Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Apa Itu Best Seller Book

Pengertian Best Seller Best Seller Book adalah istilah untuk menyebut sebuah buku yang laris sukses dan menembus angka penjualan yang fantastis.

National best seller

International best seller

Buku – Buku Fiksi Lokal Terbaik

1. Laskar Pelangi karya Andrea Hirata

2. Ayat – Ayat Cinta Karya Habiburahman El-Shirazy

3. Lima Negeri Menara Karya A. Fuadi

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

4. Assalamu ‘Alaikum Beijing Karya Asma Nadia

Buku – Buku Nonfiksi Lokal Terbaik

1.

Bagaimana Cara (Tips) Menyiapkan Buku Best Seller 

1. Memilih Topik Menarik

Memilih topik buku yang menarik perhatian banyak orang akan memungkinkan buku bisa menjadi salah satu parameter buku akan dikatakan laris. Buku yang laris / best seller tentunya harus unik dari buku – buku yang lain yang sudah muncul di pasaran ( toko toko buku)

2. Menggarap Buku Secara Profesional

Menggarap secara profesional sebagaimana yang dilakukan oleh penerbit populer / mayor yang didukung oleh sumber daya manusia yang tepat dan sesuai bidangnya masing – masing. Bila digarap oleh sumber daya yang tidak profesional dan kurang tepat maka hasil buku jauh dari harapan penulis.

3. Membuat Diferensiasi

Membuat diferensiasi (pembeda) dari buku – buku sejenis yang sudah terbit. Kan banyak sekali di toko buku yang buku dalam segi tema sama, tapi dalam hal penyajian sangat berbeda dan lebih unik yang sedang saudara garap .Atau saudara melihat buku yang secara tema sama, tapi secara kualitas isi masih biasa – biasa saja menurut saudara, maka tugas saudara adalah membuat buku yang lebih bagus mutunya dari yang saudara nilai masih biasa saja. Buatlah lebih unggul dan menonjol.

4. Membuat Revolusi Cara Menulis yang Lebih Populer

Cara menulis model lama yang kaku akan membuat calon pembaca buku saudara akan cepat bosan dan jenuh.Calon pembaca masa depan yang didominasi para generasi milenial. Mereka suka hal – hal yang tidak bersifat terlalu kaku, simpel, santai, nyaman. Jadi pikirkan cara – cara menulis yang lebih populer sehingga bisa mendapatkan banyak perhatian, maka dari itu dibutuhkan sebuah kreativitas yang gila dan penuh inovasi.

5. Menentukan Pembaca yang Dibidik

Menentukan pembaca buku yang spesifik dan tertarget dan banyak dicari orang yang membutuhkan dan sesuai dengan kepentingannya mereka akan membuat buku saudara menuai kelarisan (best seller)Coba beli buku ini akan membantu soal 

6. Mencari Penerbit Profesional

Ada penerbit yang menggarap dengan tidak profesional sehingga hal ini tentu saja berdampak pada konsep desain dan tata letak (lay out) buku saudara) Penerbit yang tidak becus atau kurang profesional akan berdampak pada minat pembaca buku saudara apakah mereka tertarik atau tidak. Buku yang kemasannya jelek 

7. Mendukung Pemasaran Buku

Buku best seller tentunya ditopang dari segi pemasaran yang massif.Bayangkan saja kalau buku yang baru ditulis kemudian diterbitkan tanpa didistribusikan ke toko buku besar kira kira apa dampaknya. Bukunya tidak akan dikenal orang atau orang tidak akan tahu keberadaan buku penulisan saudara. Karena toko buku besar itu sangat ramai pengunjungnya dan sudah memiliki nama. Ini mengapa penerbit yang mendukung pemasaran buku layak untuk saudara prioritaskan.

Bila penerbit indie hanya mendukung pemasaran pada situs website penerbit indie dan sosial media yang penerbit miliki.

Tapi dari sisi popularitas mereka belum dikenal luas sehingga orang yang melihat buku – buku yang ada di situs penerbit indie sangat kecil dan mungkin tidak ada yang melihatnya.

Bila saudara  hendak  atau sudah pernah menerbitkan buku di penerbit indie jangan khawatir karena saudara selaku penulis juga memiliki hak untuk membantu memasarkan buku dan mendapatkan royalti dari hasil penjualan buku. 

Bacaan Bermutu: 25 Ide Cara Memasarkan Buku agar Cepat Best Seller

Faktor pendongkrak penjualan sebuah buku

1. Isi buku memenuhi prioritas dari calon pembaca

Setiap orang punya prioritas buku yang mau dibaca. Jadi saudara  bisa memberikan prioritas yang dibutuhkan calon pembaca buku

2. Buku terbit berdekatan dengan momentum tertentu yang pas

Momentum tahun ajaran baru setiap tahun untuk buku pelajaran dari sekolah tingkat dasar hingga tingkat lanjutan buku seperti itu akan mendulang kelarisan. Bila momentum tidak tepat sudah jadi buku tidak akan mendatangkan impak luar biasa signifiksikan.

