Saudara tidak tahu cara membuat blog atau malas dan penginnya blognya udah jadi? BauBlogging menyediakan jasa buat blog langsung jadi. cek info jasanya

Dapatkan Pengetahuan Strategi Menulis, Mengelola Blog + Trik Pemasaran Ampuh Setiap Minggunya

* indicates required

Menulis Dapat Uang: 13++ Daftar Situs Website Blog Online Indonesia yang Menerima Tulisan (Cerpen, Puisi, Artikel, Resensi, Travel, Feature dan Topik Khusus) serta Dibayar Mahal dan Tinggi

Mau nambah ilmu tentang keuangan syariah ngga? Kamu pilih mana nabung pake bank konvensional apa syariah? Kalo pake konvensional kamu makin bangkrut dan miskin. Coba pelajari system keuangan syariah ini Solusinya nabung dengan syariat islam.

Kelas WhatsApp Gruop Menulis dan Ngeblog Online

Anda mau ikut kelas Menulis dan Ngeblog Online Gratis?

Ada satu syarat kalau mau ikut kelas Menulis dan Kelola Blog – Blog ini

1. Wajib join Facebook Grup BauBlogging

2. Follow Instagram Admin dan Pemateri Mukhofasalfikr

3. Kelas WhatsApp hanya diperuntukkan bagi yang sudah join di Facebook BauBlogging

4. Terbatas untuk 30 peserta setiap grup WhatsApp sesi

5. Akan diadakan terus menerus secara berkelanjutan bagi peserta / anggota yang ingin menimba ilmu tersebut (tapi harus terdaftar sebagai anggota aktif di grup BauBlogging FaceBook ya) kalau tidak akan masuk ke grup kelas di WA Grup

Jika jaman old orang yang memiliki mimpi menjadi penulis mencari uang dari menulis adalah dengan menulis di media cetak dan menulis buku. Tapi jaman now mencari uang bagi para penulis masa kini lebih cenderung secara online.

Menulis cerita, feature, cerpen, puisi, opini, artikel berbahasa indonesia secara online dibayar adalah suatu cara mencari uang model baru yang semakin terus diminati oleh semua kawula lingkup usia.

Jaman now sudah banyak situs website blog yang mencari penulis lepas atau membuka peluang untuk berkontribusi kepada situs website blog aktif milik pihak lain. Itu artinya saudara diberi kesempatan untuk menulis untuk menulis blog post / postingan di situs website blog yang membutuhkan para saudara (khususnya yang punya skill / ketrampilan menulis)

Kontributor untuk situs website blog dibagi menjadi 2 : Kontributor Sukarela maupun kontributor dibayar.

Menjadi seorang kontributor situs website blog akan diberikan bayaran sesuai dengan kebijakan situs website blog tersebut. Setiap situs memiliki kebijakan berbeda.

Untuk menjadi penulis seperti ini tentu dibutuhkan keahlian atau kemampuan mengolah kata – kata yang tujuannya untuk dibaca dan ditonton oleh pengunjung situs website blog tersebut.

Perlu diketahui untuk menjadi penulis online terkadang diberlakukan peraturan ketat sehingga susah untuk segera ditayangkan. Ada juga yang mudah.

P.S: Dalam pandangan saya pasti untuk menjadi penulis online tidak ada yang mudah dan pasti ada rintangan terjal didalamnya. Tidak mudah ini disamakan juga dimana seorang pengusaha yang sedang menajalankan bisnisnya, kadang dalam prosesnya juga akan mengalami pasang surut. Tapi terus berusaha sekuat tenaga bekerja keras untuk mencapai tujuan dalam menghasilkan uang dari menulis di situs website blog orang lain.

Daftar Situs Web di Indinesia yang bersedia Membayar Karya Tulisan Saudara

1. UC Web Media News

UC Web Media News adalah salah satu perusahaan media online yang dimiliki anak perusahaan Alibaba Groups. Merupakan aplikasi berbasiskan berita dan browser web.

Selain sekedar browser dan situs berita saja, UC Web Media News bisa untuk mendapatkan uang dari para penulis online.

