• Cara dan Panduan Menjadi Blogger Produktif – 6 Tips Menjadi Blogger (Penulis Blog) Disiplin | Buat Blogger Mulai Lelah

    BAU BAU

    quotescover-JPG-62

    Menulis produktif adalah harapan setiap blogger dan penulis yang memiliki pola pikir tidak lekas menyerah (positif)

    Menulis produktif adalah hasil proses berlatih yang berulang ulang. Tidak boleh putus asa, semangat turun karena sedang tidak moodnya untuk menulis.
    Bila ingin membiasakan diri menulis yang banyak maka saatnya menulis sekarang.

    Menurut saya, tidak semua orang bisa menulis minimal satu biji dalam sehari, kadangkala menulis seminggu sekali, sebulan sekali atau saat ide untuk menuangkan gagasan itu bangkit dari pikirannya dan hatinya.
    Saya juga pernah berandai andai bisa nulis satu hari satu posting untuk blog?
    Ternyata dari pengalaman yang sudah terlewati ternyata memang belum bisa untuk konsisten untuk memenuhi janji itu.
    Dalam arti saya telah melanggar janji dengan prinsip untuk bisa menulis satu hari satu posting.
    Karena memang tidak berdaya alias tidak bisa menulis yang ditetapkan oleh diri sendiri.

    Maka memiliki niat menulis disaat ada waktu buat menulis baik di blog, laptop, ponsel dan lain lain yang pasti alat untuk menumpahkan segala hal yang menyangkut ide, gagasan, pengetahun, inspirasi, serta sesuatu yang layak di share untuk kecerdasan masyarakat pada umumnya.
    Sebenarnya setiap hari itu saya ingin bisa menulis lebih dari satu biji ada kalanya ingin bisa menghasilkan tulisan 5 biji sehari atau 10 biji sehari.

    Apa daya sampai saat ini memang belum mampu.
    Menulis untuk blog saja kadang sehari 2 atau biji lalu hari hari berikutnya berhenti karena alasan yang dibuat buat sendiri.

    Dan jadilah malas nulis padahal pikiran dan hati ingin dan ingin sekali rasanya untuk buruan menulis.
    Untuk waktu yang akan datang saya berusaha untuk bisa menulis lebih banyak, karena semakin banyak tulisan semakin produktif pula dalam menulis maupun ngeblognya.


    Apakah bisa menulis lebih dari 1 postingan setiap hari?


    Menurut mereka yang sudah menggeluti dan sering berlatih menulis baik di blog maupun media yang lain, Sangat bisa untuk bisa menulis sebanyak banyaknya dalam sehari.
    Semua itu karena berlatih sehingga kemampuan menulis bertambah, terasah, terampil dalam mengolah kata kata yang seolah olah menyihir para pembaca semua.
    Biasakan setiap hari untuk terbiasa membiasakan menulis disaat sedang tidak ada ide, tidak mood, malah dan inipun harus disiplin tidak boleh beralasan dengan alasan sepele kecuali sangat tidak memungkinkan misalnya sakit habis kecelakaan sepeda motor.
    Tidak ada blogger atau penulis yang bisa berhasil dalam rentang waktu yang singkat (3 hari saja) itu mustahil. Semua yang penting adalah prosesnya bukan hasil akhir. Bila proses yang dilalui sarat dengan perjuangan maka akan mendapatkan hasil akhir yang memuaskan. Ditambah lagi jangan mudah cepat puas


    Tapi,


    Menulis postingan setiap hari yang banyak jika sekedar asal menyampaikan itu tidak elok dan berakibat buruk bagi image blog saudara.

    Setiap niche blog berbeda beda. Ada yang berkata :

    Update postingan bisa perhari sekali, seminggu sekali, per bulan sekali. Contoh blog niche berita tentu harus update berita terbaru setiap harinya, berbeda dengan blog niche lain ambil contoh niche pertanian updatenya tidak menentu.

    Bila blog saudara dikelola tim sehari bisa banyak postingan juga tak masalah sebab sudah ada penulis penulis blog yang bersedia berbagi waktu menulis, updatenya dan lain lain

    Dan blog baublogging.com ini updatenya juga tidak menentu pun bisa sampai 1 bulan untuk rilis postingan terbarunya.

    Blog personal saya pun kadang dupdate sampai 10 x pada bulan april 2016 . hal itu juga tak masalah.


    Solusi menjadi blogger displin


    Mengenal orang orang besar yang sudah diakui integritasnya. Mereka tentu bukan orang biasa. Bukan seorang pemalas.

