Apakah Mau Bertanya / Curhat / Belajar Kepenulisan, Mengelola Blog, Pemasaran Online Sama Admin Website Ini Gratis?

Silahkan

Mau Jadi Penulis Buku? Mau Belajar dapat uang Online? Mau Belajar menulis dan mengelola blog secara Bayar atau Gratis?

Kalau Gratis wajib join Grup ini dulu dan Inbox atau komentar postingan adminnya biar (admin tahu kalau mau belajar gratis)

Sekali lagi pilih BAYAR atau GRATIS? Ditutup sampai 28 Febuari 2018, Mulai 1 Maret Bayar

Lupakan sejenak berpikir untuk menjadi penulis buku / novel yang sukses dan berhasil serta bisa menginspirasi jutaan publik pembaca seperti Aidh bin Abdullah Al- Qarni (Penulis sukses sekaligus seorang ulama Arab Saudi) atau Penulis Novelis “Bidadari Bermata Bening” karangan Habiburrahman El-Shirazy

Untuk menjadi seorang penulis besar yang banyak diliput media online, koran, majalah, diwawancarai Televisi dan Radio Swasta atau malahan masuk Daftar List penulis Indonesia berpengaruh versi Majalah Time, Forbes mesti ada liku – liku yang lantas bermalas – malasan.

Saya tahu, bahwa untuk menjadi penulis produktif dan professional yang bisa masuk episode sejarah tidak mudah. Ada sikap mental dan pola pikir (mindset) yang menyertai penulis – penulis buku sukses Indonesia maupun kampium dunia.

Apakah Saudara Mau Dibimbing atau Diedukasi Seputar menjadi Penulis Buku atau Seorang Blogger (Penulis Blog) Gratis?

Mau? Coba Join dulu dan Kirimi Pesan kepada Admin Mukhofas Baublogging

Secara ringkas: Menjadi penulis sukses bukan terjadi karena kebetulan apalagi sebuah keajaiban, kesuksesan seorang penulis adalah buah sikap mental jiwa positif yang bersarang dalam otak dan hati mereka miliki.

1. Berani Bermimpi Besar

Seseorang apabila ingin meraih cita – cita besarnya mesti dimulai dari mimpi atau impian yang ingin diraih.

Saya yakin bahwa mimpi besar atau impian besar yang ingin saudara raih untuk menjadi penulis (buku remaja, novel, buku nonfiksi, buku fiksi dan macam- macam penulis lainnya) akan menggerakkan dan menarik apapun yang saudara butuhkan untuk menjadi salah satu penulis terkenal yang sukses yang mana mahakarya benar – benar dinikmati oleh pembaca mahakarya buku saudara.

Jangan takut membayangkan bahwa 10 – 15 tahun dari sekarang saudara adalah salah satu diantara penulis – penulis buku sukses yang ada di Indonesia dan namanya dimasukan dalam orang berpengaruh versi Republika tahun 20..

Saya tahu, banyak penulis pemula yang ingin bisa buku karyanya bisa mendapatkan label “best seller, mega best seller, national best seller” dari menulis buku (novel fiksi maupun nonfiksinya)

Tidak sedikit penulis yang selalu menyebut dirinya “penulis pemula / masih amatir” dan takut bermimpi menjadi seorang “master, suhu, ahli, pakar” yang berkompeten.

Diakui atau tidak, turut mempengaruhi cara berpikir kita, bereaksi dan bertindak di dunia kepenulisan.

Tidak aneh jika kemudian kita hanya mampu menjadi penulis rata – rata, penulis biasa – biasa saja yang tidak memiliki keistimewaan atau keluarbiasaan.

Penting sekali:

1. Bila saudara ingin mendapatkan kesuksesan menjadi penulis yang karya tulisnya / mahakarya bisa dilirik pembaca dan mendapatkan kesuksesan di dunia kepenulisan ataupun literasi, mulailah berani bermimpi besar.

