Informasi Lomba Blog nih Simak di sini

image
sebagian blogger  bila berbicara masalah niche dalam dunia blogging. kadang masih banyak yang belum mengerti atau memahami sehingga hampir mayoritas blogger blognya berisi campuran atau gado-gado (lifestyle/gaya hidup)

Sebagai blogger yang masih baru mengenal jika membuat blog langsung membuat saja. Dan itu adalah hal umum yang dilakukan banyak blogger.

biasanya blog yang dibuat diambil dari namanya sendiri. misal adikku fitrirahmaba.blogspot.com untuk ngeblog yang kali pertama kalinya.

bila sudah berlanjut bisa jadi akan membuat blog niche-niche yang mungkin ada pada bidangnya.


Apa itu Niche?


Niche adalah salah satu pengelompokan blog berdasarkan hal apa yang dibahas di blog. Dalam sebuah niche ada dua hal.

Niche juga berarti ceruk pasar. jika dalam dunia bisnis, tentu tahukan bahwa bisnis itu cakupannya sangat luas ada bisnis kuliner, bisnis teknologi, bisnis pertanian, bisnis pakaian dan masih banyak lagi. istilahnya pengelompokan

Ayo Bergabung di BauBlogging Community WhatsApp Gratis

Komunitas Blogger, Kepenulisan dan Internet Marketing

Terbatas Sampai 5 Desember 2017 (Buruan Sebelum Tautan Diganti)

Klik Tautan WhatsApp Sini 

atau juga bisa dalam dunia ilmu pengetahuan. tentu tahu bahwa ilmu itu luas dan terdiri berbagai cabang ilmu ada cabang matemateika, bahasa, filsafat, sejarah, biologi dan lebih dari itu.

ternyata hal ini juga berlaku dalam dunia blogging


1. Niche General


Niche general yang isinya atau apa yang dibahas dalam blog bersifat umum. Apa saja ada dan tidak terbatas.

sehingga yang bersifat gaya hidup seorang blogger pun tak luput untuk ditulis pada blognya.

blog general lebih banyak dipakai dikarena sangat mudah dalam menentukan topik dan menulis apa yang terbersit dari ide-ide yang muncul.

kasih bukti ya, bahwa blogger yang memilih niche ini bukan tidak mumgkin akan bisa sukses pula.

  1. LindaIkeji.com blog Lifestyle dari negara nigeria. hampir 95% pembacanya datang dari dalam negerinya. dan walaupun blognya sangat sederhana, ternyata juga mampu menyedot pengunjung.
  2. Isnuansa.com blog LifeStyle dari negara indonesia. mulai ngeblog tahun 2005 di blogspot pada 2007 ke wordpress self hosted dan musibah datang pada 2009 ruang penyimpanan (hostingnya) rusak dan mulai ulang hingga sekarang
  3. AbdulCholik.com Lifestyle dari negara indonesia dengan pembaca yang sudah cukup baik.

selain itu juga ada blogger yang memiliki blog general dan spesifik sehingga bisa dibilang blognya lebih dari satu


2. Niche Spesifik


Niche spesifik yang isinya atau apa yang dibahas dalam blog bersifat khusus. Tidak semua dibahas misal : tips blogging, writing dan marketing seperti BauBlogging.com

Contoh niche yang lain


Resensi Buku

blog yang membahas resensi buku juga banyak, tapi kadang juga ada pula blogger yang mengupasnya pada blog campurannya.

buat saudara yang sangat suka dengan meresensi buku sangat cocok untuk merencanakan dengan matang membuat blog niche resensi buku

kasih contoh : lensabuku.com


Memasak

bila memang mempunya hobi memasak, meracik resep masakan di dapur atau saudara seorang ibu-ibu yang sangat geli setiap meramu bumbu dapur buat makanan keluarga.

cocok sekali bila ingin menjadi blogger koki masak.

contoh : Kokimasak.com


Manajemen

bila saudara pernah kuliah di manajemen dan kerja yang paham sekali dunia manajemen mungkin saudara juga cocok untuk mengupas tips-tips manajemen baik itu manajemen keluarga, manajemen bisnis, manajemen waktu, manajemen rumah tangga.

