Mau Ikut? Klik Gambarnya dan Kirim Pesan: Saya MAU ikut Kursus Naskah Buku

Advertisements
Apakah kamu punya blog dan pengen bergabung di komunitas para blogger telegram? Saya akan memberitahu kamu tautan grup telegram beserta linknya untuk bisa join.

1. BauBlogging Community

Tautan Telegram 1

2.  Blogger Indonesia

Tautan Telegram 1

3. Blogger Indonesia

Tautan Telegram 1

4. Blogger Hugo

Tautan Telegram 1

5. Blogger Indonesia Lagi

Tautan Telegram 1

6. Blogger Indonesia Lagi

Tautan Telegram 1

7. Blog Personal

Tautan Telegram 1

8. Wordpress Indonesia

Tautan Telegram 1

9. Wordpress Semarang

Tautan Telegram 1

10 Google Adsense Indonesia

Tautan Telegram 1

Apa dan Apakah Menulis di Wattpad Bisa Menghasilkan Uang?

Mau Konsultasi / Punya Keluhan? Silakan Ajukan Pertanyaan untuk Dijawab Admin dan Bantu 

Apakah menulis di Wattpad bisa mendapatkan uang?

Jawab Saya: Bisa dan tidak bisa.

Bisa, karena ini juga tergantung dari pola pikir mindset yang membentuk sang wattpader (penulis wattpad). Jika Wattpader bisa menemukan peluang emas disana mengapa tidak?

Itu adalah sebuah teka – teki.

Tidak bisa, karena ada banyak hal

1. Wattpad tidak menyediakan ruang khusus memoneitise websitenya untuk ditampilkan iklan banner

2. Wattpad tidak memberi bayaran kepada penulisnya untuk setiap penulis disana

Lalu bagaimana cara mendapatkan atau menghasilkan uang dari menulis cerita di wattpad?

1. Jadilah Unik dan Berbeda

Keunikan gimana mas Mukhofas?

Keunikan bisa dilihat dari nama kamu selaku wattpader / penulis. Bayangkan kalau ada 100 akun wattpader memiliki nama sama? Itu menurutku tidaklah unik dan sudah biasa.

Jadi gimana caramu membuat namamu bisa berbeda dan unik.

Karena unik ini bisa dikatakan sebagai salah satu faktor potensial. 

Pertanyannya apakah kamu sudah memiliki nama unik?

Lalu berbeda maksudnya gimana?

Berbeda disini bisa banyak hal. Seperti berbeda cara menulis ceritamu bisa lebih menarik dan mencuri banyak perhatian dari banyak pihak termasuk anggota Wattpader itu sendiri.

Bisa juga cara kamu mendapatkan pembacanya dengan cara kreatif kamu sendiri sehingga ditiru oleh para wattpader lain.

Ini soal kreatifitas dan inovatifitas serta peluang yang kamu bisa hasilkan.

2. Punya Follower Loyal (Bukan Saling Follow)

Hati manusia itu punya empati, simpati / sisi emosionalnya. 

Kepoin Aja:  10+ Daftar Komunitas Menulis di Indonesia

Biasanya follower yang loyal punya rasa ketertarikan dan minat terhadap suatu cerita wattpadmu. Mereka baca dan sangat suka sehingga menjadi jatuh hati dengan ceritanya anggota wattpad ini akan follow secara sukarela tanpa paksaan. Ini tentu berbeda dengan cara saling follow. ia tidak memiliki keterikatan suka atas cerita (cuman menumpuk follower saja)

Jadi Gimana caramu membuat pembaca cerita setia wattpadmu?

3. Penerbit Buku Melihat Peluang Emas Penulis Wattpad yang Bernilai Duit

Bagian Litbang suatu penerbitan akan melihat dan menemukan peluang dari penulis – penulis wattpad yang bisa mendongkrak nilai bisnis ketika menerbitkan suatu karya cerita penulis di wattpad. 

Biasanya cerita yang banyak dibaca dan terus meroket sehingga ketika dibukukan menjadi buku novel cetak diharapkan akan ada diantara follower itu membelinya di toko buku online maupun di toko buku terdekat di kotamu dan kalau bisa menjaring pembaca -pembaca baru yang tidak mengenal situs / aplikasi wattpad lewat omongan mulutmu baik itu dalam dunia nyata maupun dunia maya seperti curhat – curhat tidak jelas di komunitas Wattpad WA, Komunitas Wattpad facebook atau komunitas apapun dimana kamu seolah -olah bercerita tentang novel yang kamu tahu di toko buku atau apalah.

Sehingga penerbitan untung karena mendapatkan pemasukan dari situ. Dan tentu sang penulis wattpad yang merasa karya ceritanya dibukukan tentu juga dapat impaknya juga. Namanya makin dikenal luas oleh publik lewat bukunya yang diterbitkan itu. Yang tidak kalah adalah ia juga mendapatkan royalti dari hasil penerbitan karyanya ini.

Apakah ada caranya lain untuk bisa mendapatkan uang dari Wattpad?

Ada, tapi itu rahasiaku Mukhofas. Kuncinya ada pada peluang. Apakah kamu bisa mengambil hikmahnya apa ngga.

Kepoin Aja:  Inilah 10 Daftar Cerpenis Blogger Indonesia
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mukhofas Al-Fikri

Artist Blogger


Hire an industry professional today.