    Setiap individu memiliki cita cita yang untuk dicapainya.

    Begitu juga yang sudah memiliki passion dan kecintaan di dalam blogging.

    Seorang blogger yang sudah berhasil tentu juga tidak luput hal hal :

    1. Tidak bermalas malas

    Kata ayah saya seseorang yang ingin sukses adalah harus bersungguh sungguh agar dimasa depan menjadi sebuah keberhasilan.

    Malas adalah salah satu penyakit penjangkit untuk terus menjadi blogger atau penulis yang dari kasta bawah atau tetap berada pada level pemula. Dan tentu penunda kapan saudara bisa lebih baik .

    Sejak lulus SMA cita cita saya untuk menjadi blogger dan penulis sukses di masa yang akan datang sehingga terus dipupuk dan ditanam, kadangkala muncul kemalasan yang menjangkiti sehingga dampaknya untuk menulis di blog dan melakukan yang berhubungan dengan online web jadi malas.

    Berantas rasa malas untuk menuju impian saudara (blogger dan penulis sukses)

    Kapan Anda melawan rasa malas kalau bukan sekarang juga?

    1. Disiplin ketat

    Jangan sepelakan ulama. Ulama itu hebat dan luar biasa. Wawasan keilmuan mereka sangatlah luas dan kompleks hingga ilmu modern.

    Para ulama itu tentu saja sangat disiplin setiap mempelajari sesuatu tidak setengah setengah.

    Sehingga hasilnya luar biasa. Dianggap ulama profesioanal yang diakui oleh masyarakat.

    Begitu pula dengan impian atau cita cita menjadi blogger yang suatu saat nanti bisa kebanjiran berkah dari blogging.

    Seorang penulis web atau buku yang tidak disiplin yang baik tentu juga tidak akan menjadi sukses sesuai yang dimimpikan itu.

    saudara kuliah di jurusan yang dipilih, tetapi tidak serius dan disiplin terhadap jadwal bisa jadi akan menjadi mahasiswa terbaik.

    Seorang blogger full time kang herman yudiono sangat disiplin itu terbukti susahnya untuk menghubungi beliau untuk sekedar wawancara saja yang mengelola banyak blog niche

    1. Jaga konsistensi impian

    Konsistensi termasuk salah satu kekuatan penting yang bisa menguatkan impian saudara menjadi yang seperti yang diharapkan. Apakah menjadi blogger biasa, blogger yang bermanfaat buat orang diluar saudara, atau blogger yang penuh dengan prestasi mengagumkan.

    Menjadi blogger tipe apakah saudara?

    Konsisten adalah raja.

    Sudah bertahun tahun menulis dan punya blog tapi tidak konstisten akhirnya blog kalah dengan blogger lain yang lebih konsisten dari saudara

    https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

    Jadi kuatkan konsistensi diri untuk seperti apa yang saudara inginkan.

    Tentu saja mereka yang punya mindset yang positif akan bermuara ke yang positif pula.


    Bagaimana agar tetap disiplin


    1. Membaca buku pengembangan diri

    Buku pengembangan diri atau artikel yang membahas hal serupa. Karena panduan seperti ini sangat mempengaruhi sikap dan mindset Anda.

    Saya ketika jarang membaca buku atau artikel seperti ini selalu saja luput dalam pikiran negative yang membeluggu. Ketika membaca sebuah buku Berpikir Positif yang ditulis oleh Ibrahim El Fiky buku ini menjadi obat ampuh.

    1. Selalu motivasi diri

    Memotivasi diri agar terus semangat sesuai impian yang ingin dicapai menjadi blogger yang sukses dalam menghasilkan uang.

    Salah satu cara memotivasi diri saya adalah dengan membaca kisah kisah blogger sukses, ulama mashyur, tokoh tokoh inspiratif yang membangkitkan semangat energy muda.

    Sudah banyak kisah blogger sukses yang bisa menjadi acuan untuk memotivasi diri. Bisa jadi orang orang terdekat dengan Anda pun bisa menjadi pemotivasi untuk terus bangkit dan maju.

    1. Selalu berpikir terbuka

    Berpikir terbuka salah satu cara untuk membuka pikiran yang selalu terkungkung. Saya sendiri yang seorang yang memiliki kurang pendengaran tetap selalu berpikiran terbuka.

    Berpikiran terbuka bisa dengan banyak membaca berbagai macam aspek keilmuan dan tidak mengandalkan satu bidang saja.

