BAU BAU

Pemasaran itu sangat penting untuk mengenalkan produk kita agar dikenal luas oleh masyarakat baik lewat media internet maupun non internet.

Orang yang tidak tahu pemasaran secara berkelanjutan maka yang diketahuinya hanya sekedar berpromosi hard

Sejatinya pemasaran itu sangat luas dan tak terasa cakupannya. Pemasaran berlaku untuk semua hal yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari termasuk saudara seorang penulis buku pemula hingga senior.

Bila saudara seorang penulis buku yang selama ini belum mengetahui trik / strategi pemasaran buku / ebook / karya saudara agar orang lain tahu.

Aku menyajikan strategi yang sudah diketahui saja, bila saudara kreatif dan inovatif malah akan mendapatkan strategi baru dalam mempromosikan buku.

1.    Email

Email merupakan salah

Mau Ikut Kelas dan Materi Kepenulisan, Blog Dan Pemasaran Internet?

Gratis

Besok Malam Kamis/Malam Jum'at 09 november 2017

Join Grup BauBlogging WhatsApp

https://chat.whatsapp.com/Ef53C52ZAAx2Tm0naUiQt5

Apakah kamu udah ikut komunitas sesama pembaca Baublogging.com?

www.facebook.com/groups/baublogging

Pernahkah saudara menggunakan email yang aktif dan sering dibuka oleh penggunanya?

Email sangat ampuh juga untuk mempromosikan buku saudara. Hal yang harus saudara lakukan bila ingin mempromosikan buku via email adalah harus mendapatkan restu dari pemilik email yang bersangkutan.

Jangan sampai pesan yang dikirim dianggap spam dan tidak bermanfaar bagi mereka. Jadi saran Mukhofas saudara harus membangun hubungan baik yang membuat saudara dikenal dengan baik oleh mereka. Jadilah teman baik hingga pada akhirnya nanti tidak menganggap orang sudah dikenal bukan orang asing.

Bagaimana caranya mempromosikan buku via email?

Bisa menggunakan tool email marketing yang akan mengirim kampanye promosi buku saudara ke semua daftar email yang telah saudara tambahkan atau ada pemirsa situs website blog yang berlangganan email newsletter yang mana mereka memasukkan email di tempat yang tersedia di situs website blog saudara. Bila hal itu tidak ada sama sekali di blog saudara bisa segera ditambahkan dan kumpulkan sebanyak-banyaknya database email pemirsa situs blog saudara.

Ada banyak tool email marketing, rata – rata itu tidak gratis, setiap bulan harus membayar paket pengiriman email marketing secara serentak untuk kampanye promosi buku saudara.

  • 30 daftar Email Marketing untuk keperluan Kampanye Promosi
  • Cara Menggunakan Email Marketing Gratis Mail Chimp

2.    Mengadakan Bedah Buku

Bedah buku merupakan juga sarana ampuh untuk mengenalkan buku saudara kepada khalayak agar mendapatkan perhatian pemirsa calon buyer buku saudara (fiksi / nonfiksi)

Ada banyak model bagaimana cara mengadakan bedah buku ini

  • Cara Bedah Buku Offline

Saudara berusaha melobi penerbit buku bila yang bersangkutan bersedia untuk melakukan bedah buku saudara agar mendapatkan respon yang positif. Bukankah saudara sendiri mengingkan agar buku yang saudara itu laris / best seller yang bisa memberikan royalti kepada saudara bukan?

Tidak Cuma dari penerbitan saja cara mengadakan bedah buku, bila saudara ditawari untuk mengisi suatu forum / seminar di kampus pada sebuah universitas baik terkemuka maupun tidak yang terkait dengan tema buku saudara berpartisipasilah karena ini merupakan gerbang terbuka untuk mengenalkan buku saudara lebih banyak lagi.

  • Cara Bedah Buku Online

Saudara bisa membuat grup atau komunitas pembaca buku saudara di facebook, WhatsApp, Telegram, Line untuk mengenal lebih dekat pembaca buku dengan saudara selaku penulisnya.