Contoh : Strategimanajemen.net


Keuangan

ternyata informasi yang berhubungan dengan keuangan juga banyak yang membutuhkan, sehingga banyak bermunculan website/blog yang membahas seputar keuangan.

bila saudara punya kompeten dibidang ini tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan lebih serius.

contoh : AturDuit.com


Psikologi

bila saudara juga punya cukup pengetahuan dibidang psikologi bisa mencoba mengupas hingga tuntas pada blog psikolog yang saudara mau rencanakan.

contoh : konsultasipsiko.blogspot.com


Keagamaan

bila saudara betul-betul sangat paham soal agama hingga mendalam sehingga membuat blog ini juga tepat, tapi bila saudara tidak memiliki pengetahuan agama atau masih sedikit sebaiknya dilakukan pelan-pelan dan hati-hati karena akan merusak agama dengan menambah pemahaman sesat nantinya.

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

contoh : Konsultasisyariah.com


Kesehatan

kesehatan juga menjadi kebutuhan yang sangat mendesak, sehingga informasi yang lengkap dan mendalam dibidang kesehatan juga amat dibutuhkan.

banyak blogger menulis artikel kesehatan yang informasinya kurang bisa menjadi rujukan sehingga ini bisa menjadi polemik.

bila saudara seorang dokter ahli dan pemahaman yang mendalam saudara bisa membuat blog kesehatan dari sisi pengalaman saudara di bidang ini

contoh : blogdokter.com


Teknologi

teknologi sangat banyak diminati oleh anak muda sekarang sehingga mereka kadang mencari informasi di blog-blog seputar teknologi.

tidak salah bila mereka akhirnya nyankut pada salah satu blog teknologi.

buat saudara yang suka dan ahli dalam mengupas, mencari kelebihan dan kekurangan suatu teknologi untuk disajikan pada pembaca blog saudara.

contoh : LhaGeek.com


Transportasi

bila saudara sangat gemar naik kendaraan umum baik bis, kereta api, kapal laut, pesawat, sepeda motor dan sebagainya.

ada baiknya pengalaman saudara yang berhubungan dengan transportasi untuk dikupas pada blog transportasi. bukan tidak mungkin akan menjadi daya tarik pembaca yang gemar bertransportasi.

contoh : transportasiumum.com


Olahraga

bila saudara penggemar fans sepakbola tertentu mungkin saudara bisa mengupasnya di blog sebagi contoh saudara fans fanatik liverpool saudara boleh mengupas dunia persepakbolaan dari fans saudara.

bila saudara fans balap rio haryanto saudara bisa mengupas dengan teknik-teknik balap rio haryanto dalam berlaga. boleh jadi akan mendapatkan pembaca asal diseriusi dan istiqomah.

contoh : sportnesia.com


kata-kata

bila saudara suka sekali dengan Quote atau kata-kata seorang tokoh yang dikagumi. misal quote seorang tokoh besar sekaliber mantan presiden soekarno mungkin saudara bisa mencoba blog niche Quote (kata-kata)

contoh : perasaanku.my.id


kue dan roti


bila saudara penggemar kue donat kenapa tidak mengupas dan mengulas blog seputar kue kue dan roti?

bisa saja saudara datan ke perusahaan roti dan kue daerah daerah saudara. coba lakukan riset dan wawancaranya yang hasilkan saudara sajikan di blog.

tentu ini akan menjadi ladang sukses blog saudara.

contoh : belum ada


Dan banyak lagi. Pilihlah niche yang sesuai bakat dan gairah dalam menikmatinya.

Untung pakai general apa spesialis?


Bila menurut pendapat pribadi lebih ke niche spesialis sebab pembaca sudah tentu loyal dan kalau mau mencari ke situ lagi. Karena apa yang dibahas sangat jelas.

