Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

Jakarta, halo kali ini saya mau menulis disini. Sebelumnya mohon izinkan saya untuk mengenalkan diri terleih dahulu, biar tidak seperti pepatah “Tak kenal maka tak sayang”.

Kenalkan, saya memiliki nama lengkap Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono, biasa dipanggil Tyas. Saya saat ini berdomisili di Depok. Saya adalah Sarjana Psikologi (orang yang sudah lulus S1 fakultas Psikologi Jurusan Psikologi).

Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Saya lahir di Jakarta pada tanggal enam November 1986.

Saat ini saya adalah penyandang disabilitas penglihatan dan juga masih berhalusinasi suara. Namun untuk halusinasi suara, jangan takut sama saya yah.

Saat dulu saya sedang berkuliah dengan pelajaran Psikologi Anak Khusus diminta oleh dosennya untuk menulis di blog guna mengerjakan tugas-tugas kuliahnya, walaupun mata kuliah ini mengulang karena nilai yang kurang baik di kelasnya adik kelas.

Saya pun mengenal www.blog.com dan ketika menulis, saya merasa sangat suka mereview isi buka pelajaran Psikologi Abnormal dan buku lain yang jadi referensi.

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

Saya sempat terhenti, kemudian pada taun 2012, mulai ingin kembali nulis di blog lagi dan itu membuat saya menjadi hobi menulis di blog sampai sekarang.

Tujuan dari menulis blog di www.baublogging.com ini, saya cuma mau sedikit berbagi mengenai masalah-masalah yang dihadapi oleh blogger dan ada sedikit yang diberi solusinya, serta menulis sedikit hal-hal lain berhuungan dengan blog.

Apa Itu Blog?

Blog? Apaan sih itu?

Blog dalam www.wikipedia.com dikatakan bahwa blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Adapapun yang dimuat sebagai postingan blog bisa mencakup mereview makanan baik saat lagi makan di restauran, makan di pinggir jalan, resep makanan (saya pernah berkunjung ke salah satu website blogger, disana dia memindahkan resep ke blognya dari website resep makanan), atau makan makanan khas di suatu daerah alias wisata kuliner (blogger kuliner), mereview tempat wisata (traveller blogger), blogger curhat, parenting, fashion (kita bisa menulis mengenai pakaian apa yang sedang trend/model, kerudung apa yang lagi mode, pakaian apa yang dikeluarkan oleh perancang busana yang memamerkan karyanya di catwalk), beauty, pendidikan, kesehatan, buku, lifestyle, hobi, pernikahan, blogger teknologi (aplikasi, blogging/gadget seperti tablet, hp nokia, hp Blackberry, hp android, iphone, netbook, laptop, PC/web design), semua hal diposting (blogger gado-gado), dan lain-lain.

Apa Sih yang Bisa Didapatkan dari Website / Situs / Blog?

Nah kalau ini sih tergantung maunya apa. Kalau saya pribadi sih dari blog mau mendapatkan uang, silaturahmi, ingin menjadikannya sebuah buku, ingin mendapat HP Andriod/Iphone, netbook/laptop.

Selain itu emangnya bisa dapat apa? Yah bisa dapat popularitas kalau memang mau, bisa dapat pengalaman dalam menulis di blog, bisa mendapat tawaran kerja untuk menulis.

Ngeblog itu ada beberapa masalah yang ditemui. Apa saja sih masalahnya? Yuk simak bersama-sama.

1. Tidak Mengerti Mengenai Platform/Website Situs Blog yang akan Dipergunakan 

Untuk ini, solusinya adalah mencari di google atau membongkar-bongkar sendiri dengan mencoba-coba.

Atau membaca pembahasan yang dijelaskan secara detail untuk setiap platfrom khusus untuk website situs blog yang populer.

Bacaan Releven:

1. 20+ Platfrom Kelebihan dan Kelamahan Masing – Masing

2. Penjelasan Lengkap Cara Menggunakan WordPress Gratisan

2. Tidak Mengetahui Aturan Pakai saat Menggunakan Platform Situs / Blog Komunitas atau ada Keterbatasan dalam Menaati Aturan.

Solusinya adalah sebelum menggunakannya, baca aturan pakai, bila perlu baca berulang. Apabila ada keterbatasan dalam menaati aturan, bilanglah sama adminnya.