    Dengan berpikir terbuka pun inspirasi dan cakrawala yang sebelumnya tertutup semakin membuka relung pikiran yang luas.

    Ada juga blogger tertutup, sejatinya sedang memutup diri bahwa dunia online termasuk blog semakin berrevolusi. Ubahlah sikap pikiran tertutup menjadi yang terbuka

    1. Berusaha untuk membuat konten berkualitas

    jangan salah mendefinisikan seperti apa konten yang berkualitas.

    Banyak pemula masih gamang dan tak tahu, seperti saya dulu juga demikian.

    Konten berkualitas menurut saya konten yang isinya segar daripada yang sudah disampaikan oleh blog orang lain, isinya unik, mendalam, bermanfaat, memiliki perspektif yang berbeda dari postingan blogger lain.

    Contohnya : di ruang kelas diadakan sebuah diskusi dengan masing masing 6 kelompok maju kedepan kelas untuk mempresentasikan postingannya. Lalu diganti dengan kelomok berikutnya mempresentasikan postingannya yang secara isi mirip dengan kelompok yang lebih dahulu maju. Bila saudara dalam posisi demikian protes tidak?

    1. Membuat jadwal harian, mingguan bulananan

    Membuat jadwal juga salah satu tips untuk mendisiplinkan diri.

    Memberikan makanan yang bergizi untuk pembaca blog saudara tidak bisa dilakukan dengan berleha leha.

    Melakukan riset sebelum mulai membuat konten juga diharuskan. Jangan sampai hari hari dilalui tanpa tak ada satu pun untuk bahan blog saudara.

    Dalam kata lain saudara harus tegas terhadap diri sendiri dalam hal ini mengelola blog dan menancapkan impian saudara untuk bisa menjadi penulis produktif dan mendapat gelar profesional.

    Dan terus lakukan secara berulang ulang menjadi sebuah kebiasan yang baik.

    1. Lebih giat dari orang biasa

    Apa yang membedakan orang biasa dengan orang sukses? sang juara?

    Giat. Ya orang biasa menulis satu hari 500 kata, orang berjuara menulis lebih dari itu ditambah dengan usaha, melakukan riset, tidur sedikit untuk mermapungkan ini semua.

    Orang biasa selalu menunda nunda : nanti saja, besok juga bisa dan seterusnya. Sang juara tidak demikian


    Apa yang harus dilakukan menjadi blogger produktif?


    1. Menulis dengan disiplin dan tidak boleh dibantah dengan rasa malas.
    2. Terus belajar bagaimana mengembangkan situs blog sehingga tampak hidup
    3. Banyak berinteraksi dengan blogger lain yang produktif. Karena blogger produktif akan menularkan pengaruhnya ke blogger yang ingin produktif pula (kecipratan manfaatnya) -jalinlah hubungan baik antara kedua belah pihak
      -ikut berperan aktif baik di komunitas poada bidang blog saudara maupun bukan
    4. Jangan pelit berbagi ilmu. Sekecil apapun bentuknya. Karena sekecil zat atom pun tetap aka nada dampaknya. Satu hal lagi Allah sangat benci kepada penyembunyi ilmu dan Allah suka dengan orang menyebarkan ilmu.
    5. Gunakan waktu dengan sebaik baiknya. Kadang terbuang sia sia waktu yang digunakan untuk hal hal bermanfaat. – bisa untuk melakukan riset konten atau postingan terbaru nantinya.
      – banyak membaca buku atau postingan yang terkait bidang blog saudara
      – jangan buang buang waktu berlama lama di sosial media

    Kesuksesan akan datang punya disiplin luar biasa. Disiplin juga perlu jihad. Mari berusaha untuk menjadi blogger yang bersiplin dan berdedikasi tinggi serta penuh semangat.

    Panduan : Modul Blogging Lengkap

    Bagaimana dengan saudara?


