Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Saudara memiliki blog tapi tidak bias mendapatkan pengunjung maupun bias menghasilkan duit dari blog?

Tentu saja saudara harus mengetahui hal – hal mendasar soal tumbuh kembang sebuah blog hingga bisa dikatakan sukses dan menjadi asset mahal nian berharga.

1.     Tahap Kelahiran /  Peluncuran

Kelahiran sebuah blog baru merupakan fase awal dan tahap peluncuran.

Sehingga ditahap ini kita belum melakukan apa – apa terhadap blog dan belum bisa mengisinya, kita merasa masih tertatih – tatih untuk beranjak. Ibarat bayi baru lahir yang belum bisa berbuat apa – apa ( hanya menangis saja dan bergrak merengek)

Tentu saudara selaku orang tua (yang membuat blog harus tahu menumbuh kembangkan  agar terus tumbuh ke tahap berikutnya.

Caranya dengan memulai dan terus mengupayakan untuk terus menulis konten bermanfaat dan bermutu tinggi yang dibutuhkan pembaca saudara.

Dari segi kualitas konten, kuantitas konten pun juga menjadi indicator penting.

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

Disarankan untuk mengupdate kira – kira berkisar 50 – 150 postingan bermutu bagus (bila memiliki konten bermutu rendah / miskin segera diperbaiki lagi)

Pada tahap ini juga diharapkan bisa memilih  atau menampilkan desain blog yang menarik sesuai dengan selera saudarav(bila tidak bisa dan tidak paham urusan template serahkan kepada jasa template ahli), melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Membutuhkan waktu 3 –6 bulan (tergantung perkembangan yang sedang berkembang)

Banyak blogger / penulis blog gagal karena yang diutamakan pada tahap ini Cuma focus dan menyibukkan diri untuk segera bisa menghasilkan uang bukan pada upaya pembuatan konten. Artikel / postingan berguna.

Tentu saja tahap ini sangat berperan penting dikarenakan rata – rata penulis blog itu sangat malas menulis / menyajikan konten sehingga dengan melakukan jalan pintas dengan sarek (salin rekat) tulisan orang lain. Guna mendapatlan penghasilan.

Sarek (Salin Rekat) tentu akan berdampak buruk bagi empu blog itu sendiri seperti blognya akan dihapus / banned bila menggunakan platform gratisan

Tambahan

Dalam proses kelahiran  / peluncuran situs blog saudara langkah – langkah yang harus saudara lakukan

  • Menentukan tujuan pembuatan blog
  • Menentukan target pembaca / niche / topic yang akan diangkat
  • Mencari atau mendapatkan inspirasi dari penulis blog yang sukses dengan topic mirip.
  • Membereskan hal – hal penting blog seperti urusan domain dan hosting (bila situs blog berjenis self hosting blog)
  • Belajar membuat konten tulisan bermutu nan berkualitas bagus

2.     Tahap Pertumbuhan Pemirsa

Tahap ini ditandai dengan naik atau meningkatnya pengunjung, komentar, pelanggan channel yang berhubungan dengan blog saudara (social media, RSS, email newsletter, grup online) dan sudah memperoleh pendapatan.

Focus terbesar yang ditekankan pada tahap ini adalah terus menyajikan konten bermutu dan bermanfaat tinggi guna menarik pembaca – pembaca baru dalam kata lain tulisan konten saudara harus unik dan bisa menjadi daya magnet (daya tarik)

Ditahap ini juga perlunya mencari atau mendapatkan backlink (pengacu / perujuk dari website blog orang lain) berkualitas.

Dari peninjauanku cara terbaik untuk mendapatkan backlink / perujuk ini dengan menulis tulisan untuk dijadikan postingan tamu di blog terkenal dan popular. Selain itu juga bisa mendapatkan acuan dari blog saudara yang lain yang memiliki pemirsa lumayan bagus.

Upaya lain dalam mendapatkan perujuk / pengacu ini dibahas disini

Ditahap ini pula saudara harus bisa memasarkan perihal konten blog dengan berbagai sumber daya yang ada. Bisa dengan cara berbayar (pasang iklan website popular seperti Google Adword, Facebook Ads) Cara gratis share konten blog ke grup forum yang tepat (ingat jangan spamming, justru akan merusak reputasi blog saudara) dan optimasi SEO baik on page maupun off page.

Memasarkan dengan media offline seperti bikin kartu nama yang menyebutkan blog saudara dan salah satu konten blog saudara, selipkan pada buku novel saudara (bila memang saudara penulis novel), jadi pembicara pada seminar dan ceritakan perihal keberadaan blog saudara hingga menjadi  buah bibir.

Memang membutuhkan energi dan waktu yang tidak sedikit untuk mencapai itu semua yang merupakan sebuah perjuangan, tapi akan terbayar lunas dikemudian hari asal saudara tetap konsisten untuk mencapai tujuan tersebut.

Pada tahap ini merupakan proses panjang dan memakan waktu 6 – 12  bulan. Perkembangan pengunjung bisa juga lambat, namun lama – kelamaan  secara konsisten.

Dan tetap berusaha secara terus – menerus menyajikan konten bermutu bagus. Berusahalah untuk terus punya komitmen dan dedikasi.