2. Menjadi penulis sukses, kita mau tidak mau harus bisa memberikan karya tulis (buku, novel, cerpen, puisi) yang bermanfaat bagi banyak orang. Bermanfaat saja belum cukup maka harus menjadi istimewa atau luar biasa. Caranya kreatif dan inovatif. Tautan ini: Apa itu Sukses dan 17 Kunci cara meraih Sukses (termasuk menulis)

Tips Khusus:

1. Tulislah daftar 10 – lebih impian sukses untuk diri saudara menjadi seorang penulis

2. Tulislah target pencapaian diri saudara selama menekuni menjadi penulis untuk 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun mendatang.

3. Tulislah daftar – daftar aktivitas harian untuk mencapai impian menjadi penulis novel, buku dan lain sebagainya.

2. Cintailah Aktivitas Menulis (Passionate)

Passionate atau cintailah yang menggerakkan saudara untuk melakukan hal – hal yang menurut orang lain boleh jadi tidak masuk akal, Seperti: Menulis tanpa bayar, membagi ilmu dan tips menulis secara gratis, menjawab chat/obrolan yang bertanya soal penulisan,

Tanpa passion / cinta, aktivitas (keinginan) menulis yang saudara lakukan hanya akan bertahan dalam hitungan hari, minggu, bulan lalu hilang harapan cita – cita menjadi penulis.

Mencintai aktivitas menulis bisa berarti memilih topic yang benar – benar yang saudara sukai. Missal saudara suka memasak, mestinya menulis topik – topik seputar memasak saudara merasa ada cinta dan hasrat. Daripada menulis yang tidak ada hasrat atau rasa cinta didalamnya potensi untuk berhenti menjadi penulis sangat besar.

Jika saudara memiliki kegemaran ikut seminar pendidikan anak, mestinya menulis seputar pendidikan anak lebih bergairah daripada yang tidak sama sekali. Iya kan?

Jangan tergoda menulis sesuatu yang tidak saudara cinta / passion didalamnya. Sungguh hal ini akan menyiksa saudara.

Menjadi seorang penulis sukses juga butuh tenaga ekstra melebihi pekerjaan yang lain. Katakanlah sebagai buruh pabrik (yang harus bekerja ekstra juga).

Dalam menulis novel yang bagus sekalipun tidak serta merta satu hari selesai. Satu bulan pun pasti akan tersendat dengan kendala, belum lagi proses lanjutan seperti masuk penerbit yang harus diedit dan antri berbulan – bulan lamanya.

Jika tidak siap dan mencintai aktivitas menulis sepenuh hati maka mustahil menjadi penulis sungguhan menjadi kenyataan.

Apakah mental kita kuat? Bulan ini target 1 buku bagus selesai, belum selesai langkah sudah menyerah duluan. Karena proses menjadi serorang penulis akan ada suka dan dukanya.

Apapun itu sukailah aktivitas dan cintai passion itu.

Saran penting:

1. Temukan sesuatu yang benar – benar saudara cintai atau punya passion mendalam untuk saudara tulis dalam tulisan buku saudara.

2. Temukan topik yang benar – benar saudara sukai sebagai topik utama yang ingin diterbitkan jadi buku.

3. Temukan hobi / kesukaan saudara sebagai topik menulis saudara.

3. Lakukan yang Terbaik

Untuk menjadi penulis yang handal dan sukses, ternyata juga tidak lepas dari memberikan yang terbaik.

Ketika saudara menulis, missal: Tips menyiasati anak bandel, tulislah sebaik mungkin. Berikanlah manfaat terbesar kepada pembaca tulisan itu.

Terus lakukan secara menerus untuk memberikan tulisan / bacaan yang begitu berharga nan luar biasa bagi pembaca yang mau membaca.

Bila saudara memberikan tulisan / bacaan yang kurang berharga bak batu mutiara yang terpendam dalam karang lautan maka pembaca pun tidak akan mau membaca dan menikmati suguhan tulisan saudara.

Sebuah prinsip penting “Apa manfaat bagiku?” disingkat AMBAK. Intinya ketika kita banyak membaca buku, berdiskusi dengan orang lain, kira – kira apa manfaat yang ingin saudara dapatkan?

Coba tanyakan dalam diri saudara “Apa manfaat bagimu setelah membaca tulisan ini” Tapi kita jarang atau belum terpikirkan untuk “Apa yang bisa saya berikan kepada orang lain?”