Untuk mengumpulkan dan menulis berita pihak pengelola UC web tidak terlalu repot karena semuanya diserahkan kepada para penulis yang tergabung dengan UC web News.

Ketika pertama kali daftar dan hendak menulis, kita harus memilih satu kategori untuk kita tulis. Pas daftar bukan malahan borong semua kategori.

Jika sudah menjadi anggota UC News dikemudian hari baru bisa menulis beragam kategori.

Menulis di UC web Media News juga tidak terlalu sulit, karena moderasinya tidak begitu ketat dan tulisan yang ditulis pun untuk terbit juga tidak perlu waktu lama (1 hari) dan setiap tulisan wajib diberikan gambar / foto penunjang.

Jika tulisan yang kita tulis belum masuk kriteria akan mendapatkan pemberitahuan melalui email dan akun UC News

Masalah penghasilan yang didapatkan berdasarkan jumlah iklan yang tayang dan tampil. Dibagi antara penulis dengan pengelola UC News.

2. Nulis.co.id

Pada tahun 2017 aplikasi Baca menggelontorkan biaya besar untuk digunakan situs nulis.co.id. uang biaya besar itu untuk membayar para penulis online yang bergabung.

Nulis.co.id adalah adalah sebuah situs yang berafiliasi dengan aplikasi baca dan bekerjasama dengan salah satu perusahaan channel televise nasional (Trans Corp.)

Setiap tulisan akan dbayar dengan metode revenue sharing. Intinya semakin banyak orang membaca / melihat tulisan yang saudara posting disana, maka semakin tinggi bayarannya.

Adapun sistem pembayarannya berdasarkan iklan yang muncul pada tulisan kita. Setiap iklan muncul akan dihitung dan dibagi pendapatannya antara pengelola manajemen situs nulis. Co.id. hal ini juga sebanding dengan semakin banyak yang melihat tulisan + iklan pada tulisan saudara.

Walaupun tergolong baru dibuat tahun 2017, namun situs ini sudah memiliki banyak penulis. Dan untuk mencari penonton / pembaca / yang melihat tulisan saudara juga tidak akan susah, sebab setiap tulisan terkait yang terbit di nulis.co id akan diterbitkan di aplikasi Baca. Aplikasi yang telah diunduh jutaan kali pengguna smartphone.

Setiap penulis / kreator akan mendapatkan Rp. 15.000

Ketika pendapatan sudah mendapatkan sekitar Rp.250.000 uang baru bisa dicairkan melalui bank

3. IDN Times

IDN Times adalah situs web yang menerapkan gamification.

IDN Times memberikan peluang kepada para penulis baik penulis profesional maupun penulis pemula / penulis lepas berbagai macam tulisan yang saudara bisa dan akan dibayar ketika ada yang melihat atau menonton tulisan saudara di IDN Times.

Jadi setiap 100 penonton pada tulisan saudara akan mendapatkan 1 poin atau jika ditukarkan sekitar Rp. 100

Yang tulisannya masih jelek menurut saudara (dalam hati) pihak tim IDN Times bersedia mengedit memperbaiki tulisan saudara agar 100% diterbitkan.

Untuk menjadi penulis di IDN Times saudara harus mendaftar dan ikut komunitas IDN Times. Untuk mendaftar disini

Setelah mendaftar cobalah untuk berusaha menulis tulisan yang berkualitas baik dan benar, agar tulisanmu diterima lebih cepat.

Lalu berapa bayaran yang akan diperoleh jika menulis di IDN Times?

Di IDN Times sistemnya setiap saudara berhasil menulis dan diterbitkan maka saudara akan mendapatkan 100 poin.

Dan apabila mendapatkan 100 penonton maka saudara akan mendapatkan 1 poin lagi dan itu akan terus bertambah jika tulisan saudara semakin bertambah penontonya.

Nah disaat poin yang saudara kumpulkan mendapatkan 2500 poin maka saat itu bisa dicairkan ke dalam bentuk uang. Perlu diperhatikan 2500 poin itu sama dengan Rp.250.000

Caranya adalah melalui proses reedem poin , yaitu pihak IDN Times akan mengirimkan saudara sesuai poin yang dicairkan lewat bank.