Bisa pula membuat bedah buku online di grup WhatsApp, saudara mencari pemirsa yang tertarik ingin ikut menyimak materi bedah buku yang saudara adakan. Ketika materi sudah disampaikan dipersilahkan anggota grup untuk  bertanya jawab atas materi buku saudara itu

Sehingga dengan ini setidaknya buku saudara dikenal oleh anggota grup WhatsApp itu. Jangan lupa pada akhir acara dibuka siapa saja yang ingin membeli buku langsung dari penulisnya

3.    Mengadakan Jumpa Pers

Jumpa Pers itu seperti seperti jumpa antara penulis dengan media yang mau meliput. Seperti seorang pejabat pemerintah mengadakan jumpa pers dengan beberapa media untuk meliput dan dipublikasikan di media.

Tentu hal ini sangat menguntungkan bila kita seorang penulis untuk mendapatkan jumlah pemirsa calon pembeli buku kita.

4.    Mengadakan Komunikasi dengan Resentator

Sadar atau tidak sadar peresensi / resentator buku memiliki peran bagus untuk mengomunikasikan agar buku lebih dikenal lagi ke masyarakat. Peresensi buku yang memiliki  blog dan pemirsa blog sangat tinggi setiap harinya juga memiliki pengaruh buku saudara dikenal dan dibeli pemirsa situs blog yang membaca itu.

Jadi jangan sepelekan seorang blogger (penulis blog) resensi yang seperti ini walaupun saudara mungkin belum tahu sama sekali dampaknya.

Bacaan Bermutu: Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Resensi Pada Situs Website Blog Saudara | Sebuah Panduan Blogger Resensi Buku

Apalagi tulisan / catatan resensi di blog yang sudah pernah ditulis di blog punya bagi Mukhofas juga boleh dikirim ke media cetak yang bersedia menerima kiriman resensi buku untuk dipublikasikan.

Mungkin saudara pernah melihat koran edisi hari minggu / ahad ada sebuah kolom khusus resensi buku bukan. Bila hal ini dibaca kepada pembaca koran pada hari itu juga akan dikenal.

5.    Memanfaatkan Kolega

Memanfaatkan kolega juga berarti memanfaatkan teman yang sudah kita kenal dengan baik untuk membantu menyebarkan buku saudara ke kolega yang memiliki banyak teman.

Carannya ada banyak sekali. Dimulai menyuruh teman untuk menceritakan isi buku milik saudara pada suatu grup di WhatsApp maupun pada acara kopdar / temu darat dengan banyak orang pun juga bisa dilakukan.

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Bisa juga bila saudara punya seorang teman penulis blog (blogger) yang memiliki tema / topik blog membahas resensi buku untuk minta tolong diulas di blognya. Hal ini tentu akan menguntungkan buku saudara.

Tapi jangan saudara yang mau diuntungkan dan bikin repot, tapi saudara juga harus bisa memberikan keuntungan balik apa yang harus mereka (kolega dapatkan)

Dengan kerjasama untung sama untung maka akan lebih bagus itu untuk menjajaki promosi  / kampanye buku saudara.

6.    Memanfaatkan Kesempatan

Contoh memanfaatkan promosi buku saudara: Mukhofas membuat sebuah pembatas buku yang menarik yang terbuat dari kertas tebal sebagaimana kertas pada kartu nama.

Mukhofas membuat dengan sangat menarik sehingga membuat orang yang melihat begitu terkesima dan penasaran.

Nah setelah pembatas buku ini jadi dan dicetak dalam jumlah cukup banyak (misal 1 box) Mukhofas menyebarkan dan menyelipkan di buku perpustakaan yang sering dibaca dan pinjam atau juga bisa diselipkan di buku yang terbuka dan bisa dibaca di toko buku pada buku laris / best seller.

Siapa tahu mereka benar benar melihat pembatas buku yang Mukhofas taruh itu dan mencari buku bila ada stoknya di toko buku itu. 

Bisa juga menyelipkan semua buku pada perpustakaan sekolah / kampus, pilihlah buku yang sering dibaca dan banyak dipinjam daripada buku yang tidak sama sekali.