Perlu kita tahu, bahwa prinsip “AMBAK dan Apa yang bisa saya berikan kepada orang lain” ini penting bila saudara ingin menjadi yang terbaik dan menginginkan buku yang best seller mahakarya saudara.

Kebanyakan manusia lebih cenderung suka pada apa yang bisa ia dapatkan dari orang lain, yakni: lebih suka menerima daripada memberi.

Begini penjelasanya: Bila saudara orang baru dalam tulis menulis, katakanlah ingin menulis (cerpen, novel, puisi, esai, artikel) maka AMBAK ini sangat cocok bagi saudara.

Misalnya: Ketika saudara sedang berlatih / praktek menulis untuk menanamkan disiplin menulis, katakanlah dalam hati “Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tulisan saya nanti / kedepan”

Namun, bila saudara orang yang telah lama bekecimpung dalam menulis. Sebut saja penulis professional atau penulis yang telah lama berkutat di dunia literasi / kepenulisan maka “Apa yang bisa saya berikan kepada orang lain (pembaca)?”. Bila saudara masih pada prinsip AMBAK hendaklah untuk berubah haluan dan berpikir tentang “Bagaimana caraku dapat membantu pembaca lewat tulisanku ini?”

Mungkin, sebagian penulis professional atau yang telah lama berkutat lama dalam menulis masih ada yang berpikir berapa uang yang didapatkan dari penerbitan buku, kirim ke media online. Bagiku sendiri untuk menjadi penulis yang sukses harus memberikan yang terbaik dari mahakarya kita.

“Keuntungan materi, nama bisa populer (tenar), dapat uang banyak, diundang ke berbagai seminar / komunitas dan lain sebagainya tak lebih adalah efek samping dari kita memberi dan menerima”

Inti: kita memberi lebih banyak maka efek sampingnya menerima yang lebih pula (Berusahalah untuk memberikan lebih terlebih dahulu sebelum menerima)

Bukan berarti prinsip AMBAK tidak boleh dipakai lagi ketika sudah merubah haluan ini, masih bisa dipakai ketika kita mau mendapatkan pengetahuan lain.

Saran penting:

Jika saudara ingin mendapatkan kesuksesan di dunia kepenulisan, mulailah dengan membuat komitmen untuk melakukan dan memberikan yang terbaik seperti memberikan berlian berharga yang harganya selangit.

Tips penting:

1. Cari, Baca, lihat mahakarya para penulis – penulis sukses yang saudara kagumi, amati secara mendalam gaya menulisnya, seberapa kualitasnya dengan tulisan saudara yang sekarang ini. Pahami Prinsip AMBAK.

2. Berilah bacaan yang lebih hebat dari tema sejenis. Misalnya: temanya pendidikan karakter yang sudah dibahas secara umum, maka saudara harus membawa sudut pandang baru dan gaya baru dari tema yang sama. Dalam kata lain unik, menarik. Dari sinilah saudara berusahalah “Apa yang bisa saya berikan lebih hebat untuk pembaca / orang lain?” sehingga mereka mendapatkan manfaatnya dari saudara.

4. Tentukan Tujuan yang Jelas

Apa tujuan saudara menjadi seorang penulis atau aktivitas menulis?

Uang?

Kepopuleran?

Hobi?

Berapa penghasilan yang ingin saudara dapatkan selama menjadi penulis?

Satu juta, dua juta, lima juta, seppulh juta, satu milyar?

Kapan saudara ingin mendapatkannya?

Tahun ini, tahun depan?

Apapun tujuan saudara tulislah tujuan itu di selembar kertas. Tentukan goal target cita – cita menjadi penulis bisa tercapai.

Tentukan tenggat waktu untuk mencapainya.

Dengan menuliskan tujuan saudara, akan lebih mudah saudara mencapainya.

Saran penting:

Jika saudara ingin mendapatkan kesuksesan dengan menjadi penulis, mulailah menentukan tujuan dengan jelas yang ingin saudara capai.

5. Bergaul dengan Teman – Teman yang Tepat

Memilih teman bergaul sangat berpengaruh besar dalam menentukan karakter dalam memujudkan impian saudara menjadi penulis.

Mulailah menemukan teman – teman yang mau mendukung saudara. Sebab, jika tidak cermat, saudara akan menemukan teman – teman yang bersikap negatif terhadap impian saudara.

