaan lain yang saudara sajikan di blog itu sendiri. 

    sehingga poin poin yang aku paparkan dibawah ini sangat penting untuk saudara pahami untuk membuat pengunjung berlama lama di blog saudara. dan dampaknya pageview meningkat.

    1. Tulis ulang / Ganti Judul Postingan Lama

    Ketika pertama kali saudara membuat konten / blogpost pasti kadang tidak mikir pas buat judul yang menarik, Cuma sekedar asal buat aja bukan?

    Bila memang demikian saudara bisa merevisi atau mengeditnya kembali agar lebih baik dan bisa menarik pengunjung bisa melihat / memantau lagi.

    Satu hal yang tidak boleh dilupakan ketika ganti judul postingan yaitu harus bisa riset keyword yang sering diketik pengguna internet ketika mencari sesuatu di mesin telusur.

    Ada banyak dan yang paling simple. Saudara ketik keyword yang terkait topic postingan yang ingin dirubah di google, setelah itu cek keyword yang terkait dibagian bawah itu (jadikan itu sebagai kata kunci/keyword postingan saudara) dengan tetap memperhatikan kaidah baca frasa kalimat menurut EBI

    2. Revisi Postingan dengan Gambar Penunjang

    Tulisan lama saudara ada yang salah ketik / banyak typo atau sudah tidak releven lagi atau kurang lengkap dari milik competitor saudara maka saudara harus bisa merevisi (menambah isi postingan dengan informasi – informasi yang lebih lengkap lagi) sehingga dampaknya kepuasan pembaca yang mencari konten tersebut bisa meningkat.

    konten lama yang isinya hampir mirip itu mungkin lebih baik disatukan menjadi satu paket postingan sehingga bisa lebih melengkapi dan dampaknya bisa mendapat peringkat yang baik di mesin pencari dikarenakan secara isi lebih lengkap dari milik competitor itu sendiri. (aku tidak bisa memastikan)

    Peran gambar / photo / infografis / file penunjang sangat penting untuk melengkapi konten postingan tersebut.

    Untuk mendapatkan gambar bebas hak cipta saudara bisa menggunakan gambar dari dokumen prbadi berupa photo / screenshot / tangkapan layar

    Postingan Terkait : 60 Daftar Penyedia Gambar Bebas Hak Cipta

    3. Revisi Isi atau Edit Ulang Postingan Lama

    Ini seperti yang sudah aku sebut pada poin 2 diatas tadi, mengedit / menambah isi dengan referensi baru, masukan / kritik saran dari komentar – komentar pembaca blog saudara.

    Atau mengabungkan postingan lain yang dirasa sama menjadi satu agar lebih komplit dan lengkap.

    Memperbaiki tulisan lama juga soal paragraf, tanda baca, ukuran font sehigga enak dibaca tidak mengganggu mata pembaca.

    4. Tulis Postingan Baru

    Maksudnya menulis postingan baru gimana ya?

    Aku Cuma memberi contoh saja. Bila saudara memiliki beberapa postingan yang topiknya hampir mirip (dalam arti postingan pada postingan terdahulu itu benar benar berkualitas / bermutu)

    Dan pada postingan baru ini tulis postingan yang menghubungkan dengan postingan lama yang hendak dijadikan pada postingan baru.

    Sebagai contoh aku telah menulis postingan tentang :

    1. Cara Membuat Blog di Blogger / Blogspot Lewat Handphone Disertai Penjelasan Lengkapnya
    2. Cara Membuat Blog di Blogger / Blogspot Lewat Laptop – Komputer – Personal Computer Disertai Penjelasan Lengkapnya
    3. Cara Membuat Blog di WordPress.com Lewat Handphone Android Disertai Penjelasannya
    4. Cara Membuat Blog di WordPress.com Lewat Laptop – Komputer – Personal Computer Disertai Penejelasan Lengkapnya

    Semua postingan diatas sudah aku buat sebelum hari ini / waktu yang telah lalu. Maka di postingan baru ini aku membuat postingan baru dengan judul : Cara Membuat Website Blog – Sebuah Rujukan Bagus yang keempat postingan menjadi satu paket disini

    5. Hubungkan dengan postingan yang sudah ada

    Menghubungkan postingan yang sudah ada dan sangat terkait itu sangat berperan dalam meningkatkan pageview. Bayangkan saja bila saudara mengklik link – link yang sudah aku selipkan didalam postingan yang aku tulis ini? Pasti akan meningkatkan pageview (tampilan postingan) blog milikku bukan?