Membagikan Stiker / Pembatas buku menarik pada setiap orang yang sangat saudara kenal atau orang baru juga akan memberikan impak yang baik apabila hubungan positif  (komunikasi) dan mengesankan berhasil dibentuk oleh saudara dengan yang saudara beri stiker tersebut.

7.    Membuat Ebook yang Menarik Calon Prospek secara Gratis

Hampir sebagian besar orang sangat menyukai hal – hal yang berbau gratisan.

Tidak menutup kemungkinan ebook yang gratis dan menarik serta sangat dibutuhkan target akan menjadi lead magnet (daya tarik)

Jangan membuat ebook asal – asalan dan tidak menarik itu sama saja tidak akan menarik bagi yang dibutuhkan target.

Didalam ebook itu selipkan tentang katalog buku saudara dan tautan / link resensi buku ke blog / notes facebook.

Jika ebook yang saudara buat bermanfaat dan bisa berpotensi viral dan dishare oleh orang lain di blog berbasis download otomatis ebooknya diunduh oleh banyak orang yang mencari informasi berbentuk ebook.

Itu juga berarti pengunduh itu mungkin jadi melihat informasi seputar buku saudara yang telah diselipkan didalam ebook tersebut.

8.    Bagikan Stiker dan Kartu Nama

Untuk stiker buatlah yang menarik dan daya pikat.

Salah satu cara yang ampuh, buatlah stiker cetak timbul cukup besar untuk ditempel di kaca belakang mobil saudara / angkot / minibus / bus besar atau mobil milik oramg lain yang bersedia untuk ditempeli stiker pemasaran buku saudara.

Semenarik apapun tanpa isi yang pas dan tepat tidak ada apa – apanya, sehingga saudara membutuhkan skill membuat headline yang bisa bertindak sesuai keinginan saudara. Maka dari itu dibutuhkan skill teknik Copywriting.

  • Cara Menulis Copywriting yang bisa Bertindak
  • Teknik Copywriting

Untuk kartu nama saudara juga harus memperhatikan juga agar terlihat menarik, jangan asal membuat kartu nama yang biasa dan ala kadarnya. Saudara harus kreatif yang bisa meningkatkan branding saudara selaku penulis buku dan seorang blogger tentunya.

  • 10 Contoh Kartu nama kreatif untuk blogger / penulis / pelaku bisnis

9.    Membuat Brosur yang Menarik dan Memukau

Untuk membuat brosur juga harus kreatif jangan sekedar isinya doang dan terkesan promosi mulu tanpa memberikan manfaat bagi yang membaca brosur tersebut. Jika saudara jago copywriting dan hypnowriting tentu akan sangat membnantu.

Jika target yang dibidik dalam brosur dijadikan obyek sasaran yang tidak manusiawi  (menderita) mereka tidak akan tertarik dengan promosi brosur iklan buku saudara.

Brosur untuk mempromosikan bisa berbentuk resensi / review / ulasan yang menarik yang harus diketahui orang yang membaca brosur itu.

Tentu ini sangat tergantung dari jenis buku apa yang saudara tulis / karang. Bila itu seputar novel atau kumpulan cerpen kisah cinta yang dibalut dengan cara – cara islam brosur bisa ditempel di majalah dinding setiap sekolah SMP – SMA di daerah saudara maupun ditempat lain yang bisa saudara jangkau.

Seperti yang Mukhofas tekankan tadi, menarik dan ketika orang hendak membaca brosur pertama kali tertarik itu kuncinya. Bila tidak tertarik gagallah cara saudara memasarkan buku dengan cara menggunakan media brosur.

10.  Bekerjasama dengan Perpustakaan baik Khusus maupun Umum

Pernahkah saudara berkunjung ke perpustakaan sekolah ketika SMP – SMA – Kuliah?

Itu juga bisa dijadikan tempat yang tepat untuk menyebarkan popularitas buku saudara. Tidak usah mengarapkan uang, jadikan itu sebagai amal baik bila buku karangan saudara sarat dengan nilai – nilai kebaikan.