“Menulis bisa mendapatkan uang itu bohong!”

“Menulis tidak akan menjadikan kamu bisa kaya!”

Pernahkah saudara mendapatkan tanggapan yang tidak mengenakkan hati seperti itu?

Sehingga teman bergaul ini sangat memiliki pengaruh apakah nanti saiudara akan berlanjut atau putus asa.

Untuk mencapai sukses di dunia kepenulisan sekalipun butuh memilih teman yang tepat.

Saran: jika ingin sukses di dunia kepenulisan mulailah memilih teman yang memiliki mindset (pola piker positif) sebab pola piker yang positif akan turut mempengaruhi. Bila saudara punya teman yang suka mengeluh, marah, frustasi dengan impian yang ingin diraih maka saudara yang ingin membangun sukses dalam penulisan juga terciprat.

Tips penting:

1. Bergabunglah dengan komunitas – komunitas online yang berkaitan dengan topic minat, passion saudara.

2. Bangun jaringan antar penulis dan pembaca karya saudara lewat facebook, twitter, whatsapp, telegram, email, linkedin (bangun komunikasi yang baik sepanjang masa)

3. Ikuti kopdar / temu darat / acara dunia nyata (offline) yang berkaitan dengan topic minat, passion saudara.

6. Terus Belajar

Jangan sudah merasa sudah master, jago, ahli, kompeten, pakar sudah merasa cukup dengan apa yang sudah saudara dapatkan.

Setiap hari, selalu ada hal – hal baru, ide baru, trend baru, kreativitas baru, inovasi baru, penemuan baru. Janganlah merasa puas.

Bila merasa cepat puas dan malahan malas mempelajari sesuatu yang baru, saudara akan terhenyak dan kaget kalau saudara tertinggal jauh daripada mereka yang terus menerus belajar dan mengikuti perkembangan zaman.

Setinggi apapun kesuksesan saudara raih, sebesar apapun penghasilan yang didapatkan dari menulis jangan pernah berhenti belajar.

Mungkin kit

Saran penting:

Jika saudara ingin mendapatkan kesuksesan menjadi penulis yang saudara inginkan teruslah belajar hal – hal baru yang belum diketahui.

7. Bersiaplah untuk Mengalami Pasang Surut (Kenaikan Penurunan)

Pernahkah saudara merasakan mood untuk menulis turun?

Pernahkah juga mood untuk menulis muncul kembali dan bisa mendapatkan semangat baru yang lebih kokoh?

Pernah membandingkan (bila punya tulisan – tulisan di blog) yang membandingkan tulisan yang mana yang banyak dilihat hari ini dan di hari berbeda.

Setiap setiap hari secara terus menerus tulisan kita akan terus meningkat dibaca, kadang juga akan ada penurunan.

Hal ini juga sama, ketika saudara sudah menghasilkan (missal: 2 buku) tentu tidak sama tingkat pembelian buku tersebut, kadang buku pertama naik pesat dan buku kedua menurun. Ada pasang surutnya.

Siklus dalam dunia penulisan literasi juga sama dengan siklus bisnis, siklus proses terjadinya hujan ada pasang dan surutnya.

Tentu penghasilan yang kita dapatkan dari menulis pun juga tidak tetap (ikuti siklusnya)

Yang terpenting tetaplah berpikir positif bahwa kenaikan dan penurunan adalah sesuatu yang biasa, sejauh saudara tetap bertahan dan terus berkembang saudara akan baik – baik saja.

8. Disiplin Terhadap Diri Sendiri

Percaya atau tidak, bahwa kedisplinan itu salah satu parameter menuju sukses.

Kedisiplinan seseorang berbeda – beda. Kualitas disiplin seorang penulis yang ternama nan tersohor pasti disiplinnya luar biasa.

Bayangkan seberapa kualitas disiplin seorang pelajar / siswa yang menjadi juara kelas dibandingkan dengan pelajar / siswa biasa? Pasti kedisplinan siswa sang juara lebib luar biasa daripada yang biasa – biasa saja.

Hal ini sama juga yang membedakan antara penulis legenda daripada penulis biasa – biasa saja.

