• Pendahuluan

    BAU BAU

    image

    Dunia blogging adalah dunia yang berhubungan dengan dunia maya dan semakin banyak diminati. Banyak orang baik tua atau muda yang menggunakan internet untuk menggali banyak informasi, ilmu, penyelesaian suatu masalah, dan berbagai hal lainnya. Mereka akan mencari menggunakan mesin pencari untuk menemukan hal tersebut. Tak dinyana kebanyakan yang ditemukan website berbentuk blog seperti yang dikatakan oleh Isnuansa Maharani pada postingan PanduanIM. Sayangnya, ada kalanya yang ditemukan pada blog tidak memuaskan hasrat saudara, sehingga kembali mencari beragam informasi yang berkualitas atau mencari solusi terbaik.

    Pada perkembangannya, banyak lahir blogger-blogger baru yang menambah kepadatan penduduk dunia internet. Mereka menulis konten-konten dangkal walaupun beberapa blogger akhirnya semakin banyak membuat konten-konten berkualitas. Yang dikejar banyak blogger sebagai tujuan utama adalah mencari penghasilan dari blog. Sehingga, mereka melakukan berbagai cara untuk mendongkrak popularitas blognya.

     

    Dari pengalaman pribadi, banyak sebagian dari mereka mencuri blog post orang lain sebanyak-banyaknya lalu mengoptimasi dengan SEO hingga mendapatkan pengunjung pada blognya dan berikutnya menjalankan program google adsense untuk mendapatkan penghasilan tersebut. Menurut saya pribadi, mengistilahkan dengan sebutan blogger nakal dan tidak berakhlak baik.

     

    Ada yang frustasi besar disebabkan karena apa yang dilakukan selama ini memang tidak beretika dan berbudaya yang sopan. Harapan untuk menghasilkan uang dari blogging hanyalah sebuah mimpi belaka alias sirna. Ada yang pensiun sementara dan ada yang tidak melanjutkan sama sekali. Ada baiknya mencontoh dari penulis dan blogger yang sudah berhasil dan menghargai jasa-jasa mereka dalam berbagi pengalaman blogging hingga bisa menghasilkan uang dari internet dengan cara yang positif, tidak curang, dan tidak menipu.

     

    Saya sendiri belajar banyak dari para senior yang mengajarkan ilmunya dengan tulus, karena melakukan sesuatu di blog dengan niat tulus, cinta, penuh kesabaran, konsisten, dan persisten yang lama akan menghantarkan menjadi blogger yang sukses. Beberapa guru blogging yang mengajarkan saya sehingga dapat lautan ilmu blogging yang tiada kira, yaitu Darmawan PIM, Medhy Aghinta, Herman Yudiono, Yodhia Antariksa, dan masih banyak lagi dan tak bisa disebut satu per satu. Ternyata sikap, akhlak, moral yang baik memliki pengaruh yang luar biasa dalam pembentukan saudara sukses atau tidak nanti pada cita-cita membangun blog saudara.

     

    Saya contohkan Nabi Muhammad SAW. dalam menyampaikan risalah kenabian pun tidak mengharapkan upah dari umatnya maupun pihak yang menentangnya, tetapi lihat hasilnya seberapa sukses risalah dakwahnya?

     

    Ternyata seperti yang saya bilang tadi, yaitu tulus, cinta, penuh kesabaran, konsisten, dan persisten yang banyak sekali diadopsi dalam berbagai ajaran agama begitu kuat dalam membentuk sebuah kesuksesan dalam membangun website blog saudara.

     

    Apa jadinya bila saudara membangun blog dengan niat dan tujuan yang tidak benar? Sebagaimana kisah Abu Lahab yang akan menjatuhkan reputasi Nabi Muhammad, ternyata gagal total dan pada akhirnya tujuan yang salah akan menjatuhkan saudara pada kubangan yang salah. Seorang blogger yang saling menjatuhkan blogger lain sehingga memunculkan api dendam dan saling berseteru dalam persaingan yang tidak sehat, tidaklah baik.