Buku itu akan dibaca dan dipinjam oleh para siswa yang masih belajar di sekolah sampai buku saudara dijadikan coret – coret (iseng) secara tidak sadar buku itu akan dibaca berbagai angkatan – angkatan baru adik kelas yang masih bersekolah. Mereka yang sudah menjadi alumni mungkin akan teringat tentang masa lalu ketika bersekolah dulu saat membaca dan meminjam buku publikasi saudara. Tentu akan menjadi sesuatu yang amat berkesan bila buku sauadara itu menarik

Sebarkan ke banyak perpustakaan dimanapun saudara berada baik perpustakaan kecil hingga perpustakaan milik pemerintah setempat. Hibahkan beberapa buku publikasi saudara

11.  Promosikan di Facebook Ads / Twitter Ads / Tumblr Ads / Instagram Ads dan sejenisnya

Tahukan berapa jumlah pengguna facebook indonesia?

Negara indonesia merupakan salah satu negara pengguna facebook terbesar di dunia.

Bukan tak mungkin saudara bisa mempromosikan buku publikasi lewat bantuan facebook ads dengan biaya promosi terjangkau dengan target pemirsa yang tertarget.

Bila saudara belum tahu cara menggunakannya bisa

  • Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Mempromosikan Bisnis
  • Cara Menggunakan Twitter Ads untuk Mempromosikan Bisnis
  • Cara Menggunakan Instagram Ads untuk Mempromosikan Bisnis

Catatan penting: apakah saudara sudah membangun Brand / Merek saudara sebagai apa? Bila saudara seorang penulis buku pemula yang ingin bisa menanjak sukses sangat penting membangun Personal Branding (Mengomunikasikan Diri) ke khalayak publik sebagai penulis genre apa.

Bacaan Lanjutan:

12. Membuat Blog Tour

Apa itu Blog Tour?

Bagaimana Cara Kerja Blog Tour

13. Buat Buku Trailer

Apa Itu Buku Trailer?

 

14. Bagikan Teaser Buku Saudara

Apa Itu Teaser Buku?

 

15. Buat dan Sebarkan Photo Quotes Buku Saudara

Saat ini sudah banyak aplikasi di HandPhone android  untuk membuat Quotes yang menarik.

Termasuk Quotes yang mengutip dari novel buatan saudara (bila saudara seorang penulis novel)

Bacaan Terkait : Daftar Aplikasi Edit Photo untuk Quotes 

Saudara juga bisa menggunakan situs online pembuat cover / qoutes gratis yang tersedia di internet seperti canva

Bagaimana Cara Membuat Photo Quotes

16. Buat Latar Belakang /Sejarah Berproses Buku Saudara

Membuat sebuah buku baik itu novel maupun karya – karya tulis lain juga tidak mudah.

Ada sebuah proses panjang, suka dan duka yang mengiringinya, Ada sebuah cobaan yang selalu menghambat lahirnya sebuah buku.

Seperti menulis buku / novel ketika berada dalam bui (penjara – jeruji besi) diasingkan di sebuah pulau terluar yang minim transportasi maupun teknologi terkini dalam keterbatasan hingga buku itu berada di tangan pembaca.

Mendapatkan desakan dari penguasa untuk tidak mempublikasikan buku yang telah saudara buat.

Riset dalam pembuatan buku yang memerlukan banyak waktu, energi yang tidak sedikit.

Membuat cerita dalam bentuk pengalaman – pengalaman diatas akan membuat hati orang terketuk untuk melihat/meminjam di perpustakaan/ teman yang punya dan kemungkinan akan menceritakan dari mulut ke mulut sehingga bisa tersebar luas.

17. Bekerjasama Dengan Blogger Buku

Blogger Buku itu juga bisa juga disebut bagian dari Resensi yang sudah dibahas pada poin diatas. Sebagian dari mereka ada juga yang menggunakan blog untuk membuat ulasan / tinjauan pada sebuah buku.

Dengan mengajak bekerjasama dengan banyak blogger yang punya minat pada kutu buku juga akan memberikan impak pada buku saudara dalam jangka panjang. Buku saudara yang diulas oleh banyak blogger mungkin suatu saat nanti akan masuk daftar pencarian mesi telusur Google.