Kebanyakan penulis – penulis seperti Asma Nadia, Habiburrahman El – Shirazy, Tere Liye itu selalu produktif dalam menghasilkan karya berkualitasnya dibandingkan dengan kita masih mood dalam menulis.

Dari disiplin dirilah yang membuat mereka tetap menulis nyaris setiap hari yang launching bukunya tidak menunggu lama – lama, meskipun tidak ada seorangpun yang mengharuskan mereka untuk melakukan itu.

Hanya dengan kedisplinan diri yang tinggi dan luar biasa ini saudara bisa benar – benar mengubah impian yang Cuma menjadi angan – angan saja menjadi kenyataan.

Saran: bila sauadara ingin mendapatkan kesuksesan selama menekuni karir menulis / kepenulisan mulailah dengan membangun kualitas disiplin terhadap diri sendiri.

Tips penting:

1. Buatlah jadwal menulis minimal 1 hari 1 judul dengan panjang 5000 kata setiap harinya. Atau menulis minimal 2 – 3 kali seminggu dan tepatilah

2. Periksa target menulis saudara dan pastikan saudara melaukakan tugas saudara.

3. Buatlah agenda aktivitas harian menulis dan pastikan saudara menyelesaikannya.

9. Sabar dan Persisten

Mental sabar dan persisen yang selalu konsisten tidak kalah pentingnya bilamana saudara ingin meraih kesuksesan di dunia kepenulisan atau literasi.

Sabar dan persisten serta konsisten ini harus mutlak saudara miliki.

Banyak penulis – penulis pemula maupun yang sudah melanglang buana di jagad literasi terlalu tergesa – gesa dan segera ingin meraih impian mereka untuk bisa melahirkan buku yang kemudian habis laku terjual dalam hitungan hari, minggu dan bulan.

Mereka ingin seperti itu, sayangnya ketika tujuan tidak tercapai, mereka selalu cepat memutuskan untuk berhenti dan hengkang dari dunia literasi / kepenulisan. Sejatinya setiap penulis itu punya potensi yang terpendam untuk sukses. Dan tolok ukur kesuksesan seseorang berbeda – beda.

Saudara tidak perlu membandingkan saudara dengan penulis – penulis lain yang jago. Pernah dengar “Rumput tetangga lebih menggiurkan daripada milik sendiri” ini ada benarnya. Intinya: penulis lain lebih hebat daripada kita.

Ketika penulis lain membandingkan saudara mereka kadang juga berpikir, saudara lebih hebat dari mereka. Jadi tidak perlu membanding – bandngkan.

Dengan kesabaran, persisten dan konsisten yang lama, niscaya tujuan yang ingin saudara raih menjadi penulis sungguhan pasti tercapai.

Saran penting:

Jika saudara ingin mendapatkan kesuksesan dalam menulis hingga bisa menghasilkan mahakarya puluhan buku yang best seller berusahalah untuk terus berkembang dan mengembangkan kemampuan / ketrampilan menulis yang menunjang kesuksesan saudara. Dan ingat, sabar, persisten dan konsisten adalah kuncinya.

Tips penting:

1. Catatlah kemunduran yang saudara alami menjadi penulis, dan cari tahu apa alasan – alasan serta penyebab – penyebabnya.

2. Tentukan batas waktu kesuksesan untuk impian saudara(misalnya 3 tahun, 5 tahun atau 10 tahun)

3. Apapun yang terjadi tetaplah tetaplah sabar, persisten dan konsisten.

10. Tidak Mudah Menyerah / Putus Asa

Saudara pernah menulis sangat banyak, tetapi tidak ada orang yang mau membaca tulisan saudara? Jangan putus asa.

Karena untuk mendapatkan pembaca salah satu tulisan kita itu ada ilmunya yang mungkin kita belum menguasai atau mengetahui sama sekali.

Naskah buku novel saudara sudah rampung dan siap dikirimkan ke penerbit, tapi malahan tidak diterima? Tenang dan jangan putus aja, terus berusaha (pelajari ilmu – ilmu / pengalaman – pengalaman yang mungkin belum kita ketahui)

Bila saudara gagal gagal dalam mendapatkan / dilirik pembaca tulisan saudara atau gagal tembus penerbit, jangan berhenti, terus bangkit dan berusaha untuk berkembang lebih maju dan tingkatkan lagi.