     

    Ada baiknya memulai membuat blog dengan tujuan yang matang dan terencana dengan baik dan suatu saat nanti akan mendatangkan passive income yang besar sebagaimana blogger sukses yang saudara ketahui yang bisa mendapatkan jutaan hingga milyaran per bulan.

     

    Ternyata itupun sebuah kesuksesan bukan sebuah keberuntungan. Kesuksesan dari sebuah usaha keras, penuh dedikasi, dan komitmen untuk terus update tulisan terbaik pada blog saudara cintai.

     

    Menurut pepatah kuno, “Banyak jalan menuju Roma”. Ternyata jalan sukses itu banyak sekali dan bila ada kritik datang dari blog gratisan pun bisa mendapatkan uang. Jawabannya, “Banyak jalan menuju Roma

     

    Selain itu untuk membesarkan blog juga dibutuhkan sebuah usaha yang berkelanjutan, tidak ada jalan pintas sukses dalam satu hari satu malam.

     

    Disini tidak diajarkan bagaimana blogging bisa sukses satu hari satu malam. Pola pikir saudara harus diubah sesuai dengan pola pikir yang benar. Mas Medhy dalam posting-annya pun menyatakan tidak akan mengajarkan kepada saudara yang pola pikirnya sudah salah.

     

    Semua ini banyak diadopsi dari blogger senior yang berhasil. Seorang Linda Ikeji saja juga tidak luput dari mental kecil. Semua blogger sukses selalu bermimpi besar dan berusaha menjemput impian besarnya itu. Tentu saja juga harus melewati serangkain kegagalan demi kegagalan.

     

    Thomas Alfa Edison juga begitu ketika mencoba membuat lampu (bohlam) legendaris dunia saat ini dan dunia mengakuinya. Yang namanya sukses perlu melewati trial and error.

     

    Begitu juga dengan blog yang sekarang sedang saudara bangun. Mulai rencanakan tujuan blog saudara dengan matang dan terkonsep.

    Selamat menikmati artikel lanjutan BauBlogging.com

    Bahasan utama

    Blogging Tips

    Writing Tips

    Marketing Tips

    Bahasan tambahan

    https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

    Blogivasi

     

     

8 Responsesso far.

  1. Mas fikri memang is the best dah pokok nya. Master yang punya jiwa membantu yang sangat tinggi , rasa nya sangat sulit mendapatkan orang suka membantu seperti mas Fikri 😀

  2. Bang Oji says:

    wah menarik sekali pembahsan awal ini mas, akan tetpi saran sayaa sih rapihkan kembali tulisannya, spaci penggunaan kata besar dan huruf kecil . itu saja sih. heheeehe … Salam #JOMBLOGGER @bangojinet

  3. Teuku Ahmad Andika says:

    Wah ente hebat ya gan, gurunya banyak… lah ane engga ada punya guru, belajar nya otodidak

    • Saya juga otodidak mas. Belajar dari banyak senior blogger.

      Tentu mas teuku ahmad andika juga begitu, pasti ada gurunya walaupun tak tahu siapa yang bersangkutan

      Mas membaca postingan baublogging juga termasuk belajar bersama saya juga kok.

      Terima kasih mas atas kunjungannya..

  4. Fadil says:

    Wah kita punya guru-guru yang sama. Blog anda sangat bagus untuk ada di list saya.

    Saya juga sangat suka dengan template anda sangat elegan dan enak untuk di pandang.

    Saya berharap kita bisa bertema sebagai sesama blogger.

    Salam hangat

    Fadil

    dari Iblognesia.com

  5. Astutiana says:

    Oke Uti kasih komen pertama disini. Benar sekali. Dan blog mas Fikri sangat super.. sy akan ikuti terus saran dan tip nya agar blog Uti bisa bermanfaat untuk orang lain.
    Ngga mau ah jadi blogger nakal. Biarkan semua berproses

Leave a Reply