Untuk bank untuk pencarian itu, semua jenis bank bisa. Andaikata bank saudara adalah BTN syariah tetaplah bisa.

4. Vebma

Vebma adalah salah satu situs web yang bersedia membayar tulisan para penulis online lepas.

Jika saudara seorang penulis pemula atau masih belum mengerti cara kerja menulis di vebma. Silahkan mencoba, sebab peraturan menulis di situs website online ini terbilang tidak terlalu ketat bila dibandingkan dengan situs website lain.

Vebma dibuat pada september 2016 dan halaman facebook Vebma sudah mendapatkan lebih dari 100.000 (itu artinya peluang untuk membantu promosi tulisan saudara di vebma terbuka lebar) dan berpotensi meraih penghasilan online setiap kali ada yang menonton / melihat / membaca tulisan saudara yang dipublikasikan di Vebma.

Setiap tulisan yang ditulis di vebma dihargai Rp. 10.000, namun jumlah itu bisa terus bertambah dengan sistem pembayaran CPM (Cost per Mile)

Jadi bayangkan ketika tulisan yang saudara tulis di Vebma dilihat /ditonton / dibca 1000 penonton maka saudara akan mendapatkan bonus sebesar Rp. 1.200

Bayangkan juga jika saudara mendapatkan 100.000 penonton pada tulisan saudara yang berhasil dipublikasikan maka saudara mendapatkan bonus Rp. 120.000 (100.000 penonton / 1000 × 1.200 + 120.000)

Situs vebma lebih dikhususkan untuk para penulis wanita atau perempuan. Dan temanya sangat beragam.

5. BasaBasi

Basabasi adalah situs web online yang mau menerima tulisan saudara secara online. Situs ini sangat banyak sekali konten menarik seputar literasi atau sastra. Ada pula tulisan seputar resensi film, buku, resensi blog dan lain lain sebagainya.

Kirimkanlah tulisan saudara via email: gerobaknasakah@basabasi.co

Untuk honor atau bayarannya

Esai / cerpen: Rp.300.000

Puisi: Rp.250.000

Resensi buku: Rp. 200.000

Tulisan ringan: Rp.100.000

Hal penting saudara harus memperhatikan kriteria tulisan yang diajukan ke pihak basabasi.co dalam menyeleksi tulisan yang akan diterbitkan

6. Mojok

Mojok adalah salah satu situs berbagi opini di Indonesia.

Mulai dari opini – opini hingga ke yang lucu – lucu sampai satir.

Situs website ini akan memberi bayaran pada setiap tulisan yang dibuat oleh kontributornya.

Bagi saudara yang ingin mengirimkan tulisan di situs website mojok silahkan kirimakan ke redaksi@mojok.co dan tunggu sekitar seminggu sampai pihak mojok memutuskan tulisan saudara layak dipublikasikan atau tidak.

Tautan ini adalah cara mengirimkan tulisan hingga persyaratan di mojok    

7. Blogekstra

Blogekstra adalah salah satu situs berbentuk blog yang memberikan kesempatan dengan bagi hasil antara penulis blog dengan pengelola blogekstra.

Tulisan pada situs blog blogekstra pada umumnya adalah tulisan tentang teknologi, wisata, lifestyle, hiburan, otomotif, olahragadan lain – lain.

Sistem bagi hasil akan diberikan pihak redaksi blogekstra adalah bagi hasil.

Jika tulisan yang dipublikasikan di blogekstra mendapatkan banyak penonton .

Bila saudara tertarik untuk dan ingin mencari informasi lebih lanjut tolong untuk menghubungi dan mengirimkan tulisan saudara via email admin@blogekstra.com

8. Jalan Tikus

Jalan Tikus adalah situs website blog yang bertemakan / bertopik teknologi, game, aplikasi – aplikasi smartphone hingga laptop, tips dan trik dan lain – lain.

Jalan Tikus akan membayar para penulis kontributornya Rp. 150.000 per post

Jika saudara tertarik menulis di Jalan Tikus untuk menjadi penulis lepas silahkan terlebih dahulu mendaftar

9. Meltik

Meltik adalah situs website yang menyediakan untuk menulis bagi para penulis. Setiap tulisan yang diterima dan diterbitkan di meltik akan dihonori / digaji / dibayar Rp. 100.000

Untuk itu saudara perlu mengikuti prosedur dan peraturan yang berlaku di situs web meltik. Baca disini untuk ketentuannya

10. iWriter

iWriter adalah situs website dari luar negeri. Ini sangat cocok bagi saudara yang bekerja secara online sebagai penulis lepas.