    6. Widget postingan terkait

    Khusus untuk wordpress aku menyebutnya sebagai plugin postingan terkait / related post.

    Biasanya widget ini ada dibagian bawah postingan. Untuk wordpress gratisan sudah tersedia fitur ini, saudara tinggal mengatur saja agar bisa muncul dengan baik di blog wordpress saudara.

    Untuk wordpress self hosted / paket premium bisa menggunakan plugin – plugin yang sangat mendukung untuk hal seperti ini.

    Postingan terkait : Daftar Plugin Postingan Terkait (Artikel Terkait / Related Post) WordPress

    7. Buat halaman khusus / halaman statis

    Halaman statis / khusus biasanya terdapat dalam menu navigasi blog kita. Tujuannya untuk mempermudah dalam mencari tanpa harus memutar – mutar / bolak – balik kesana kemari. Cukup dengan halaman ini konten blog saudara bisa dijelajahi (kumpulkan link konten postingan terbaik yang telah saudara tulis dalam bentuk list / daftar)

    Contohnya saudara bisa cek sini (Mulai Dari Mana?)

    8. Widget Popular Post / Postingan Populer

    Bila ini belum ada di blog saudara segera ditambah.

    Untuk bloggger atau blogspot caranya ada di tata letak tambah gadget lalu cari popular post

    Untuk wordpress.com bisa dicari appreance / customize tambah widget cari popular post.

    Sebenarnya widget ini sudah menjadi rahasia umum untuk meningkatkan pageview (tampilan halaman)

    9. Menshare ulang postingan lama

    Yang aku lihat biasanya blogger itu biasa share tentang postingan terbaru barunya, jarang sekali menemukan blogger menshare ulang postingan lama ini. Biasanya postingan lama ini juga bisa mendapatkan pengunjung plus pageview blog kita.

    Bangun fanspage blog saudara seperti milikku (cek) baublogging.com dan sosial media lain untuk meningkatkan kesadaran brand blog saudara.

    https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

     

    Mendapatkan pageview dari luar blog saudara

    Mendapatkan pageview tidak harus dari dalam blog saudara sendiri. Bila dari pihak luar blog juga bisa.

    Biasanya istilah seperti ini bisa berupa backlink / pengacu. Bila ada pengunjung datang dari mesin pencari secara otomatis pageview juga bertambah.

    Bila saudara komentar di blog orang lain seperti yang ada pada tutorial ini (cara berkomentar di blog wordpress) dan menanam link blog saudara lambat laun (terkadang bisa menambah pageview) yang biasanya bagian dari teknik SEO off page.

    Termasuk dalam postingan blog milik orang lain yang pengunjung per hari ramai (bila didalam postingan itu menyebut / menautkan salah satu postingan milik saudara) maka itu juga dapat menambah pageview + backlink yang mengarah ke blog milik saudara pastinya.

    Menshare postingan berupa url link ke berbagai sosial media, Instan Messaging (WhatsApp, Line, Telegram, BBM) milik saudara ini juga akan menambah pageview (tampilan halaman) disadari atau tidak.

4 Responsesso far.

  1. galuh agung says:

    wah keren sekali mas pembahasannya,sangat detail.Nampaknya blog saya harus banyak di refisi nih biar pengunjung bertambah banyak.Thank gan artikelnya sangat membantu.

  2. Boleh juga tips ini diterapkan..
    Makasih gan…

  3. terimakasih banyak mas. Tulisannya bagus banget mas mudah dipahami

Leave a Reply