13 Responsesso far.

  1. Zani says:

    Menulis kreatif sangat diperlukan bagi seorang blogger/narablog. Poin poin di atas sudah mewakili mproses menjadi narablog yang handal. Menyusun jadwal menulis dan meningkatkan mutu menulis demi pembaca blog

  2. Bang Oji says:

    lengkap sekali nih, panduannya sangat bermanfaat bagi saya sebagai bloggernewbe abal-abal. saya bookmark dulu ya bang mukh. salam sukses buat mas mukh yang telah memberikan motivasi kepada semua blogger newbe seperti saya ini

  3. dakwah syariah says:

    tentu sangat penting artikel ini, kenapa saya mengatakan atikel ini sangat penting. karena menjadi seorang penulis itu syaratnya yaitu niat dan kemauan, karena kalau ingin menjadi seorang penulis yang pintar dan terkenal maka harus mempunyai kedisiplinan dalam menulis suatu artikel, tentunya sangat susah kalau ingin menjadi seorang penulis tetapi tidak mempunyai keinginan untuk menulis, dan selain itu juga harus memahami apa saja yang sudah di terangkan dalam artikel diatas. saya ucapkan terima kasih atas penulisan artikel diatas. karena berkat pemaparan artikel diatas saya menjadi termotivasi, karena kunci untuk menghilangkan ketidak sukaan atau mewujudkan kesukaan itu dimulai dari motivasi. saya ucapkabn terima kasih sekali lagi atas penjelasan nya.

  4. Uzze says:

    menjadi seorang penulis itu memang sangat memerlukan kedisiplinan dalam melatih talentanya, sebenarnya ada banyak ide di sekitar kita dan untuk menggalinya bergantung kepada kemauan kita melakukan riset atau analisa. Ada banyak sumber yang dapat kita jadikan referensi terutama media sosial yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan juga informasi. Be a passionable memang membutuhkan rasa cinta kepada apa yang ia kerjakan supaya hasil karyanya alami dan tidak terbebani ketika menciptakan karya tersebut.

    Saya sendiri menerapkan jadwal untuk bisa update konten setiap hari guna melatih ketajaman dalam berfikir. Awalnya sih merasa terpaksa tapi lama kelamaan menjadi terbiasa.

  5. menjadi seorang penulis itu memang sangat memerlukan kedisiplinan dalam melatih talentanya, sebenarnya ada banyak ide di sekitar kita dan untuk menggalinya bergantung kepada kemauan kita melakukan riset atau analisa. Ada banyak sumber yang dapat kita jadikan referensi terutama media sosial yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan juga informasi. Be a passionable memang membutuhkan rasa cinta kepada apa yang ia kerjakan supaya hasil karyanya alami dan tidak terbebani ketika menciptakan karya tersebut.

    Saya sendiri menerapkan jadwal untuk bisa update konten setiap hari guna melatih ketajaman dalam berfikir. Awalnya sih merasa terpaksa tapi lama kelamaan menjadi terbiasa.

  6. Jujur, blog sy belum di update sejak 2 minggu lalu..rasanya sedih sih karena menjadi blogger yang tak produktif. Tapi gini, sy menghabiskan waktu menulis sy untuk belajar wordpress krn baru pindah..apakah sy termasuk blogger malas jika alasan sy belajar wordpress atau banyak tugas sekolah dan ulangan?

    • Menurut saya tidak mas.

      Selagi masih memiliki hasrat untuk terus mengisi blognya dengan konten konten sesuai niche blog mas fadil

      Wajar saja bila baru pindah dan masih berkutat dengan wordpress barunya itu apalagi mas blogger pelajar yang harus mengerjakan kewajiban sekolahnya.

      Masalah memostingkan tak ada aturan yang pasti mau 1 hari seminggu sebulan dan entah kapan lagi.

      Terima kasih mas fadil udah bersedia berkunjung kesini 😀

  7. Kadek Ariasa says:

    Membuat semangat lagi menjadi blogger buat kedepan meski sekarang belum bisa berpenghasilan dari blog namun saya tidak dulu memikirkan penghasilan, saya akan update terus artikel dan mencari visitor..
    Tulisa baublogging sangat bisa memotivasi newbi seperti saya

  8. Amir Mahmud says:

    Konten yang bermanfaat, semangat terus Mas

  9. angga putra says:

    Sangat menggugah artikel nya.

  10. farij falahi says:

    Artikelnya nyemangatin,makasih ya. pas banget baca lagi gak punya ide nulis apa di blog. mungkin setelah semangat jadi ada ide muncul, hehe
    Gan aku ada saran nih, postingannya kayaknya ada yang salah ketik deh, ada yang kurang kata negasi

    ini contohnya :
    saudara kuliah di jurusan yang dipilih, tetapi tidak serius dan disiplin terhadap jadwal bisa jadi akan menjadi mahasiswa terbaik.

    dan ini

    Gunakan waktu dengan sebaik baiknya. Kadang terbuang sia sia waktu yang digunakan untuk hal hal bermanfaat.

    dan ada dikit typo.

Leave a Reply