Kita gagal, ditolak, tulisan tidak banyak yang membaca itu adalah kadar kualitas kepekaan kita sehingga kita mau tidak mau harus menambah bobotnya lebih bermutu.

11. Bangun Kebanggan Diri

Membangun kebanggan / kepercayaan diri yang kuat.

Tingkatkan kekuatan akan (Will power). Maksudnya kekuatan ingin terus menulis dan berkarya.

Pekerjaan / profesi menjadi penulis cenderung bebas tapi sulit sulit dijadikan pekerjaan.

Di mata teman –teman saudara, mungkin saudara akan kehilangan topik obrolan dengan cepat.

Di mata orang tua saudara, mungkin saudara akan sulit membuktikan hasil jerih payah itu sendiri.

Di pasangan saudara (istri), mungkin saudara akan sulit menebar janji – janji kebahagiaan.

Hanya saja, semua ada waktunya, ketika saya orang yang memiliki mimpi menjadi seorang penulis blog (blogger) yang bisa menghasilkan banyak uang jutaan rupiah perharinya memang tidak merasakan dampak yang berarti.

Tapi bagaimana ketika blog yang saya kelola benar – benar bisa menghasilkan uang jutaan rupiah per hari dan bisa menerbitkan buku banyak buku berkali – kali?

Seorang penulis blog / penulis buku novel besar (terkenal / populer) di Indonesia tidak akan hebat dalam semalam hanya karena sudah punya blog yang sudah bisa menghasilkan uang atau sekali menerbitkan buku.

Dirinya akan terus berupaya secara terus menerus untuk mengembangkan blog atau buku berkali – kali hingga satu titik, mahakaryanya (blog / buku) dianggap berhasil oleh pembacanya.

Jadi intinya: menjadi penulis blog (blogger), penulis buku (novel fiksi / nonfiksi) bisa memakan waktu bertahun – tahun. Tetap banggalah pada diri saudara sendiri, karena mahakarya saudara masuk dalam episode sejarah Indonesia, sejarah yang bisa ditelusuri dari karya – karya yang telah terbit. Sebagai contohnya: silahkan googling, sejarah HAMKA yang seorang penulis legendaries Indonesia.

12. Jangan Mudah Tersinggung dan Berpikir Negatif

Apa yang akan saudara rasakan ketika dibilang dikritik:

“Dasar Goblok”

“Tulisanmu tidak bermutu blasss, tidak keren sama sekali”

“Berapa gajimu jadi Penulis?”

“Apakah blog dan bukumu sudah best seller?”

“Berapa pendapatanmu dengan mengelola blog (ngeblog?)”

Aura yang didapatkan ketika terlontar seperti sama orang lain yang ditujukan kepada saudara, pasti akan tersinggung, marah, hantam balik dan sudah berpikir negative.

Padahal sebagian orang bahwa menjadi seorang penulis atau penulis blog (blogger) bisa menjadi kebanggaan yang tidak bisa digambarkan dengan kata – kata saja. Layaknya seorang pengusaha, menjual sebuah barang dagangan itu salah satu kesulitan tersendiri.

Tidak sampai disitu saja menjual saja, tapi merawat barang agar tetap kualitas terbaik dan terjaga. Mendapatkan pelanggan yang mau membeli lebih banyak bukan suatu yang mudah. Itu pun, belum bisa dikatakan seorang pengusaha terkenal yang sukses dan banyak duit.

Jadi buang jauh – jauh sikap mudah tersinggung bila dikritik / diberi masukan yang bagus – bagus. Dan buang jauh – jauh bahwa saudara tidak akan sukses menjadi penulis blog / penulis buku yang best seller (laris)

Pikiran negatif adalah racun yang tidak menumbuhkkan kesuksesan itu.

Pembahasan sampai disini dulu, apabila ada pertanyaan, masukan silahkan berkomentar. Saya senang jika saudara mau urun cerita dikoemntar

12 Kunci Wajib Membangun Sukses: Sikap Mental / Mindset menjadi Penulis Sukses dan Best Seller

Leave a Reply