Berbeda dengan yang generalis hari ini soal kesehatan, tahu tahu besok tentang sejarah tentu tak cocok. Sebab pembaca itu tidak mencari yang bukan minatnya.

sehingga kebingungan, kemarin mencari yang seputar sehat besok sudah lain. alias tidak nyambung, tapi juga tidak apa-apa bila saudara memilih general itu hak saudara.

tapi, ada blogger bertanya : mas blog niche seperti ini bisa menghasilkan uang tidak? (gado-gado)

jawabannya : bisa, tapi itu tergantung buah dari usaha, kesungguh sungguhan saudara bagaimana membuat blog begitu dicintai pembaca setia blog saudara.

seperti contoh blogger emakgaoel.com blognya yang berisi campur-campur ternyata juga bisa menghasilkan lewat job reveiw dan content placement

bisa juga menjual buku karyanya kepada pembaca blognya. bakal ada yang beli tuh.


Bagaiamana cara memilih sesuai niche yang kita bisa?


Ada seorang teman yang bertanya :


Kak apa niche blog yang tepat untuk seorang pemula dalam blogging?


Jawabannya sesuai dengan pengetahuan yang kita miliki. Jadilah yang punya otoritas di bidang yang saudara tekuni. Kelak niche yang sesuai kemampuan saudara akan menjadi salah satu niche yang layak diunggulkan. Sayangnya dirinya tidak konsisten dan istiqomah didalamnya.

Selain itu menambah kemampuan mengisi blog kita sesuai dengan niche yang Anda pilih maka yang harus dilakukan

1. Banyak membaca terkait niche saudara. Contoh : penulis pengen membuat blog niche blogging dan marketing jadi yang kita lakukan adalah perbanyak referensi membaca soal blogging dan marketing dari yang luas ilmunya tentang ini sampai-sampai menguasainya minimal 50% tak perlu jadi pakar.

2. Coba renungi dalam hidup saudara niche apa yang disukai? Jujur ya, Bayangkan bila suka sejarah maka penulis akan membuat blog seputar sejarah. Kalau memang tidak menguasai sebaiknya jangan langsung buat tapi rencanakan dulu secara matang.

Jujur saja dulu ketika pertama kali ngeblog belum pernah terpikir apa itu niche dan konteksnya seperti apa. Jadi waktu masih sangat bingung. Jadi yang penulis lakukan terus belajar banyak membaca referensi dari blogger yang sudah paham lebih dulu.

Dan perlahan lahan penulis sudah paham seperti apa itu niche.


Pilihlah niche blog sesuai passion


Ya harus sesuai dengan passion saudara. Kalau tidak saudara tidak akan bergairah, bersemangat dan malah tidak fun.

Kalau mau niche yang general ya silahkan bila disana merasa fun dan tidak membosankan.

Ngeblog untuk menghasilkan konten yang luar biasa bermanfaat dibutuhkan dedikasi diri kita apakah mau setengah setengah atau maksimal?

Bila dedikasi kita maksimal untuk membantu pembaca internet yang membutuhkan informasi yang kita tulis sudah cukup bermanfaat.

Banyak blogger gagal hanya karena tidak bisa menulis di niche yang dia tidak suka. Maka hasilnya nulis atau konten yang disajikan terkesan abal abal, ngawur dan kurang informatif dan terkesan pembodohan untuk mengelabuhi user internet.

Sudah tepat bila diri pribadi suka niche menulis, blogging dan marketing karena passionnya disitu. Jadi yang saya lakukan adalah mengembangkan konten yang unggul dan tentu berbobot.


Memilih niche berdasarkan cinta


sama dengan passion, bila saudara menulis di blog berdasarkan kecintaan/kesukaannya masing-masing maka otomatis niche yang saudara pilih akan membuat nulis di blog nyaman dan tak terbebani.

seseorang yang menyukai topiknya akan dengan mudah menulis di blognya walaupun dengan berbagai rutinitas kesibukan setiap harinya. tapi itu tidak akan menyurutkan semangatnya agar tidak berhenti menulis di blog yang dikelolanya

biasanya niche yang dipilih sesuai cinta tidak akan terasa berat untuk menulis maupun menyajikan infrormasi terbaru di blog di niche saudara pilih tersebut.

beda jika niche yang dipilih tidak tepat dan malah bikin berat ketika menyampaikan maka akan menjadi beban yang berkelanjutan kecuali mengonsep ulang.