Tambahan

dalam menumbuhkan pemirsa situs blog saudara, saudara harus mendapatkan pembaca setia / loyal yang ingin selalu terus menyimak tulisan – tulisan / postingan dari blog saudara.

Berapa targetnya?

Tergantung, bisa 100, 200, 300, 400, 500, 1000. Disarankan yang termudah dahulu kemudian naik level lagi

Perlu diketahui bahwa pemirsa situs website blog yang sering berlalu lalang ke situs website blog saudara itu sangat berbeda dengan pemirsa yang lotal. Bila pemirsa mereka Cuma numpang lewat dan baca lalu tinggal jejak (komentar)

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Sedangkan pemirsa setia atau loyal ini merasa bahwa tulisan – tulisan di situs website blog saudara sangat bermanfaat dan akan terus kembali ke tempat yang sama dalam waktu yang lain untuk mendapatkan bacaan terbaru.

Disisi lain pemirsa setia atau loyal ini berusaha untuk berdiskusi dengan saudara baik di komentar blog maupun di komunitas pembaca blog yang saudara buat.

3. Tahap Cukup Umur (kematangan Usia) dan Mulai Menguangkan

Tahap ini ditandai dengan statistik blog yang tertampil di analytics begitu tinggi dan stabil serta kestabilan dalam menulis / memproduksi postingan berkualitasnya.

Berapa kisaran pemirsa tersebut?

Diatas 10000 perbulan.

Selain itu Facebook Page (bila punya) semakin banyak liker atau pelanggan setia, ternyata juga tidak itu saja email newsletter, RSS, Pengikut Twitter blog,  anggota grup online saudara mencapai ribuan dan menerima tulisan / postingan blogger lain (penulis blog tamu)

Sehingga pemirsa atau pengunjung blog  dan pelanggan yang banyak dan tinggi itu agar supaya bisa menghasilkan (Proses menguangkan) jadi lebih mudah.

Empu blog tinggal mencari sponsor iklan, memasang iklan bermacam – macam model periklanan online hingga menjual produk buatan sendiri (buku, ebook, kursus online, templates) atau jasa yang saudara tawarkan bila memiliki ketrampilan)

Tahap ini membutuhkan waktu 6 – 12 bulan

4. Tahap Pemeliharaan dan Mempertahankan Eksistensi

Tahap pemeliharaan dan mempertahankan ini merupakan tahap yang sangat gampang, mudah dan sangat menarik serta mengasyikkan. Dan tentu saja juga sulit.

Mengapa bisa asyik?

Karena di masa ini sudah mencapai proses panjang dan mendewasa, sebagaimana orang tua yang sukses yang telah melewati fase – fase masa kehidupannya.

Maka di masa pemeliharaan dan memepertahankan dengan hidup sehat terasa asyik dan menyenangkan. Sama juga dengan blog di tahap pemeliharaan ini tinggal memelihara dan menikmati hasilnya.

Contoh blogger Indonesia yang sudah berhasil melewati tahap – tahap ini seperti panduanim, blogguebo, sugeng id dan sebagainya.

Bila situs website blog saudara melewati tahap pertumbuhan yang telah dipaparkan diatas terlewati maka kesuksesan hamper didepan mata. Pada tahap ini saudara akan ditantang untuk mempertahankan brand dan profesionalitas karena posisi saudara akan digeser oleh pemain baru atau competitor baru yang lebih hebat dari situs website blog saudara dan akan terus diuji untuk mempertahankan itu semua.

Dikala sudah mendapatka  pemirsa stabil diatas 100.000 tentu saudara akan merasakan kewalahan dalam melayani pemirsa saudara seperti harus menjawab email, membalas komentar yang dirasa penting dan mendesak serta hal – hal lainnya.

Penutup

Mendapatkan uang dari blog sejatinya sebuah manifestasi proses yang panjang dan berkelanjutan.

Tidak ada ada jalan pintas dan cepat sehari sebulan. Saudara akan  stress jika sedari awal tidak memahami tahap – tahap pertumbuhan blog sejak awal untuk bisa mendapatkan penghasilan yang besar.

Sehingga nikmati proses – proses yang telah disajikan diatas untuk dijadikan pegangan dan saudara lalui sekarang.

Tentu bagi seorang pemula hal ini suatu hal yang sulit, namun dengan seiring meningkatkan ketrampilan dan pengalaman seni blogging (ngeblog) tentu bukan perkara berat nan sulit (kita bisa karena terbiasa)

Sehingga bila saudara ingin blognya berpengunjung tinggi tentunya juga harus mengerjakan proses dan tahap – tahap perkembangan situs website blog dengan baik. Ketekunan nan giat sebuah harga mati dan prinsip yang harus kita pegang untuk menuai hasil gemilang dan memuaskan di masa 10 tahun dari sekarang.

Bagaimana dengan pendapat saudara?

Silahkan bercerita banyak tentang masalah saudara di komentar dan komunitas BauBlogging yang ada

Mengenal 4 Tahap Pertumbuhan Sebuah Website Situs Blog yang Layak Disadari dan Ditempuh – Langkah Awal Jadi Blogger (Penulis Blog)

Leave a Reply