Contohnya Mukhofas pergi ke Toko Buku Gramedia lalu masuk ke rak buku novel – novel yang masih dibundel dengan plastik (Tidak boleh dibuka plastiknya) Apalagi buku novel yang dilihat oleh Mukhofas masih sangat asing / sama sekali baru. 

Kebetulan Mukhofas bawa HandPhone Android yang ada paket internetnya lalu Googling tentang Resensi Buku (yang dilihatnya barusan) di Google tak nemu sepeserpun. Kira – Kira apa dampaknya? Mukhofas mungkin tidak mengambil keputusan untuk beli buku yang dilihat tadi.

Akhirnya ganti nyari novel yang lain dan melakukan yang sama (Googling) dan hasilnya menemukan sebuah resensi buku yang diulas oleh seorang blogger buku (yang pemaparannya / peninjauan yang menarik) yang pada akhirnya mengambil keputusan untuk membeli novel tersebut.

18. Jangan Berpaku pada Promosi Online

Setelah buku terbit saudara cuma terpaku mempromosikan buku pada situs webste penerbit buku saja (biasanya penerbit indie). 

Hal ini sangat tidak meningkatkan perkembangan buku saudara bisa bisa dikenal lebih massif lagi. Maka gunakan jaringan pertemanan online saudara untuk meningkatkan interaksi agar lebih jauh jangkauannya. Gunakan Fanspage Facebook penulis yang telah dibangun / dibuat.

19. Manfaatkan Komunitas yang Tertarget

Misal “Buku Tips dan Cara Mendapatkan Jodoh” sangat cocok dipromosikan pada komunitas yang berhubungan dengan jodoh dan mencari pasangan hidup. 

Saudara berpartisipasi didalamnya dan dikenal dengan baik sebelum mempromosikan buku saudara. Dikenal baik secara luas oleh anggota komunitas adalah kunci awalnya.

Bila tidak kemungkinan saudara akan dianggap tukang sampah / pengganggu.

Jangan lupa berusahalah untuk mendapatkan email anggota komunitas yang ditargetkan itu. misalnya saudara bagi – bagi ebook gratis dulu dengan menggunakan teknik copywriting yang baik.

Ada yang mau ngga nih Ebook Gratis berikut

  1. Ebook Bagaimana Cara Mendapatkan Pasangan yang Sevisi Sama
  2. Ebook Membangun Rumah Tangga yang Harmonis Sehidup – Semati
  3. Ebook Manajemen Anak Sholeh – Sholihah (Cocok untuk kamu yang ingin menikah)

siapa yang mau ebook diatas coba. Bagi yang mau bisa tulis emailnya ya untuk segera dikirimkan gratis ke emailmu

Ketika saudara berhasil mendapatkan email yang mereka kirimkan pada status yang dibuat, jangan sia – siakan hal ini. ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjual buku tentang jodoh tadi ke pembeli buku potensial

20. Testimoni Tokoh / Pembaca

21. Berdayakan Media Lokal (Koran / Radio)

22. Pasang Cover dan Banner di Semua Sosial Media Saudara

Bila saudara punya akun Facebook dan Fanspage, Twitter, Instagram cobalah untuk pasang cover buku maupun foto penulis bersama buku saudara pada Photo Profils sosial media.

Tak hanya itu, di Facebook mauun Twitter juga terdapat fitur pasang banner. Coba buatlah yang menarik dan berkesan untuk meningkatkan kesadaran buku saudara itu.

23. Mengadakan Kuis di Media Sosial

24. Buat Merchandise Terkait Buku Saudara

Merchandise ini sangat banyak ragamanya. Mukhofas akan membahas sebagian saja.

1. Buat Pin / Gantungan Kunci terkait buku saudara

2. Tote Bag

3. Jaket, Kaos, dan Hoodie

 

 

 

25 Macam Ide: Cara atau Strategi Pemasaran Buku dan Contoh Mempromosikan Buku yang Menarik Serta Memukau

Leave a Reply