Sesuai pengetahuan


bila saudara memiliki pengetahuan yang mumpuni dibidang yang ada pada saudara maka itu akan menunjukkan kepakaran saudara di masa depan.

contoh : saudara misalnya punya pengetahuan dan pengalaman terkait traveling yang baik maka saudara bisa berbagi tips-tips seputar traveling di blog pada niche tips traveling

bila saudara berprofesi sebagai dokter laboratarium bakteri saudara bisa saja berbagi seputar bakteri yang diamati itu untuk ditulis pada blog niche bakteri. dan penulis yakin bisa apa yang disajikan itu bagus, menarik dan betul betul bermanfaat tentu akan ada pembaca yang mencarinya. [misal]

bila saudara bekerja pada perusahaan nuklir saudara bisa menulis pengetahuan dan pengalamannya tentang nuklir-nuklir pada blog yang saudara buat dengan niche nuklir [misal]


Sangat penting


bila saudara sangat terburu-buru ingin menghasilkan uang, sebaiknya tinggalkan untuk masa yang lama.

karena bila sangat terburu-buru hasilnya tidak akan memuaskan dan berujung gagal untuk bisa menuai penghasilan besar dari blog saudara.

fokuslah menulis yang terbaik, buat konten pilar, unggulan yang akan menjadi penopang blog saudara bisa bertahan lama

utamakan kualitas sebagai nomer 1 pada blog saudara, sehingga pembaca menilai konten blog saudara bagus, buruk atau mungkin tidak berguna sama sekali.

buat konten di niche yang saudara pilih lebih banyak untuk bisa masuk mesin pencari secara natrural, sebab semakin banyak konten yang dipublish di blog akan masuk mesin pencari walaupun tidak di halaman pertama dan itu sebuah kebahagian yang tiada kira.


masih benar benar belum bisa mencari niche yang tepat?


ternyata masih belum juga bisa mencari niche yang tepat untuk blog saudara.

mungkin pancingan ini bisa membantu untuk memecahkan

1. apa hobi saudara?

2. pelajaran apa yang saudara minati ketika sekolah dulu?

3. apa buku favorit saudara?

4. pikirkan aktivitas harian saudara, aktivitas apa yang sedang saudara tunggu tunggu?

5. apa kegiatan saudara yang membuat selalu nyaman? tidak pernah membuat saudara bosan?

6. organisasi, komunitas, klub, forum, kelompok apa yang saudara ikuti?

mungkin dari ke-enam pertanyaan itu bisa membantu saudara untuk menemukan niche yang tepat.

tapi bila niche sudah ada yang menggunakan?

bila saudara tidak yakin niche yang saudara pilih masih kalah bersaing. buatlah blog saudara lebih menonjol dari milik pesaing saudara.

misal : sudah ada restoran sejenis yang tersebar dimana-mana, tapi tidak banyak yang bisa bersaing karena aspeknya mirip.

jadi cobalah untuk membuat restoran terlihat menonjol.

misal lain : sudah ada banyak pabrik roti yang tersebar dimana mana? tapi tidak banyak pabrik roti yang berada pada top level/terkenal

jadi bagiamana agar pabrik roti milik saudara lebih menonjol dari yang lain. ini yang saudara lakukan.

sehingga bila niche blog yang saudara pilih lebih menonjol dari milik pesaing bukan tidak mungkin akan mendapat pembaca /pengunjung baru yang tertarik dan terpikat dengan konten blog saudara.

bagaiamana caranya?

buatlah konten yang lebih lengkap dan detail serta gamblang tidak banyak koar koar dari konten blog sejenis milik blogger lain.

jika saudara mampu.

demikian apa yang disampaikan

bila ada pertanyaan atau tanggapan silahkan berkomentar

 

Bagaimana Memilih Niche Blog | Panduan dan Contoh Niche Blog
Tagged on:

10 thoughts on “Bagaimana Memilih Niche Blog | Panduan dan Contoh Niche Blog

Leave a Reply