3. Bingung Mau Nulis Apa/Ide

Untuk ide, yang oaling mudah adalah menulis apa yang terjadi sama diri kita atau pengalaman kita sendiri, misalnya menulis hari ini sudah ngapain, kemana, sama siapa. Ide juga bisa diambil dari apa hobi kita.

Misal, hobi membaca buku, hobi mereview aplikasi. Selain itu, ide juga bisa didapat dari tema lomba blog.

4. Jumlah Kata

Nah ini nih, saya sendiri terkadang masih ada kendala dan masalah dalam jumlah kata.

Saya tuh sering sekali menulis jumlah katanya kurang dari 500 kata hehehe bahkan saya pernah menulis cuma 200, bahkan kurang dari itu..hehehe habis bingung mau nulis apa gitu loh cuman meskipun begitu keterbatasan itu harus diterobos, bisa kok pasti bisa!

Nah untuk ini, ada solusinya, yakni bisa dengan mendengarkan curhat orang lalu diangkat masalahnya untuk jadi bahan tulisan di blog, bisa dengan membaca website yang direkomendasikan, bisa dengan menyobanya sendiri, bisa juga diambil dari pengalaman sendiri, bisa dengan menulis dengan terstruktur.

Untuk terstruktur misal, paragraf pertama adalah latar belakang masalah, paragraf kedua membahas mengenai masalah, paragraf ketiga membahas mengenai solusi atas masalah yang dihadapi, paragraf keempat bisa diisi dengan kesimpulan.

5. Judulnya Apa Ya?

Nah ini nih, untuk ini solusinya adalah mengambil dari apa sih yang kita tulis? Bisa juga diambil dari teori.

6. Istilah dalam Blogger yang ga Dikenal

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Banyak istilah-istilah dalam dunia blog (Blogospohere) yang dipergunakan oleh para blogger. Istilah ini jangan diartikan secara harfiah, namun cobalah mencarinya di google dan membaca-baca di website blogger.

7. Bahasa

Yup saat menulis kita bingung ngomongnya gimana ya? Bahasanya gimana ya? Kadang nulis malah menggunakan bahasa yang cuma penulis sendiri yang mengerti atau cuma sedikit pembaca yang mengerti bahasa tulisan dalam blog kita, nah luh.

Nah untuk ini, solusinya bisa dengan terus menulis dan terus menulis, bisa dengan membaca blog orang lain.

8. SEO (search engine optimitation)

Untuk ini solusinya adalah membuka google, membaca blog para blogger (orang lain yang memiliki blog), dan menyoba mengoptimalkan SEO.

Untuk ini kita bisa melakukan upaya supaya blog jadi SEO adalah dengan menurunkan rank Alexa.

Dua cara untuk menurunkan rank alexa adalah dengan terus menulis, dan menuliskan link pada kolom komentar yang ada pada link website blogger dimana ini dikenal dengan istilah backlink.

Backlink ini bisa menguntungkan kita karena ada kemungkinan blogger yang kita kunjungi akan main ke blog kita, dan pengunjung yang tertarik untuk melakukan blogwalking yang yah mungkin hanya sekedar mau jalan-jalan di blog kita untuk mengetahui konten atau isi blog kita ada apa saja, mungkin hanya sekedar membaca tulisan kita yang yah membaca sekedar mengisi waktu luang, atau mencari inspirasi, atau sekedar mencari informasi saja, atau buat membantu tugas sekolah atau tugas kuliahnya. Dan mungkin juga pengunjung mau menuliskan komentar.

Cuma ada satu masalah, untuk backlink, ada blogger yang menganggap itu spam, jadi tidak akan muncul dalam kolom komentarnya dan dibuang begitu saja.

Saya ada sedikit pengalaman saat melakukan backlink. Saat itu sedang mengikuti Liga Blogger Indonesia (LBI). Saat itu rank alexa saya 700.000an.

Saya melakukan blogwalking lalu menorehkan komentar dimana dibawahnya dilampirkan kata “Penulis di http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com ternyata, rank Alexa saya turun drastis jadi 400.000an.

Sayapun penasaran, yup, masih mau mencobanya lagi. Jadi melakukan blogwalking lalu menorehkan komentar dimana dibawahnya dilampirkan kata “Penulis di http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com dan penulis di www.kartunet.com. Yup, rank Alexa turun. Cuman, ini saya lakukan sebentar saja.

Selain itu, menurut tulisan-tulisan yang saya baca di beberapa blog yang ditulis oleh para blogger, yang bisa meningkatkan SEO adalah tulisan yang tidak disingkat-singkat, memperhatikan kekurangan dalam penulisan seperti salah ketik (typo).

9. Kata Pengantar untuk Memulai Blog

Nah untuk ini solusinya bisa dengan sering melakukan blogwalking hanya untuk membaca tulisan-tulisan para blogger, bisa juga dengan mencoba yakni dengan terus menulis dan terus menulis.

10. Waktu

Hum, saat(penulis blog) blogger sibuk dengan kerja, atau sibuk mengurus anak, atau sibuk mengurus keluarga, atau sibuk dengan urusannya yang lain, maka waktu tidak banyak. Soal waktu, solusinya adalah manajemen waktu, bagaimana cara kita mengatur waktu.

Yang paling asyik sih kalau banyak waktu luang, mengisi waktu daripada hanya bengong, tidur, makan, nonton, otak ga jalan.

Dulu, saat kuliah S2 profesi psikologi industri dan organisasi, banyak waktu luang, tugas kuliah sudah kelar, jadi yah daripada bengong, daripada keluar rumah ga jelas kemana plus buang-buang uang untuk hal yang ga jelas, atau daripada ngegosip/gunjingin orang, mendingan mah saya menghabiskan waktu dengan ngeblog, waktu itu nulis di kartunet.

Soalnya kalau ga ada kegiatan, cuma makan, tidur nonton, ga berpikir, ga berkomunikasi dnegana komunitas maka kita akan mati. Jadi biar otak jalan kan bisa dengan menulis di blog atau menulis di jejaring sosial.

11. Gambar atau video Supaya Blog Kita Menarik

Namun untuk mengambil foto dan video dari google, kita tidak bsa sembarangan karena ada aturan mengenai hak cipta.

Oh ya, jangan lupa memberikan tulisan di bawah foto sebagai keterangan, atau bisa ditulis di bawah mengenai deskripsi gambar. Membuat keterangan ini dapat membantu pembaca blog yang memiliki kekurangan dalam penglihatan, baik itu penyandang disabilitas penglihatan, maupun orang yang daya penglihatannya turun karena faktor usia, sehingga membuatnya tidak dapat melihat gambar.

12. Tulisan yang Padat

Maksud tulisan yang padat itu tulisan kita terlihat menumpuk sehingga membuat pembaca yang melihat matanya jadi lelah. Saya mengetahui hal ini dari seorang komentator yang bilang lelah bacanya karena numpuk gitu, dan ketika saya meminta sarannya, dia menyarankan untuk tulisan dua atau tiga baris saja.

Untuk membuat dua baris tulisan, kalau mau menghitung, coba tulis huruf a kecil sebanyak 186 karakter, dan untuk membuat tiga baris tulisan coba tulis huruf a kecil sebanyak 279 karakter.

13. Fasilitas yang Kurang Baik atau Malah Tidak Ada Fasilitas Satupun untuk Membuat Tulisan di Blog

Dalam membuat blog, kita dapat menggunakan fasilitas hp android/iphone, netbook/laptop/personal computer (PC), wifi/kuota internet.

Namun, kalau fasilitas ga ada gimana? Pulsa ga ada, fasilitas ga ada. Nah untuk ini kita bisa mencari warung internet (warnet).

14. Penglihatan Terganggu

Untuk ini solusinya tergantung dari seberapa parahnya tingkat terganggunya penglihatan dari blogger.

Kalau blogger tidak bisa melihat cahaya gadget, dia bisa menggelapkan layar dengan menggunakan setingan high contrast, kalau tingkat gangguan penglihatan lebih parah dari itu bahkan sama sekali tidak melihat, solusinya adalah menggunakan screen reader ketika menggunakan gadget.

Screen reader adalah suatu aplikasi pembaca layar yang bisa dipasang pada gadget. Aplikasinya ada yang sudah bawaan dari gadget, ada juga yang harus di install.

Misal, di HP Android, ada aplikasi Talkback dimana ada yang sudah bawaan HP, ada juga yang harus diinstall, tergantung hp androidnya. Kalau di keterangannya sih, orang yang terganggu penglihatanpun boleh kok mempergunakannya, ga ahrus tunanetra total/buta.

Saya bisa bebricara begitu, karena saya sendiri mengalaminya. Saya mengalami gangguan penglihatan yang membuat saya tidak bisa melihat netbook/laptop/PC dengan setingan normal yakni latar belakang putih, jadi saya buat setingan komputernya jadi berlatar belakang hitam dan bertulisan hijau.

Saat membaca bebrapa website pada blogger, layar komputernya malah gelap total, sama sekali tidak terlihat apapun, jadi disitulah saya menggunakan screen reader sepenuhnya, yah walaupun penglihatan juga suka kurang stabil suka tiba-tiba turun ngegelap atau tulisan yang tiba-tiba hilang dan yang terlihat hanya warna saja. Jadi gangguan penglihatan bukan masalah.

Kesimpulan

Nah, dari kesemua masalah diatas, kesimpulannya adalah setiap masalah ada solusinya, termasuk masalah dalam ngeblog.

Masalah pertama adalah pengguna tidak mengerti mengenai paltform/website yang akan dipergunakan. solusinya adalah mencari di google atau mencoba.

Masalah kedua, tidak mengetahu aturan pakai saat menggunakan platform blog komunitas atau ada keterbatasan dalam menaati aturan. Solusinya adalah baca aturan pakai.

Masalah ketiga, bingung mau nulis apa/ide. Untuk ide, yang oaling mudah adalah menulis apa yang terjadi sama diri kita atau pengalaman kita sendiri, misalnya menulis hari ini sudah ngapain, kemana, sama siapa. Ide juga bisa diambil dari apa hobi kita.

Masalah keempat, jumlah kata. Solusinya  bisa dengan mendengarkan curhat orang lalu diangkat masalahnya untuk jadi bahan tulisan di blog, bisa dengan membaca website yang direkomendasikan, bisa dengan menyobanya sendiri, bisa juga diambil dari pengalaman sendiri, bisa dengan menulis dengan terstruktur.

Masalah kelima, judulnya apa ya? Nah ini nih, untuk ini solusinya adalah mengambil dari apa sih yang kita tulis? Bisa juga diambil dari teori. Masalah keenam, istilah dalam blogger yang ga dikenal. cobalah mencarinya di google dan membaca-baca di website blogger.

Masalah ketujuh, bahasa. solusinya bisa dengan terus menulis dan terus menulis, bisa dengan membaca blog orang lain.

Masalah kedelapan, SEO (search engine optimazion). Untuk ini solusinya adalah membuka google, membaca blog para blogger, dan menyoba mengoptimalkan SEO.

Masalah kesembilan, kata pengantar untuk memulai blog dimana untuk ini solusinya bisa dengan sering melakukan blogwalking hanya untuk membaca tulisan-tulisan para blogger, bisa juga dengan mencoba yakni dengan terus menulis dan terus menulis.

Masalah kesepuluh, waktu. solusinya adalah manajemen waktu, bagaimana cara kita mengatur waktu. Masalah kesebelas, gambar atau video supaya blog kita menarik. Namun untuk mengambil foto dan video dari google, kita tidak bsa sembarangan karena ada aturan mengenai hak cipta.

Masalah kedua belas, tulisan yang padat. Maksud tulisan yang padat itu tulisan kita terlihat menumpuk sehingga membuat pembaca yang melihat matanya jadi lelah. Untuk membuat dua baris tulisan, kalau mau menghitung, coba tulis huruf a kecil sebanyak 186 karakter, dan untuk membuat tiga baris tulisan coba tulis huruf a kecil sebanyak 279 karakter.

Masalah ketigabelas adalah fasilitas yang kurang baik atau malah tidak ada solusinya adaah mencari warung internet (warnet), dan untuk masalah terakhir yakni penglihatan terganggu, solusinya adalah bisa dengan menggunakan setingan high contrast dan atau dengan menggunakan screen reader.

Sekian dulu tulisan dari saya, semoga tulisan ini dapat dimengerti dan dapat dipahami.

13 Masalah yang Dialami Penulis Blog dalam Mengelola Blog dan Beberapa Tips Solusi Mengatasinya

3 thoughts on “13 Masalah yang Dialami Penulis Blog dalam Mengelola Blog dan Beberapa Tips Solusi Mengatasinya

  • October 10, 2017 at 2:14 am
    Permalink

    untuk satu poin, saya punya masalah sama, suka kurang banyak kata, hehe…. thanks sharingnya ^^

    Reply
  • October 9, 2017 at 9:33 am
    Permalink

    kalau saya masalah paling menjengkelkan dalam ngeblog cuman bikin opening sentences. Saya gak ahli, padahal cuman 140 kata aja tapi susah banget. Alhasil biasanya malah kelamaan di sini.

    Reply

Leave a Reply