• Teknik SEO On Page untuk Konten / Artikel – Teknik SEO Dalam Website / Situs / Blog

    BAU BAU

    pernahkah saudara mengoptimalkan SEO website atau blog milikmu? 

    bila selama ini belum pernah mencoba mengoptimalkan maka Mukhofas akan memberikan / menyajikan 

    1. Menulis Konten Artikel yang Bagus /Menarik

    perlu diketahui ya. bahwa konten yang bagus dan isinya yang bermanfaat adalah merupakan bagian dari SEO atau lebih tepatnya SEO berbasis konten.

    aku sendiri sebelumnya telah menyajikan caraku membuat konten kreatif.

    yang mana konten itu adalah pemikat pembaca / pengunjung yang nantinya mau membaca artikel / konten kita. saudara bisa membacanya [Panduan membuat konten / artikel menarik]

    jika saudara gagal membuat konten yang bagus dan pembaca tidak benar benar tertarik mau lanjut membaca. maka cuma cumalah artikel yang saudara buat.

    dari itu cobalah untuk membuat konten artikel yang hebat. bantulah pembacamu dengan memberikan solusi terbaik yang kamu tulis.

    2. Riset Kata Kunci Judul Konten

    setelah saudara membuat konten dan itu bagus.

    langkah selanjutnya saudara harus melakukan riset kata kunci baik manual maupun dengan mengecek kata kunci terkait di mesin telusur google pada bagian bawah itu. jadikan itu sebagai judul konten artikel postingan saudara.

    saudara bisa meramu / meracik judul sehingga terlihat alami dan enak dibaca. jangan mengambil 100 persen. istilahnya modifikasi kata kunci yang masih mungkinbisa dicari oleh pengguna internet.

    situs web untuk riset kata kunci gratis

    1. Google Keyword Planner

    2. Keywordtool.io

    3. Ubbersugest.io

    saudara bisa mendapatkan ebooknya di Ebuku BauBlogging 

    coba kamu pakai ubbersugest.io dan masukkan kata kunci yang hendak kamu cari. lalu hasilnya coba masukkan menjadi judul konten / artikel

    3. Permalink / Permanen Link (Tautan Permanen)

    setiap blog baik itu blogspot maupun wordpress terdapat fitur ini. 

    saudara juga bisa memasukkan dan mengatur kata kunci untuk ditaruh dalam tautan permanen ini.

    di blogspot / blogger.com mengatur permalink secara defult ini sangat terbatas bila saudara menggunakan judul yang cukup panjang, tap dengan teknik tautan khusus/ permalink khusus bisa disiasti.

    untuk wordpress.com maupun wordpress self hosted ini lain. bisa juga dirubah sesaui kebutuhan, tanpa tanggal post sekalipun juga bisa.

    untuk penggunaan gunakan url permalink / tautan permanen yang pendek ringkas saja sudah cukup tapi mengandung kata kunci.

    contoh untuk wordpress self hosted ya baublogging.com/taktik-seo (dua kata) ini bagiku sudah cukup.

    4. format listik / heading / penajukan

    bagi saudara yang belum mengetahui format konten / atikel listik itu seperti apa?

    bagiku merupakan sebuah konten yang berisi daftar daftar / poin poin penting. contohnya pada artikel / konten yang sedang saudara baca ini.

    ini sebenarnya mengandung format listik / heading. coba pandangi dafta / poin 1, 2, 3, dst itu merupakan heading dan subheading (bahasa indonesia : Penajukan)

    ini bagiku memang ada pengaruh dalam kemunculan di mesin telusur. ketika ada warganet mencari sesuatu misal (macam macam biografi) dan didalamnya ada heading (authobiografi) disaat warganet mencari seputar authobiografi ini maka konten artikel seputar “macam macam biografi” ini ikut terseret dari pengaruh kata kunci “authobiografi”

    5. Deskripsi 

    saudara boleh memberikan deskripsi tentang isi umum dari konten blog secara ringkas saja. maksimal 160 karakter.

    tak perlu masukkan kata kunci, cukup masukkan kata kata yang bisa mengundang klik klik ketika ada pengguna mencarinya via mesin pencari / share di media sosial yang saudara punya.

    6. Optimasi Gambar

    caranya ketika saudara hendak mengupload gambar / foto hendaknya diberi nama sesuai kata kunci yang akan dibidik dari laptop / komputer / smartphone saudara.

    seperti yang udah dipaparkan diatas soal riset kata kunci pastinya sudah mengerti. biasanya ada yang lupa tidak memberi nama judul pada gambar / foto yang akan diupload itu. 

    jadi ada baiknya untuk diberi sesuai kata kunci ya..

    7. Hubungkan Konten / Artikel terkait dalam konten

    menghubungkan halaman yang baru saudara baca ini dengan artikel yang masih berhubungan didalam blog saudara itu memangada pengaruhnya secara SEO. 

    sebab robot google akan merayapi setiap temuan link kita buat ini. selain dampak dirayapi oleh mesin pencari juga akan diklik warganet yang hendak atau tertarik degan konten yang saudara suguhkan.

    belum paham juga contoh menghubungkan konten?

    https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

    mungkin  saudara melihat didalam artikel / postingan yang barusan dibaca ini. yang ada didalam ini merupakan internal link (tautan dalam blog)

    lawan katanya eksternal link (tautan keluar blog) maksudnya tautan dari blog lain yang ada di blog saudara /artikel postingan itu.

    Artikel Terkait : Taktik dan Metode SEO – Mengenal Taktik SEO Putih dan Hitam

    Tambahan : Hati Hatilah dalam Bermain SEO

    bila saudara terlalu ceroboh / sembrono dalam mengoptimasi SEO untuk blog bisa berdampak buruk bagi masa depan situs blog saudara.

    salah satunya bisa kena deindeks, pinalti dari webmaster google.

    untuk memberikan internal link / menghubungkan artikel satu sama lain (artikel lain) usahakan yang masih punya kesamaan isi /terkait.

    jangan sekali kali menghubungkan konten yang tidak punya relevansi sama sekali / tidak punya hubungan. hal ini bisa terkena google freed (lupa namanya) yang dampaknya dimana blog saudara yang sudah memiliki pengunjung / trafik stabil bisa terjun bebas.

    Bila saudara mau bertanya via privat silahkan kirimkan pesan dibawah ini

    Post Tagged with ,

Leave a Reply