3. Buku terbit sesuai trend yang sedang hangat

Trend apa yang sedang hangat pada hari ini atau besok atau besoknya lagi dan seterusnya. Bila saudara peka dalam hal ini, manfaatkan momen ini untuk menjual buku saudara dan mendapatkan laku keras.

4. Isi buku menampilkan sesuatu yang baru, revolusioner, atau spektakuler

Bila buku saudara suatu hal yang baru, sangat revolusioner atau spektakuler itu akan menjadi daya pikat dalam masyarakat yang cenderung ingin melihat buku saudara dan ingin membaca isi yang dibahas dalam buku tersebut.Bila bukunya secara isinya sudah sangat biasa dalam masyarakat potensi masyarakat akan rasa ingin tahu menjadi berkuang sehingga tidak tertarik lagi dengan buku itu.Maka bisakah saudara membuat buku yang lebih baru secara isi yang merevolusioner?

5. Isi buku menampilkan sesuatu yang kontroversial

6. Penulis buku adalah tokoh terkenal (artis, publik figur)

Bila saudara seorang publik figur dan sudah punya nama di masyarakat atau sudah banyak orang yang sudah mengenal siapa diri saudara maka secara otomatis masyarakat yang sudah kenal itu ketika saudara launching sebuah buku perdana maka sudah mendapatkan impak penjualan buku.

Contoh tokoh publik indonesia bapak Susilo Bambang yudhoyono yang pernah menerbitkan buku dimasa kepempinan beliau sebagai presiden buku yang ditulispun sudah mendapat apresiasi dari masayarakat.

Oki Setiana Dewi ketika sukses memerankan sinetron yang diambil dari karangan Novel Ketika Cinta Bertasbih yang ditulis oleh Habiburahman El-Shirazy itu karirnya melesat tajam, ketika beliau menulis buku akhirnya juga ikut terciprat pula popularitas dalam menulis buku.

Faktor luar Yang mendongkrak buku laris

1. Komunitas

Missal buku bertema novel perjuangan meraih cinta dan Ridho Allah semata maka komunitas pengajian – pengajian akan menaikkan rating buku akan dibeli oleh peserta pengajian.

2. Kekuatan dari mulut ke mulut

Misalkan ketika ada acara komunitas bisnis secara nasional mengadakan seminar yang dihadiri 5000 peserta dimana pembawa acara dan pemateri nanti menyebutkan salah satu buku seputar pengembangan bisnis karya penulis baru dan kurang familiar kepada para peserta hadirin.

Para peserta yang sudah ikut ini ada yang akan membicarakan kepada orang lain lewat mulut ke mulut  secara terus menerus. Nah penerima informasi itu akan mendapatkan informasi (setelah tahu informasi dari mulut ke mulut akan mencari informasi lebih jauh lagi seperti googling di smartphone HP mereka.

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Selain itu ketika ada talkshow yang disiarkan di televisi radio (Misal talkshow Kick Andy) di metro tv  misal penulis yang populer diundang ke situ dan menunjukkan karyanya maka audiens / penonton televisi akan mengetahuinya. Dampak lain juga akan dibicarakan dari mulut ke mulut dari audiens / penonton itu ke tidak yang menonton televisi itu

3. Media massa

Koran / majalah yang punya pelangganan bulanan terbanyak juga bisa turut mempengaruhi buku saudara laris (best seller book) Pernah melihat kolom khusus resensi / review / ulasan dan sejenisnya? Bila buku saudara bisa nempel disitu dan dibaca banyak orang pembaca koran majalah tentu akan ada sebagian darinya untuk mencari informasi buku tersebut dalam kesempatan yang lain.

4. Mulut digital

Pernahkan saudara menggunakan sosial media populer seperti facebook, twitter, instagram.  Pernah mendengar kasus  kasus orang yang dibully hingga jagad sosial media begitu ramai dan banyak dibahas dimana – mana. Seperti itulah kekuatan mulut digital.

Atau bisa juga saudara melakukan kampanye buku saudara melalui iklan facebook ads yang bisa menjangkau banyak pengguna facebook.

Ada juga dari pengguna yang terkena dampak iklan facebook ini akan membicarakan ke orang yang tidak memiliki akun sosmed atau jarang membukanya sehingga yang tidak punya ini akan kena dampaknya.Bisa juga dengan kampanye besar- besaran kepada pemilik blog yang dikelola secara aktif maka akan ada yang membaca dan menyebarkan informasi tersebut

Begitu juga dengan twitter dan instagram maupun sosial media lain yang memiliki pengguna aktif.

Penyebab Buku Gagal (Tidak Best Seller)

1. Kualitas Buku kurang menarik

Bandingkan dengan buku yang kurang menarik dan menarik. Diantara keduanya memiliki suatu pembeda. Tentu pembaca lebih memilih buku yang cenderung lebih menarik dan memiliki daya pikat.

2. Penulis bukan public figure (orang terkenal)

Sudah dijelaskan diatas ya. Bila saudara bukan orang terkenal maka potensi buku larisnya susah (kecuali bila disokong dengan kekuatan pemasaran yang massif dan masyarakat bisa segera mengenal saudara dan buku saudara maka akan menancap secara pelan –pelan)

3. Peminat (yang membutuhkan sedikit)

Sudah jelas 

4. Salah memilih penerbit

Kesalahan dalam memilih penerbit juga memiliki pengaruh terhada kesuksesan buku saudara. Mau tidak mau saudara harus betul betul cermat dan jeli dalam mengambil sikap dalam memilih penerbit.

5. Dicetak dalam jumlah terbatas

Bayangkan begini, ketika buku saudara sudah dikampanyekan dimana mana dan sudah ada masyarakat yang tahu tentang buku itu, tapi disisi lain jumlah cetak buku terbatas apa yang akan terjadi. Masyarakat yang tidak kesampaian membeli buku jadi batal dan peluang larisnya juga kecil.

6. Kesalahan dalam menentukan harga

Harga sebuah buku juga menjadi faktor penentu laris tidaknya  buku. Bila buku saudara harganya terlampau mahal tapi secara kualitas kurang bagus maka pembeli buku akan kecewa ia tidak mendapatkan apa apa kecuali pengeluaran yang besar untuk membeli buku saudara.Ada baiknya saudara bijak dalam menentukan harga yang seimbang tapi bisa menjangkau penjualan buku saudara.

7. Cover yang kurang menarik

Bila cover buku sudah tidak menarik minat sudah hilang kekuatan pikatnya. Jadi saudara juga harus memperhatikan ketika dalam menentukan cover buku. Kalau yang diurus oleh pihak penerbit saudara harus bisa komunikasi untuk membicarakan agar bisa sesuai sehingga cover yang tampil ketika buku sudah terbit bisa menarik dan memuaskan.

8. Kesalahan dalam memilih judul atau tema

9. Kalah dengan pesaing

10. Masih banyak kesalahan dalam penulisan

Formula agar Buku Perdana (Pertama) menjadi Best Seller (Laris Manis) Menghentak Publik Pembaca

1. Momentum

Sudah dibahas diatas

2. Popularitas

udah dibahas diatas

3. Marketing

Sudah dibahas diatas

4. Kebaruan

Sudah dibahas diatas

5. Branding

Branding itu mengomunikasikan antara penulis buku dengan masyarakat. Sehingga masyarakat menilai saudara sebagai siapa?

Siapa sebagai penulis buku apa dan siapa dalam kehidupan saudara. Misal B.J. Habibie atau Rudi Habibie masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai pakar teknologi mesin terutama di bidang pesawat terbang. Maka saudara yang merasa mengenal beliau akan tahu kapasitasnya ketika menulis buku.

Kasus lain soal branding, siapa Asma Nadia? Jawab : Penulis BukuBetul seorang penulis buku, tapi penulis buku seputar apa dan lebih cenderung ke siapa segmen pembacanya? Coba diamati dan ditelisik.

Ternyata penulis buku Asma Nadia lebih menitikkan kepada calon pembaca buku rata – rata muslimah (Lihat saja  novel – novelnya, cerpen – cerpennya hingga buku non fiksinya lebih ke arah muslimah)

Maka secara otomatis beliau membangun komunikasi branding kepada perempuan indonesia yang beragama islam atau perempuan indonesia yang sedang bermukim di luar negeri (Hongkong, Taiwan, Malaysia dan negara – negara lain)Sehingga tercipta sebuah branding komunikasi bahwa masyarakat menilai Asma Nadia adalah penulis buku dengan segmen pembaca wanita muslimah. 

6. Kekuatan Isi buku (Daya Pikat)

Kekuatan spiritual dalam buku juga sangat menentukan. Jika spiritual isi buku sangat inspiratif dan punya nilai yang sangat berharga bagi pembaca secara otomatis pembaca menilai buku itu sangat luar biasa dan layak untuk direkomendasikan kepada orang lain yang mungkin layak untuk dibaca.

7. Kepekaan

 

[Rahasia] Sebuah Tips dan Cara Menjadi Penulis Buku Novel Best Seller dan Laris Manis

Leave a Reply