Setiap project di situs iWriter pendapatannya besar. Tentu saudara harus punya ketrampilan menulis dalam bahasa inggris.

Situs ini akan membayar tulisan saudara yang di pesan / diorder oleh para pemesan dengan mata uang dollar amerika.

11. Babe

Babe adalah singkatan dari Baca Berita dan merupakan sebuah aplikasi smartphone yang berbasiskan berita, sama halnya dengan UC News.

Setiap tulisan saudara akan dihargai sebesar Rp. 10.000 – Rp.100.000

Setiap tulisan akan dihargai dengan harga berbeda – beda. Kenapa bisa begitu?

Pihak Babe membedakan setiap tulisan menjadi 5 golongan

Level Range Views Pendapatan
I 100 – 500 Rp. 10.000
II 501 – 5.000 Rp. 20.000
III 5.001 – 10.000 Rp. 30.000
IV 10.001 – 50.000 Rp. 40.000
V >50.001 Rp. 50.000

Peraturan untuk diterima Di Babe juga ketat, sehingga sampai – sampai proses moderasinya memakan waktu 4 minggu

12. Brilio

Brilio.net adalah salah satu portal hiburan paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Situs website ini juga membayar mahal bagi para kreator penulis yang tulisannya berhasil diterbitkan.

Satu tulisan postingan dibayar Rp.200.000

13. Beautynesia

Beuatynesia.id adalah salah satu situs website blog yang membahas seputar kecantikan .

Bila tulisan saudara berhasil diterbitkan disini akan mendapatkan honor Rp. 20.000

14. Seword

Seword adalah situs website blog yang membahas tema politik.

Saudara akan dibayar Rp.3 rupiah untuk satu penonton / pembaca. Ketika saudara berhasil mendapatkan 100.000 penonton mesti akan mendapatkan Rp.300.000

Untuk menjadi penulis di seword saudara menulis tulisan original. Bisa saudara teratarik silahkan kirimkan tulisan saudara via redaksi@seword.com atau sewordcom@gmail.com.

15. Plukme

Plukme adalah sebuah platform digital yang dibuat untuk para penulis atau content creator untuk menuangkan ide-ide kreatifnya. Hasil kreatifitas para penulis akan dipublikasikan melalui Plukme! dan media network kami yang lain.

Selain untuk menulis, Plukme juga membayar postingan tulisan ketika ada orang yang membacanya. Menurut pengamatanku untuk 1 penonton 5 pluk (5 rupiah)

Keuntungan lain yang ditawarkan adalah setiap anggota bisa mendapatkan benefit yang menarik baik berupa cash maupun poin belanja dari partner plukme. Benefit berupa cash bisa langsung ditarik ke rekening saudara dengan jumlah minimal tertentu. Silahkan eksplore platform kami untuk menemukan hal menarik lainnya.

Uang / penghasilan di Plukme baru bisa dicairkan ketika sudah 100.000 Pluk

Berikut ini beberapa tulisanku yang dipublikasikan di Plukme

1. Cara Mendapatkan Uang dari Menulis di Situs Website Blog

2. Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen dan Puisi di Situs Website Blog

16. Inwepo

Inwepo adalah

17. Hipwee

18. Takaitu

19. Klikmania

2 thoughts on “Menulis Dapat Uang: 13++ Daftar Situs Website Blog Online Indonesia yang Menerima Tulisan (Cerpen, Puisi, Artikel, Resensi, Travel, Feature dan Topik Khusus) serta Dibayar Mahal dan Tinggi”

  1. min ada situs juga yang nulis di bayar di inwepo.co soalnya ane pengalaman nulis disana dan prosesnya cepet, bisa di update min terima kasih

    1. Iya terima kasih. Akan diusahakan update jadi nambah listnya

      Semoga bermanfaat dalam jangka panjang postingannya ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *